Hal-hal Penting Seputar Luka Operasi Caesar Yang Perlu Ibu Ketahui

Operasi Caesar bertujuan untuk membantu para ibu dalam proses persalinan agar bisa berjalan lancar. Tapi, setelah operasi caesar, setiap ibu perlu menghadapi luka bekas operasi caesar di area sekitar perutnya. Tapi, tahukah Moms kalau ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu diperhatikan? Inilah dia beberapa diantaranya.



Kebersihan Luka

Luka bekas operasi perlu diperhatikan betul kebersihannya. Sebab, agar luka tidak memberikan dampak yang semakin buruk, kebersihan jadi salah satu faktor yang perlu Moms perhatikan. Oleh karena itu, jangan biarkan ada kuman atau kotoran yang menempel pada area sekitar luka bekas operasi caesar ya, Moms. 

Umumnya, Moms akan diperbolehkan untuk mandi 48 jam setelah proses persalinan berlangsung. Namun, saat mandi Moms juga perlu menjaga bekas luka dan jahitan agar tetap kering. Hindari penggunaan antiseptik saat membersihkan area sekitar luka. Ketika perban luka mulai terlihat kotor, lakukan penggantian perban secara berkala agar tetap higienis. 


Rasa Nyeri

Nyeri karena luka setelah operasi caesar tentu merupakan suatu hal yang ingin segera disudahi oleh setiap ibu. Tapi, proses penyembuhan luka juga membutuhkan waktu sampai benar-benar kering dan rasa nyeri pun bisa menghilang. Tapi, berapa lamakah rasa nyeri akan terasa di area sekitar luka bekas operasi caesar? 

Umumnya, rasa nyeri pada luka operasi caesar akan dirasakan oleh para ibu selama enam bulan setelah proses persalinan. Waktu tersebut dibutuhkan untuk mengembalikan luka agar bisa kering dan kulitpun menutup dengan sempurna. Tapi, pada beberapa kejadian ada beberapa wanita yang setelah melahirkan merasakan nyeri lebih dari enam bulan. Iya kan, Moms?

Biasanya, rasa nyeri yang lebih lama terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf. Perhatikan apakah di sekitar area luka terdapat bekas merah atau bengkak karena bisa berpotensi terjadinya infeksi. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada dokter apabila rasa nyeri tak kunjung berakhir dalam waktu lebih dari enam bulan. Tetap perlu waspada ya, Moms. 

Penggunaan obat luka operasi caesar bisa menjadi jalan terbaik dalam perawatan luka operasi caesar. Sebab, dengan menggunakan obat tersebut luka bekas operasi bisa lebih cepat pulih. Moms dapat mengunjungi laman berikut https://www.goapotik.com untuk mendapatkan berbagai obat melalui Go Apotik. 










0 komentar:

Posting Komentar