Mengenali Tipe Hearing Aid Dan Kebutuhannya


Ada sederet hal penting yang wajib menjadi perhatian saat mulai hendak menggunakan alat bantu pendengaran. Dari mulai mengenali masalah pendengaran yang diderita, hingga memilih alat bantu dengar yang dibutuhkan dan sesuai dengan fungsinya.  

Alat bantu dengar yang biasa disebut dengan hearing aid, sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat ini, hearing aid Jakarta  sudah semakin mudah didapatkan dengan harga yang semakin terjangkau. Hanya saja sebelum mulai memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar ini, ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Salah satunya mengenai tipe alat bantu dengar. 

Selain di Jakarta, bisa pula didapatkan di kota Bandung, maupun kota lainnya. Untuk alat bantu dengar Bandung, ada beberapa tipe berbeda yang kerapkali disarankan untuk digunakan oleh dokter. Tentunya penggunaan semua tipe hearing aid ini pun harus sesuai dengan masalah serta keadaan pendengaran. Untuk itu, di bawah ini merupakan ulasan dari tipe alat bantu dengar serta kebutuhannya. 

Alat bantu dengar in the canal (ITC)

Alat bantu dengar in the canal atau ITC ini digunakan dengan cara masuk ke dalam saluran telinga. Dokter biasanya akan menyarankan penggunaan alat bantu dengar tipe in the canal (ITC) pada orang dewasa dengan masalah pendengaran ringan. Sama sekali tidak disarankan untuk masalah pendengaran berat. 

Alat bantu dengar in the ear

Tipe berikutnya untuk hearing aid adalah alat bantu dengar in the ear. Untuk alat bantu dengar tipe ini penggunaannya di luar telinga. Sehingga akan nampak dari depan bila menggunakan hearing aid satu ini. Alat bantu dengar jenis ini dapat digunakan pada nyaris semua gangguan pendengaran. Mulai dari tingkatan ringan sampai sedang. 

Alat bantu dengar behind the ear

Alat bantu dengar behind the ear merupakan yang paling sering kita jumpai dan paling banyak digunakan. Alat bantu dengar ini digunakan pada bagian luar telinga, dengan adanya lubang yang langsung tersambung ke dalam saluran. Alat bantu dengar ini tipe ini pun bisa digunakan nyaris pada semua gangguan pendengaran. Baik gangguan pendengaran ringan hingga yang berat. 

Alat bantu dengar receiver in the ear 

Alat bantu dengar receiver in the ear nyaris mirip dengan behind the ear. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan dihubungkan melalui kabel tipis dengan speaker di dalam telinga. 

Nah, itulah tadi sedikit ulasan mengenai berbagai tipe alat bantu dengar berdasarkan cara penggunaan dan kebutuhannya. So, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli jika terdapat masalah pada pendengaranmu, ya. Serta pilihlah hearing aid yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu. 











0 komentar:

Posting Komentar