Cara Mengetahui Waktu Menstruasi Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, banyak dari wanita bertanya kapan periode haid akan dimulai kembali? Anda mungkin sudah merindukan cara-cara mengatasi dismenore yang biasa anda lakukan. Kapan menstruasi akan dimulai seringkali bergantung pada apakah anda menyusui atau tidak. 



Setelah melahirkan, anda mungkin akan menemukan perbedaan menstruasi. Anda mungkin akan kembali bertanya-tanya sakit perut saat haid apakah berbahaya setelah melahirkan. Sebelum itu, ketahui dulu kapan anda akan mengalami menstruasi kembali setelah melahirkan. 

Menstruasi anda biasanya akan kembali sekitar enam hingga delapan minggu setelah anda melahirkan, jika anda tidak menyusui. Jika anda menyusui, waktu untuk kembali menstruasi dapat bervariasi. Mereka yang menerapkan pemberian ASI eksklusif mungkin tidak memiliki periode selama mereka menyusui. "ASI eksklusif" berarti bayi anda hanya menerima asupan dari ASI anda. Tetapi bagi yang lain, menstruasi mungkin kembali setelah beberapa bulan, apakah mereka sedang menyusui atau tidak. 

Jika menstruasi anda kembali dengan cepat setelah melahirkan dan anda mengalami persalinan normal, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk menghindari penggunaan tampon selama menstruasi pertama pasca melahirkan. Ini karena tubuh anda masih dalam proses penyembuhan, dan tampon berpotensi menyebabkan trauma. Anda dapat menggunakan kembali tampon setelah 6 bulan pasca melahirkan. 

Biasanya, wanita yang menyusui tidak mendapatkan menstruasi mereka dengan cepat karena hormon tubuh. Prolaktin, hormon yang diperlukan untuk menghasilkan ASI, dapat menekan hormon reproduksi. Akibatnya, mereka tidak berovulasi atau melepaskan telur untuk pembuahan. Tanpa proses ini, anda kemungkinan besar tidak akan menstruasi. 

Ketika menstruasi anda kembali, anda mungkin melihat beberapa perubahan dalam pasokan ASI atau reaksi bayi anda terhadap ASI. Perubahan hormon yang menyebabkan tubuh anda mengalami menstruasi juga dapat memengaruhi ASI anda. Misalnya, anda mungkin melihat penurunan pasokan ASI atau perubahan seberapa sering bayi anda ingin menyusu. Perubahan hormon juga dapat memengaruhi komposisi ASI anda dan bagaimana rasanya bagi bayi anda. Namun perubahan ini tidak banyak, dan seharusnya tidak memengaruhi kemampuan anda untuk menyusui bayi anda. 




0 komentar:

Posting Komentar