9 Makanan Pengganti Nasi Buat Diet Sehat, Bikin Kenyang Lebih Lama!

 

sumber: pinterest.com


Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi makanan utama yang wajib ada saat ingin makan setiap harinya. Kalau gak ada nasi, rasanya seperti ada yang kurang. Setuju gak? Namun bagi yang ingin menurunkan berat badan atau diet, nasi menjadi makanan yang harus dihindari karena gula dan kalorinya cukup tinggi. Kandungan karbohidrat dalam nasi bisa meningkatkan resiko diabetes dan berat badan yang meningkat.

Kalau kamu sedang menjalani diet atau sedang menghindari nasi biasa yang dapat meningkatkan berat badan, ada sejumlah makanan yang bisa dijadikan pengganti nasi yang dapat dikonsumsi. Bisa bikin kenyang lebih lama!

1. Ubi


sumber: pinterest.com


Ubi atau ubi jalar salah satu makanan yang sering dijadikan pengganti nasi bagi yang sedang diet. Pasalnya, karbohidrat dalam ubi lebih sedikit gula dan banyak serat. Ubi juga mengandung provitamin A, kalsium dan vitamin C. Makanan satu ini pun memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari virus dan berbagai penyakit lainnya. 

2. Jagung


sumber: pinterest.com


Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Ini tentu karena jagung memang dapat mengenyangkan perut. Pada 100 gram jagung terdapat 3,5 protein, dan 25 gram karbohidrat. Jagung yang bukan dari kemasan kalengan dan jagung segar juga mengandung banyak bahan bermanfaat, mulai dari vitamin C, serat, dan antioksidan yang bagus buat kesehatan mata.

 3. Kentang


sumber: pinterest.com


Kentang merupakan sumber vitamin C dan kalsium yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, kulit kentang juga memiliki kandungan sekitar 4 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat sekitar 15%. Namun, cara mengolahnya juga sangat berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Jadi, harus kamu perhatikan, terutama buat kebutuhan diet.

4. Quinoa


sumber: pinterest.com


Kandungan karbohidrat dalam quinoa memang cukup tinggi, tapi makanan satu ini rendah kalori plus kaya akan serat dan protein, guys. Quinoa juga gak mengandung gluten serta bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Makanan ini bisa kamu olah layaknya mengolah nasi biasa. Menambahkan bumbu nasi goreng pada quinoa bisa dijadikan pilihan buat makanan diet yang enak dan sehat.

5. Singkong


sumber: pinterest.com


Kamu juga bisa memilih singkong untuk menu makanan diet berikutnya. Singkong memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan membuat kesehatan bakteri usus meningkat, sehingga membuat seseorang kenyang lebih lama. 

6. Nasi Merah atau Coklat


sumber: pinterest.com


Bagi yang sedang menurunkan berat badan, kamu juga tetap bisa mengkonsumsi nasi kok. Nasi yang aman dikonsumsi oleh pelaku diet adalah nasi merah atau cokelat. Selain lebih aman dan sehat, nasi coklat atau merah juga punya kandungan serat lebih tinggi serta nilai GI lebih rendah. Dengan begitu, kamu bisa kencang lebih lebih lama dan anti perut keroncongan saat diet. Karena GI yang rendah di makanan bikin makanan jadi lebih lama dicerna pada tubuh. Tentunya bakal bikin kenyang dalam waktu yang lama. Beras basmati merah bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat menu makanan diet sehat.

7. Nasi Organik


sumber: pinterest.com


Selain nasi merah, kamu juga bisa memilih beras organik sebagai pengganti nasi biasa. Khasiat beras organik dengan yang non organik tentu berbeda. Kandungan kalori pada nasi organik ini sangat bermanfaat buat menurunkan berat badan. Jadi, berat badan kamu bakal tetap terlihat ideal dan juga stabil. Beras organik juga punya kandungan glukosa, mineral tinggi, nutrisi, serta protein yang gampang terurai. Sehingga aman buat dikonsumsi pelaku diet maupun penderita diabetes.

8. Oatmeal


sumber: pinterest.com


Selanjutnya ada oatmeal, makanan satu ini sangat rendah lemak dan kalori. Tak heran, jika banyak pelaku diet yang sering menjadikan oatmeal sebagai menu makanannya. Oatmeal bisa kamu sajikan dengan sayur dan dada ayam panggang, atau buah-buahan. Enak dan bikin kenyang deh!

9. Brokoli


sumber: pinterest.com


Terakhir kamu bisa menjadikan brokoli sebagai pengganti nasi untuk menu diet. Untuk dijadikan menu makanan diet, brokoli bisa diparut lalu dimasak dengan api sedang. Pas banget buat yang sedang diet karbohidrat.

Beberapa poin di atas bisa kamu jadikan pilihan untuk makanan pengganti nasi saat diet. 

Stay healthy everyone!




0 komentar:

Posting Komentar