Ciri Menstruasi Normal Seperti Apa? Inilah Ulasannya!


Setiap wanita pasti memiliki siklus menstruasi atau haid yang berbeda-beda. Ada yang lebih cepat ada juga yang periode haidnya cukup lama. Selain itu, ada pula yang volume darahnya lebih banyak disertai dengan nyeri. Berbagai ciri-ciri tersebut harus Mommies perhatikan untuk mengetahui apakah siklus menstruasi yang Mommies alami masuk dalam kategori menstruasi normal atau tidak normal.

Siklus menstruasi yang disertai dengan nyeri atau kram pada perut memang sudah biasa bagi sebagian wanita. Namun, yang perlu Mommies ketahui bahwa ada beberapa nyeri haid yang harus diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri haid normal yang wajib diperhatikan: 

  • Siklus bulanan
Saat wanita berusia 25-35 tahun, hampir 50% wanita memiliki siklus haid antara 25-28 hari, tetapi ada wanita yang memiliki siklus haid lebih pendek yaitu 21 hari. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai siklus menstruasi yang normal. Namun apabila siklus menstruasi Mommies lebih panjang dari siklus tersebut, Mommies perlu memeriksakan keadaan tersebut ke dokter.  

  • Volume darah yang keluar
Volume darah yang keluar antara 20-60 cc adalah yang normal terjadi dalam setiap siklus haid. Ada yang perlu Mommies perhatikan jika volume darah yang keluar banyak serta menggumpal dan mengharuskan Mommies mengganti pembalut 10 kali sehari. Maka Mommies  perlu waspada. Tetapi jika Mommies menghabiskan pembalut 3-5 kali sehari maka hal tersebut masih dianggap normal.

Kram perut saat menstruasi dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan pergantian hari. Mommies juga dapat mengatasi nyeri tersebut dengan melakukan aktivitas dan olahraga yang ringan seperti lari misalnya. 

Dalam artikel yang bersumber dari laman https://ifreeindonesia.com/who-runs-the-world-girls/ dijelaskan bahwa meskipun Mommies sedang menstruasi tidak ada alasan bahwa Mommies akan malas-malasan karena justru dengan olahraga akan menghilangkan nyeri tersebut. 

Saat Mommies sedang menstruasi tetapi ingin tetap aktif dan melakukan olahraga, ifree adalah pilihan terbaik yang dapat digunakan. Dengan ifree Mommies akan merasa nyaman dan tenang serta bebas dari rasa nyeri.

Untuk info lebih lanjut mengenai ifree Mommies dapat membuka website ifree. Selain itu Mommies juga bisa mendapatkan produk-produk ifree dengan mudah di apotek-apotek terdekat. 



14 komentar:

  1. aku tetap olah raga walaupun sedang mens kecuali olah raga renang

    BalasHapus
  2. Klo aq setiap menjelang mens rutin sit up mbak

    Dan itu ngefek, pas mens nggak suka nyeri

    BalasHapus
  3. Kalau aku alhamdulillah menstruasi normal mba. Dan bersyukur juga tak merasakan nyeri mba. Tapi aku pengen rutin nih mba nyatata jadwal menstruasi.

    BalasHapus
  4. Aku kalau haid siklusnya kacau, tapi yang jadi patokan tiap bulan keluar. Sejauh ini jadi tenang-tenang aja karena tidak merasa sakit mungkin karena saat haid juga dibantu olahraga ringan juga.

    BalasHapus
  5. Sekarang aku selalu aware dengan mentsruasi. Karena dulu waktu masih gadis, pernah mentruasi gak normal. Aku hampir sebulan penuh menstruasi. Aku kira itu normal. Ternyata parah. Sampe dikasih suntikan segala. Pantesan aja aku pusing tiap hari. Kudu selalu teliti ya, sebelum membuat kita terancam atau divonis dengan gangguan penyakit tertentu.

    BalasHapus
  6. Iya yaa...
    Sakit atau nyeri mens itu semakin menjadi-jadi kalo kita diem gak ngapa-ngapain. Memang sebaiknya beraktivitas seperti biasa ditambah dengan olahraga tipis-tipis.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, haid aku lancar dgn siklus 23hari dan tidak mengalamin nyeri mom. Terimakasih artikel nya bermanfaat mom.

    BalasHapus
  8. nanti aku kepoin ah, biasanya aku suka lemes kalo lagi haid, apa karna darah rendah x ya. nanti ku coba ifree, makasih infonya mam

    BalasHapus
  9. darah mens saya banyak banget. bisa sampai 10 x ganti pembalut kalau lg deras2nya. dan itu berlangsung sedari dulu

    BalasHapus
  10. Semenjak menikah lebih memperhatikan masa menstruasi mbak. Siklusnya masih normal dan juga sekarang lebih konsisten makan asupan bergizi.

    BalasHapus
  11. Justru rutin olah raga itu dianjurkan ya, untuk mencegah pms yang parah. .tfs mb..

    BalasHapus
  12. Waktu lagi program hamil dulu, aku juga dikasih tau menstruasi yang normal. Karena waktu itu aku ada miom jadi setiap menstruasi cenderung selalu sakit.

    BalasHapus
  13. Hari pertama mestruasi aku suka tak bisa gerak saking keramnya. Pernah coba olahraga malah pingsan. Katanya sih karena memang bawaan tubuhku begitu dan tak bisa dipaksa. Biasanya nanti kalau sudah hari ketiga atau keempat, sudah enak lagi beraktivitas. Cuma masih suka penasaran sih, kok keram haid hari pertamaku sampai begitu banget. Apa perlu periksa kali ya?

    BalasHapus
  14. Ohhh, aku baru tahu mbaa. Ternyata dengan olahraga bisa membantu untuk menghilangkan nyeri saat menstruasi ya mba. Catet nih! Bermanfaat banget mba sharingnya.

    BalasHapus