Apa Saja Yang Ditanggung Asuransi Mobil Murah Pilihan Anda?

Sebagai warga Indonesia yang cerdas dan cermat, memiliki asuransi mobil murah menjadi prioritas saat Anda berencana atau sudah membeli kendaraan pilihan Anda. Selain Anda bisa terhindar dari kerugian yang tidak terduga di masa depan, Anda juga bisa merasa lebih aman dan tidak stres bahkan malah takut berkendara!

Namun bagi Anda yang belum memiliki asuransi mobil murah mungkin masih bertanya-tanya, memangnya sebenarnya apa sih asuransi ini dan mengapa saya harus memilikinya?


asuransi mobil murah

Mengenal asuransi mobil murah untuk kenyamanan jangka panjang Anda


Terlepas dari pilihan Anda untuk membeli mobil bekas atau pun mobil baru, tentulah ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti kondisi kendaraan, suku cadang, dan lokasi servis. Mengapa? Karena tentu Anda tidak mau membeli mobil yang akan rusak dalam waktu dekat, bukan?

Tapi bagaimana jika mobil Anda rusak dalam waktu dekat? Atau hilang? Atau justru tidak dapat digunakan sama sekali, padahal cicilan pun mungkin belum selesai terbayar!

Di sinilah peran asuransi mobil murah bisa menyelamatkan hidup Anda dari berbagai kepusingan dan kerepotan yang seharusnya tidak perlu.

Asuransi mobil murah memegang peranan penting yaitu menjamin risiko kecelakaan yang tidak dapat ditebak dan tidak terduga sehingga dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin. Anda pun bisa mendapat klaim resiko, umumnya berupa uang.

Dengan kata lain, hal-hal yang tidak dapat diprediksi seperti tabrakan, kecelakaan, bahkan resiko kehilangan bisa ditanggung oleh perusahaan penjamin asuransi mobil murah! Daripada Anda marah-marah karena mobil Anda tergores atau penyok, Anda tinggal mengambil foto bukti dan klaim ke asuransi mobil murah pilihan Anda!

Kenapa mudah sekali? Memang apa saja yang ditanggung asuransi mobil murah untuk kendaraan saya?

Terdengar kayak mimpi, ya? Ketika kita mendapat musibah dan tiba-tiba justru diklaim ganti oleh penyedia asuransi mobil murah!

Namun terdapat 2 asuransi mobil murah yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua asuransi ini memiliki resiko pertanggungan yang tentu berpengaruh pada harga asuransi mobil murah yang akan Anda daftar. Seperti apa?

Asuransi All Risk


Asuransi mobil murah jenis All Risk merupakan jenis asuransi yang paling populer. Pasalnya, asuransi mobil murah ini melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Tidak main-main, bahkan asuransi mobil ini juga bisa melindungi Anda dari kehilangan alias pencurian mobil.

Kemudahan inilah yang menyebabkan asuransi mobil murah jenis ini memiliki biaya premi ditambah dengan biaya loading rate yang nanti akan kita bahas.

Asuransi Total Loss Only


Sebaliknya, asuransi mobil murah Total Loss Only fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja. Apakah ini berarti asuransi Total Loss Only tidak bisa menanggung kerusakan? Bisa, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan saja.

Umumnya, asuransi mobil murah Total Loss Only menjadi satu-satunya pilihan ketika Anda membeli mobil bekas yang berusia lebih dari 5-10 tahun. Resiko yang besar menjadikan para penyedia layanan asuransi mobil murah lebih memilih mengganti klaim jika terjadi kerusakan mayor atau kehilangan.

Tanggungan asuransi mobil murah All Risk


Bicara soal asuransi All Risk berarti bicara soal klaim kerusakan menyeluruh. Asuransi mobil murah All Risk dapat menanggung kerugian akibat kecelakaan mobil ditabrak. Ini artinya jika Anda terbukti menjadi korban dari tabrakan lalu lintas, maka penyedia asuransi akan mengganti rugi senilai harga mobil tersebut.

Ada pula asuransi mobil murah yang tidak hanya menanggung kecelakaan tabrakan, namun juga biaya tagihan medis akibat cedera. Wow!

Anda juga perlu cermat dalam membaca polis atau syarat asuransi mobil murah Anda. Karena beberapa asuransi All Risk menanggung personal injury protection atau menanggung pengemudi yang mengalami kecelakaan tunggal.

Menariknya, ada beberapa asuransi mobil murah yang bahkan bisa menanggung kerusakan mobil akibat banjir! Namun umumnya hal ini tidak ditulis dalam polis dikarenakan merupakan bencana alam yang tidak ditanggung oleh asuransi. Biasanya, Anda wajib memperluas jaminan dan tentu saja Anda perlu membayar biaya tambahan premi.

Tanggungan asuransi mobil murah Total Loss Only

Seperti yang sudah disebutkan di atas, asuransi mobil Total Loss Only hanya bisa menanggung jika mobil tersebut hilang. Tapi jika kendaraan Anda mengalami kondisi kerusakan berat sehingga Anda harus membayar perbaikan lebih dari 75% harga beli, pihak asuransi akan menganggap hal tersebut bisa ditanggung oleh mereka.

Apakah saya harus membayar?

Tentu saja! Asuransi memiliki biaya premi atau penanggungan yang wajib dibayar per bulan atau per tahunnya sesuai polis atau prasyarat yang ada. Masing-masing asuransi mobil murah memiliki kebijakan premi yang berbeda-beda.

Secara umum, premi asuransi mobil murah All Risk lebih mahal dibanding Total Loss Only. Ada pula biaya loading rate atau beban penanggungan mobil sebesar 5% per tahun dari harga beli mobil Anda.

Namun jangan khawatir, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sudah menetapkan batasan harga terendah dan tertinggi premi asuransi mobil murah di Indonesia sehingga Anda tidak perlu ketakutan harus membayar dengan harga yang di luar jangkauan.

Cara Mudah Menemukan Harga Asuransi Terbaik

Ternyata ada cara mudah untuk menemukan harga asuransi terbaik yang sesuai dengan budget Anda, lho! Bahkan Anda tidak perlu repot-repot menelpon pihak penyedia.

Cekaja.com menawarkan katalog harga asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan Anda. Cukup memasukkan data mobil Anda sebagai syarat penentuan harga premi, nantinya Anda bisa membandingkan mana penyedia dan harga asuransi mobil yang menarik untuk Anda.

Cukup dengan satu klik, Anda bisa selangkah lebih maju dan tentunya lebih cerdas dalam berasuransi!

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/



* Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.

10 komentar:

  1. Semoga semua yang punya kendaraan dimampukan untuk punya asuransi all risk, biar tenang...heheh

    BalasHapus
  2. jika sudah diasuransikan, emnegndarai mobil jadi lebih tenang karena sudah tercover perlindungannya. tingga dipilih yang sesuai aja

    BalasHapus
  3. kalo mobil sih memang baiknya diasuransiin yaa biar berasa peace of mind jadinya, apalagi yang all risk, tapi ya kembali lagi semua sesuaikan lagi sama budget

    BalasHapus
  4. Wow memang penting sih mobil diasuransikan, soalnya misal terjadi hal yg nggak mengenakan, kita nggak bakal rugi sepenuhnya, setidaknya ada asuransi

    BalasHapus
  5. Penting banget memamg asuransi ini sebagai langkah mitigasi risiko di masa depan jika terjadi sesuatu yang nggak diinginkan pada mobil kita.

    BalasHapus
  6. Penting ya punya asuransi mobil biar lebih tenang karena mobil terlindungi secara finansial

    BalasHapus
  7. Dulu pernah, bamper mobil ditabrak dari belakang dan rusak parah. SyukurnYa ya mobil ada ansuransi. Membantu banget sih

    BalasHapus
  8. jadi sebenarnya, memilih asuransi itu sesuai kebutuhan kita juga ya bunda. ada harga ada kualitas juga pastinya

    BalasHapus
  9. Terima kasih kak informasi nya sangat bermanfaat buat saya dan teman tan yang membutuhkan info ini banget. Mantap kak lanjutkan

    BalasHapus
  10. asuransi ini memang membantu sekali apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap mobil kita. pilih asuransinya sesuai kebutuhan

    BalasHapus