Yuk, Kenali Jenis Protein Susu Dan Manfaatnya Untuk Anak

Beberapa waktu lalu, tepatnya hari kamis, 10 Desember 2020 pada pukul 14. 00-15.00 wib saya mengikuti event Instagram live yang diadakan oleh akun @buumiplayscape.




Narasumber dalam event kali ini yakni ibu DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) selaku dokter anak sekaligus konsultan gastroenterologi. Sedangkan bahasan yang diperbincangkan saat itu adalah mengenai jenis protein susu anak. 


Nah, menarik nih. Karena selama ini saya taunya ya protein itu salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk anak. Salah satunya bisa didapatkan dari susu, selain dari makanan alami, ya. Ternyata protein yang terdapat dalam susu itu ada berbagai jenis, lho.


Pentingnya 1000 Hari Pertama Ananda

Bunda pasti tahu bahwa 1000 hari pertama dalam hidup anak itu merupakan tonggak penentu dalam tumbuh kembang mereka. Karena saat ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Nutrisi penting yang dapat terpenuhi dengan baik menjadi salah satu faktor optimalnya perkembangan fisik dan kognitif anak.

 

Namun, di usia ini juga anak-anak rentan terkena gangguan pencernaan. Padahal ya, sistem pencernaan ini salah satu bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak-anak. 


Pernah dengar istilah Happy Tummy Happy Kids? Pencernaan sehat, anak sehat. So, kita sebagai orangtua memang punya PR besar nih. Dalam hal pemenuhan nutrisi dan kelancaran saluran pencernaan anak. Sebab sistem pencernaan yang kurang baik dapat mengganggu tumbuh kembang anak-anak dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi tidak optimal. 


Memilih Susu Sebagai Alternatif Pemenuhan Nutrisi Anak

Selain dari makanan segar seperti buah, sayur, nasi dan lauk-pauknya, pemenuhan nutrisi pada anak umumnya juga dilengkapi dengan susu. Bahkan tak jarang anak-anak yang sulit makan banyak atau pemilih dalam hal makanan mereka lebih suka minum susu. 


Ya, ini tidak salah. Karena memang susu ini mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak. Diantaranya protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin kompleks, dan nutrisi penting lainnya. 


Namun ternyata protein yang terkandung dalam susu itu berbeda-beda, lho. Ada whey dan casein. 


Secara umum, susu sapi mengandung protein casein sekitar 80% dari keseluruhan protein yang ada. Beta casein mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Protein ini penting untuk pertumbuhan massa otot, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mempercepat perkembangan sistem pencernaan pada bayi. 


Protein beta casein itu sendiri terbagi menjadi dua bentuk yakni beta casein A1 dan beta casein A2


Beta-casein A1

Beta casein A1 ini merupakan salah satu jenis protein utama yang terdapat pada susu sapi. Jenis protein inilah yang seringkali dikaitkan dengan gejala gangguan sistem pencernaan seperti alergi susu sapi, mual, kembung, sakit perut serta diare. 


Karena itulah susu yang mengandung beta casein A1 kerap dianggap kurang baik karena seringkali menyebabkan gangguan pencernaan pada anak. 


Beta-casein A2

Susu yang mengandung beta casein A2 diyakini lebih mudah diserap oleh tubuh anak. Pun tidak mengganggu sistem pencernaan mereka. Susu jenis ini dihasilkan oleh sapi A2 yang saat ini sudah banyak beredar. 


Untuk lebih meyakinkan, sebelum membeli susu untuk anak-anak, baca ingredient pada kemasan susu. Jika ditemukan kandungan Beta-casein A2 berarti itulah susu A2 yang lebih sehat untuk dikonsumsi. 














1 komentar:

  1. Aku gak pernah aware soal kandungan protein A2 ini. Padahal dulu pas konsumsi salah satu merek susu UHT juga tahu kalau kandungan A2 lebih baik. Sekarang jadi kepikiran lagi untuk mengecek ingredients susu anak-anak. Apalagi anak-anakku doyan susu pakek banget. Kasian kalau kandungannya kurang aman buat pencernaan mereka. Thanks remindernya Mbak.

    BalasHapus