Start Up UMKM Berdaya Bersama Program Dayamaya BAKTI

Start Up UMKM berdaya bersama program Dayamaya BAKTI. Program ini diselenggarakan untuk mendukup pertumbuhan ekonomi digital di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).




Geliat Munculnya Start Up Imbas Kemajuan Dunia Digital

Ingat Start Up, rasanya masih kebayang sama drakor dengan judul Start Up yang baru saja tamat tapi masih ramai dibicarakan di media sosial. Siapa saja disini yang juga nonton drama korea tersebut? Selain kisah romansa dan kebeningan muka para pemainnya yang bikin nyaman mata memandang, banyak juga insight baru dan pelajaran dalam menjalankan bisnis yang bisa diambil dari sini.

Nah, di Indonesia banyak juga nih bermunculan Start Up aka perusahaan rintisan berbasis teknologi. Sebut saja tokopedia, shopee, halodoc, gojek, grab, dan masih banyak lagi. Semua berbasis digital. Dan ya, Start Up pun berpotensi melejit dan memberikan keuntungan yang besar jika dijalankan dengan tepat. 

Berdaya Bersama Program Dayamaya BAKTI

Sejalan dengan potensi tumbuh dan berkembangnya UMKM go digital dan Start Up serta komunitas, maka pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) oleh Kominfo melaksanakan program Dayamaya. 

Sekilas Mengenai Program Dayamaya

Dayamaya ini merupakan program inisiatif untuk membantu Start Up, UMKM, komunitas agar dapat semakin tumbuh dan berkembang. Melalui program Dayamaya ini diharapkan potensi dan solusi atas kebutuhan ekonomi masyarakat semakin baik. 
Fasilitas yang diberikan diantaranya pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi serta pemasaran. 

Siapapun boleh mendaftar dalam program Dayamaya ini. Seleksinya terbuka dan dapat diikuti oleh Start Up, komunitas maupun UMKM digital. Diutamakan yang fokus pada bidang kesehatan, agribisnis, pendidikan, pariwisata, fintech, dan logistik. Dengan syarat tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah, ya. 

Nah, Start Up yang terbaru dan dalam waktu dekat ini masuk dalam program Dayamaya yakni Cakap, Atourin dan Jahitin. 


Cakap, Solusi Terbaik Belajar Bahasa Asing

Cakap merupakan sebuah platform online yang mempertemukan murid dengan pengajarnya secara dua arah. Dengan cakap kamu bisa belajar bahasa asing dimanapun dan kapanpun. 

Masyarakat kita masih banyak yang membutuhkan pelatihan bahasa asing. Nah, Cakap ini bisa jadi solusi. Apalagi nggak cuma Bahasa Inggris yang bisa dipelajari melalui cakap. Karena disini bisa belajar Bahasa Mandarin dan Jepang juga. Keren kan? 

Salah satu penghargaan untuk Cakap



Atourin, One Stop Tourism Service Flatform

Atourin ini merupakan platform untuk Berwisata alias tur. Nah, tadinya belum marak kan ya, wisata online. Berhubung sedang ada pandemi, maka marak lah wisata virtual atau online. Atourin juga menyediakan layanan tersebut. 
Selain membuat itinerary perjalanan wisata, Atourin juga menyediakan ragam informasi menarik dari hampir semua tempat wisata di Indonesia. 
Cuss, coba deh tuh ubek-ubek isi websitenya. 

Jahitin, First Online Personal Tailor Platform

Jadi Jahitin ini merupakan platform pertama yang menawarkan jasa menjahit secara online. Cek deh websitenya, kamu bisa memesan sebuah baju atau dress disana. Kamu bisa mengirimkan ukiran badanmu, memilih kain hingga menentukan model di websitenya. 
Dan ya, setelah mengikuti program Dayamaya, Jahitin kini lebih dikenal pasar sehingga usahanya pun makin melesat. 

Bersama Program Dayamaya, Jahitin juga menyelenggarakan pelatihan menjahit masker, dll secara online. Keren, ya. Jadi bisa tetap berbagi value dan manfaat dengan orang lain juga. 

Nah, itu tadi secercah informasi mengenai beberapa program Dayamaya yang sudah dilaksanakan. Sungguh, dapat membantu Start Up, komunitas dan UMKM digital untuk terus mengembangkan usahanya. 

Program seperti ini bagus dan patut dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan kualitasnya dan diperluas jangkauannya juga. Dengan demikian yang merasakan manfaatnya akan semakin meluas. 

Semangat dan sukses selalu UMKM, Start Up dan program Dayamaya! 








63 komentar:

  1. Baru tahu ada platform kayak gini. Keren euy.
    Penasaran, nih, kalau di "jahitin", misal ukuran ternyata nggak sesuai, bisa dikembaliin nggak, tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, coba cek aja mba ke Jahitinnya langsung. Tapi setahu saya sih, sebelum pesan udah diajarin cra ngukur badan sih, biar pas

      Hapus
  2. Keren sekali ini programnya, walau pandemi kita tetap bisa mengirim workshop secara online

    BalasHapus
  3. Jaman semakin berkembang. Masalah bahasa, wisata dan kreatifitas memang bisa menjadi salah satu jalan untuk mengenalkan pesona suatu daerah. Semoga programnya sukses. Start up terpilih bisa menjadi wadah untuk kesejahteraan masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ini yang kita harapkan. Program program berjalan dengan baik dan hasilnya pun dirasakan bersama

      Hapus
  4. Jadi tau ada program dayamaya. Menarik sekali, terutama yg "jahitin" karena saat ini kesulitan mencari penjahit yang cocok. Kalau UKM makanan beku,ada fasilitasnya tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja daftar program Dayamaya mba. Siapa tahu bisa

      Hapus
  5. Iyaya, dua sektor tersebut, wisata dan fashion merupakan sektor yg lumayan terpukul akibat pandemi. Dengan adanya start up ATOUR dan JAHITIN membuka peluang ya untuk mereka. Trus ada CAKAP juga supaya fasih berbahasa. Keren. Maju terus...

    BalasHapus
  6. Saya suka program CAKAPnya.
    sayang khusus untuk pelaku umkm atau, untuk kalangan tertentu ya.
    saya jadi pengen hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya cakap itu untuk umum yaa mba?

      Hapus
  7. Semoga semakin banyak ya program sejenis soalnya ini membantu banget bagi pelaku UMKM terlebih di situasi pandemi seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makin banyak juga UMKM yang terbantu ya

      Hapus
  8. Mantap, deh, sekarang banyak start up yang bisa memajukan perekonomian masyarakat ya. Tinggal memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh ATOUR, JAHITIN dan CAKAP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Optimalkan juga program Dayamaya untuk memajukan umkm

      Hapus
  9. Wah seneng banget kalau banyak Start Up yang juga berasal dari UMKM. Semoga ini menjadi langkah buat meningkatkan perekonomian Indonesia yang sempat melesu gegara pandemi ini.

    BalasHapus
  10. ini keren sih programnya. Pemerintah memfasilitasi. Semoga saja bener2 bisa mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah 3T ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang banget kalo pemerintah kasih program tepat sasaran. Apalagi sasarannya daerah terluar, terdepan, tertinggal. Pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ingin berdaya.

      Hapus
    2. Iya alhamdulillah jadi ngebantu banget yaa dengan adanya program Dayamaya ini

      Hapus
  11. Tiga-tiganya bukan startup kaleng-kaleng. Mereka dedicated banget membantu komunitas masyarakat di daerah terdepan, terluar, tertinggal. Terima kasih pada BAKTI yang telah memfasilitasi program dayamaya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. INSYA allah betul betul bermanfaat buat masyarakat

      Hapus
  12. Sekarang banyak muncul start up dan umkm ya mba dan semua itu layak untuk didukung. Salah satunya ya dari program dayamaya ini. Bagus untuk mengembangkan usaha dari tempat 3t. Btw bagus juga ini ada jahitin jasa jahit secara online, jarang2 soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, justru saya pun baru nemu jasa jahit online ini

      Hapus
  13. Bagus sekali program Dayamaya ini..pasti membantu start up dan UMKM untuk makin berkembang dan maju . Mana idenya inspiratif dan kreatif nih usahanya...keren-keren ide usahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba. Ada jasa jahit online juga. Mungkin tadinya pun kita gak terpikir jahit bisa di online kan

      Hapus
  14. Ini menarik semua sih start up nya..Ada Cakap, Jahitin dan Atourin. Baru tahu tapi jadi penasaran coba belajar bahasa, virtual tur dan belajar jahit..wow
    Programa Sayamay tentu akan sangat membantu start up makin berkembang dan maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Dan masih banyak UMKM lain yang juga di fasilitasi.semoga merata semua UMKM dapat pembinaan ya

      Hapus
    2. Aamiin, Apalagi Program Dayamaya lengkap sekali mulai dari pelatihan SDM, survey pasar, infrastruktur dan teknologi....pasti membuat potensi start up makin tergali sehingga bisa berkembang dan tambah maju nanti

      Hapus
  15. Alhamdulillah keren sekali program Dayamaya ini �� semoga programnya makin meluas ya ke daerah lain juga biar makin banyak start up , umkm dan komunitas yang terbantu.

    BalasHapus
  16. Tim Han Ji Pyeong hadiiirrr wkwkwkw
    Emang yaa, drakor Start Up tuh gemesiiin banget :D Konten tentang bisnisnya juga lumayan jadi insight yg menarique.
    tentang start up dan DAYAMAYA nih aku acungin jempol banget.
    keren khan main bisa berkontribusi untuk masyarakat di daerah 3T

    BalasHapus
  17. Waah keren sekali ya zaman now. Rasanya semua serba mungkin. Saya tertarik sama Jahitin, sudah cek webnya juga. Siapa tau suatu saat butuh. Tapi mungkin jatuhnya lebih mahal ya karena ada ongkir dari kita dan nanti baliknya dari penjahit.

    BalasHapus
  18. Dulu ada yang bilang jika kita bisa mahir menjahit..dimanapun kita berada pasti akan mudah tak sulit..karena bisa dijadikan penghasilan sampingan atau utama..wah keren udah ada platform jahitin..

    BalasHapus
  19. Waa makin menjamur ya platform keren kaya gini hasil ide anak muda jaman now. Yang jahitin oke juga tuh,tau aja pangsa pasarnya di fashion 😍

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah pandemi makin banyak bawa inovasi ya mbak salah satunya dengan adanya platform keren untuk UMKM...tertarik sama yang jahitin hehehe

    BalasHapus
  21. Bagus seakali program dayamaya ini, membantu UMKM untuk lebih produktif dan berkembang. Apalagi di zaman sekarang ya mbak, semakin susah mencari kerja, jadi di sarankan untuk berwiraswasta, jadi program ini bisa membantu para pelaku UMKM agar terus bertumbuh dan sukses.

    BalasHapus
  22. Wow..startup lokal keren2 ternyata ya.. aku paling dukung yg Jahitin nih.. etapi semoga sukses semuanya..

    BalasHapus
  23. Semoga nih program dayamaya bisa membantu UMKM secara luas ya mba. tidak dipungkiri sekarang banyak hdir start up UMKM yg perlu bngt d support

    BalasHapus
  24. Program2nya keren2 bngt baru tahu bngt tentang informasi startup lokal semoga terus maju dan berkembang tambah sukses kedepannya

    BalasHapus
  25. Seneng deh liat program ini, UMKM dapat support lebih supaya bisa lebih luas pasarnya. Jadi penasaran ama jahitin itu. Btw kalau kita punya UMKM bisa nggak sih ikut daftar program ini?

    BalasHapus
  26. keren juga nih mbak programnya. apalagi programna fokus untuk pemberdayaan ukm. smoga bisa membuat pelaku ukm menjadi lebih baik ya mbak

    BalasHapus
  27. Nama platformnya begitu unik dan menjual bgt ya, semoga usaha UMKM bisa terdongkrak dgn adanya program ini

    BalasHapus
  28. wah, nama startupnya cukup mudah untuk dieja ya. penasaran mau coba yang atourin deh

    BalasHapus
  29. Semakin kesini makin banyak wadah untuk wadah buat para pelaku kreatif di Indo, ya. Yang jahitin pen coba ah.

    BalasHapus
  30. Iyaa sekarang start up semakin banyak bermunculan. Aku pun kerja di salah satu start up bidang kreatif. Btw keren banget Cakap, Atourin dan Jahitin.

    BalasHapus
  31. Konsep'y bagus ya dayamaya ini. Membantu sesama apalagi pas masa2 pandemi begini. Alhamdulillah masih ada yg peduli dgn daerah 3T dan tidak hanya menunggu pergerakan dr pemerintah yg errr... gitu deh. Hehe..

    BalasHapus
  32. Keren-keren, startup semoga bisa memberdaya di tengah lingkungan masyarakat
    Kendati keadaan masih pelik karena Pandemi, inovasi harus tetap berjalan

    BalasHapus
  33. Semoga dengan ada program Mayapada ini UMKM Indonesia makin melesat ya. Suka deh dengam program-program bantuan ini

    BalasHapus
  34. Wah syukurlah start up UMKM ini mendapat pembinaan ya. Biar cepat melesat. Apalagi situasi pandemi kayak begini, mereka butuh dukungan.

    BalasHapus
  35. Ingat Startup, Ingat drakor hahaha.
    Btw bagus juga ya konsepnya, apalagi di masa sulit seperti sekarang, dukungan apapun amat sangat berguna bagi UMKM :)

    BalasHapus
  36. dayamaya ini mengingatkanku sama sandbox, haha
    mantap ini
    biar daerah 3T makin berkembang

    BalasHapus
  37. Luar biasa perkembangan dunia digital ya. Prasaan udah rajin up date, ternyata banyakkkk hal baru yg aku ga tau. Ckckckck

    BalasHapus
  38. aku jadi keinget drama start up deh mbak..semoga dayamaya ini semakin banyak melahirkan start up yang bermanfaat ya mbak qoty

    BalasHapus
  39. Makin sini makin canggih aja ya, keren deh. Aku tertarik sama program Jahitin nih, abis ini mau kepoin programnya ah..

    BalasHapus
  40. Wah bagus banget ya programnya, semoga dengan ini UMKM bisa semakin melesat dan berjaya :)

    BalasHapus
  41. Keren banget dan salut sama kominfo dengan program-programnya.
    Semoga setiap Start Up mampu membawa kebaikan dan kemajuan kepada daerah 3T di Indonesia.

    BalasHapus
  42. di masa Pandemi ini banyak UKM yang bermunculuan. Saya cukup mengapresiasi adanya program DAYAMAYA dari pemerintah ini.

    BalasHapus
  43. wah aku jadi tertarik dengan Jahitin. Ga perlu ke penjahit ya, jadi bisa via online aja. Makin menarik ketika startup berkolaborasi dengan pelaku usaha di daerah 3T. Potensi usaha di sana semakin maju!

    BalasHapus
  44. aku pengen join jahitin bisa nggak ya umum nggak sih. Aku lebetilan ada usaha fashion and craft. Makin meluas jaringannya ya kenal banyak pelaku UMKM juga

    BalasHapus
  45. Era skg makin bagus era digital ini makin berkembangnya teknologi

    BalasHapus
  46. Semoga program dayamaya ini sukses dan mewadahi lebih hanya UMKM khususnya di daerah terpinggirkan

    BalasHapus
  47. UMKM selalu menjadi peyongkong perekonomian negara ketika ekonomi besar down. Karena itu memamg butuh banget UMKM disupport ya

    BalasHapus