Review GoMassage: Pijat Ibu Hamil Dilarang atau Dianjurkan?

Wanita yang sedang menjalani kehamilan mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya. Perubahan ini seringkali menimbulkan berbagai macam keluhan. Seperti pegal-pegal, pusing, nyeri di bagian pinggang, dan lain-lain. 

Tentu banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut. Diantaranya yang dapat menjadi pilihan adalah pijat. 


Namun terkadang ada juga ibu hamil yang bertanya-tanya, sewaktu hamil boleh gak sih dipijat? Aman gak sih? 

Larangan Pijat untuk ibu hamil


Dulu sekali, yang ada dalam pikiran saya adalah ibu hamil dilarang pijat dan kerokan. Makanya selama dua kali hamil anak pertama dan kedua, itu sama sekali gak pernah dipijat. Setelah melahirkan, barulah mulai dipijat secara berkala.

Ini sih karena kemakan mitos, ya. hehe 

Karena ternyata, makin kesini saya makin banyak baca hingga makin terbukalah informasi penting bahwa ibu hamil boleh kok dipijat. Dianjurkan malah. Namun memang ada beberapa batasan bagi ibu hamil yang ingin dipijat. 

Diantaranya: 
  • Perhatikan usia kehamilan. Sebaiknya tidak dipijat ketika masih di trimester pertama. Pijat ibu hamil baik dilakukan ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga
  • Tidak memijat di area tertentu, seperti perut. So, pijat tetap bisa dilakukan di hampir seluruh badan kecuali bagian perut, pinggang dan pinggul ya, Moms. 
  • Tidak memakai wewangian tertentu. Minyak lavender tidak disarankan digunakan dalam sesi memijat ini karena dapat merangsang kontraksi. Minyak peppermint juga gak dianjurkan karena dapat mengurangi produksi ASI.

Manfaat Pijat Bagi Ibu Hamil


Pijat yang dilakukan pada ibu hamil tentu berbeda dengan pijat untuk orang lain pada umumnya. Jika pijat pada umumnya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, maka lain halnya dengan pijat untuk ibu hamil. 

Pijat untuk ibu hamil bertujuan untuk rileksasi. Tidak hanya untuk sang ibu, namun juga bermanfaat untuk bayi yang ada di dalam kandungan ya, Moms. 


Ini nih beberapa manfaat pijat bagi ibu hamil

  • Meringankan rasa tidak nyaman
  • Membuat ibu hamil merasa rileks
  • Menurunkan ketegangan dan tingkat hormon stress
  • Meringankan nyeri punggung dan kaki
  • Memperbaiki mood sekaligus meningkatkan rasa bahagia
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Melancarkan peredaran darah dan membuat fungsi uterus semakin baik
  • Membuat janinnya rileks, sehingga dapat membuka jalan lahirnya. Perubahan posisi bagi janin pun lebih mudah. 

Panduan Pijat Ibu Hamil


  • Pijat sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan sudah masuk trimester ketiga. 
  • Pijat dilakukan dalam posisi miring ke kiri dan ke kanan serta duduk. Bisa juga dalam posisi telentang namun pastikan posisi ibu hamil nyaman, ya. 
  • Tidak memijat di daerah perut, pinggang dan pinggul karena tiga bagian ini rentan berkontak langsung dengan janin dan bisa memicu kontraksi. 
  • Jika pijatan dirasa menimbulkan kontraksi, apapun metode dan cara memijatnya, agar segera dihentikan. 
  • Pastikan ibu hamil dipijat oleh terapis yang mengerti, terlatih dan berpengalaman. Akan lebih bagus jika terapisnya bersertifikat.  

Pesan jasa pijat ibu hamil melalui layanan GoMassage GoLife 

Beberapa hari lalu ketika badan udah kerasa enggak nyaman, kaki pegel-pegel, bahkan kepala juga sering terasa pusing akhirnya bumil nyerah, deh. 

Ngapain? Jurus paling jitu adalah manggil tukang pijat, donk! Apalagi saya emang udah biasa dipijat. So, tiap abis dipijat badan makin seger dan enteng. Makin semangat menjalani aktivitas kembali jadinya. 

Etapi, tukang pijat yang biasanya memijat saya kan bukan spesialis bumil, kira-kira ngerti gak yaa do en don't yang perlu diperhatikan ketika memijat bumil? 

Jadi galau kan...

Namanya jodoh, ya pasti ketemu. Pas banget saya lagi galau belum nemu tukang pijat yang cocok temen saya merekomendasikan supaya saya nyoba pesen di GoMassage. 

Sekilas tentang GoMassage 


Jadi GoMassage ini adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi GoLife, punyanya Go-Jek. GoMassage ini merupakan layanan pijat keluarga profesional yang dapat membuat badan dan pikiran Mommies rileks kembali. Ohya, layanan ini bisa dipanggil untuk datang ke rumah atau kemanapun yang Mommies mau, loh. Jadi makin enak, kan? 


Go-Jek ini emang keren, ya. Dia terus berinovasi menciptakan fitur-fitur baru yang dimaksudkan untuk semakin memudahkan para customernya. 

Salah satu fitur terbarunya yaitu GoMassage ini. Di dalam fitur ini terdapat banyak pilihan massage. Diantaranya Aromatherapy massage, body massage, shiatsu massage, Thai massage, pregnancy massage, Mom & Kids Massage dan lain-lain. 

Ragam pilihan pijat dan terapi di GoMassage 

Karena saya sedang hamil, jadi memilih untuk memesan layanan pregnancy massage, donk!

Review Pregnancy Massage by GoMassage

Karena ini merupakan pengalaman pertama saya memesan layanan ini, jadi saya mau menuliskan review GoMassage disini supaya bisa jadi rekomendasi buat para bumil lain di luar sana. 

Kemarin saya memesan layanan Pregnancy Massage dengan durasi 90 menit dari Erik Massage yang dapat dipanggil ke rumah. Karena ada juga beberapa layanan lain yang hanya bisa melayani di tempat penyedia jasa saja. 

So, saya kan pengen praktisnya aja jadi nyari yang bisa dipanggil, donk! 

Ohya, kita juga bisa memilih jam layanan, loh. Nah, setelah kita memesan layanan, enggak lama kemudian admin Erik Massage menghubungi kita dan mengirimi nomor handphone terapis agar bisa berkomunikasi langsung. Enak banget, ya. Tarif yang dibayarkan pun sesuai yang tertera di aplikasi tanpa ada tambahan biaya lagi. 


Terapis yang melayani saya adalah Ibu Juwaeriyah. Beliau datang tepat pada waktu yang dijanjikan. Beliau pun menyiapkan segala sesuatunya sebelum pijat dimulai. Diantaranya kain untuk alas pijat dan minyak atau lotion yang digunakan. So, semua sudah disediakan jadi kita hanya tinggal menikmati saja. 

Jangan khawatir ya, Mommies. Karena terapisnya sudah berpengalaman bertahun-tahun, terlatih dan bersertifikat pula. So, enggak ragu lagi, donk! 

Yang saya pesan adalah pijat ibu hamil dengan durasi 90 menit. Tapi Ibu Juwaeriyah memijat hingga 90 menit lebih, loh. Lebih sedikit aja, sih. Overall, enak banget. Udahannya badan yang tadinya enggak enak jadi nyaman, rileks dan enggak pegel lagi. 
Ketika bumil dipijat dalam posisi miring kiri/kanan dan duduk 
Karena beliau udah berpengalaman, maka tahu betul treatment apa yang diperlukan bagi ibu hamil trimester ketiga macam saya ini. So, hasilnya amat memuaskan. 

Cara Pesan Layanan Go-Massage


  1. Download atau update aplikasi GoLife di App Store atau Playstore, lalu klik icon GoMassage
  2. Pilih layanan beserta durasi yang diinginkan serta preferensi jenis kelamin terapis
  3. Tentukan waktu dan tanggal pesanan, serta masukkan alamat yang dituju kemudian klik "Pesan"
  4. Sistem GoLife akan mencarikan terapis yang dekat dengan lokasi tujuan
  5. Setelah layanan selesai, jangan lupa berikan rating layanan bagi terapis yang melayani

Agar tak khawatir memesan layanan GoMassage


  • GoMassage adalah layanan pijat profesional keluarga dari GoLife
  • GoLife memiliki SATGAS yang bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam mengawasi setiap kegiatan di dalam aplikasi dan layanan
  • GoLife akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran di luar ketentuan layanan, termasuk pelecehan seksual sesuai dengan prosedur hukum dan undang-undang yang berlaku 

Rasanya semua pengalaman saya sudah tertuang dalam tulisan ini. Yang pada intinya saya puas sih dengan service excellent dari GoMassage ini. Lain waktu boleh donk order lagi. Hihihi ketagihan kan.... 






Referensi: 
https://www.haibunda.com/kehamilan/20180409161804-49-17596/ini-yang-perlu-diketahui-tentang-pijat-untuk-ibu-hamil
https://www.alodokter.com/fakta-tentang-manfaat-pijat-ibu-hamil
https://lifestyle.kompas.com/read/2013/12/08/1625341/Ini.Dia.Panduan.Pijat.untuk.Ibu.Hamil.?page=all
https://www.gojek.com/blog/GOMASSAGE/

100 komentar:

  1. Mba qoty, untung saya baca info ini. Saya baru tau kalo peppermint bisa membuat produksi ASI menurun. Haish, padahal aku suka aroma ini, sebaiknya mulai sekarang aku hindari, Terimakasih mba infonya,
    aku juga mau deh, sekali2 nyoba layanan go massage.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat ya mbak... Makasih udah mampir

      Hapus
  2. Mau juga ah coba Go Massage. Tapi nyari timing yg tepat dulu kayanya. Masa' iya sih ntar terapisnya sudah sampai di rumah akunya msh di kerjaan, wkwk. Nice share Mbak Qoty, jd tambah info ttg aplikasi Go Life

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak....
      Enaknya pesen di golife kita bebas bisa atur waktu kapan aja

      Hapus
  3. Saya juga mau nyobain go massage ini.
    Apalagi saat ini di daerah saya tinggal susah nemu tkg pijet.
    Tkg pijet yang biasa entah kenapa skrg2 ni jadi jual mahal hiks, padahal pijetannya enak.

    BalasHapus
  4. Kala saya hamil Palung, gak tahu mengapa bagian kaki nyeri melulu padahal saya tidak kerja berat. Suami tiap malam Terpaksa pijat bagian kaki saya, kasihan karena hasilnya tidak maksimal jadi pijatannya kurang memuaskan saya dan tetap nyeri melulu.
    Andai ada Go-massage waktu itu,ya.
    Apakah pada umumnya wanita hamil sering alami nyeri di bagian kaki tanpa sebab?
    Mbak enak'bisa langsung bugar dipijat terapis andal. Saya jadi pengen juga, hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sering ngalami kayak gitu di kehamilan ini mbak.... dipijitin suami atau yang lain gak mempan, masih pegel juga... hiks makanya akhirnya nyoba gomassage ini

      Hapus
  5. ah jadi pengen dipijat juga, memasuki trimester 3 ini badan udah mulai terasa pegel-pegel. Jadi pengen coba gomassage :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah barengan yak kita...
      cuss mbak enakeun loh dipijatnya

      Hapus
  6. Aku juga dulu tu nggak berani pijat pas hamil karena katanya nggak boleh gini gitu. Ternyata nggak masalah ya. Soalnya bumil kan emang gampang capek dan dan lelah badannya. Pernah nyobain go massage, enak banget emang. Praktis

    BalasHapus
  7. Beruntung sekali saya baca postingan ini loh mba qoty. Saat ini saya tengah hamil di trimester awal. Dan emang sangat suka sekali dipijat. Info go-massage ini juga bikin saya melek kalo untuk layanan ini massager nya kalo yang untuk ibu hamil tersertifikasi, jadi aman dan gak bikin kuatir. TFS loh yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masih trimester awal ya mbak... selamat menjalani kehamilan dengan enjoy yaaaa... semoga sehat senantiasa

      Hapus
  8. malah butuh banget buat dipijat saat hamil. Klo saya yg paling terasa dipijat waktu hamil ketiga kemarin yaitu kaki. apalagi pas hamil besar, kaki pegel karena menahan beban dan sering kram

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya banget ini mbak, kaki sering pegal dan kram.... makanya butuh banget dipijat gini

      Hapus
  9. Ibu hamil itu sering banget pegel-pegel tapi banyak yang takut dipijat karena kemakan mitos. Padahal gak masalah jika mengikuti aturannya ya mbak. Terus sehat dan bugar ya sampe lahiran ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih doanya ya mbak...
      betul banget tuh

      Hapus
  10. iya, banyak banget aku denger mitos yang beginian. Padahal dalam ilmu kesehatan masih boleh ya karena ada manfaatnya juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas. masih boleh kok asal tahu batasannya aja

      Hapus
  11. Kalau tahu caranya pijat, pasti Bumil bakal sering-sering pijat, soalnya kalau mijetnya bener bakal bikin rileks ya. Apalagi sekarang sudah ada Go Massage, bakal makin sering pijit ini mah hehehe

    BalasHapus
  12. Justru lagi hamil tuh sering pegal-pegal ya, paling enak dipijit... Waktu nanya-nanya ke dokter juga memang enggak apa-apa dipijit, yang penting bukan perutnya, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. asal jangan pijat bagian perut dan pinggul gapapa kok

      Hapus
  13. Benar kok Mbak saat hamil saya malah rutin dipijat. Badan pegal terasa lebih ringan. Sakit badan juga semakin terasa berkurang. Pokoknya saat hamil dipijat itu nyaman banget bagi saya mah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mnbak, ternyata senyaman itu... aku selama hamil calon anak ketiga ini baru dua kali dipijat

      Hapus
  14. Sejauh ini saya belum download golife. Baca tulisan ini jadi bikin saya tertarik untuk download. Go massage dan go clean sepertinya seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss mbak download. kehadiran mereka benar-benar membantu loh

      Hapus
  15. Waaah baru tau ada kategori massage-nya di go massage. Enak yaaa. Jadi pengen nyobain juga nih. Aku pengen banget pijat dari kapan hari tp belum ketemu terapisnya. Kece ini sampe terapisnya aja profesional ada sertifikatnya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak cobain..... enak loh, gak perlu khawatir juga karena terapisnya berpengalaman dan bersertifikat pula

      Hapus
  16. Namanya ibu hamil kan berbadan dua ya, Mbak. pasti badan juga pegal-pegal. Dan ini bagus, akrena solusinya bisa dengan pijat. Bagusnya lagi, sekarang sudah ada layanan Go Massage dari Go Jek. Jadi tidak perlu susah cari tukang piijat atau bersusah payah keluar rumah ke tempat pjat. Zaman now memang serba dimudahkan.

    BalasHapus
  17. Duh jadi pengen pijet juga nih. Hehe tapi emang iya sih Bun, lagi hamil trus dipijat itu berasa lagi disurga banget deh. Soalnya bumil itu kan biasanya punggungnya sakit dan pegel-pegel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget mbak.... yuk lah cuss pesan terapis pijatnyaa

      Hapus
  18. Ah, ya, saat hamil, biasanya dokter atau Nakes mewanti-wanti agar kami para bumil tidak pijat. Pastinya, maksudnya adalah tidak memijat perut. Karena kebiasaan pijat perut atau irak masih lestari di sini.
    Kalau pijat melalui go message yg bisa pilih sendiri pemijat bersertifikat, jadi bebas resah meski dapat pesan jangan pijat, ya. Dan bisa jawab dengan mantap kalau pijat yg dilakukan aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.... bener. insya Allah nyaman banget pijat by gomassage ini karena terapinya berpengalaman

      Hapus
  19. Asyik juga ya ada go massage apalagi zaman sekarang agak sulit nyari mbok tukang pijit. Kapan-kapan nyoba ah.

    BalasHapus
  20. Waduh, ko jadi mupeng ya dipijat. Apalagi dengan adanya Go Massage, kayaknya jadi nggak ribet ya, Mbak.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah jadi punya referensi soal gomassage ya mbak terimakasih untuk ulasannya

    BalasHapus
  22. Sehat-sehat ya Bumiiil... Terima kasih reviewnya ya, kadang aku ragu mau pesan go massage. Kalau sudah tersertifikasi dan terlatih gini jadi lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. makasih ya mbak... iya aku kemarin juga sempat ragu. tapi bismillah nyoba ternyata alhamdulilah enak banget

      Hapus
  23. Lho kok variannya makin banyak? ada thai massage segala. Kok aplikasi ku masih blom ada? apa kudu di update ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin iya mbak... emang banyak banget pilihan massage nya... jadi makin enak

      Hapus
  24. Aku juga kali pertama kemarin cobain go massage pas pulang dari Jakarta, enak yaa setelah dipijat bisa bugar lagi. Dan ga mesti kemana - mana tinggal tunggu d rumah gomassage datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget teh.... jadi memudahkan dan membuat kita nyaman yaaa

      Hapus
  25. Sudah dua kali hamil dan terbukti pijat itu aman buat ibu hamil. Asalkan hindari daerah perut dan pinggang. Kalau bahu, tangan dan kaki dipijat itu relaksnya luar biasa. Enak banget kalau ada GoMassage ini, bumil jadi gak usah repot keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, bener nih...
      saya malah baru dipijat pas hamil calon anak ketiga ini

      Hapus
  26. Baru tau banget kalo ibu hamil sebenarnya nggak apa apa dipijat. Tau gitu saya merengek minta dipijat kemarin. Habis badan nggak karuan, pas melahirkan makin nggak karuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kalo kita rileks, badannya rileks jadi saat melahirkan juga rileks mbak.... alhamdulillah mbak sehat-sehat yaaa

      Hapus
  27. Wah keren nih layanannya GO-JEK massage. Ada pijet khusus ibu hamil segala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa... kemarin pas ngebuka tadinya dipikir ya pijhat biasa aja ternyata ada pijat khusus ibu hamil juga. alhamdulillah

      Hapus
  28. Alhamdulillah...kemajuan zaman membuat banyak ha lebih baik ya? Mitos2 yang nggak bermanfaat jadi tergantikan dengan kegiatan berdasarkan riset ilmu pengetahuan. Saya juga baru pada anak ke tiga dan ke empat, melakukan pregnancy massage. Sebelumnya nggak pernah, karena tahunya nggak boleh. Dan artikelnya mbak qoty lengkap banget. Suka deh bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, makasih mbak, semoga bermanfaat yaaa...

      Hapus
  29. Yuni juga rasanya udah pingin banget pijat. Tapi di kota yuni mah nggak tahu dimana ada tukang pijet. Bisaaan nih mbk Qoty nulis tentang go massage. Bisa jadi referensi yuni. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak... tapi layanan gomassage ini kayaknya baru ada di jabodetabek yaaa kalo gak salah

      Hapus
  30. hwiiiiih zaman now yaaa, apa sih yang tak tersedia online :)

    btw seingat saya, waktu di kampung dulu orang hamil malah disarankan utk pijit secara berkala. tentunya olah tenaga pemijat yg memang sudah terlatih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah dianjurkan ya mbak... tapi kalo di kampung gitu emang ada dukun pijat gitu kan yaaa yang biasanya terapisnya udah sepuh gitu

      Hapus
  31. Aku baru tahu lho ada pijat u ibu hamil. Syukurlah kalo GoMassage juga punya ahli berpengalaman. Aku blm nyoba nih GoMassage, blm berani...

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum beraninya kenapa nih bund??? cuss lah yuk cobain

      Hapus
  32. Behhh keren yak sekarang Gojek bisa memfasilitasi ibu Hamil buat pijat tanpa bersusah payah, tinggal GoMassage nyampe..

    BalasHapus
  33. Hamil memang luar biasa perjuangannya mbak. Sy bisa ngerasain gimana istri hamil dan pijat itu udah jad kayak obat.Tapi gak berani karena mitos. Go massage ini solusi banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mas.... panggilin tukang pijat aja istrinyaaa mas biar rileks dan nnyaman

      Hapus
  34. Ibu hamil perlu dipijat, tetapi pada tempat yang aman buat dipijat, aman buat kehamilannya

    BalasHapus
  35. Buat Ibu Hamil emang enaknya pake Go Massage aja ya mbak. Biar gak cape pergi kemana mana, tinggal nunggu aja deh di rumah. Hehehe. Saya pun juga seneng pakai layanan Go Massage kalau lagi pegel dan capek capek

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat banget nih mbak.... jadi tinggal duduk tenang menunggu, maka rileks pun dtaang

      Hapus
  36. Senangnya kalo goreng massage juga menyediakan layanan pijet untuk ibu hamil.

    BalasHapus
  37. Gampang banget sekarang ya mbak, tinggal klik2 udah bisa dapet tukang pijat yg datang ke rumah. Boleh dicoba nih go massage nya. Aku hamil atau nggak memang suka dipijat kalo badan udah pegel2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pas lagi gak hamil kemarin malah hampir tiap bulan pijit terus apalagi kalo pulang dari luar kota...

      Hapus
  38. Aku sudha nyobain Go Massage dan puas banget enak pijetannya dan praktis. Kemarin juga mba nya bilang katanya dia juga bisa go massage buat bumil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah feedbacknya positif kan ya mbak....

      Hapus
  39. Duh enaknya pijat badan.. Kemain juga nyoba go massage tapi yang totok wajah saja. Enak dan bikin relaks ya.. Go massage memang memanjakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah nyobain totok wajah yaaa.... saya malah belum nih

      Hapus
  40. Wah lengkap ya Go Massage ini..

    Ada pilihan pijat ibu hamil, jadi ibu hamil nggak perlu khawatir lagi klo mw pijat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget. mana terapisnya berpengalaman dan bersertifikat pula kan

      Hapus
  41. Wah, bisa juga ya pijat ibu hamil di Go Massage. Aku dulu kesusahan nyari yang bisa pijat waktu hamil. Dengan GoMassage ini, ibu-ibu hamil jad gampang nih dipijat. Tinggal order GoMassage

    BalasHapus
  42. Paling nyaman kalau sedang hamil ada yang bantu mijat.
    Karena kan berat yaa...dan jadi mudah lelah juga..

    Sehat-sehat terus yaa, bumils...

    BalasHapus
  43. Ternyata boleh ya mbak pijat saat hamil. Selama ini taunya ga boleh loh. Padahal banyak manfaatnya, terutama bikin body makin n pikiran jadi rileks

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh banget mbak, asal tahu batasannya aja... makanya penting banget manggil terapis nya yang udah pengalaman

      Hapus
  44. Asikk banget nih go massage, jadi penge dipijet juga hihi

    BalasHapus
  45. Go life semakin keren nie sampai ada pijat untuk ibu hamil juga, kmrn aku juga sempat menikmati pijat dari go massage terapisnya telaten banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan mbak,.,.,.,. emang terapisnya gak kaleng-kaleng yaa

      Hapus
  46. Wah ternyata boleh yac message saat hamil ya bun, asalkan di daerah tertentu aja. Nice sheringan bun...

    BalasHapus
  47. Baca tentang wewangian kok aku jadi ingat pas hamil sering loh menghirup aroma lavender. Apa mungkin karena itu juga ya perutku sering kontraksi sebelum waktunya, hehm... Jujur saya baru tahu loh mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah saya juga baru tahu mbak, makanya saya tulis disini sekalian buat pengingat

      Hapus
  48. Kalau sudah massage begini ibu hamil jadi lebih relaks ya mba. Aku jadi pengen massage juga nih.

    BalasHapus
  49. Go massage diperbolehkan ya untuk ibu hamil, selama dikerjakan oleh ahlinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak. teraspis di gomassage udah pengalaman, bersertifikat dan telaten banget emang mbak

      Hapus
  50. sekarang sudah enak banget ya, sejak ada gomassage jadi mudah, dulu saat saya hamil dan lelah, bingung mau pijat dimana, karena banyak tempat pijat yang ngga mau menerima ibu hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan mereka takut ya mbak megang ibu hamil... alhamdulillah sekarang ada gomassage jadi semakin memudahakn

      Hapus