Belajar Seo On Page Agar Blogmu Banjir Traffik

Belajar Seo On Page Agar Blogmu Banjir Traffik

belajar-seo-on-page-bersama-bahrul-ilmi


Sebagai seorang blogger, belajar seo on page tentu sangat penting. Ya, karena seo sendiri merupakan salah satu kunci untuk mengundang banyak pengunjung ke blog maupun website kita. 

SEO, yang merupakan singkatan dari search engine optimization tidak mudah dikuasai karena dipengaruhi banyak faktor. Namun, jika ingin belajar seo on page secara sungguh-sungguh, pasti bisa kok. 

Apa Sih SEO itu? 

Berdasarkan pemahaman saya SEO itu merupakan optimasi yang dilakukan terhadap sebuah artikel atau blog/website agar masuk dalam daftar teratas di mesin pencarian google. Nah, supaya artikel atau blogmu masuk dalam daftar teratas itu ada cara-cara yang harus dilakukan. Bisa melalui optimasi di dalam blog itu sendiri maupun optimasi yang dilakukan di luar blog. 

Yup. Pembahasan seo ada di dua sisi, yakni seo on page dan seo off page. Kali ini saya mengulas pemahaman saya setelah belajar seo on page saja. 

Optimasi seo
Source: mahirandigital.com 

Belajar seo on page bersama para coach yang handal dan terpercaya

Beberapa waktu lalu saya mendaftar pada suatu kelas menaikkan DA yang dipelopori oleh Mas Irwin. Kelasnya gratis pula, namun ada seleksi ketat karena yang dipilih hanya 30 blogger saja sedangkan yang mendaftar banyak banget. Kelas dimulai pada awal bulan Juli lalu. Kami digembleng selama sebulan penuh. Agar ketika usai kelas, DA kami naik signifikan sesuai target dan kemampuan kami pun meningkat. 

Selain Mas Irwin, kami juga dibimbing oleh coach Bahrul Ilmi yang memberikan materi seputar blogging secara berkala. Setiap selesai materi, kami pun diberikan tugas untuk mengukur kemampuan kami sampai mana. Sebagai bahan evaluasi dan persiapan materi selanjutnya. 

Diantara mereka berdua, ada bentengnya yakni Mas Pewe sebagai pengawal kelas dan pemantau grafik DA kami, para peserta. Beliau ini yang melaporkan perkembangan DA blog kami, apakah naik, tetap atau bahkan turun. Nah, dari situ digali masalahnya apa sehingga DA kami bisa naik sesuai target awal yang telah ditetapkan. 

Kesan Dan Pesan Setelah Mengikuti Kelas

Kesan Yang Tertancap 

Saya suka berada di kelas ini. Para coach ini benar-benar membimbing kami sesuai kemampuan kami. Mengawal setiap perkembangan kami, membantu menemukan solusi atas setiap masalah yang ditemukan di dalam blog kami. Benar-benar juara, mereka. Sabar banget menghadapi peserta yang kebanyakan emak-emak yang bahkan seringkali menanyakan pertanyaan yang sama. 

Terima kasih banyak ya, para coach. Telah membantu kami, saya khususnya untuk bisa menaikkan DA blog saya ini. Juga membimbing saya belajar seo on page sehingga lebih paham. Tinggal prakteknya nih yang harus konsisten. 

Jadi, Bagaimana Setelah Belajar Seo on Page?

Saya pribadi merasa tercerahkan. Kenapa selama ini artikel di blog saya hanya hitungan jari yang bisa mengundang banyak traffik. Bisa jadi penerapan seo on page nya yang kurang optimal. Karena saya hanya tahu penyebaran keyword di dalam artikel saja. Ternyata itu masih kurang. 

Sebab, keyword juga perlu disebar di image, judul, permalink dan metadescription. Nah, ini nih. Karena ternyata metadesc itu penting, ya. Sedangkan saya selama ini tidak pernah mengisi meta description. 

Siap memperbaiki semuanya dalam artikel yang akan publish ke depannya. Pun memperbaiki struktur artikel yang sudah publish sebelumnya. PR-nya masih banyak, hiks. Tapi tetap harus semangat, donk. 

Semangat terus belajar optimasi seo onpage agar artikel maupun blognya bisa nangkring di page one dan mengundang banyak traffik. Pasti kamu mau, kan? 

Pesan Yang Tersurat

Mau tahu perkembangan kami? Yang tadinya belum mengerti apa-apa mengenai kondisi blognya, di awal kelas kami diajak mengetahui performa blog untuk dicari apa kekurangannya dan kemudian disempurnakan. DA kami pun naik signifikan setelah mengikuti step-step yang diajarkan para coach. Bahkan ada 1 peserta yang sudah lulus di hari ketiga, loh. Kriteria lulus disini adalah jika DA blognya sudah mencapai target awal yakni 15. Sedangkan blog saya saat ini DA-nya sudah di angka 12 dari sebelumnya mentok di angka 6. Ini baru 2 minggu, loh. Alhamdulillah 

So, bagaimana dengan teman-teman blogger? Ingin turut belajar seo on page bersama coach Bahrul Ilmi? Atau ingin dibimbing menaikkan DA oleh Mas Irwin dan Mas Pewe? Boleh banget, donk! Demi kemajuan blogger Indonesia. Supaya blognya berlomba-lomba nangkring di page one google dan banjir traffik. Uhuy!


Para coach menyelenggarakan kelas seo lagi, loh. Kali ini eksklusif! Jika kelas gratisnya aja sekece ini, gimana dengan kelas berbayarnya? Pasti lebih kece dan materinya lebih nampol. Kuy ikut kelasnya, yaa. 






Baca juga:


59 komentar:

  1. berkesan banget mba ikut kelas ini, bisa jumpa sama mba dan teman2 lain, kita bisa saling belajar..dan selalu semangat walau sampe begadang ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi.. iya ya mbak. Jangan kasih kendor kalau gak mau di kick. sampe puyeng palak mamak. Tapi seru banget.

      Hapus
  2. Cara membuat judul postingan yang baik gimana mba?

    BalasHapus
  3. Mantap mbak, bisa dapet ilmu banyak dari para masternya langsung hehehe

    BalasHapus
  4. PRku saat ini masih harus benerin SEO Onpage. Huhu, banyak artikel yang belum dibenahi dan masih belum paham penggunaan featured image. Jadi pengen ikutan kelasnya tapi kemaren ngga keangkut, hehe

    BalasHapus
  5. Wah, terima kasih. Ilmu tentang SEO memang nggak pernah ada habisnya. Dan tulisan ini memberikan sudut pandang lain akan hal tersebut.

    BalasHapus
  6. i know SEO since for a long time, but not to clever undesrtanding about that. Want to learn more and continue

    BalasHapus
  7. kelas berbayar bisa jadi investasi agar tampilan blog makin kece dan traffic semakin naek agar mendulang untung ya kak

    BalasHapus
  8. Saya mengikuti perkembangannya. Segera capai 15 ya biar kita satu group di job yg selalu dishare pasutri Pewe dan Monica

    BalasHapus
  9. Wah semangat ya ikut kelas SEO nya. Nanti aq ikut juga ah.

    BalasHapus
  10. Woah keren ada Mas Pewe, Mas Irwin, sama Mas Bahrul, jagoan semua pematerinya. Semoga trafficnya cepet naik ya mbak. dan yg penting segera joss DA-nya biar job-nya moncer.

    BalasHapus
  11. Bahagianya ya Mba qoty terangkut ke grup belajar SEO ini.. aku belum berhasil diangkut Mba. semoga bulan depan keangkut ya..
    Biar kayak mba qoty, da pa keliatan naiknya

    BalasHapus
  12. aku gak ikutan keangkut ih mba. pengen juga sebenarnya belajar seo. duh makin makin deh mupengnya setelah baca ulasan mba. semoga ku terangkut di kelas selanjutnya aamiin.

    BalasHapus
  13. Tertarik juga nih ikut kelasnya tapi takut ga kepegang nih sambil momong bayi takut ga fokus dan ga maksimal

    BalasHapus
  14. Sukanya banyak ya mba dukanya jadi begadang kalau tugasnya banyak. Tapi hasilnya ruar biasa

    BalasHapus
  15. Waah masya Allah mantap bgt Bun bisa naik secepat itu. Btw ikut kelasnya byk tugas gak sih? Anak lagi home learning, watir keteteran.

    BalasHapus
  16. Yuni ikut kelas itu juga. Sport jantung sih waktu coach nampilin raport. Hehehe

    BalasHapus
  17. Pengen ikut kelas berbayarnya deh supaya lebih maksimal belajarnya . Makasih ya buat infonyaa

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, beberapa tipsnya sudah kupraktekan. Tinggal beberapa yang belom. Kudu mulai nih praktekin semua. Biar banjir trafiiiik 😁

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah ya keangkut di batch 2. Kemarin juga ikut, benar2 ilmu yang bermanfaat. Saya start dengan DA 4, alhamdulillah sekarang sudah 19 dan akan naik terus kayaknya. Aamiin. Tetap semangat menerapkan ilmu yang diajarkan, meskipun sudah tidak di kelas lagi nantinya.

    BalasHapus
  20. semoga nanti aku dapet slot buat belajar optimasi seo on page ini, biar banjir traffic kayak mba Qoty nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. barusan cek FB nya mas Irwin, katanya ga janji nih aku buat diangkut ke kelas naikin DA huhu

      Hapus
  21. Asik juga ya belajar SEO mbak, kemarin aku juga belajar ini dari kelas Mas Qbenk dan memang salah satunya adalah meningkatkan dan mengenal on page terlebih dahulu.

    BalasHapus
  22. Keren Mbak Qoty, dobel poin DA-nya, dari 6 ke 12. Semoga setelah lulus kelasnya makin semangat ngeblog dengan konten ketje berdasar ilmu SEO yang didapatkan. Jadi penasaran sama kelasnya, mengingat coach-nya mumpuni begini.

    BalasHapus
  23. Lagi naik daun lagi ya belajar seo ini tadi juga sempat baca baca , jadi pengen belajar juga udah lama off per bloggingan

    BalasHapus
  24. kelas yg berbayar menarik tuh mba. ..biar ilmu SEO Onpage nya makin mantep. Aku pengen ikut deh.. hihi

    BalasHapus
  25. Iya nih, ak sepertinya juga butuh untuk belajar seo lagi. thanks sharingnya mba

    BalasHapus
  26. Seru nih bljar SEO mba apalgi coach nya ada tiga. Ilmunya mumpuni yak. Smg DA nya jd meroket...Aamiin

    BalasHapus
  27. Karena ikut kelas ini aku jadi lebih semangat belajar mbak. Biasanya kalau belajar sendiri sudah menyerah liat pembahasn tentang SEO ini. Alhamdulillah masuk kelas ini jadi banyak tahu.

    BalasHapus
  28. Penasaran sama lanjutan kelasnya akuu mbaa. Hihi

    BalasHapus
  29. Reminder buat aku nih kak. Ikutan kelas SEO tapi masih setengah setengah hehehhe...harus semangat lagi. Terimakasih kak

    BalasHapus
  30. Kelas gratisnya Kak Irwin dan Kak Pewe memang top top banget, DA pada naik dengan cepat. Aku pengin masuk ke kelas itu tp selalu belum keterima. Betul blogger kudu melek SEO mah biar nggak stuck di situ2 aja

    BalasHapus
  31. Cara ikutan kelas SEO ini gimana mbak? DA ku juga mandek di 6 nih haha, mau upgrade ilmu jadinya

    BalasHapus
  32. Serunya ya belajar di kelas SEO. Makin tambah semangat deh ngeblog dan DA nya terus naik.

    BalasHapus
  33. Mantap banget sih kelasnya, perkembangan DA dari member juga drastis banget naiknya.

    BalasHapus
  34. Duh sayang banget yg bulan lalu sya ga keangkut ke kelasnya. Hehehe. Tapi sedikit banyak sudah dapat gambaran dari mbak mbak kece yg banyak menulis tentang SEO ini. Semoga aku bisa belajar dari kalian semua yah.

    BalasHapus
  35. duhh jadi pengen saya.
    apa sekelas sama mba dyah 'roemah Aura' mba?
    info dunk mba klo ada buka kelas baru

    BalasHapus
  36. Waduuuh...keren banget, bisa loncat gitu DA-nya dari 6 ke 12. Memang trio coach ini keren-keren yah. Banyak yang berhasil naik peringkat. Aku musti ubek-ubek artikel lama nih...

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah bisa belajar SEO Onpage, selama ini nulis ya nulis aja. Sekarang tahu ilmunya, siap mempraktikan. Beruntung bisa gabung di kelas ini

    BalasHapus
  38. SEO On Page itu bener sih ngaruh banget ke traffic, apalagi pada bagian edit artikel. Aku setelah mengedit ebberapa artikel lama agar sesuai SEO, malah lebih banyak trafficnya dan langsung nangkring lebih depan hehe Alhamdulillah

    BalasHapus
  39. SEO off page ga boleh malas menerapkannya ya, palagi sebelum nulis harus riset KW dulu di Ubbersuggest dan sejenisnya, belom nulis aja udah cape yaa tp gpp demi traffic blog n PV yg bagus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry typo, SEO on page itu kamsudnya ya hehe, salah ketik saiahh

      Hapus
  40. Seru banget nih bisa ikutan belajar SEO. Karena SEO On Page emang penting ya ternyata buat traffic dan kesehatan blog.

    BalasHapus
  41. Musti belajar lebih giat ini, untuk menaikkan DA yg masih segitu terus... Terima kasih artikelnya. Sukses terus buat teman2 blogger

    BalasHapus
  42. wah mantul nih ikut kelas SEO ilmunya pasti daging semua ya kak..mana pematerinya para mastah SEO lagi..mantul banget sukses ya kak

    BalasHapus
  43. Aku punya DA 10 aja udah girang banget kali ya..karena kan minim DA 10 kebanyakan yg dapat job gitu (kalau ga salah). Ini aku lg benahin gambar di blogku yang mungkin terlalu berat. Mudahan alexa bisa turun lagi

    BalasHapus
  44. Setuju mbak, blogger emang perlu belajar seo..
    Agar performa blognya meningkat

    BalasHapus
  45. Wah seru banget ya belajar SEO nya, kapan2 aq mau ikut juga.

    BalasHapus
  46. Beruntung banget bisa langsung dimentorin sama yang ahli dalam bidang SEO

    BalasHapus
  47. Wah, senengnya dimentori Mas Irwin dan Mas Pewe. Terima kasih ya, jadi semakin semangat belajar SEO

    BalasHapus
  48. Saya sudah lama pengen ikut, nih. Tapi pasti ditolak karena dianggap senior. Lha meski sudah lama ngeblog, kekuatan blog saya karena usia dan zaman saya ngeblog, jumlah blogger belum ada 10% yang sekarang ini. Cuma share gambar saja dngan 50 kata sudah bisa dapat ribuan PV. Sekarang mana bisa....
    Selamat ya Mbak, sudah tambah banyak DA_nya.
    Kalau kriteria lulusnya sudah 15, saya akan menyesal karena lulus. Hihihihi

    BalasHapus
  49. Saya dulu sering ikut pelatihan tentang SEO, tapi yang jadi masalah tidak konsisten. Jadinya lama2 DA juga melorot aja nggak naik2 lagi hehe

    BalasHapus
  50. Asyik nih..kalau sudah tahu caranya, ya tinggal diterapkan dan dipertahankan aja yaa mbak biar banjir trafficnya tetap terjaga.

    BalasHapus
  51. Cakep banget, kak...
    Kalau ikut kelas begini, jadi tau mana yang kudu dibenahi dan mana yang sudah oke.
    Lebih serius lagi menekuni dunia blogger.

    BalasHapus
  52. Pengen banget ikutan kelas ini tapi sayangnya aku nggak memenuhi syarat. Huhu

    BalasHapus
  53. Wah mau juga dong belajar menaikkan DA hahaha daftar juga ahh

    BalasHapus
  54. Jai niat buat benerin artikel ku yang lama nih. emang SEO tuh kuncinya ya buat blogger. Sedihnya sekarang aku belom ada kesempatan buat ikut kelasnya, semoga lain kali ada rezekinya buat ikutan hehe

    BalasHapus
  55. Perlu banget nih belajar SEO supaya blog nya makin sehat dan bisa page one google dan viewsnya banyak.

    BalasHapus
  56. Wah aku mau juga nih mba daftar ikutan kelas SEO , sayang kemaren umur blog belum mencukupi. Karena aku baru ganti domain .

    BalasHapus