Ingin Tahu Lebih Banyak Mengenai Kehamilan Kosong? Ini Dia Penjelasannya

Hamil dan melahirkan adalah hal yang lumrah dialami oleh wanita yang telah menikah. Lebih dari itu, wanita harus menyelesaikan  proses alami tersebut.   Namun, tak bisa dipungkiri, setiap wanita memiliki masalah yang lebih besar. Adakalanya berjalan secara alami dan normal tanpa halangan yang berarti, namun adakalanya juga terjadi kelainan. Seperti keguguran, pendarahan, kehamilan ektopik, kehamilan kosong, dan lain sebagainya. 




Kali ini saya akan mengulas tentang hamil kosong. Karena pernah mengalaminya pada November tahun lalu, membuat saya tergerak ingin membicarakannya agar semakin banyak wanita yang lebih sadar akan hal ini. 


Apakah Kehamilan Kosong Itu? 


 Blighted Ovum (BO) atau yang biasa disebut dengan kehamilan kosong adalah suatu tempat dimana sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma tidak berkembang menjadi embrio. BO ini berbeda dengan anggur hamil atau hamil di luar kandungan. Karena ibu hamil tetap mengalami masalah pada umumnya seperti mual muntah atau rasa yang luar biasa meski tidak ada janin di dalam rahimnya. 

Mengapa janin tidak terbentuk? 

Sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma kemudian menempel di dinding rahim. Maka terbentuklah kantung rahim, plasenta dan lainnya sebagai lingkungan terbentuknya embrio. Namun karena sesuatu hal, maka sel telur tadi gagal membentuk embrio. Jadi, Lingkungan tempat janin bertumbuh sudah siap, hormon perubahan sudah terjadi, namun embrio gagal terbentuk jadi janinnya tidak ada. Karena itulah wanita yang mengalami kehamilan ini tidak mengerti tentang kelainan dalam kehamilannya. Karena ia tetap merasakan kehidupan seperti biasanya. Untuk itu, penting bagi para ibu hamil agar memeriksakan kandungan rutin dari awal kehamilan. Seperti kehamilan kosong ini yang hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan Ultrasonografi alias USG. 









Penyebab Kehamilan Kosong

  • Kelainan kromosom 
Adanya kelainan kromosom yang berubah menjadi penyebab utama. Kelainan gen atau kromosom dapat dapat terjadi oleh sistem di rahim sehingga sel telur yang dibuahi tidak berkembang menjadi embrio. 
  • Kualitas sperma atau sel telur yang buruk
Kualitas sel sperma atau sel telur yang buruk juga bisa menjadi pemicu kegagalan pembentukan embrio. Karena sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel di dinding rahim akan dipindahkan pertumbuhannya karena kualitasnya yang buruk. 
Sebenarnya apapun penyebabnya, ini merupakan pertanda baik. Karena tubuh ibu dapat merepresentasikan kelainan kromosom atau kualitas sel sperma atau sel telur yang buruk maka tubuh ibu akan merespons dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. 

Sebab, jika perkembangan berlanjut pun tidak akan maksimal atau malah meningkat kecacatan dalam pertumbuhannya. 

Maka yakinlah jika ada sesuatu yang terjadi, sementara itu pikirkanlah yang terbaik dari Tuhan. 

Tanda-tanda Kehamilan Kosong

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda khusus yang menunjukkan kehamilan yang dialami oleh seseorang merupakan kehamilan kosong atau kehamilan normal.

Karena umumnya ibu hamil masih mengalami gejala-gejala yang umum dirasakan di masa kehamilan awal. Namun adakalanya ibu hamil merasakan tanda-tanda awal keguguran seperti kram pada bagian bawah, kerusakan flek, dan lain-lain. Namun sekali lagi ditekankan, itulah ovum rusak yang hanya bisa dilihat dan dipastikan melalui USG. 





Tindakan Yang Diambil Untuk Mengatasinya

  • Gugur dengan sendirinya 
Jika seorang wanita hamil mengalami masalah kehamilan, embrio tersebut tidak dapat berkembang, maka kehamilannya tidak dapat diteruskan. Jika kehamilan tidak dapat dilanjutkan, maka sistem yang ada dalam kandungan pun akan meresponsnya. 

Ada kondisi kehamilan kosong yang bisa luruh atau gugur dengan sendirinya. Namun, jika menunggu sampai masa tertentu jaringan tidak juga keluar sendiri, maka harus dilakukan tindakan kuretase. 

sumber: alodokter.com
  • Kuretase
Jike mengalami kehamilan kosong bisakah ditangani tanpa kuretase? Bisa jika usia kehamilannya masih di bawah 8 minggu. 

Namun demikian, jika usia kehamilan sudah di atas 8 minggu atau ukuran kantong kehamilan yang cukup besar sehingga perlu penanganan kuret. 

Kuretase alias kuret adalah suatu tindakan yang dimaksudkan untuk mengeluarkan jaringan dari dalam rahim. Tindakan ini dilakukan agar rahim dapat kembali bersih dari sisa-sisa kehamilan sebelumnya. 

Bagaimana Menyikapi Kehamilan Kosong

Yakinlah semua yang kita alami adalah yang terbaik dari-Nya. Jika kita sedang hamil, maka bersyukurlah. Karena jikapun terjadi perkembangan janin maka pertumbuhannya pun tidak optimal. Karena adanya kelainan pada kromosom pembentuk janin. Maka berupayalah agar tetap diperbaiki dari ketetapan-Nya. Serahkan semuanya kepada Allah. 





Upaya Yang Dilakukan Dalam Rangka Mencegah Kehamilan Kosong 

Meskipun tidak ada yang dapat mengetahui apa yang terjadi di setiap kehamilan, namun kita dapat meminimalisir risiko yang diperkirakan pada kehamilan. Diantaranya: 

  • Tetap berpikir positif agar tidak mengalami stres. Karena suasana hati dan pikiran sang ibu dapat memengaruhi kondisi janin dalam rahim ibu. 
  • Cukup minum air putih agar asupan udara dalam tubuh sang ibu tidak dapat terpenuhi dengan baik. 
  • Istirahat yang cukup dengan tidur minimal selai sehari-hari. 
  • Kurangi mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula yang dapat memengaruhi di dalam tubuh dan terganggunya aliran nutrisi ke janin. 
  • Menjalani pola hidup sehat. Makan yang cukup dan teratur, perhatikan makanan bergizi. 
  • Memeriksakan kandungan sejak masa awal kehamilan. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG di masa awal kehamilan untuk mengetahui perkembangan janin di dalam rahim. Dapat dilakukan sejak dini untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.  


Kemungkinan Hamil Normal Setelah Kehamilan Kosong

Berdasarkan referensi yang saya baca, wanita yang mengalami kehamilan kosong, hanya sekali seumur hidup. Jadi setelah hamil, kosong, masih bisa menjalani kehamilan yang sehat dan normal. 

Beberapa teman pernah bertanya kepada saya. 

"Apakah jika pernah keguguran saat hamil ia akan sulit untuk hamil lagi dan normal? Karena akan sangat mungkin keguguran lagi." 

Insya Allah , yakin dan berserah dirilah hanya untuk Allah. Nyatanya yang saya alami, alhamdulillah saya bisa hamil lagi sampai sekarang usia kehamilan saya 33 minggu setelah dua kali periode kehamilan sebelumnya saya mengalami keguguran. 



Lalu Kapan Bisa Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Jika pada saat keguguran atau kerusakan ovum dilakukan tindakan kuret maka waktu yang diperlukan jika ingin hamil lagi yaitu minimal tiga kali haid setelahnya. Tentu akan lebih baik jika sebelum memutuskan untuk hamil lagi agar konsultasi dengan dokter kandungan untuk melakukan program hamil. Jadi ketika kemudian terjadi kehamilan lagi, kondisi tubuh ibu sudah lebih siap dan lebih sehat. 







47 komentar:

  1. Itulah yang pernah terjadi pada kerabat saya mba Qoty. Karena dia sekolah kebidanan, malah dia gak pernah USG.
    Aneh nya kehamilan kosong dia berlanjut hingga layaknya mau melahirkan.
    Di saat mau melahirkan dokter tak menemukan adanya janin saat USG.
    Padahal Harusnya BO akan gugur di semester pertama.
    Entah BO ini bercampur dengan pseudo juga saya gak tau. Karena perut beliau juga membesar, ditambah ia juga merasakan tendangan dari bayi.

    Namun setelah bertahun lalu, belum juga hamil kembali. Saya terkadang jadi ikut merasakan sedih nya ia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kasusnya sama dengan kakak kandung saya
      Telat emns , hamil..di USG positif, tapi pas kandungan usia ke sekian bulan enggak janinnya. Sedih bukan kepalang. Dan omongan nyinyir bayi itu ada yang "ngambil".
      BO ternyata ngeri ya...
      Sampai sekarang kakakku belum hamil lagi.

      Hapus
    2. Masya Allah.... Innalillah....
      Sampe segitunya yaaa.... Saya gak bisa ngebayangin deh gimana rasanya.
      Yang ketahuan sejak awal aja ngerasa down banget apalagi sampe usia kehamilan udah gede gitu bahkan udah mau lahiran....
      Semoga Allah ganti dengan yang lebih baik yaa

      Hapus
  2. Walaupun belum mengalaminya, tapi kalau mendengar cerita yang mengalami kehamilan kosong ini bawaannya sedih terus. Terutama mereka yang benar-benar mendambahkan kehadiran buah hati.

    BalasHapus
  3. Baca ini sambil manggut-manggut karena beberapa teman pernah mengalaminya. Sedih padahal calon ibu sudah merasa bahagia begitu tahu dirinya hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ternyata janinnya gak ada? down banget donk... masya Allah

      Hapus
  4. Karena belum merid dan sejak sekolah ambil jurusan IPS,
    Suka ngerii baca beginian tuh mbak hehehe tapi jadi pengetahuan baru

    BalasHapus
  5. Jadi tambah pengetahuan ini. Hamil kosong ternyata menunjukkan tanda2 seperti orang hamil ya. Jadi harus aware ini para ibu, debgan rajin periksa selama kehamilan. Tfs mb. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget mbak, harus banget periksa sejak awal kehamilan, minimal sekali USG begitu tahu positif hamil

      Hapus
  6. Postingnya bermanfaat banget, karena info tentang kehamilan kosong in jarang banget dibahas . Mungkin karena jarang atau karena jadi sedih lagi kalau ceritain soal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, semoga membawa manfaat bagi orang banyak

      Hapus
  7. Sepupu Bapak saya pernah mengalami kehamilan kosong ini, Mbak Qoty.
    Jadi memang harus dikuret. Hanya sayangnya, waktu itu kuretnya kurang bersih. Jadi mengalami masalah lagi. Dan setelah dikuret sampai bersih, beberapa tahun kemudian hamil lagi. Makanya lumayan jarak antara anaknya dari pertama dan kedua. Sekitar 8 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Innalillah, iya ya mas, kalo kuretnya kurang bersih jadi agak mengganggu yaaa. Alhamdulillah kemudian bisa dibersihkan dan akhirnya hamil kembali

      Hapus
  8. Saya pasca keguguran, tiga bulan kemudian hamil lagi.

    Kehamilan kosong.. 🤔
    Sedih juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sama dengan saya, mbak. Keguguran di usia kandungan jalan 4 bulan, setahun kemudian hamil, ternyata hamil kosong. hiks. alhamdulillah 4 bulan kemudian hamil lagi sampai sekarang

      Hapus
  9. Keinget mbak aku mbak, yg sekali kehamilan kosong, kemudian kehamilan berikutnya keguguran, dna kehamilan berikutnya, normal mbak.
    Masih keinget kondisi mbak saat habis kuretase T_T
    Postingannya sangat bermanfaat mbak, terima kasih untuk pencerahannya ya mbak
    sehat baby dan bunanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... makasih mbak, semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  10. Terima kasih penjelasannya. Saya sudah tidak penasaran dengan kehamilan kosong karena teman saya pernah seperti itu. Pelajaran untuk saya kedepannya agar lbh paham kondisi kehamilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. lebih aware aja dengan rajin periksa, minimal sekali USG di awal begitu tahu positif hamil

      Hapus
  11. Blighted Ovum sama dengan hamil anggur kah mbak? Ikut sedih kalo mendengar orang yang mengalami hal ini. Semoga tetap dikuatkan dan dapat hamil lagi dengan normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda mbak...
      kalo hamil kosong benar2 gak ada janinnya. sel2 nya gagal membelah dan membentuk embrio.

      Hapus
  12. Saya pernah baca kisah kehamilan kosong di FB, baca ini lebih kelas dan detail berdasarkan pengalaman sendiri sungguh sangat membantu saya. Qadaru;llah segalanya telah ditentukan Allah. Setidaknya saya bisa belajar agar sebagai ibu pun lebih perhatian pada tubuh sendiri juga pada kehamilannya.
    Terima kasih sudah berbagi ini, semoga Allah beri kesehatan kepada Mbak dan bayi dalam kandungan agar sama-sama selamat dalam menjalani fase kehidupan.
    Ilmu yang dibagikan ini sungguh bermanfaat bagi saya, bisa memberi tahu siapa saja jika ada yang bertanya kepada saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah tabarokallah, alhamdulillah semoga dapat membawa manfaat bagi orang banyak ya mbak

      Hapus
  13. Benar juga ya mbak. Dengan tidak berkembang, artinya mekanisme tubuh berjalan dengan baik. Bisa mendeteksi sesuatu yang tidak sempurna. Alhamdulillah sekarang menanti dedek lagi. Sehat terus ya bumil 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, desain Allah memang begitu indah dan sempurna. Makasih doanya mbak

      Hapus
  14. Saya pun pernah mendengar tentang kehamilan kosong.
    Sebab tetangga saya pernah dulu mengalaminya.
    Baru tahu setelah di bawa kedokter untuk USG.
    Memang sangat penting sekali saat masa kehamilan rutin memeriksakan diri sejak awal kehamilan

    BalasHapus
  15. Aku kenal BO ini karena dulu pernah ke klinik fetomaternal di mana di sana banyakibu yg divonis hamil tapi wajahnya gak bahagia, salah satunya krn BO ini mbak.
    Betul sekali sebaiknya saat promil segera kontak dokter supaya bisa hamil sehat dan lancar ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak April...
      Gak kebayang sedihnya udah tahu dirinya hamil seneng, eh ternyata janinnya gak ada... hiks

      Hapus
  16. Aku kalau baca tulisan tentang kehamilan kemudian ternyata kehamilan kosong atau keguguran sedihnya luar biasa. Banyak kejadian yang menimpa tetangga dan teman.
    Makanya awal kehamilan kudu cepat periksa, apakah ada janin atau apakah janin berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul banget nih mas....
      pemeriksaan di awal kehamilan itu penting banget

      Hapus
  17. Saya beberapa kali dengar kehamilan yang hilang sendiri. Dan di dunia pesisir yang kadang masih percaya mitos, hal itu akan menjadi percakapan menarik di rumah tetangga.
    Baca ini, saya jadi lebih paham, dan jika ada obrlan tentang itu lagi, bisa saya cari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, saya juga beberapa kali denger mengenai hal itu. Bisa jadi itu memang kehamilan kosong alias BO ini yang terus tumbuh sampai besar

      Hapus
  18. jadi sitilah sederhana dari hamil kosong ini adalah gagal pembuahan gitu mak? atau bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembuahan sudah terjadi mas, makanya lingkungannya sudah terbentuk, kantong kehamilan udah membesar. hanya saja ketika sel telur yang telah dibuahi akan membelah/ membentuk menjadi embrio dia gagal terbentuk karena kelainan kromosom atau kualitas sel telur/sperma yang jkurang baik

      Hapus
  19. Terimakasih sudah sharing kak, temenku juga berulang kali mengalami hamil kosong karena gagal terbentuk embrionya, pas denger ceritanya ikutan sedih karena berulang kali kuret katanya sakit banget huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah.... iya mbak, kalo sampai berulang kali gitu ya pasti sedih banget yaaa..
      semoga temennya diberikan ganti yang lebih baik oleh Allah

      Hapus
  20. Iya ya Mbak, makanya saat dinyatakan hamil, pas periksa ke dokter, hal pertama yg dicek DSOG adalah ada tidaknya kantung janin itu. Tfs Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di kasus kehamilan kosong, kantung kehamilan ada mbak, hanya saja janinnya tidak ada karena gagal membentuk embrio

      Hapus
  21. Nah iyaa..saya beberapa kali pernah dengar cerita teman tentang yang namanya kehamilan kosong gini. Dan yaa kurang lebih yang disampaikan sama dengan yang ada di postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan ya

      Hapus
  22. Akhirnya terjawab juga, karena di rumahku ada juga mbak, yang kehamilan kosong gitu, kukira apa. Alhamdulillah makasih penjelasannya

    BalasHapus
  23. Aku pernah mengalami keguguran dan terpaksa harus di kuret. Dan alhamdulillah pasca kuret aku hamil lagi. Selama pola kesehatan terjaga hamil pasca kuret dapat terjadi. InsyaAllah...

    BalasHapus
  24. alhamdulillah,,, semoga diberikan kesehatan senantiasa ya mbak

    BalasHapus