Kawal Tumbuh Kembang Anak Di Awal Pertumbuhannya Dengan Herba ASIMOR

Kawal Tumbuh Kembang Anak di Awal Pertumbuhannya Dengan Herba ASIMOR


Bulan Agustus ini banyak moment bersejarah yang berperan penting bagi kita. Moment kemerdekaan 17 Agustus mengajari kita semangat juang nasionalisme. Bagaimana gigihnya pejuang kemerdekaan berjuang di garuda terdepan demi meraih kemerdekaan negara kita. Semangat juang inilah yang mestinya ada juga pada kita para mamsi (Mama ASI) untuk terus berupaya mengASIhi bayi kita eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya kemudian berlanjut terus hingga 2 tahun lamanya. 



Pekan awal di bulan agustus diperingati sebagai pekan ASI. Pekan ASI ini digagas oleh World Alliance Breasfeeding Action pada 1991. Tujuannya yakni untuk mensupport para ibu agar memenuhi hak anak dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Nah, awal dari semuanya adalah IMD yakni Inisiasi Menyusui Dini sesaat setelah melahirkan.

Sayang banget sih, saat aku melahirkan anak ketiga 8 bulan lalu, gak ada IMD. Hiks. Begitu bayinya lahir, oleh bidan langsung diserahkan ke bidan yang lain untuk dibersihkan dan diadzani oleh suami. Huhuhu aku baru ketemu dengan bayiku dua jam kemudian. Hingga dia menyusu untuk pertama kali. Tapi ya, rasanya masya Allah, surprise banget. Speechless. Saat dia pertama kali menyusu tuh seneng dan bangga banget. Begini yaa rasanya jadi #PejuangkASIh

IMD ini penting banget ya ternyata, karena dibutuhkan awal yang baik untuk hasil yang baik, bukan? Meskipun awalnya memang bayi belum pandai mengisap. Namun pelan-pelan dia belajar dan mencari puting mamanya. Ya, tak selalu ASI bisa langsung keluar. Ketika bayi mengisap biarkan saja, Mam. Karena dengan begitu puting menjadi terlatih, bayi semakin pandai menyusu, dan memicu keluarnya kolostrum. Kolostrum aka cairan ASI yang pertama keluar, berwarna agak kekuningan dan kental, jangan dibuang ya Mamsi. Justru itu penting buat tumbuh kembang bayi. So, IMD ini sebagai langkah awal yang tepat untuk pertumbuhan bayi yang optimal ke depannya.

Tentang Inisiasi Menyusui Dini


IMD aka Inisiasi Menyusui Dini sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi serta keberhasilan menyusui dan pemberian ASI eksklusif. Menurut IDAI IMD ini sebaiknya dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Bayi diletakkan di dada ibu untuk merangsang seluruh indera bayi. Biarkan ia mencari puting susu ibunya tanpa disodori langsung dan berlatih mengisap serta bernapas. IMD ini dilakukan sebelum bayi dibersihkan. Ditengkurapkan di atas dada ibu hingga ia berhasil menyusu.

Namun pada prakteknya, kebanyakan bayi yang baru dilahirkan langsung dibersihkan. Ibu pun dibersihkan rahimnya, dijahit jika diperlukan dan berbagai perawatan pasca melahirkan. Tidak ada tindakan IMD yang semestinya. Bayi dan ibu bertemu dalam keadaan sudah sama-sama bersih, untuk kemudian disusui dengan disodorkan puting susu ibu pada mulut bayi. See, tidak sesuai konsep IMD berdasarkan IDAI, bukan?

Ayolah, yuk para nakes, bidan dan calon bidan terutama yang praktek di klinik mandiri, tolonglah edukasi kliennya dan praktekkan IMD yang semestinya. Agar manfaat IMD bisa didapatkan secara maksimal oleh ibu dan juga bayinya. Mungkin para nakes dan bidan yang membaca tulisan ini, ataupun ibu yang sudah paham akan pentingnya IMD, ajukan untuk melakukan IMD setelah melahirkan.

Apa aja sih manfaat IMD ini?


- Membangun bonding antara ibu dan bayi

- Membantu bayi mengenali ibu

- Merangsang bayi mencari puting susu ibu dengan mengandalkan indera penciuman dan penglihatannya

- Bayi berlatih mengisap dan bernafas.

- Membantu bayi mendapatkan kolostrum dari ASI ibu.



style="text-align: left;">Mengenal lebih dalam mengenai kolostrum


Kolostrum merupakan cairan kental berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan atau beberapa saat setelah melahirkan. Kolostrum penting untuk bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh. Kolostrum mengandung karbohidrat, protein serta antibodi. Kolostrum juga mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali. Cairan kental yang juga dapat membersihkan bayi dari bilirubin ini mensuplai berbagai faktor kekebalan tubuh dan faktor pendukung pertumbuhan dengan kombinasi zat gizi (nutrien) yang sempurna untuk menjamin kelangsungan hidup, pertumbuhan dan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.

Ada lebih dari 90 bahan bio aktif alami terdapat dalam kolostrum. Komponen utamanya terbagi dalam faktor imun dan faktor pertumbuhan. Dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin, mineral dan asam amino yang seimbang. Semua unsur ini bekerja secara sinergis untuk memulihkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Kawal Awal Untuk Selamanya


Melihat betapa pentingnya proses IMD dan manfaat kolostrum yang berlimpah membuat saya menyesalkan saat melahirkan kemarin tidak ada IMD. Namun begitu alhamdulillah tetap bersyukur karena bayi saya masih mendapatkan kolostrumnya. Semoga dengan begitu imunitas tubuhnya baik dan tumbuh kembangnya pun optimal.

Memang tidak semua ibu bisa menghasilkan kolostrum. Tergantung dari apa yang dikonsumsi selama hamil dan rangsangan yang diberikan. Hal ini sejalan dengan tidak semua ibu yang melahirkan ASInya bisa langsung keluar. Ada yang keluar di hari pertama melahirkan, hari kedua bahkan hari ketiga. Namun jangan khawatir Mamsi, karena bayi masih punya cadangan makanan di dalam tubuhnya yang membuatnya kuat bertahan hidup selama tiga hari setelah dilahirkan tanpa asupan makanan apapun.

So, bayi ibu melahirkan yang ASInya tidak langsung keluar, jangan berkecil hati ya Mamsi. Karena saya pun pernah mengalaminya. Bayi pun tidak perlu diberi susu pengganti ASI. Cukup dirangsang saja dengan tetap memberikan puting susu ibu untuk bayi belajar mengisap. Karena prinsipnya, semakin sering diisap, semakin banyak produksi ASI yang dihasilkan.

Persiapan Eksklusif menyusui


Ketika pertama kali melihat dan bertemu dengan bayi yang baru saja dilahirkan, duh, spee
chless deh. Bener gak, Mam? Kalo saya sih, gitu. 



Entah rasa apa yang ada di hati dan benakku saat ini. Melihatmu tenang di pangkuanku, utuh dan dapat kupeluk. Ku merasa betapa besar kuasa Tuhan dan anugerahNya tiada putus. Betapa agungnya Tuhan Yang Maha Segala menciptakan makhluk sesempurna engkau, duhai bayiku. Membuatku pun merasa tak percaya sempat mengandungmu selama sembilan bulan. Berbagi rasa, asa, bahkan detak jantung yang seirama. Hingga tubuhmu bisa keluar melalui jalan keluar yang juga tidak besar. Sungguh, betapa besar kuasaMU ya Rabb. Terimakasih atas segala karunia.

Apakah Mamsi juga merasakan hal yang sama? Sepertinya iya ya Mam. Takjub pastinya ya. Wanita yang dari luar terlihat lemah ternyata mampu mengandung dan melahirkan meski dalam kepayahan.

Nah, sebagai persiapan menyusui setelah melahirkan, sebaiknya memang dipersiapkan sedini mungkin sejak masih hamil. Diantaranya mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, minum susu untuk ibu hamil, dan minum suplemen. Ini persiapan dari dalam, ya. Sedangkan dari luar, saya mulai sering membersihkan dan memijat sekitar payudara sejak usia kehamilan 8 bulan. Ini dilakukan untuk merangsang payudara agar mulai memproduksi ASI. Alhamdulillah cara ini ampuh sehingga setelah melahirkan bayi ketiga ini, ASI saya keluar di hari pertama melahirkan.

Selain itu, saya pun juga minum suplemen pelancar ASI. Ini sebagai pelengkap makanan yang kita konsumsi. Tentunya Mamsi sudah mengonsumsi banyak sayur dan buah, juga protein dan zat gizi lain yang memang dibutuhkan untuk nutrisi bayi. Namun dengan minum suplemen pelancar ASI, nutrisi yang dihasilkan dalam ASI akan lebih lengkap, mencukupi dan pastinya membuat ASI lancar.

Alhamdulillah saya minum Herba ASIMOR, rutin sehari dua kali. ASI lancar, bayi pun tenang. Dan bayi saya tumbuh sehat badannya kencang berisi. Sungguh menggemaskan. Apalagi bayi laki-laki umumnya kebutuhan ASInya lebih banyak ya Mamsi. Bagaimana dengan Mamsi?

Suplemen Pelancar ASI


Herba ASIMOR ini merupakan produk herbal yang membantu melancarkan ASI. Terbuat dari kombinasi dua tanaman asli Indonesia yakni daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI. Dilengkapi dengan fraksi ikan gabus yang juga mempunyai manfaat begitu besar bagi ibu yang baru melahirkan.

Manfaat daun katuk



Yang utama dan paling terkenal, daun katuk bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Ini karena daun katuk mengandung asam folat, vitamin A, B dan C yang mampu meningkatkan hormon prolaktin. Namun ternyata tidak hanya itu, karena daun katuk juga berfungsi sebagai anti peradangan dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Mengatasi anemia, sebagai antioksidan dan membantu mengatasi penyakit jantung.

Manfaat daun torbangun



Daun torbangun atau yang sering disebut juga daun bangun-bangun ini ternyata di Sumatera Utara menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan sampai 30 hati pasca melahirkan loh. Daun yang segar, tebal dan berwarna hijau ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang digambarkan mirip oregano dan juga daun mint. Daun torbangun ini memiliki kandungan seng, zat besi, kalium dan magnesium yang mampu meningkatkan berat badan pada bayi. Daun ini dapat menjadi laktagogum untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas ASI.

Adalah Prof. DR. Rizal Damanik, Dosen Departemen Gizi Masyarakat dan Fakultas Ekologi Manusia IPB (Institut Pertanian Bogor) yang telah meneliti daun torbangun secara menyeluruh sejak tahun 2001. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa mengonsumsi daun torbangun membantu ibu yang sedang hamil maupun menyusui memproduksi ASI yang berkualitas bagi bayinya.

Konsumsi sayur torbangun tidak hanya memberikan efek positif bagi kesehatan ibu menyusui namun juga pada bayinya. Hal ini terbukti pada berat badan, lingkar kepala, lingkar dada dan angka kesakitan dari bayi yang lebih baik. Daun torbangun ini mengandung sepuluh komponen aktif yang saling mengikat, antara lain asam lemak rantai ganda, kelompok steril dan aldehid. Itu memicu meningkatnya kuantitas dan kualitas ASI.

Sedangkan ikan gabus bermanfaat dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kawal Awal Untuk Selamanya


Mamsi, tetap semangat mengASIhi bayi kita, ya. Kita kawal awal pertumbuhannya dengan mengupayakan pemberian ASI eksklusif di 6 bulan pertama kehidupannya. Kemudian lanjut hingga usia 2 tahun. Support sistem di sekitar Mamsi juga penting untuk mendukung suksesnya Pejuang KASIh.

Ayah, dukung Mamsi memperjuangkan hak bayi mendapatkan ASI berkualitas ya. Sediakan makanan yang sehat dan bergizi serta suplemen pelancar ASI herba ASIMOR. Tanpa efek samping dan aman dikonsumsi oleh Mamsi serta bayi. Apalagi untuk mendukung pekan ASI di bulan Agustus ini, herba ASIMOR memberikan promo diskon 10% pembelian di store official GoApotik di shopee dengan kode voucher GOAPMOMS. Atau klik Link ini https://bit.ly/1monthbundleASR

Cekidot ya Mamsi... Kita #KawalAwalUntukSelamanya tumbuh kembang anak kita agar dapat tumbuh optimal.

Semamgat mengASIhi ya Mamsi,

Salam #PejuangkASIh




20 komentar:

  1. Saya baru tahun tentang daun torbangun ini, dulu saya konsumsi suplemen daun katuk tapi kalau makan sayur daun katuk aslinya, jauh lebih lancar ASInya.

    BalasHapus
  2. Sungguh ingin ku jadi #PejuangkASIh mak, biar merasa apa ya mak rasakan juga. Apalagi saat IMB, Asi 6 bulan hingga ke 2 tahun, duh kebayang serunya :))

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mbak doanya doakan jadi ingin sekali punya momongan lagi teman sepi di hari tua ... Pengikat rindu abang-abang nya yang sudah sibuk kerja dan ayahnya terima kasih ya buat ulasannya barokallah

    BalasHapus
  4. awal tumbuh kembang anak emang dari ASI ya mba, karena makanan utama bayi itu. makanya ibunya juga perlu banyak nutrisi biar anak-anak pun tumbuh kembangnya bagus. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  5. IMD mestinya memang disosialisasikan dengan lebih gencar ya Mbak Qoty, sayang jika momen ini terlewatkan.
    Dan setuju, ku pun merasa takjub kalau sudah pegang bayi pas baru lahiran Masya Allah. Maka ASI yang mengawali tumbuh kembang anak mestinya dipersiapkan sejak dini sehingga tiba saatnya akan lancar proses menyusui.

    BalasHapus
  6. Terima kasih informasinya. Memang salah satu kebahagiaan seorang ibu bisa menyusui anaknya dengan lancar. Dan informasi seperti ini juga penting untuk laki-laki (bapak), karena support dari suami tentu akan membantu kebahagiaan ibu tersebut.

    BalasHapus
  7. Aku termasuk ibu yang kurang beruntung mba. Dua kali melahirkan nggak pernah bisa IMD. Yang pertama karena aku dibius total, gak ngerti apa yang terjadi di kamar operasi. Ketemu bayi baru setelah hampir setengah hari berlalu itupun sampe minta-minta ke susternya. Anak kedua bius lokal tapi pas minta ke dokternya gak dikasih karena katanya repot kan akunya pake baju operasi gitu huhuhu. Padahal liat artis-artis pada caesar tapi bisa IMD ya.. Kalah pamor sih ama artis hehehe. Bersyukur anak kedua bisa ASIX yang pertama blas nggak keluar ASInya. Semangat mengASIhi ya mbaaa. sehat selalu

    BalasHapus
  8. alhamdulillah anakku merasakan IMD setelah dilahirkan, hanya ASI ku produksinya sempet ngadat saat anakku usia 7 bulan

    BalasHapus
  9. Manfaat IMD ini penting ya agar menjalin kedekatan hubungan ibu dan anak. Pembelajaran nih buat daku ketika mengalami fase tersebut besoknya.

    BalasHapus
  10. Jadi tahu tentang IMD nih kak dulu aku belajar menyusui ga ada yang ngajarin, itu daun terbangun baru tahu lho

    BalasHapus
  11. saya pernah membaca kalau untuk IMD sebelumnya tanya dahulu ke RS bersangkutan apakah bisa IMD atau tidak, tp emang penting bgt sih IMD ini ya kak untuk perkembangan bayi

    BalasHapus
  12. Baca tulisan mbak aku jadi banyak tau ttg IMD, padahal sebelumnya masih buta bangettt. Dan baru tau juga ttg daun torbangun.

    BalasHapus
  13. Sejak dulu daun katuk memanv bagus untuk ASI. Sayangnya udah jarang banget yang jual kalau di tempat saya. Makanya bagus juga ada suplemen untuk membantu para busui

    BalasHapus
  14. Yes, kawal awal pertumbuhan bayi dengan memberikan ASI di 6 bulan pertama kehidupannya. Bagus jika ada suplemen ASI yang akan membantu memperlancar ASI persembahan terbaik untuk bayi

    BalasHapus
  15. Keingetan jaman mengasihi anakku, selain aku juga minum booster asi dan juga makanan yang aku asup sangat aku perhatikan sekali. Pokoknya gak boleh stress dan harus selalu happy karena dengan begitu ASInya akan bagus dan banyak.

    BalasHapus
  16. Ikut seneng deh dengan semakin banyaknya produk yang mengakomodasi kebutuhan busui. Supaya asinya lancar. Ngerasain banget deh gimana rasanya asi seret. Huhu, kitanya stres, anaknya juga rewel. Semoga banyak busui yang merasakan manfaatnya ya.

    BalasHapus
  17. Di Jakarta susah sekali mencari daun bangun-bangun ini. Syukurlah sudah diekstrak oleh asimor. Jadi mudah untuk dikonsumsi

    BalasHapus
  18. Benar sekali mbak, 1000 hari pertama jadi masa yg menentukan ya

    BalasHapus
  19. Setuju Mba. ASI itu penting untuk bayi. Saya pun dulu nggak sempat dapat IMD namun alhamdulillah masih bisa mengASIhi. ASI booster itu penting untuk menemani ibu pejuang ASI.

    BalasHapus
  20. Baru tau istilah IMD ini kak jadi tambah informasi yang bermanfaat yah kak buat para pejuang ASI

    BalasHapus