Resolusi Ngeblog ala CeritaBunda

Temans..... 
Udah berapa lama kamu ngeblog? Selama berkarya menjadi seorang blogger, apa aja yang udah kamu capai? 

Sebagai seorang blogger, tentu ingin juga memiliki pencapaian-pencapaian yang memuaskan. Apalagi jika bisa menghasilkan. Betul nggak? 



Aku nih, baru setahunan ngeblog tapi belum punya pencapaian yang wah, menurutku. Meskipun begitu, alhamdulillah sudah bisa sampai di titik ini. Ya tidak dipungkiri terkadang ada juga rasa iri pengen seperti teman-teman blogger yang lain. Namun diriku juga sadar dirilah, jam terbangku belum seberapa jika dibandingkan mereka. So, nikmati saja prosesnya.

Perjalanan karir sebagai blogger


Tahun 2019 merupakan tahun dimana aku kembali menemukan jati diriku, kurasa. Jariku dapat kembali menari di atas tuts keyboard, merajut kata, mengurai makna, menumpahkan rasa, berbagi cerita.

September 2018 aku mulai men-TLD-kan blogku dengan nama domain ceritabunda.com. Nama itu kupilih karena aku yang introvert merasa tak pantas memakai namaku sendiri seperti blogger kebanyakan. Aku ingin memakai sebuah nama domain yang mudah diingat, dan menggambarkan isi blognya yang rencananya akan kuisi dengan materi seputar parenting dan family. 

Meski sudah TLD, tetap saja aku masih belum rajin mengisi blog. hiks. Mulai rajin mengisi blog sejak Maret 2019, ketika aku dapat job sponsored post pertama. Masya Allah, aku seperti ditimpuk oleh Allah. Ngisi blog masih belum rutin tiap bulan aja Allah tetap memberi rezeki melalui blog, gimana kalau makin rajin? Ya, pertama kali aku dapat penghasilan dari blog ya di bulan Maret 2019. Rasanya sungguh bahagia tak terkira saat dapat transferan itu. Alhamdulillah.

Namun, serajin-rajinnya diriku masih saja terhitung sebagai blogger malas karena dalam setahun ini hanya ada 39 postingan saja. Dengan rincian 12 artikel content placement, 9 artikel sponsored post, 2 artikel untuk lomba dan 16 artikel organik. Duh, masih dikit banget, ya. Hiks

My Achievement di tahun 2019

Alhamdulillah, apapun yang didapat patut disyukuri. Karena tak hanya materi, aku mendapatkan berbagai pengalaman berharga di sepanjang tahun ini. Makin intens dan aktif berkomunitas di dunia blogging, membuat jalinan silaturrahmi makin meluas. Insya Allah rezekipun mengalir.

Di tahun ini jujur aku bagai menemukan kembali duniaku. Beberapa kali mengikuti event, datang sebagai blogger yang meliput sungguh membuatku belajar banyak hal. Aku yang suka jalan-jalan, mengamati sekitar dan menulis merasa amat cocok dengan aktivitas ini. Ternyata begini ya menjadi seorang blogger. Karena itulah aku memutuskan fokus disini. 

Menjadi seorang blogger pun tak lepas dari peran sosial media. Yup, diriku mulai eksis lagi di dunia maya. Dan waw, dari sosial media pun bisa juga mendatangkan pundi-pundi rupiah. Dari berbagai job review produk hingga endorsement campaign tertentu. Alhamdulillah syukurku tak terhingga karena meski sudah tidak jualan online lagi aku tetap bisa berpenghasilan dari dunia blogging yang penuh warna ini. 

Resolusi Ngeblog ala aku di 2020

Aku sadar apa yang telah aku capai di 2019 ini masih belum seberapa jika dibandingkan dengan blogger lain. Karena itulah aku tak ingin membandingkannya. Bisa kebanting, cuy! hahaha



Aku hanya ingin membandingkan diriku yang dulu dengan diriku yang sekarang. Sekarang aku lebih happy menjalani hidup karena berbagai beban seolah lepas bersamaan dengan huruf-huruf yang aku tautkan. Aku lebih enjoy karena banyak menemukan hal-hal baru, dan terus belajar seputar dunia digital yang terus berkembang. 

Aku pun bisa berkarya bersama dengan anak-anakku, karena merekalah partner kerjaku. Yang pasti, aku bahagia karena dapat terus berkarya, mengaktualisasikan diri. 

Harapanku, di tahun 2020 mendatang aku akan lebih banyak
  • Membaca buku (sebulan minimal dua buku) dan mereviewnya
  • Rutin menulis artikel organik (sebulan minimal empat artikel / seminggu sekali)
  • Lebih banyak berkarya bersama anak-anak (dalam bentuk video dan diunggah ke yutub)
  • Rajin mengikuti lomba blog
  • Lebih dapat menerima diri sendiri agar lebih enjoy dalam mengurus keluarga dan pekerjaan

Semoga di tahun-tahun yang akan datang kualitas tulisan makin membaik seiring dengan kuantitas yang meningkat. 

Salam ngeblog, 



75 komentar:

  1. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya Bunda sudah berbagi :)

    BalasHapus
  2. Wah, blognya bunda Qoty ini memang makin oke. Selamat ya Bunda atas pencapaiannya di tahun2019 lalu. Jadi terinspirasi untuk men TLD kan blog saya yang masih gratisan nih. Saya belum lama aktif di dunia perblogginggan, belum PD untuk tld jadi dot com :)
    Semoga semakin sukses Blog ceritabunda di tahun2020. Apalagi mau makin menambah konten bersama anak anak jua. pasti lebih menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah mbak, ayo TLD-kan blognya... Jangan ragu, tetap saja menulis berbagi manfaat

      Hapus
  3. Benar, Mbak. Resolusi itu jangan membancingkan diri kita degan orang lain tapi bandingkan dengan sebelum dan sekarang ... itu yang realistis dan mudah dicapai :)

    Semoga makin semangat ya ngeblognya :)

    BalasHapus
  4. Aamiin. Semoga terpenuhi harapan-harapannya. Selamat juga atas pencapaiannya yang lalu. Semoga kita semua bisa lebih baik ya Bun. Keep hamasah wa istiqomah.

    BalasHapus
  5. Aamiin, semoga tercapai resolusinya di tahun 2020. Saya 2019 apa ya yang sudah dicapai dalam ngeblog? Kebanyakan CP deh rasanya. Artikel organik kalah sama CP. Yuk, semangat semangat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga gitu mbak. kebanyakan CP hehe. yuk semangat tahun ini banyak bikin konten organik

      Hapus
  6. Aaamiin.

    Resolusi saya sederhana saja, pingin lebih disiplin dalam hal apapun. Itu saja, suka nda disiplin akunya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bund, yuk semangat... saya juga masalah disiplin ini PR banget

      Hapus
  7. Lebih dapat menerima diri sendiri, wah, ini resolusi yang kereen! Saya melupakan hal yang satu ini.
    Yuk, kita sama-sama menyemangati untuk rajin ngisi blog, Mbak :))

    BalasHapus
  8. Wah aku resolusi blog tahun ini bisa lebih baik lagi dan makin rajin nulis. Mulai tahun lalu nulis biar makin berkembang lagi tulisana aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk makin semangat nulis biar blognya makin rame

      Hapus
  9. Hai, Mbak Qoty. Rezeki memang suka datang tanpa disangka-sangka, ya. Blogger baru, tapi ternyata sudah dikasih kepercayaan dapat job. Alhamdulillah bangeeet ... Segitu masih melabeli diri blogger malas, gimana coba kalau rajin. InsyaAllah rezeki dari blogging makin berkibar, yaaa. Aamiin.

    Ayo, semangat mewujudkan resolusi! Dukung banget aku, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaa, makasih banget supportnya ya mbakku. Aku kagum ama dirimu di tengah kesibukan bekerja masih sempet ngeblog. Mantap

      Hapus
  10. MashaAllah,,, apalah arti daku yang nulisnya bergantung mood. Kadang sebulan malah belum tentu ada tulisan yang diposting. Lebih parah aku ternyata. Astaga...

    Semangat tahun 2020 lah. Semoga kita makin peka terhadap lingkungan sekitar dan makin rajin nulis kontent. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. ayo mbak semangat, nyemangatin diri sendiri juga sih ini

      Hapus
  11. jarang posting aja, udah dpt transferan. Berarti hrs lebih rajin biar pundi2 makin bergemecing hehhe..
    Semoga sukses dg resokusinya ya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, bener nih bunda. Makanya rasanya kok ya gimana gitu. Alhamdulillah dikasih kepercayaan ngejob

      Hapus
  12. Mbak Qoty, salut sama usahanya ya untuk makin rajin dan konsisten ngeblog. Semoga taun ini rejekinya makin kinclong, yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ya. Rajin Mbak Qoty ini. Nggak seperti aku yang banyak hilang timbul di lautan hahaha ... Semangaaat. Semoga vibrasi positif ini menulariku juga yaaa.

      Hapus
    2. kan biar kece kayak simbok yang satu ini. Mbak Melina semangatnya hilang timbul aja tulisannya udah oke gimana kalo semangat terus.... yuk semangat

      Hapus
  13. Saya ngeblog sejak 2006, tapi karena sibuk kuliah dan skripsi blog ditutup 2009, dicuekin udah kayak dihuni sarang laba-laba. Multiply akhirnya tutup, dan semua postingan sara raibbb, bye bye.

    Mulai ngeblog lagi 2014 dan udah dibikinin suami TLD, tapi ya masih sebatas ngeblog as usual, gak kenal SEO, gak kenal optimasi, gak kenal monetisasi blog, gak pernah ikut lomba. Hehehe. Telat bangetttt diriku ini. Begitu resign pertengahan 2019 kemaren, baru deh mba saya serius ngeblog. Sungguh perjalanan panjang yang kadang kalo diingat-ingat lagi bikin kesel sama diri sendiri.

    Toss mba. Semoga 2019 kemaren jadi penyemangat untuk lebih baik lagi di 2020 ini. Semangattttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah mbak keren nih udah nulis dari zaman baheula hehe... Yuk semangat ngeblognya biar blognya rame

      Hapus
  14. Semoga tercapai resolusinya ya. Aku ya pengen tuh review buku. Tapi duh...pe-er banget baca buku. Bawaannya ngantuk baru baca 2 halaman aja. Wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini saya juga ngalamin. Makanya dimasukkin ke resolusi biar terpecut makin rajin baca buku trus direview biar makin banyak konten organiknya

      Hapus
  15. Resolusinya sangat terukur, Mbak. InsyaAllah kesampaian, amiin.
    Tahun 2020 aku juga mau ngebut bca buku lagi dan me-reviewnya. hehe. Tahun lalu hampir menyentuh angka 100. Tapi gak satu pun di-review, wkwkwk. Parah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren loh mbak, setahun baca 100 buku. aku? boro-boro. kayaknya gak nyampe deh, baru di angka puluhan aja. hehe. Yuk semangat

      Hapus
  16. Resolusinya runut sekaliii
    Semoga dimudahkan dan dilancarkan-Nya ya Mbak Qoty. Aamiin
    Bagian yang baca buku dan mereview akupun sama, mau juga. Tahun lalu punya resolusi satuminggusatubuku, eh ujung-ujungnya duaminggusatubuku bahkan satubulansatubuku..dan beberapa enggak sempat ngreview..duh sedih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mau ikutan resolusi yutub ah kayak Mbak Qoty. Selama ini kedua anakku termasuk rajin bikin tapi aku malah enggak. Kolaborasi dengan mereka asyik sepertinya

      Hapus
    2. iya mbak, ayoo kolaborasi bikin video dengan anak-anak.. Anak-anakku sebenarnya udah nagih terus pengen bikin video lagi tapi akunya belum sempat hiks. Semangat mbak, baca bukunya

      Hapus
  17. Baru aktif setahun ngeblog, tapi pencapaiannya sudah segini, sudah keren, Mbak Qoty. Apalagi Mbak Qoty banyak menhadiri acara juga. Selain menambah pengalaman, juga jam terbang.
    Jadi terus semangat dan konsisten Mbak. Tulisan 39 tahun lalu, harus naik. Misalnya 50 tulisan dalam setahun. Semangat.. Mbak Qoty.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih supportnya ya mas bambang. pengen kayak mas bambang nih yang dalam setahun tulisannya ada ratusan.. Tapi aku gak muluk-muluk sih ya minimal 50 lah ya. Bismillah

      Hapus
  18. Aku kenal blog sejak 2008 Mba. Sayangnya sering dijadikan rumah berhantu. Lalu saat akhir 2018 saya buka kembali.
    Mulai rajin dan beli tld saat Mei 2019 setelah dapet job sponsored. Hehe
    Tulisan ada sekitar 100an. Belum 110.
    insyaAllah minimal saya nulis 1x seminggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. €yuk semangat mbak, mantaplah itu udah ada 100-an postingan. semoga makin bersinar ya

      Hapus
  19. Keren, resolusinya inspiratif banget. Aku juga baru mulai pengen belajar blogger. Doakan yah semoga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Kapan-kapan meet up yuk. dirimu di depok juga kan?

      Hapus
  20. Hampir bersamaan kita mba waktu ngeblognya. Semangat ya mba, semoga tahun 2020 ini kita bisa konsisten menulis ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Wah tapi mbak Erny bersinar banget di 2019 kemarin.. mantap lah mbak,

      Hapus
  21. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    BalasHapus
  22. Jadi keingetan juga, men TLD kan blog di tahun 2019 lalu tapi aku belum memaksimalkannya dengan benar. Huhu. Harapan sama Mbak di 2020 bisa lebih konsisten ngblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. yuk semangat ya mbak, semoga makin konsisten nulisnya

      Hapus
  23. Mba Qoti sepakat banget bahwa pencapaian kita adalah dibandingkan dengan kita yang dulu, bukan orang lain. Semoga resolusinya terealisasi dengan semangat ya mba Qoty :) Yuk kita konsisten nulis organik lagi

    BalasHapus
  24. Jadi ikut flashback sekitar tahun 2016 pas Ipeh pertama dapet conplace. Dibayarnya pake voucher belanja. Rasanya dulu waaah banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas pertama kali dapat job rasanya kayak yang lagi jatuh cinta ya mbak, berbunga-bunga

      Hapus
  25. keren deh mbak qoty bisa tetap aktif ngeblog tetap semangat ya mbak

    BalasHapus
  26. Barrakallah, semoga tercapai resolusi ya ya Mbak. Resolusi tuh penting banget supaya bisa jadi acuan kerja keras kita kelak, ya, Mbak... 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. iya mbak, supaya kerja kita makin terukur ya

      Hapus
  27. Aku pertama ngisi blog thn 2007, tp kebanyakan tulisan remeh temeh yang lebih mirip status pesbuk 🤣 setelah itu lumayan sering nulis organik, belum tahu kalau bisa menghasilkan uang jg dari ngeblog.. habis itu sempat vakum blognya beberapa tahun, sampai akhirnya thn 2016 gabung di komnunitas bloger baru deh nulis lagi (sayangnya kebanyakan yg berbayar).. menang lomba blog seingatku baru 3x, tapi juara 3 semua..wkwk.. Semoga resolusi mbak bisa terwujud semua ya tahun ini, aku ga ada resolusi apa2 sih tahun ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak makin semangat.. mantap nih sudah pernah juara lomba blog. saya belum hehe ya emang belum pede aja ikut lombanya haha

      Hapus
  28. Mbak Qoty, udah ada foto baby nih... selamat ya.. salut sama semangat mbak Qoty nge-blog. Semoga makin sukses ya mbak

    BalasHapus
  29. Wah, bisa ngitung jumlahnya, ebrarti memang dikit atau telaten atau niat. Hihihi.

    Saya ga berani ngitung junlahnya, karena pasti sedikitmeski sudah 11 tahun ngeblog.
    Dibawa santai saja. Banyakain artikel organik.

    Sebisa mungkin 2 : 1 agar blog tidak seperti etalase produk yang bukan jualan kita. Sisanya menyesuaikan.

    Semangat tuk capai resolusi ngeblog 2020!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, iya nih. tahun lalu blog saya jadi kayak etalase ya. hehe makanya tahun ini mau banyakin konten organik. bismillah

      Hapus
  30. Salah satu resolusiku tahun ini juga membaca lebih banyak buku mbak, buku ya bukan medsos, huhu. Semoga kita semua bisa istiqomah

    BalasHapus
  31. Semangat ngeblognya mbak, semoga lebih baik lagi tahun ini yaa. Baca salah satu resolusinya soal baca buku itu kok saya langsung jleb yaa..udah jarang banget baca buku soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya njuga sama mbak, makanya dimasukkin resolusi biar ketampol hehe

      Hapus
  32. Wah resolusinya bagus juga nih buat mengembangkan diri. Semoga resolusi 2020 ini dapat sukses dan tercapai.

    BalasHapus
  33. Membaca lwbih banyak buku, dulu selalu mwnjadi resolusiku dari tahun ke tahun. Sayangnya ga twrwujud denngan baik. Demikian juga dengan artikel organik, rasanya bisa dihitung jari di tahun kemarin

    BalasHapus
  34. Oh iya lomba blog! Aku selalu ingin ikut lomba blog dan selalu lupa juga buat memasukkannya ke resolusi. Padahal banyak lomba blog dengan tema menarik. Ah, tahun ini ikutan deh bismillah. Semoga resolusinya terpenuhi semua ya tahun ini. Amiiiin

    BalasHapus
  35. Keren postingannya! Terimakasih ya kak sudah berbagi :)

    BalasHapus
  36. Tetap berkarya tetap semangat ya Bun, sukses selalu!

    BalasHapus
  37. wah kita sama bun, ku juga punya resolusi ingin rajin membaca buku setiap hari :D semangattttt!

    BalasHapus
  38. Sangat menginspirasi,tidak banyak blogger yang bisa melewati pencapaian-pencapaian seperti ini,terlebih menancapkan resolusi.

    BalasHapus