Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Dini

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Dini

Manfaat asuransi kesehatan



Asuransi kesehatan punya banyak manfaat jika dimiliki sejak dini. Kebanyakan orang mulai memikirkan manfaat perlindungan asuransi ketika sakit. Padahal ini keliru. Manfaat perlindungan asuransi justru maksimal jika dimulai saat masih sehat. 

Keluarga memiliki peran penting dalam menyediakan perlindungan. Asuransi adalah salah satu cara yang konkrit dalam meminimalisir resiko yang terjadi. Salah satunya adalah asuransi kesehatan. 

Sebagaimana yang kita pahami, sakit adalah musibah yang kita enggak tahu kapan datangnya. Saat mengalami sakit, kita harus mengeluarkan beberapa biaya untuk menunjang perawatan dan pemulihan. Jumlahnya enggak sedikit. Di luar biaya perawatan, kita juga harus bersiap dengan resiko pendapatan yang terhenti saat sakit. 

Nah, tak ada salahnya kamu bersiap memiliki asuransi kesehatan dari sekarang untuk diri sendiri maupun keluarga. Berikut ini merupakan beberapa manfaat asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan: 

Manfaat Asuransi Kesehatan


1. Layanan Kesehatan


Dengan memiliki asuransi kesehatan sejak dini, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan sangat layak. Biasanya perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan beberapa rekanan rumah sakit untuk menyediakan layanan kesehatan terbaik bagi nasabahnya. Terlebih jika kamu selalu membayarkan premi tepat waktu dan rutin. Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan tersendiri di masa yang akan datang. 

Sebab saat jatuh sakit, kita tak hanya butuh obat, tapi juga perawatan yang layak agar lekas pulih. Karena itu, memiliki asuransi sejak dini adalah pilihan yang tepat untuk kesehatan kamu di masa yang akan datang. Tak ada salahnya mempersiapkan hal-hal yang terjadi di luar kuasa kita, seperti momen jatuh sakit. Lebih nyaman kalau udah ada persiapan, kan?

2. Asuransi Kesehatan dan Investasi Masa Depan


Selain mendapat manfaat dari asuransi kesehatan, kamu juga bisa berinvestasi untuk masa depan. Sebab beberapa perusahaan asuransi memiliki produk yang sangat memungkinkan nasabahnya untuk berinvestasi sekaligus membayar premi. Dengan begitu, kamu bisa punya tabungan sambil mendapat manfaat perlindungan sekaligus. Makin awal kamu punya asuransi kesehatan, kemungkinan makin besar pula nilai investasi yang bisa kamu dapatkan. 

Jika kamu menginginkan produk keuangan yang simpel dan mudah, asuransi kesehatan jenis ini akan cocok buat kamu. Hal ini juga akan membantu kamu dalam mengatur keuangan ke depan. Dua manfaat dalam satu kali pembayarn, cukup menarik, bukan?

3. Lebih Aman


Memiliki asuransi kesehatan akan memberikan rasa aman. Setidaknya, kita sudah memiliki perlindungan untuk terhindar dari beberapa resiko. Inilah untungnya punya asuransi sejak dini. Kapan saja kamu sakit atau membutuhkan perawatan rawat inap, kamu bisa menggunakannya. Kalau sudah punya asuransi begini, mau beraktivitas apapun jadi lebih nyaman. Kalau sakit jadi enggak mikirin biaya yang harus ditanggung nantinya. 

Ingat, tetap pahami periode masa tunggu dan beberapa pengecualian pada asuransi kesehatan yang kamu ambil, ya. Sebab tiap produk asuransi kesehatan punya aturan yang berbeda-beda. Jadi, membaca setiap ketentuan yang ada pada polis adalah hal yang sangat penting bila kamu akan membeli produk asuransi. 

4. Rawat Jalan Hingga Perawatan Gigi


Tidak hanya manfaat rawat inap, kamu juga bisa mendapatkan perlindungan untuk biaya rawat jalan. Sedangkan untuk proses klaimnya sendiri cukup fleksibel. Kamu bisa memastikan seperti apa proses klaim yang dilakukan jika rawat jalan atau perawatan gigi. 

Nah, selain rawat jalan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti screening penyakit tertentu, hingga kehamilan maupun kelahiran. Pahami dengan detail produk asuransi yang akan kamu beli, agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Kamu juga harus tahu ya, apa saja yang menjadi kewajiban nasabah asuransi. Agar kamu dapat mengakses klaim atau hak nasabah dengan mudah. Polis kamu harus selalu aktif ya, jangan sampai dalam kondisi polis lapse, loh. 

5. Lebih Mudah Mengatur Keuangan


Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa mengalokasikan dana dengan tepat. Keuangan jadi lebih tertata sejak dini. Sebab kamu terhindar dari resiko kerugian finansial jika jatuh sakit atau membutuhkan perawatan intensif. 

Jadi tabungan kamu tetap aman karena setiap bulan kamu sudah menyisihkan pendapatan untuk asuransi kesehatan. Beraktivitas pun jadi lebih tenang. Bahkan beberapa perusahaan asuransi kesehatan saat ini juga menyediakan pilihan jenis asuransi dan berbagai pilihan pembayaran klaim. 

Biasanya, sistem pembayaran klaim sendiri ada dua macam yaitu cashless dan reimbursement. Kalau cashless, kamu enggak repot nyiapin uang tunai saat sewaktu-waktu dirawat. Tinggal gesek kartu asuransi saja di rumah sakit, tagihan pun terbayarkan dengan mudah. 

Beda dengan reimbursement, kamu perlu membayarkan tagihan dengan uang pribadi dulu. Setelah itu bukti transaksi rumah sakit diserahkan ke pihak asuransi untuk mendapatkan uang klaim. Ada keuntungan dan kelebihan masing-masing. Tentunya hal ini bisa kamu sesuaikan di awal, saat akan membeli asuransi kesehatan. 

Pilih Asuransi Kesehatan Terpercaya


Hal yang paling penting, pastikan jumlah premi yang kamu bayarkan sesuai dengan kebutuhan agar tidak memberatkan kamu di kemudian hari. Sisihkan dana di bawah 30 persen dari pendapatan kamu untuk asuransi kesehatan. Selain premi yang tepat, kamu juga harus mengetahui apa saja layanan yang akan diberikan. Termasuk jaringan rekanan rumah sakit yang telah bekerjasama dengan asuransi kesehatan tersebut.  

Pilih produk asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan terpercaya. Untuk itu, agar dapat memiliki produk yang sesuai, kamu dapat memilih beberapa asuransi terbaik hanya di website https://www.cekaja.com/asuransi-kesehatan/


*Artikel ini merupakan guest post dari Ulul Albab dari cekaja.com


12 komentar:

  1. Asuransi penting sih ya. Bisa buat investasi juga. Rasanya lebih aman ya punya asuransi.

    BalasHapus
  2. Menjaga kesehatan memang yang utama ya Bun... Penting sebagai investasi supaya tetap bisa aktif berkontribusi hingga tua..

    BalasHapus
  3. Setuju mbak, memang asuransi itu penting ya...
    Aku juga sudah punya asuransi untuk keluarga

    BalasHapus
  4. Kesehatan keluarga merupakan harta berharga. Jadi mesti selalu dijaga hingga tua. Memiliki asuransi juga oke jika memang menginginkannya, ibarat sedia payung sebelum hujan. Biar hati tenang ga deg2an ya mbak.

    BalasHapus
  5. Iya nih, memilih asuransi kesehatan musti yang tepercaya ya agar gak salah langkah dan akhirnya kayak kasus2 tidak mengenakkan yg srg terdengar ya di suatu asuransi. Saat keluarga pasien mau klaim yg ini-itu gak dicover katanya, trus yg dicover cairnya gak jelas. Nice info Mbak Qoty

    BalasHapus
  6. Kalau dikaji lebih jauh asuransi kesehatan sangat penting memang, apalagi umumnya kesehatan mulai menurun saat usia sudah tidak produktif lagi, jika ada asuransi setidaknya lebih tenang dan nyaman karena ada pelindung.

    BalasHapus
  7. Udah lama ga mampir ke cekaja. Biasanya lihat rekomendasi asuransi dari website itu :)

    BalasHapus
  8. Aku paling sering sakit gigi niih...
    Sebaiknya memang investasi yaa..agar dana yang dimiliki dialokasikan dengan baik.

    BalasHapus
  9. aku setuju nih, asuransi yang paling dasar banget yang semua orang kudu punya ya asuransi kesehatan. buat yang lain2nya, bisa optional aja..

    BalasHapus
  10. Saya paling senang dengan dunia asuransi apalagi untuk asuransi kesehatan mbak, saya pastinya lihat perusahaan yang terpercaya dan premi yang pas mbak.

    BalasHapus
  11. Setuju mba, menurutku asuransi penting buat dimiliki setiap keluarga, paling engga bisa buat berjaga jaga kalau terjadi resiko kehidupan, dan memilih asuransi juga diusahain secermat mungkin yaa mba, kalau abal abal malah takutnya ga bs dapet apa apa,, btw makasih sharingnya mba :)

    BalasHapus
  12. Aku setuju mbak, makannya bersyukur banget ketika menikah suami kemarin langsung mengurus asuransi kesehatan untuk saya. Begitu juga saat melahirkan, sehingga bisa jadi payung kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diharapkan

    BalasHapus