Perkuat Imunitas Tubuh? Lakukan 9 Hal Ini Agar Kekebalan Tubuhmu Bagus!

Di tengah wabah yang sedang berlangsung bahkan statusnya menjadi pandemi ini, kita bagaikan hidup dalam ketidakpastian. Gerakan social distancing dan #StayAtHome pun gencar digaungkan untuk dilakukan. Meskipun masih ada sebagian masyarakat yang belum paham benar mengenai hal ini. 

Sebagai narablog yang memang #BerkaryaDariRumah saya pun banyak menghabiskan waktu di rumah. Mengurus rumah tangga, mengasuh dan mendidik anak-anak, berpartner dengan suami dan 'bekerja' di rumah. Tentulah saya bisa leluasa berdiam diri di rumah tanpa ada rasa khawatir. 

Lantas bagaimana dengan sebagian besar saudara kita yang memang harus bekerja di luar? Rekan-rekan tenaga medis yang berada di garda terdepan perjuangan Indonesia melawan covid-19, para pedagang kaki lima, tukang sampah, pemulung, para driver ojek online, tukang ojek pangkalan, dan ragam profesi lain yang penghasilannya harian. Hasil kerja hari ini untuk makan besok dan seterusnya. Bagaimana nasib mereka? *hiks

Untuk itu, bagi yang bisa bekerja dari rumah, please, tetaplah di rumah. Jangan keluar kecuali untuk hal yang mendesak. Misal, membeli kebutuhan pangan atau medis untuk keluarga. Sedangkan bagi saudara kita yang harus bekerja di luar, tetap waspada dan jaga diri. 

Jaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain dan terapkan etika batuk dan bersin jika memang sedang batuk atau bersin. Serta perkuat imunitas tubuh kita agar tubuh punya kekuatan untuk melawan berbagai virus, kuman maupun bakteri yang mungkin hinggap di tubuh kita. 


Mengenal lebih dalam mengenai sistem imunitas tubuh 

Imunitas adalah mekanisme tubuh manusia untuk melawan dan memusnahkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia. Sistem imunitas yang ada di dalam tubuh manusia merespon masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh kita melalui mekanisme yang cukup rumit dan kompleks. 

Sistem pertahanan tubuh kita ada beberapa lapis dan melibatkan banyak sel. Jika kekebalan tubuh kita bagus, bakteri dan virus dapat dilawan dan penyakit pun sirna. 

Karena itulah kita perlu melakukan beberapa hal untuk memperkuat imunitas tubuh kita. 

Baca Juga: Cara Hidup Lebih Sehat

Apa saja yang bisa dilakukan untuk perkuat imunitas?

Tubuh kita dipengaruhi oleh imunitas tubuh. Jika imunitas tubuh kita kuat, kecil kemungkinan akan terserang penyakit. Begitupun sebaliknya. 




Yes To Do

  • Banyak mengonsumsi buah dan sayur 
Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak sedikit dari makanan yang kita konsumsi menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Untuk itu kita perlu antioksidan untuk menetralisasi radikal bebas sehingga mencegah kerusakan dalam fungsi organ tubuh. 

Banyak mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh untuk memerangi infeksi. Buah yang berwarna seperti jeruk, kiwi, anggur merah, dan lain-lain serta sayuran hijau mengandung antioksidan tinggi. 

So, jangan malas makan buah dan sayur lagi, ya. Karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. 

  • Disiplin minum air putih yang banyak 
Selama ini saya sudah menerapkan ini, sih. Karena memang sudah jelas manfaatnya bagi tubuh kita. Toh memang 70% dari tubuh kita adalah air, kan? 

Namun melihat banyak teman, anak, saudara bahkan pasangan kita yang kadang malas minum air putih yang banyak tuh bikin sedih, ya. Sekarang saatnya bagi kita mengkampanyekan hal ini lagi. Karena banyak minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Keberadaan air yang cukup dalam tubuh kita menjaga seluruh sistem di dalam tubuh berjalan lancar dan sempurna, termasuk sistem imunitas kita. Nah, usahakan banyak minum air putih ya, jangan minum yang berwarna dulu deh.  
  • Istirahat yang cukup dan mengurangi begadang
Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk menjaga metabolisme tubuh. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 6-8 jam sedangkan anak-anak 8-10 jam. 

Yang perlu diketahui, bahwa secara medis cukup tidur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena pada saat tidur terjadi proses peremajaan dan pemulihan energi pada tubuh dan otak. 

So, upayakan agar waktu tidurnya cukup dan berkualitas ya, Mommies.  
  • Rutin berolahraga 
Usahakan agar tubuh terus bergerak dengan berolahraga minimal 30 menit setiap hari, ya. Dimulai dengan yang paling simpel aja, yakni jalan kaki atau bersepeda keliling komplek. Ingatlah bahwa olahraga setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan infeksi. 
  • Meditasi atau relaksasi
Beberapa teknik relaksasi untuk mengurangi stress dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Marilah kita jaga asupan bacaan kita agar membaca hal-hal yang positif saja terkait wabah pandemi covid-19 ini. 
  • Lebih menjaga kebersihan 
Mommies tentulah sudah biasa menjaga kebersihan dan kerapian dalam rumah. Namun dalam kondisi negeri kita seperti sekarang, tidak ada salahnya Mommies meningkatkan tingkat kebersihan di lingkungan rumah. Jangan lupa ingatkan juga anggota keluarga untuk sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. 
  • Berjemur untuk mendapatkan vitamin D3
Dilansir dari kompas.com bahwa waktu berjemur yang bagus di pagi hari itu sekitar pukul 10.00 wib, bukan lebih pagi dari itu. Hal ini dikarenakan yang kita butuhkan adalah ultraviolet B. Nah, sinar ultraviolet B yang mengandung pro vitamin B3 bersama kolesterol di bawah kulit kita akan membentuk vitamin D3. Vitamin D3 inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh kita. 

Durasi berjemur ini pun tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit saja. 

Perlu dingat bahwa kita berjemur bukan untuk mematikan virus maupun bakteri yang ada dalam tubuh atau di permukaan kulit kita. Melainkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.    
  • Lengkapi dengan minum vitamin atau suplemen tambahan
Seringkali kita membekali diri kita dengan asupan tambahan selain kandungan dari makanan yang kita makan. Ini boleh saja namun disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi. Agar kita tahu vitamin apa saja yang masih perlu ditambah dan dibantu dengan suplemen. 

Karena sebenarnya minum vitamin tambahan tidak diperlukan kecuali jika telah didiagnosa kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu, ibu hamil atau kondisi khusus lainnya. 

Jika melengkapinya dengan minum ramuan jamu tradisional dari rimpang-rimpangan boleh saja karena tidak ada efek samping khusus. 
  • Berdoa 
Last but not least, yang utama tetaplah berdoa. Memohon kepada Yang Maha Kuasa agar senantiasa menjaga dan melindungi kita semua. Serta berdoa semoga wabah pandemi ini segera berlalu. 


Not To Do 

Tahukah Mommies, bahwa ada beberapa hal yang jika dilakukan justru akan menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Apa sajakah itu? 
  • Tidak menjaga asupan makanan
Seringkali karena dalih kesibukan bekerja membuat kita mengonsumsi makanan cepat saji ataupun makanan lain tanpa memperhatikan kandungan gizinya. Pun begitu dengan makanan yang mengandung bahan pengawet. 
  • Kurang berolahraga atau malas bergerak (mager)
Ketika tubuh kita malas bergerak, sistem imun pun turut malas. Ketika jarang berolahraga, berakibat susah tidur atau obesitas. Tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. 
  • Merokok dan minum alkohol
Merokok membuat kekebalan tubuh menurun drastis. Perokok juga beresiko tinggi terjangkit penyakit infeksi, terutama pada saluran pernapasan. Sedangkan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mempengaruhi fungsi hati yang memiliki peran penting dalam memelihara sistem kekebalan tubuh. 
  • Konsumsi makanan mentah
Terlalu banyak mengonsumsi makanan mentah seperti sushi, sashimi, kerang oyster, tartar beef dan sejenisnya tidak baik untuk tubuh. Karena makanan yang tidak dimasak sempurna justru menjadi markas bakteri dan parasit usus. Nah, bakteri itulah yang melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. 
  • Sering begadang
Percayalah bahwa tidur yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh. Maka, sering begadang mengakibatkan kurangnya waktu tidur dan berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh kita. 
  • Terlalu serius 
Terlalu serius dalam menanggapi sesuatu bisa memicu stress, lho. Maka, hiburan juga perlu untuk merilekskan otak dan tubuh kita agar lebih sehat dan bahagia. 

Resep olahan minuman seduh praktis dan sederhana

Salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi ramuan tradisional. Diantaranya jahe, kunyit, temulawak, sereh dan kayu manis. 



Temulawak dan kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antioksidan dan bisa menurunkan peradangan. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati. 

Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau mengatasi radang flu. Sedangkan kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C. Ditambah sereh yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Maka cocoklah semua bahan ini untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Dilengkapi dengan madu yang sama-sama kita tahu memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Minuman sehat berkhasiat rutin dikonsumsi setiap hari membuat daya tahan tubuh semakin kuat. 

So, Mommies udah coba minuman ini belum? Semoga kita semua senantiasa sehat, yaaa. Stay safe, stay healthy everybody...... 







Sumber referensi: 
https://darilaut.id/berita/jaga-kekebalan-tubuh-untuk-kurangi-risiko-covid-19
https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/tips-menjaga-daya-tahan-tubuh-dengan-mengurangi-kebiasaan-buruk.html
https://www.alodokter.com/berbagai-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-agar-tidak-mudah-sakit
https://www.halodoc.com/6-tips-menjaga-daya-tahan-tubuh-di-musim-pancaroba
https://health.grid.id/read/352073697/jangan-salah-banyak-minum-bukan-untuk-membunuh-virus-corona-namun-bantu-imunitas-tubuh
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200302205551-255-479914/rekomendasi-rempah-tradisional-untuk-menjaga-daya-tahan-tubuh?
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/22/190300765/manfaat-ultraviolet-b-untuk-imunitas-berjemur-sebaiknya-dilakukan-di-jam
https://in.vaccine-safety-training.org/how-the-immune-system-works.html

52 komentar:

  1. Aku juga jadi rajin konsumsi vitamin C dan semakin sering bikin jeruk peras dirumah untuk kebutuhan keluarga. Semoga kita semua dijauhkan dari marabahaya dan selalu diberikan kesehatan ya Mba.

    BalasHapus
  2. Wah informasi yang sangat keren nih mbak, saya juga melakukan 9 kebiasaan tersebut. Termasuk berjemur dibawah sinar matahari loh mbak.

    BalasHapus
  3. Makasih Tipsnya mba, kemarin aku memang kurang tidur karena anak-anak panas bergantian, oiya itu minuman empon-empon ya yang lagi disarankan untuk di konsumsi

    BalasHapus
  4. yah, bund, aku mageran nih, hihihi. jarang banget olahraga karena waktunya kurang pas gitu... biasanya ak aeobic/bl, tp skrng jarang, ganti streching ringan2 kayaknya gapapa yaa... :D

    BalasHapus
  5. Di saat saat seperti ini, artikel seperti ini sangat membantu. Cocok ini kesembilan-sembilannya. Tinggal bagaimana menerapkannya.

    BalasHapus
  6. aku juga suka banget mb buat ramuan-ramuan tradisional gitu, di badanya jadi seger banget yaaa, resepnya nanti jadi pengen coba deh, apalagi di saat wabah gini jadi harus jaga badan banget kan ya mb hihi makasih infonya

    BalasHapus
  7. Berjemur bener banget ini mba. Sejak pandemi virus ini, saya sekeluarga semakin rajin berjemur pagi hari atau sore hari. Berjemur cukup efektif menangkal virus.

    BalasHapus
  8. wah enak nih minuman imunnobooster drink herb pas kondisi saat ini. Pas bangets, bisa bantu jaga dayan tahan tubuh. Dan betul memperkuat kekebalan tubuh jadi solusi untuk melawan pandemi

    BalasHapus
  9. Iya, Mbak Qoty. Walau saya tidak terlalu berpengaruh soal bekerja di rumah, karena sudah biasa, tapi saya tetap was-was soal virus ini. Makanya saya pun tidak keluar rumah kalau tidak mendesak. itu pun biasanya keluar rumah beli sembako dan keperluan penting lainnya.
    Saya juga berusaha menerapkan tips di atas , Mbak. makan yang sehat, isitrahat cukup, olahraga ringan, termasuk minum air putih.

    BalasHapus
  10. Salah satu yang paling sering dilakukan saat ini adalah berjemur di pagi hari mbak, karena semakin menguatkan daya tahan tubuh. Di samping itu, asupan vitaminnya juga enggak boleh ketinggalan.

    BalasHapus
  11. Sekarang tiap pagi aku mengajak ibuku berjemur sambil olahraga ringan. Setelah itu mandi lalu sarapan. Memang agak bosan di rumah terus, tapi jadi punya quality time sama Ibu

    BalasHapus
  12. perlu banget semua ini dilakukan terutama untuk menghadapi kondisi saat ini. Imun kita mesti benar-benar diperkuat.

    BalasHapus
  13. Aku rutin minum madu dan air putih banyak banyak untuk perkuat imun, semoga sehat sehat kita semua dan corona segera berlalu, aamiin

    BalasHapus
  14. Aku juga suka minum jahe, serai, kunyit mba.. tapi aku jadiin infuse water .. sama gak sih efeknya ???

    Dan aku tambahin juga temulawak sama cengkeh.. lupa aku dapat resep darimana..
    Hehehw

    BalasHapus
  15. Tq tips2nyaaa
    Setuju bgt, soalnya dah bosan stay at home. Semoga musibah ini segera berlalu ya huhu

    BalasHapus
  16. Aku tidur cepat terus Mbak Qoty ,, karena udah kecapekan seharian kwkwwk..Jadi ga begadang sekarang
    semoga sehat semua kita ya, bisa beraktivitas normal lagi seperti semula

    BalasHapus
  17. Berjemur di matahari jam 10 pagi itu keren banget kak, keren panasnya maksudnya.balikpapan nih jam setengah tujuh aja sudah cetar bagaimana jam 10 coba wkwkwk

    BalasHapus
  18. Harus semakin rajin olahraga nih biar daya tahan tubuh baik terus.

    BalasHapus
  19. Nah bener sekali kak meningkatkan imunitas tubuh ini sesuatu yang harus kita lakukan apalagi menghadapi situasi saat ini ditengah pandemik wabah ya ..berbagai macam cara harus kita lakukan mulai dari makna makanan sehat, sampai berjemur matahari semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan ya kak. Amin YRA.

    BalasHapus
  20. Bener banget, ya, dengan kondisi yang sekarang penting banget memelihara sistem Imun biar tetep kuat. Kadang saya masih suka begadang. Makasih tipsnya lengkap.

    BalasHapus
  21. setuju bangeet sama semua tips-tips diatas, imun itu paling penting untuk di jaga sekarang. jangan sampai drop dan bismillah sehat selalu. Aamiin.

    BalasHapus
  22. Duh, Aku olahraga nih yang masih kurang. Jadinya iya, gampang banget tubuh gak fit. Kudu mulai banyak olahraga lagi nih.

    BalasHapus
  23. Olahraga yang paling sulit saya lakukan mbak, disamping saya juga ada bakat alergi. Tulisan ini mengingatkan saya kembali untuk menjaga pola hidup agar lebih sehat.

    BalasHapus
  24. Wah makasih bunda. Dewi sering lupa minum air putih nih, disini mulai mendung jadi sering kelupaan minum. Tfs bunda, apalagi minum pakai madu ya penting banget untuk menjaga stamina:)

    BalasHapus
  25. Untuk tubuh tetap fit dan bugar,memang banyak cara yang bisa dilakukan tanpa pergi ke luar rumah.
    Misalnya olahraga ringan di teras rumah bisa jadi pilihan alternatifnya.
    Biasanya aku dan suami lakukan gerakan-gerakan ringan serta minum air putih yang cukup

    BalasHapus
  26. Dikarenakan anak kami beneran "dikurung" di rumah (maksimal hingga halaman samping rumah), maka kami saat ini melakukan olahraga setiap pagi yaitu senam SKJ 88.

    BalasHapus
  27. bener kak, aku nih suka begadang krna byk kerjaan

    skrg jadi aku perbanyak bgt minum air puih biar badan tetep kuat dan seger

    BalasHapus
  28. Saat wabah Virus Corona ini melanda, kita seolah diingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta harus rajin menjaga imunitas. Termasuk saya pribadi. Mungkin kalo gak ada wabah ini, sampe detik ini kita akan cuek dan kurang peduli dengan kesehatan dan kebersihan diri.....

    Minuman tradisionalnya enak banget deh itu... Stay safe Mbanya

    BalasHapus
  29. Yang bauh dan sayur Uda oke, ,meningkat beberapa hari ini, yang air putih tu yang kerap lupa, tahu2 tenggorokan Uda kering, padahal harusnya minum sebelum haus ya?

    BalasHapus
  30. Di saat seperti ini, kita baru sadar bahwa mengamalkan hidup sehat dan bersih itu penting ya mba agar imunitas lebih terjaga menghadapi serangan penyakit, btw tips minuman herbalnya bisa saya praktekkan nih :)

    BalasHapus
  31. Mbak Qoty saya kok susah tuh yg jangan begadang huhuu...scr br bs buka lappy saat anak² udah tdr sih,, kl blm malah "dibantuin" ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan sehat harus jadi perhatian banget ya Mbak... Scr org² malah nyetok mie instan banyak² tkt lockdown, huhuu

      Hapus
  32. Susah terapkan di poin jangan begadang wkwkkwk dua anakku tipe anak yg tidurnya malem banget, hampir selalu di atas jam 11 malam, padahal me time buat scroll sosial media dan ngeblog ya pas mereka tidur. Akhirnya begadang deh :D

    BalasHapus
  33. Asupan gizi yang seimbang setidaknya dapat memberikan kekebalan tubuh. Selain itu dengan rajin berolahraga dan membiasakan diri dengan pola hidup sehat dapat menangkal penyebaran virus yg saat ini melanda

    BalasHapus
  34. lagi banyak belajar minum air putih yang bnyak nih,karena aku nggabegitu kuat minum banyaak

    BalasHapus
  35. Saya pun demikian mba. Mulai rutin olahraga walaupun d rumah aja. Konsumsi madu, vitamin c, minyak zaitun jg mulai dirutinkan. Oh iya, berjemur di sinar matahari setiap pagi 5-10 menit saya dengan juga dianjurkan para ahli terkait. Semoga ini cepat berlalu

    BalasHapus
  36. Terimakasih atas sharingnya Mbak. Per hari kemarin aku bertekad memperbaharuai konsumsi herbal dan minuman dari rempah utk imunitas tubuh nih. Semoga konsisten

    BalasHapus
  37. Memang daya tubuh seseorang berbeda - beda antara satu dengan yang lain.
    Dan untuk menjaga daya tahan tubuh,biasanya aku juga selalu sedia madu dirumah.

    Apalagi sekarang lagi penyebaran virus covid-19, tentu kita lebih ekstra lagi dalam menjaga daya tahan tubuh.
    Seperti informasi yang ada di televisi, minum jamu atau rempah-rempah yang ada didapur seperti jahe dan sere, ada baiknya dicoba

    BalasHapus
  38. Beberapa cara di atas sudah mulai saya terapkan Mbak, belakangan jadi banyak minum air putih, walaupun banyak minum berarti banyak bolak-balik ke kamar kecil juga. Yang paling berat memang merutinkan olahraga

    BalasHapus
  39. Berolahraga salah satu hal yg aku lakukan juga banyak makan sayur dan buat buat nambah imunitas tubuh apalagi saat sekaranh yang bnyak virus

    BalasHapus
  40. Daku tadi jam 9 awal udah berjemur selama 10 menit. Lumayan keringetan dambakan jadi lebih segeran. Memang harus rutin dilakukan biar manfaatnya dapat

    BalasHapus
  41. Aku usahakan selalu berjemur tiap pagi, sambil jemur pakaian. Trus main skipping sekitar 100 kali, minum air putih cukup, cuma jam tidurnya masih lewat midnight. Duhh, harus lebih disiplin ini.

    BalasHapus
  42. Wiwin | pratiwanggini.net29 Maret 2020 20.03

    Sesekali saya masih harus keluar rumah yaitu ke kantor, karena ternyata tidak bisa 100% saya kerjakan dari rumah saja. Berat euy bawa arsip/dokumen pulang ke rumah, juga riskan entar kalo ada yang hilang 'kan saya juga yang repot. Jadi so far saya mengikuti himbauan pemerintah dan tentunya menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Makasih tipsnya ya mba, pengin nyobain deh bikin immunobooster drink herb.

    BalasHapus
  43. Setuju Mbak Qoty...dengan terlalu serius menanggapi sesuatu apalagi terlalu sering menerima isu-isu hoaks seputar Corona gak terasa bs bikin sistem imun tubuh menurun

    BalasHapus
  44. Makasih tipsnya mba..Sungguh masa wabah corona atau covid 19 ini kita harus waspada ya. Jaga kesehatan dan jangan keluar kalau ga penting banget. Semoga kita selalu dilindungi Aamiin

    BalasHapus
  45. Nah iya mba. Penting banget untuk memperbanyak konsumsi air putih ya mba. Apalagi di kondisi seperti ini

    BalasHapus
  46. Tipsnya berguna banget nih mba, terlebih pas wabah corona gini. Aku jadi lebih rajin buat masak haha. Kan pastinya rutin makan sayur dan buah jadinya.

    BalasHapus
  47. Pas banget nih berbagi cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga dimusim penyakit seperti ini. Aku yg biasanya nyepelein kesehatan sekarang mulai hati-hati banget.

    BalasHapus
  48. Dalam kondisi saat ini memang penting banget nih meningkatkan imunitas tubuh dan kesehatan. Makasi tipsnya ya, kakak. Semuanya aku setuju, cuma 1 nih yang belum terpenuhi, aku jarang kena matahari karena jam tidurnya kebalik. Next mesti segera diperbaiki nih

    BalasHapus
  49. Hal yang sering kami lakukan menjaga kebersihan tubuh dan selalu berdoa yang terbaik kepadaNYA. Agar kita dan kerabat maupun saudara-saudara terdekat kita diberikan proteksi kesehatan.

    BalasHapus
  50. pada intinya kita diharapkan bisa menjaga pola hidup sehat, terutama menjaga pola makan, istirahat, dan olah raga...

    BalasHapus
  51. makasih infonya kak, sangat membantu aku yang kurang imun ini

    BalasHapus