Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam dan layu ketika terkena sinar matahari. Bentuk fisik dari buahnya pun tergolong unik, mulai dari kulitnya hingga dagingnya. Selain berwarna merah, ada juga yang berkulit kuning dan sekilas mirip dengan nanas. Bagian dalamnya pun ada yang berwarna merah dan putih. Tampilan bagian dalamnya hampir sama seperti buah kiwi, yakni terdapat biji hitam kecil-kecil yang juga bisa dimakan. Buah naga ini berasal dari Amerika. Umumnya ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Dijuluki buah naga karena kulitnya mirip seperti sirip naga.

Berikut 9 manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:
1. Membantu menurunkan berat badan
Mengonsumsi buah yang kaya akan serat serta rendah kalori ini akan membuat perut anda terus terasa kenyang. Selain itu juga melancarkan pencernaan karena mengandung banyak air. Buah ini cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.
2. Membantu proses detoksifikasi
Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh) akan berjalan lancar.
3. Mampu mencegah kanker
Buah naga yang berwarna merah mengandung lycopene, yang telah dapat merendahkan resiko kanker prostat. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, vitamin C dan B2 yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker.
4. Mampu mencegah diabetes
Sifat antioksidan dalam buah bersisik ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus. Antioksidan tersebut dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.
5. Menunda penuaan dini
Buah naga juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini. Ini disebabkan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.
6. Membantu meringankan batuk dan asma
Biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi. Bagi anda yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-henti akan sedikit terobati.
7. Segudang manfaat untuk ibu hamil
Mengonsumsi buah naga sangat baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Buah kaya mineral ini juga mengandung banyak zat besi yang dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia. Kandungan asam folat pada buah naga pun sangat bermanfaat untuk memperkuat janin serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.
8. Dapat mengobati jerawat
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat menghilangkan jerawat. Selain dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus buah naga, bisa juga dibuat masker wajah. Dengan cara dihaluskan dan dibalurkan ke kulit wajah.
9. Membuat rambut sehat
Buah naga, terutama yang berwarna merah mengandung antioksidan dan enzim melimpah yaang dapat membuat rambut anda halus dan sehat.

Demikianlah segudang manfaat buah naga yang ternyata sangat banyak kandungan baiknya untuk kesehatan tubuh kita. Nah, sudah siapkan buah naga untuk cemilan sehat hari ini? 

0 komentar:

Posting Komentar