Sembuhkan Diare Dengan Cepat Melalui Cara Ini!

Hola Moms, gimana kabarnya nih? Moms pernah ngalamin yang namanya diare? Atau malah ananda yang kena diare? 


Hampir semua orang pernah mengalami diare, mulai dari jenis diare yang ringan ataupun yang berat. Masing-masing orang mengeluhkan mengenai perut yang kram, perut nyeri, perut kembung sampai dengan demam yang tinggi. Bila sudah merasakan hal tersebut tetapi tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin akan menimbulkan komplikasi yang lebih parah lagi. Banyak obat diare alami untuk dewasa yang bisa ditemukan di pasaran. Tetapi sebelum Moms menggunakannya, mohon diteliti dulu yaa apakah obat tersebut aman untuk digunakan, apakah obat tersebut benar-benar menyembuhkan sampai dengan apakah obat tersebut tidak memberikan efek samping saat digunakan? 

Memang tidak semua jenis penyakit perlu dilakukan perawatan secara intensif di rumah sakit, salah satunya diare ringan. Begitu pula Moms bisa mengobati di rumah dengan cara yang lebih mudah dan aman seperti berikut ini: 

Minum air mineral yang cukup

Buang air besar secara terus menerus membuat cairan dalam tubuh akan habis. Ini perlu diwaspadai jangan sampai tubuh mengalami kekurangan cairan yang menyebabkan masalah parah. Makanya perbanyak untuk konsumsi air mineral ataupun cairan yang mengandung elektrolit. Ingat agar menjaga kondisi tubuh jangan sampai dehidrasi ya, Moms.

Konsumsi probiotik

Untuk mengatasi masalah diare selanjutnya adalah dengan mengonsumsi probiotik secara lebih banyak. Probiotik ini bisa Moms temukan dalam berbagai jenis makanan seperti tempe, miso, kimchi, yogurt ataupun yang lainnya. Sebenarnya ada suplemen probiotik, tetapi untuk dikonsumsi secara mandiri lebih baik konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu. 

Obat anti diare

Sepertinya hal ini yang sering Moms lakukan di rumah, ya. Minum obat anti diare. Secara, Moms bisa menemukan dengan mudah obat diare pada anak alami resep dokter ataupun untuk orang dewasa. Untuk mengatasi diare yang ringan obatnya bisa beli langsung di pasaran, namun tetap harus pastikan terlebih dahulu mengenai keamanan dari obat tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Moms gunakan untuk mengatasi diare ringan tanpa perlu pergi ke dokter. Tetapi hal itu dilakukan dengan pertimbangan khusus, pastikan jika memang diare masih tergolong ringan. Jika sudah termasuk parah, ada baiknya untuk segera atasi dengan berkonsultasi melalui dokter ahli dan mendapatkan obat resep dari dokter yang terbukti lebih aman dan tentunya lebih terjamin. 



16 komentar:

  1. Siap, mom. Bakal inget minum air putih sebanyak-banyaknya. Soalnya diare itu bikin lemes, nggak enak banget rasanya. Sip sip makasih tipsnya ��

    BalasHapus
  2. Penyakit langgananku nih, Bunda kalau balik kampung. Abis, suka lupa daratan kalau udah melihat jejeran kuliner khas daerah sehingga lupa dengan kehigienisannya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih tipsnya mbak Qoty..diare memang enggak bisa disepelein yaa..Ini sulungku dari tadi malam juga lagi diare..salah makan di sekolah kayaknya. Hiks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak-anak saya gantian dua minggu lalu sebelum masuk sekolah itu. hiks

      Hapus
  4. Diare tuh ngeganggu banget ya mba, mau aktvitas gakbisa enjoy. Apalagi kalo sampe dehidrasi. Duh nightmare deh itu.

    BalasHapus
  5. Pernah ngalamin diare juga, badan kerasa lemes, semua aktivitas jadi terganggu, deh! Sejak saat itu, berusaha menjaga pola hidup sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat ya mbak. semoga sehat senantiasa

      Hapus
  6. Wah...tempe bisa yah untuk pengobatan alami diare. Engga jauh² deh. Bener banget harus minum air putih banyak supaya engga dehidrasi.

    BalasHapus
  7. Kalau diare saya memilih perbanyak makan buah dan minum air putih aja sih mbak. Alhamdulillah tanpa obat udah sembuh. Kalau parah baru deh minum obat. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess mbak. kuncinya di banyak istirahat dan banyak minum air putih.

      Hapus