3 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Usus Anak


Penting sekali selalu menjaga kesehatan usus anak, apabila Anda ingin ia tetap sehat. Pada saat anak telah mencapai usia sekolah, susunan umum microbiome mereka sudah ditetapkan dan akan terus bersama untuk selamanya. Untungnya lagi, memelihara microbiome anak itu tidaklah sulit. Berikut adalah 3 cara mudah agar usus dan pencernaan anak sehat.



1. Beri makan bakteri baik
Bakteri dapat berkembang melalui serat-serat makanan, karbohidrat kompleks dapat ditemukan pada jenis tumbuh-tumbuhan. Bagaimana jika anak tidak tercukupi asupan seratnya? Berdasarkan penelitian, menunjukan bahwa mikroba usus akan merasa lapar dan mulai memakan lendir pelapis atau pelindung dinding bagian usus.
Untuk memberi makan bakteri  baik, yaitu dengan melakukan diet kaya buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Dengan begitu, mikroba dapat berkembang karena banyak makananan. Untuk lebih memaksimalkan perkembangan mikroba, bisa juga dengan memakan jenis sayuran, seperti wortel, edamames kuku, atau kacang hitam dan avokad pada tortila gandum utuh.

2. Makan bakteri itu sendiri
Mengkonsumsi yogurt yang didalamnya terdapat bakteri “live active cultures” dapat mengurangi frekuensi penyakit usus pada anak. Sebagai bahan kehati-hatian Anda, pilihlah jenis minuman yogurt dengan kemasan baru dan mengandung live cultures. Karena sekarang ini, banyak sekali yang beredar dipasaran jenis yogurt yang hanya mengandung gula saja.

3. Hindari antibiotik yang tidak perlu
Jenis obat-obatan ini sangat bermanfaat ketika melakukan pertolongan pertama dan bahkan bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Tetapi antibiotik sendiri bukan berarti tidak memiliki kekurangan sama sekali. Kekurangan tersebut berupa pembunuhan massal pada bakteri baik tanpa pandang bulu. Antibiotik akan senantiasa menyingkirkan bagian yang terbaik dari microbiome anak bersama dengan yang buruknya.

Jangan sekali-kali Anda berikan obat antibiotik kepada anak tanpa anjuran dokter. Adapun harus diminum, itu hanya perlu untuk jenis penyakit-penyakit tertentu saja.

Untuk bisa menyimak beberapa tips kesehatan lainnya, Anda juga bisa berkunjung langsung ke https://www.guesehat.com/

Dengan pembahasan ini, semoga Anda lebih cermat lagi dalam memperhatikan kesehatan usus anak.

Salam sehat,




0 komentar:

Posting Komentar