Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Serta Cerita Keseruan Fieldtrip Virtual MediKids Kemang

 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak Serta Cerita Keseruan Fieldtrip Virtual MediKids Kemang


Hallo, ayah bunda....

Kali ini saya mau sharing pengalaman saya dengan anak saya, Haidar (5th) yang telah menjalani fieldtrip secara virtual ke MediKids Kemang by MHDC Clinic sekitar pertengahan november lalu.




Seru, loh. Meskipun hanya bisa room tour secara virtual, tapi Haidar suka. Apalagi event yang diadakan melalui zoom kemarin itu ada kegiatan mewarnai masker dan Sharing session mengenai cara merawat gigi yang baik dan benar dengan dokter gigi yang cantik juga. 


Hampers cantik nan bermanfaat dari MediKids Kemang


Tentang MediKids 

Jadi MediKids ini merupakan "One Stop Clinic" dengan mengusung tema Around The World, seperti bandara yang bisa membawa kita keliling dunia. Bener-bener nggak berasa lagi di klinik, deh. Desain ruangannya kece banget, menarik dan khas anak-anak banget.

Selain itu disini juga dilengkapi dengan London Play Hospital yang merupakan area bermain sambil belajar peran menjadi dokter maupun tenaga medis lainnya. Nah, seru banget kan?!

Kalo kliniknya seindah ini, anak-anak jadi makin betah dan nyaman banget ke dokter gigi. Betul gak?

Sharing session with Drg. Saskia Karenina

Drg. Saskia Karenina merupakan salah satu dokter gigi di MediKids klinik. Sebagai seorang dokter gigi, tentu sudah tidak diragukan lagi pengalaman dan keilmuannya, ya kan? 



Seyogyanya kita memang sudah harus menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Terlebih saat pandemi seperti ini. 

Kita pun mesti bisa membiasakan banyak kebiasaan baru kepada anak-anak kita. Agar kita semua senantiasa dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan juga orang lain. 



Dalam Sharing session kemarin pun Drg. Saskia menyampaikan struktur gigi dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak, terutama Haidar jadi tahu apa aja bagian-bagian gigi dan bagaimana merawatnya agar gigi tetap bagus dan sehat. 


Dengan ilustrasi dan penjelasan yang mudah dipahami anak-anak, Haidar jadi mengerti bahwa makan makanan yang manis jika terlalu sering bisa merusak gigi. So, makannya sedikit saja dan setelah makan kue, permen atau coklat segera sikat gigi. 



Penting banget nih, karena ada tiga nasihat yang diberikan oleh Drg Saskia agar giginya tetap sehat dan bagus. Yakni:

  1. Sikat gigi dua kali sehari (pagi setelah makan dan malam sebelum tidur) 
  2. Makan makanan dengan gizi seimbang, kurangi makanan manis dan asam
  3. Periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali


Terakhir dan yang paling penting adalah tips menjaga kesehatan gigi:

  • Mulai menyikat gigi sedini mungkin. Bayi dan balita yang sudah mulai tumbuh gigi pun sudah harus selalu diikat giginya, ya bunda. 
  • Menggunakan pasta gigi berfluoride karena fluoride membantu menguatkan struktur email gigi sehingga zat asam tidak mudah merusak gigi dan mencegah gigi berlubang. 
  • Memilih bulu sikat yang halus dan mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Untuk anak-anak gunakan sikat gigi ukuran kecil ya bunda agar bisa menjangkau sampai ke gigi bagian belakang juga. 
  • Menyikat gigi dua kali sehari. 
  • Makan makanan yang bergizi seimbang. 
  • Jangan lupa periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, ya. 

Testimoni Peserta Fieldtrip Virtual

Saat acara Fieldtrip kemarin Haidar excited banget dan jadi makin mudah mengedukasi dia agar mau rajin sikat gigi. 

Untuk cara menggosok gigi juga ada clue-nya, lho:

Bulat-bulat

Maju mundur 

Cungkil-cungkil

Sikat lidah

Nah, setelah acara ini setiap menggosok gigi Haidar selalu mempraktekkan clue dari Drg. Saskia lho. Ah, senangnya. Makasih Drg. Saskia, anak-anak jadi rajin sikat gigi dengan baik dan benar. 

Ikut fieldtrip secara virtual seperti ini oke juga lho untuk mengisi waktu anak-anak selama di rumah aja. Anak-anak jadi merasakan serunya beraktivitas dan mendapat edukasi mengenai kesehatan gigi. Selama virtual Haidar hepi karena di awal sudah diajak dance dengan Captain Medi (iconnya MediKids) dan di akhir sesi pun ada acara mewarnai masker bersama. Jadi, anak-anak semangat menciptakan karya. 

Ohya, selain dapat hampers seperti  yang disebutkan di atas, MediKids juga mengirimkan tas belanja yang gede dan eye cacthing. Wah, kepake banget ini buat belanja. Secara, kan sekarang minimarket udah nggak nyediain kantong plastik. 

Terimakasih MediKids... 

By the way, saya juga mengucapkan terimakasih kepada IIDN yang telah menjembatani acara ini. 

Sangat bermanfaat. 

Last but not least, berikut saya sertakan foto-foto ruangan MediKids Kemang yang mulai dibuka kembali ya, ayah bunda.... 










Ohya, sebagai tambahan informasi nih ayah bunda. Bahwa MediKids Kemang yang sejak berdiri Januari 2017 berlokasi di jalan Benda No. 98 C, sekarang berpindah lokasi ke tempat yang lebih strategis dan mudah dijangkau. Yakni di daerah Pasar Minggu. 

Apalagi saat ini pelayanannya makin lengkap karena ada layanan dokter umum dan vaksin juga, lho. Paket lengkap banget kan... 

Silakan disimpan nomor kontaknya, ya ayah bunda. 

Layanan MediKids Kemang

Jl. Ampera Raya No. 5A, RW.08 Pejaten Barat Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan

(021) 227 15917 / 0811 1895 531 

Instagram: @medikidsclinic

Facebook: Klinik Mhdc Jakarta

Youtube: Mhdc Clinic

Tiktok: @mhdcgroup








19 komentar:

  1. Menjaga kesehatan gigi ini penting banget, tidak hanya untuk anak-anak tapi yang dewasa juga, kapan hari saya sakit gigi karena habis makan makanan manis lupa gosok gigi

    BalasHapus
  2. Wah kegiatannya positif banget ini. Dan kelihatannya menyenangkan ya. Anak2 bisa belajar mengenai gigi termasuk cara menjaganya

    BalasHapus
  3. Anak2 memang harus sudah dilatih tentang kesehatan gigi, apalagi anak2 sukanya makan yang nanis-manis,dan gula itu bisa bikin karang gigi. Event ini bisa memberikan efek positif nih. good

    BalasHapus
  4. Desain ruangan di MediKids Kemang bagus ya, anak-anak pasti suka. Suasana yang seperti itu bisa mematahkan pendapat tentang ruang dokter gigi yang menakutkan.

    BalasHapus
  5. Waah asyik banget ya bisa ikutan field trip virtual. Anakku susah sikat gigi. Kalau ikutan fieldtrip virtual gini pasti jadi langsung mau sikat gigi ya soalnya dikasih tau juga bahaya kebanyakan makan makanan manis

    BalasHapus
  6. Asik banget aktivitasny, mbakk...
    Seneng banget kalau hal2 simpel kayak gini bisa bikin anak lebih aware soal kesehatan giginya.

    BalasHapus
  7. Jadi inget anakku nih, susdah anget dikasih taunya soal kesehatan gigi. heuheu. kayaknya kalau ikut fieldtrip virtual ini anakku sedikit2 bakalan ngerti soal kesehatan giginya.
    Btw klinik giginya bikin betah banget ya

    BalasHapus
  8. Wah aktivitas seru tapi edukatif ya Mba, Julio malah belum pernah aku ajakin ke dokter gigi. Tapi nanti kalau dokter giginya sebagus dan menarik itu anak anak pasti nggak bakal takut

    BalasHapus
  9. Medikids nih cakep amat sih kliniknyaaa.. huhu. anak anak mah otomatis betah dan ga bakalan takut diajak periksa gigi kalo kliniknya cakep begini yaaaa..

    BalasHapus
  10. Ngomongin soal kesehatan gigi anak ini suka dilema ya. Apalagi yang suka makanan manis. Pasti bermasalah giginya.

    Dilarang terus-terusan gak tega. Tapi kalau udah sakit gigi nalah kasihan. Duh bingung

    BalasHapus
  11. Seru ya, zoom meeting bareng ibu dan anak. Sekarang semua bisa dibuat virtual ya. Ada piknik virtual, yang ini kunjungan ke klinik secara virtual. Asyik, ga ada alasan jika ingin menambah ilmu dan wawasan untuk maju ya...

    BalasHapus
  12. Terpesona ama desain interiornya MEdiKids, keren banget. Bakalan betah kalau periksa gigi di sana.

    Menjaga kesehatan gigi anak emang perlu ya, agar giginya sehat dan tak mudah berlubang.

    BalasHapus
  13. ANak-anakku suka banget kalau diajak ke dokter gigi. Wkwkw. Alhamdulillah nggak ada takutnya sih. PAdahal dulu aku masih kecil suka takut lho. Tapi memang sih ya, klinik gigi saat ini sudah lebih menarik tampilannya. Dokternya pun sangat bersahabat. Seperti Medikids ini ya

    BalasHapus
  14. Desain ruangan di Medikids bagus banget, anak-anak pasti senang kalau diajak periksa gigi ke sini. Klinik gigi ramah anak banget ini.

    BalasHapus
  15. Desain ruangan perawatan gigi nya sangat membuat anak nyaman ya,, sayang harga perawatannya mahal banget di sini :)

    BalasHapus
  16. Ya ampuuun.. Dekorasinya gemas sekali. Insya Allah anak-anak jadi betah ya ada di klinik ini. Aku juga rencana mau bawa anakku ke dokter gigi nih untuk pasang kawat gigi.

    BalasHapus
  17. aq suka lihat interior kliniknya, bikin anak anak betah, nggak takut ke dokter gigi jadinya

    BalasHapus
  18. Desain ruangan kliniknya bagus ya, anak-anak pasti suka nih. Apalagi Ada tempat bermain Dan cocok untuk foto bareng keluarga hihihi

    BalasHapus
  19. Gigi emang salah satu bagian tubuh yang harus dirawat. Aku klo udah sakit gigi udah gabisa apa2. Tapi anehnya aku takut klo le dokter gigi, haha
    smeoga setelah baca artikel ini ga takut lagi.

    BalasHapus