Manfaat Kartu Kredit dan Cara Bijak Dalam Menggunakannya

Manfaat Memiliki Kartu Kredit


Kartu kredit kini menjadi solusi untuk memberi kemudahan dalam hal transaksi bagi setiap orang. Terlebih, pengajuannya saat ini sudah semakin mudah. Pasalnya, banyak bank atau penerbit yang memudahkan persyaratan pengajuannya. Kini, credit card bahkan bukan untuk golongan tertentu. Mereka yang memiliki gaji Rp 2 juta – Rp 3 juta saja, sudah bisa memilikinya. 

Credit card akan membuat urusan keuangan Anda semakin mudah. Bahkan, bagi Anda yang gemar belanja maupun traveling, kehadirannya sangat dibutuhkan. Selain itu, credit card juga menawarkan banyak sekali benefit bagi pemiliknya. 


manfaat kartu kredit

Fungsi Kartu Kredit


Persaingan antar perbankan yang kian ketat, membuat mereka selalu ingin lebih unggul untuk menarik para nasabah baru. Alhasil, beragam produk finansial pun diluncurkan, salah satunya credit card. Bahkan, satu bank saja kini menawarkan lebih dari satu produk credit card. Masing-masing kartu memiliki keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. 

Kartu kredit sendiri adalah alat pembayaran resmi. Kartu tersebut biasanya diterbitkan oleh bank kepada para nasabahnya. Credit card juga merupakan bentuk fasilitas dari bank. Fasilitas tersebut, nantinya akan diberi sejumlah kebijakan dan aturan yang mengatur hak dan kewajiban baik pemilik maupun penerbit. 

Credit card sendiri memiliki sejumlah limit dana. Jumlah limit nantinya akan ditentukan oleh pihak penerbit atau bank. Limit tersebut memungkinkan penggunanya untuk digunakan sebagai keperluan transaksi keuangan. Credit card bisa digunakan dalam belanja, hingga penarikan tunai melalui mesin ATM. Jumlah penarikan maupun belanja, nantinya akan diatur oleh bank itu sendiri. 

Di samping itu, credit card memiliki banyak sekali penawaran menarik. Anda akan mendapatkan benefit jika menggunakannya. Nasabah akan mendapatkan banyak program yang menguntungkan mulai dari cashback hingga diskon. Semuanya merupakan bentuk promosi yang ditawarkan pihak bank bagi para nasabah. 

Credit card adalah fasilitas pembayaran. Nasabah dipastikan tidak memiliki dana di dalam kartu tersebut. Artinya, semua tagihan dari credit card bersifat utang kepada pihak penerbit. Semua tagihannya, wajib dibayar oleh pemiliknya. 

Sistem credit card adalah, bank akan membayar terlebih dahulu belanjaan yang dibeli pemilik credit card. Selanjutnya, tagihan tersebut akan ditagihkan pada masa penagihan yang telah ditentukan. Pemilik kartu wajib membayar jika masa pembayaran tiba. Pembayaran wajib dilakukan sebelum jatuh tempo yang telah ditetapkan. 

Bagaimana jika pemilik kartu tidak membayar? Jika terjadi masalah ini, maka bank akan menerapkan sejumlah kebijakan dalam layanannya. Tunggakan yang belum dibayar, akan dikenakan sejumlah bunga dan biaya-biaya lain. Misalnya seperti biaya keterlambatan pembayaran dan lain-lain. Hal tersebut adalah konsekuensi pemilik credit card atas pembayaran tagihan yang tidak dibayarkan tepat waktu. 

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit 


Mengingat penggunaan credit card merupakan utang yang harus dibayar, maka kita harus bijak menggunakannya. Berikut ada 5 cara agar Anda bisa menggunakannya secara bijak: 

1. Selalu Menghindari Penarikan Tunai 


Meski bisa menarik uang tunai melalui ATM, sebaiknya hindarilah kebiasaan ini. Pasalnya, credit card bukanlah kartu ATM. Hal tersebut akan menimbulkan sejumlah biaya pada tagihan Anda pada saat melakukan penarikan tunai. Setiap penarikan tunai, nasabah akan dikenakan biaya sebesar 4%, atau minimal IDR 50.000. 

Selain itu, bank juga menerapkan bunga harian pada setiap transaksi tarik tunai. Jumlah bunganya sekitar 3,5% - 4% dari dana yang ditarik. Cukup besar bukan? 

2. Manfaatkan Promo Kartu Kredit 


Anda bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan. Beberapa penerbit umumnya menerapkan sistem cashback dan juga rewards. Biasanya, reward yang diberikan berupa poin yang didapat dari setiap transaksi. Kumpulkanlah poin tesebut untuk nantinya ditukar dengan berbagai macam hal menarik. Anda bisa mendapatkan barang tertentu, hingga voucher belanja dari poin yang terkumpul. 

3. Membatasi Jumlahnya 


Seperti yang sudah kami singgung di atas, saat ini ada banyak jenis credit card yang ditawarkan. Tapi tentunya, Anda tidak membutuhkan semuanya bukan? Jadi, pilihlah mana yang menurut Anda memberi banyak benefit. Pilih satu atau dua kartu saja yang menurut Anda layak dimiliki. Oleh karena itu, kenalilah credit card yang akan Anda ajukan. Ketahui apa saja fasilitas dan penawaran menarik yang ditawarkan. 

Credit card adalah alat pembayaran yang seharusnya memberi Anda banyak kemudahan. Jadi, jangan menggunakan barang yang tidak bermanfaat secara maksimal. Hal tersebut berlaku juga ketika Anda memilih credit card. Jadi, pastikan Anda tidak memiliki credit card dalam jumlah yang banyak. 

4. Menyusun dan Mematuhi List Belanjaan Anda 


Sebelum berbelanja menggunakan credit card, ada baiknya Anda susun dulu list belanjaan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa penyesalan jika terjadi pembengkakan tagihan belanja. Buat list barang yang akan dibeli lengkap dengan harganya. Jumlahkan harga sesuai dengan budget belanja biasa. Patuhi jumlahnya, dan jangan sampai tergiur dengan barang di luar list belanjaan. 

Selain itu, hindari juga berbelanja pada saat kondisi lelah dan mood tidak baik (marah). Hal tersebut akan membuat Anda kesulitan berkonsentrasi. Belanjalah pada saat Anda santai, sehingga bisa berpikir positif. 

5. Gunakan Secara Wajar 


Credit card menawarkan banyak manfaat bagi para pemiliknya. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Maka dari itu, carilah informasi dan promosi yang diadakan oleh penerbit. Penawaran ini bisa berupa diskon, dan penawaran menarik lainnya. Manfaatkanlah momen tersebut agar Anda bisa secara bijak menggunakannya. 

Demikian ulasan seputar manfaat, fungsi, dan cara menggunakan kartu kredit. Untuk Anda yang sedang kesulitan mengajukan credit card, kini Anda bisa mengajukannya di https://www.cekaja.com/kartu-kredit/. Kunjungi segera, dan cari jenis credit card yang cocok untuk Anda. CekAja.com akan membantu Anda memilikinya. 



11 komentar:

  1. Wah... Ternyata makin mudah yaau kalau mau dapetin kartu kredit. Well sebenernya saya belum pernah menggunakan kartu kredit, apalagi memilikinya. karena dirasa kalau ada apa-apa mending langsung beli, kalau enggak juga nabung aja dulu. Hehe.

    BalasHapus
  2. Awal punya CC saya suka hilaf, belanja bulanan, makan2, beli ini itu, semua pake CC. Trus byrnya nyicil minimum pembyran pula, akhirnya ga berkesudahan byrnya hehe
    Tp skrg cc dah gak disimpen lagi di dompet, jd aman hihi

    BalasHapus
  3. Aku gapernah berani mbaa sampai sekarang pakai CC. Suami pun ngga izinin huhuu.
    Yg biasa pakai ginian om dan tante saya nihh. Sebenernya pingin sih buka CC hahaha tp belum berani aja nihhg

    BalasHapus
  4. Dulu ga pernah mau punya kartu kredit. Lalu setelah dpikir-pikir, butuh juga ya ketika perlu barang "besar" tetapi ga ada simpanan. Akhirnya coba mengajukan dan approved. Tapi setelahnya, gak pernah dipake sama sekali, jadi makin takut terus-terusan.

    BalasHapus
  5. Saya punya 1 kartu kredit, tapi sampai sekarang nggak diaktifkan.
    Dulu gegara di telp CS bank dan nggak begitu fokus, bilang iya iya aja. Eh beneran dikirimi kartu kredit

    BalasHapus
  6. Selalu pengen punya CC tapi lebih takut. Lha wong pake debit aja sering khilaf hahaha, apalagi ini yang sistem tagihan. Tapi emang semuanya balik ke literasi finansial dulu sih,. Kalau paham ya CC itu bener-bener sangat membantu

    BalasHapus
  7. Sejak memutuskan resign 8 tahun lalu, saya juga berhenti menggunakan KK
    Sadar diri udah gak punya penghasilan rutin bulanan hehe

    Saat ini kami masih ada satu KK, milik suami, yang biasanya kami pakai untuk keperluan tertentu saja dan diusahakan langsung bayar lunas sebelum jatuh tempo

    Punya KK memang harus bijak menggunakannya. Bahaya klo kebablasan

    BalasHapus
  8. Aku sampai sekarang masih suka parno sama kartu kredit, dan karena belum ada kebutuhan juga untuk menggunakannya jadi tidak menggunakan. Tapi memang balik ke ornagnya lagi ya, asal bisa bijak menggunakannya tidak masalah.

    BalasHapus
  9. Setuju mbak pnya CC hrs lebih bijak ya penggunaan nya..krna CC itu hutang yg hrs dibayar di belakang..keren nih tips nya

    BalasHapus
  10. Aku belum punya kak kartu kredit. Pernah minat mau buat, takut kadang khilaf, kalap belanja nanti kak .wkwk. makasih kak tipsnya membantu sekali

    BalasHapus
  11. Di satu sisi, punya kartu kredit lumayan banyak gunanya, namun di sisi lain mesti bisa menggunakannya dengan bijaksana biar gak bablas. Dan aku setuju sih, sebaiknya tidak mengambil tunai dan biasakan bayar langsung lunas

    BalasHapus