Mengenali Tipe Hearing Aid Dan Kebutuhannya


Ada sederet hal penting yang wajib menjadi perhatian saat mulai hendak menggunakan alat bantu pendengaran. Dari mulai mengenali masalah pendengaran yang diderita, hingga memilih alat bantu dengar yang dibutuhkan dan sesuai dengan fungsinya.  

Alat bantu dengar yang biasa disebut dengan hearing aid, sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat ini, hearing aid Jakarta  sudah semakin mudah didapatkan dengan harga yang semakin terjangkau. Hanya saja sebelum mulai memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar ini, ada beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Salah satunya mengenai tipe alat bantu dengar. 

Selain di Jakarta, bisa pula didapatkan di kota Bandung, maupun kota lainnya. Untuk alat bantu dengar Bandung, ada beberapa tipe berbeda yang kerapkali disarankan untuk digunakan oleh dokter. Tentunya penggunaan semua tipe hearing aid ini pun harus sesuai dengan masalah serta keadaan pendengaran. Untuk itu, di bawah ini merupakan ulasan dari tipe alat bantu dengar serta kebutuhannya. 

Alat bantu dengar in the canal (ITC)

Alat bantu dengar in the canal atau ITC ini digunakan dengan cara masuk ke dalam saluran telinga. Dokter biasanya akan menyarankan penggunaan alat bantu dengar tipe in the canal (ITC) pada orang dewasa dengan masalah pendengaran ringan. Sama sekali tidak disarankan untuk masalah pendengaran berat. 

Alat bantu dengar in the ear

Tipe berikutnya untuk hearing aid adalah alat bantu dengar in the ear. Untuk alat bantu dengar tipe ini penggunaannya di luar telinga. Sehingga akan nampak dari depan bila menggunakan hearing aid satu ini. Alat bantu dengar jenis ini dapat digunakan pada nyaris semua gangguan pendengaran. Mulai dari tingkatan ringan sampai sedang. 

Alat bantu dengar behind the ear

Alat bantu dengar behind the ear merupakan yang paling sering kita jumpai dan paling banyak digunakan. Alat bantu dengar ini digunakan pada bagian luar telinga, dengan adanya lubang yang langsung tersambung ke dalam saluran. Alat bantu dengar ini tipe ini pun bisa digunakan nyaris pada semua gangguan pendengaran. Baik gangguan pendengaran ringan hingga yang berat. 


Alat bantu dengar receiver in the ear 

Alat bantu dengar receiver in the ear nyaris mirip dengan behind the ear. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan dihubungkan melalui kabel tipis dengan speaker di dalam telinga. 

Nah, itulah tadi sedikit ulasan mengenai berbagai tipe alat bantu dengar berdasarkan cara penggunaan dan kebutuhannya. So, jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli jika terdapat masalah pada pendengaranmu, ya. Serta pilihlah hearing aid yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu. 











34 komentar:

  1. Terimakasih infonya jadi tahu betapa yaa telinga ini sangat berharga. Nggak ada tok originalnya, tapi ternyata juga semakin berkembang ilmu penemuan untuk membantu jika sudah rusak subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya miss, kudu banyak2 bersyukur dan menjaganya yaa

      Hapus
  2. Perlu nih informasi seperti ini. Kita engga tahu tua nanti seperti apa. Ada beberapa teman yang ortunya dikala sepuh perlu hearing aid. Ada yang suka ada yang engga. Mungki awalnya merasa terganggu dan tidak biasa. Tapi ada yang mau engga mau terpaksa pakai, kalau engga jadi miskom...

    BalasHapus
  3. Zaman sekarang ini segalanya serba ada dan serba mudah.
    Jadi nggak harus teriak ya mbak kalau bicara dengan orang yang pendengarannya kurang.

    BalasHapus
  4. Baru-baru kemarin Bapakku juga pakai Hearing Aid ini tapi enggak tahu jenis yang mana, hehe ternyata ada beberapa tipe, ya. Tapi katanya kurang nyaman kemarin tuh mungkin karena belum terbiasa. Tapi memang yang paling nyaman adalah alat pendengaran orisinil ciptaan Allah, ya. Masya Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Tentu itu paling original. Semoga bapaknya sehat senantiasa ya

      Hapus
  5. Informasinya menarik sekali mba Qoty. Banyak memang orang yang enggan memakai hearing aid karena malu, padahal jenisnya itu beragam dan bentuknya juga kecil... Justru sharusnya memakai hearing aid pada orang yang mulai mengalami penurunan pendengaran bisa membuatnya lebih percaya diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, benar. Harusnya bisa meningkatkan kepercayaan diri yaaa

      Hapus
  6. Bermanfaat infonya Mbak Qoty. Saat ini lagi butuh informasi untuk Bapakku. Sudah berkurang pendengaraannya. Sepertinya perlu pakai hearing aid Beliaunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak. Semoga bapaknya sehat senantiasa ya

      Hapus
  7. Ibuku bolak-balik mengeluh pendengarannya mulai berkurang. Tapi mau beli alat sendiri kan memang ternyata nggak se-simple yang dibayangkan. Harus paham jenis dan modelnya kayak gini. Dan ternyata cem-macem juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. lebih baiknya lagi konsul dulu dengan dokter ya

      Hapus
  8. Wah ternyata ada bermacam-macam ya tipe hearing aid ini mba. Aku baru tau loh. Manfaat banget nih infonya. Thanks ya mba Qoty...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak. Iya nih, banyak tipe dan peruntukannya pun beda-bneda

      Hapus
  9. Yuni adalah gadis perantau. Komunikasi dengan keluarga hanya lewat telpon. Kadang suka harus mengulang kalimat ketika berbicara dengan Bapak. Mau bicara terlalu keras, bapak juga type orang yang sensitif. Nanti malah dikira putrinya lagi marah, padahal tidak.

    Apa mungkin bapak yuni disarankan menggunakan hearing aid saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi, mbak...
      tapi sebaiknya konsul dulu aja ke dokter

      Hapus
  10. pernah lihat anak tetangga pakai ini. pas anak sendiri tanya temannya pakai apa, ehh nggak bisa jawab karena nggak tahu namanya. akhirnya cuma jawab alat bantu pendengaran.

    BalasHapus
  11. Padahal bentuk hearing aid-nya mirip ear phone gitu, ya :) seharusnya mereka yang membutuhkan alat bantu dengar tidak usah merasa malu. Pakai aja, sih. Karena komunikasi kan perlu kelancaran. Kalau yang satunya gak begitu denger, sementara yg satunya udah bicara dg semangat, jadinya gak sukses deh obrolannya. Nice info :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak.
      Terkadang memang malu karena yaaaa gitu deh...

      Hapus
  12. Sebulan yang lalu saya tes pendengaran di All hearing Indonesia, saat di situ saya baru tahu tentang Hearing aid ini ada macem-macem dan harganya juga lumayan mahal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak...
      memang ada beragam sesuai kebutuhan

      Hapus
  13. Informasi menarik sekali. Dewi baru tahu detail Hearing aid ternyata ada bermacam-macam ya

    BalasHapus
  14. Dulu nenek mertua pernah menggunakan hearing aid. Tapi beliau gak begitu suka, karena katanya suaran disekitarnya jadi terdengar bising.
    Padahal dulu, dicobain tipe yang lainnya ya, karena ternyata banyak tipenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. karena beda tipe beda juga kegunaan dan penangkapannya yaaa

      Hapus
  15. Infonya sangat menarik dan bermanfaat mba.. Aku terus baru tau banget tentang ini. Makasi yaa

    BalasHapus
  16. Bermanfaat mb infonya mksih ya...suatu saat pasti saya membutuhkn ...

    BalasHapus
  17. Makasih infonya Mbak, jadi tahu tentang hearing aid ini.

    BalasHapus