Wisata Keluarga Menguatkan Rasa Di Jiwa

 Hayo, siapa yang udah kangen wisata keluarga? Saya mengacungkan diri paling pertama.


Tak dapat dipungkiri masa pandemi membuat segala kebiasaan di rumah, di keluarga, di kantor dan dimanapun berubah. Dari yang tadinya setiap weekend kami sering jalan-jalan meski sekedar ke taman kota, ngebakso atau apapun.

Namun 5 bulan belakangan hal itu sudah tidak pernah dilakukan lagi. Pulkam pun baru terlaksana sekarang, karena sekalian mengantar si sulung ke pesantren. Namun wisata keluarga? Sepertinya bakalan masih harus tertunda hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Hiks


Agenda Wisata Keluarga


Tradisi di keluarga besar kami, setiap tahun minimal satu kali ada agenda wisata keluarga. Karena hampir separuh anak-anak dari mertua pada merantau ke jabodetabek, maka berkumpul di rumah mertua minimal satu tahun sekali yakni pada momen idul fitri.

Nah, momen inilah yang biasanya dimanfaatkan untuk merekatkan rasa di jiwa ini. Agar rasa kasih dan sayang terus terpupuk dengan subur maka perlu adanya kebersamaan. 

Biasanya hari pelaksanaan ada di antara hari ke 6 sampai 8 syawal. Tak perlu jauh, cukup ke daerah Magelang, Jogja, Pati, Lasem atau sekedar ke Kudus dan Semarang pun dijabani. Paling sering, sekalian silaturahim ke rumah besan ibu mertua atau keluarga yang lain. Kemudian ziarah ke makam wali, kyai, dan diakhiri dengan rekreasi. 


Manfaat Berwisata Dengan Keluarga


  • Menambah Pengalaman dan Wawasan
Tak dipungkiri dengan Berwisata bersama keluarga pengalaman kita bepergian ke suatu tempat bertambah. Yang tadinya belum pernah kesana, jadi pernah. Wawasan pun bertambah pula.
  • Memupuk Rasa Persaudaraan 
Dengan sering atau rutin berwisata bersama keluarga besar, rasa kasih dan sayang antar saudara makin terpupuk dan terjaga. Karena itulah cara ini masih dipertahankan hingga saat ini. Semoga pandemi segera berakhir supaya kami bisa berwisata lagi bersama keluarga besar. 
  • Menjaga Silaturahmi 
Bepergian bersama ini tujuan utamanya adalah silaturahmi, bonus rekreasi di tempat wisata terdekat dari rumah keluarga dikunjungi, atau mengunjungi tempat wisata lain jika yang terdekat sudah pernah dikunjungi. So, dapet double bonus kan? 
  • Membahagiakan Orangtua
Dengan berwisata bersama keluarga besar, kerukunan terjaga, hubungan persaudaraan makin harmonis, orangtua pun bahagia melihatnya. Hayo, adakah yang ingin melihat orangtuanya tersenyum bahagia hatinya berbunga-bunga? Coba deh ajak wisata keluarga, insya Allah berkah. 
  • Menciptakan Kenangan Manis
Momen-momen bersama keluarga ini pasti akan selalu dikenang. Apalagi jika terekam dengan baik dalam foto maupun video kebersamaan. Plus, jika ada kejadian lucu atau mengenaskan yang pernah dialami. Pasti terkenang terus deh. Seperti kami dulu pernah kehabisan bensin sebelum sedang dalam perjalanan. Duh, heboh kan tuh karena perjalanan sempat terhambat. Beruntung bisa mengisi bahan bakar di SPBU terdekat hingga perjalanan bisa lanjut kembali dan kembali merenda memori indah bersama. 

Nah, bagaimana dengan kamu? Memori apa nih yang paling berkesan bersama keluarga? Share yuk! 



0 komentar:

Posting Komentar