Tips Dan Trik Cara Membangun Komunitas Trader Profesional



Halo sobat traders, kali ini kami ingin membahas bagaimana cara menciptakan komunitas trader yang bisa sobat gunakan untuk membangun jaringan koneksi yang baik antar trader, dan menciptakan ekosistem trader yang sehat, saling membantu, dan bisa menjadi suatu platform bisnis yang hebat. Sebagai salah satu contoh, kami akan membahas tentang salah satu forum trader yang sedang hits saat ini di Indonesia yaitu Traderhub. 


Membangun komunitas trader


Traderhub merupakan salah satu komunitas trader terbaik yang ada di Indonesia yang tidak hanya sebagai tempat kumpul, tapi juga menyediakan fasilitas edukasi, bimbingan, dan layanan private consultation.


Lantas, bagaimana cara membangun komunitas trader Anda sendiri?


Ada 5 cara menurut salah satu pakar di Traderhub yang bisa Anda praktekkan sendiri dalam membuat komunitas trader yang baik dan profesional, yaitu:

Membangun Brand Image

Sebelum membuat komunitas, buatlah sebuah perencanaan brand untuk komunitas kamu di awal. Kamu tetapkan visi dan misi komunitas kamu, mau dibawa ke arah mana, mau dibuat menjadi komunitas seperti apa, dan tentukan logo nama yang sesuai dengan identitas komunitas kamu.

Menyiapkan aset digital

Contoh aset digital yang populer digunakan di tahun 2021 sebagai wadah komunitas contohnya Telegram, Whatsapp Grup, Facebook grup. Sebaiknya, kalian pilih salah satu platform saja supaya semua bisa termaintenance dengan baik. Jangan langsung menggunakan semua platform, mulainya secara bertahap step by step. 

Jika ingin membuat forum pembahasan trading seperti traderhub, tentunya kamu harus memiliki pengetahuan tentang pembuatan forum yang pastinya lebih sulit dibanding kamu membuat grup telegram. Make it simple, make it happen!


Siapkan artikel edukasi


Sebuah komunitas yang baik, tentunya tidak hanya sekedar komunitas, tapi juga menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan. Untuk membagikan pengetahuan trader, langkah paling mudah adalah membuat kelas tutorial melalui text atau video yang bisa diupload di platform seperti youtube. Dengan membuat video-video edukasi tentang trading, maka member-member yang baru bergabung akan sangat terbantu dengan video video edukasi yang dibagikan. Alangkah baiknya, jika sudah membuat kelas edukasi, sering-seringlah di share dan perbesar komunitas kalian dengan berbasis edukasi. Bukan hanya profit oriented.


Rekrut mentor trading


Sebuah komunitas trader, pastinya tidak hanya terdiri dari para trader. Tentunya ada juga yang berperan sebagai mentor/edukator, yang bisa membantu mengajarkan para member di komunitas pengetahuan tentang trading, baik itu tentang trading di perdagangan market mata uang, komoditas, atau di market index. 

Mentor inilah yang akan menjadi ujung tombak komunitas kalian nanti, karena dengan adanya mentor, tentunya akan ada proses pembelajaran yang terjadi setiap hari, dan aktivitas di komunitas akan semakin dinamis dan menyenangkan.

Buat perencanaan gathering antar komunitas


Sebuah komunitas belum bisa dikatakan komunitas, jika tidak ada interaksi langsung antar membernya. Baiknya, rencanakanlah di kemudian hari acara gathering, kumpul bareng, trading bareng, analisa bareng, atau sumbangan bersama yang nantinya akan mempererat hubungan antara sesama di komunitas. 

Trading bukan hanya sekedar mencari profit semata, tapi membangun ikatan emosional dan saling membantu satu sama lain.

Nah, contoh-contoh di atas adalah tips dan trik yang bisa kamu praktekkan jika kamu berniat membuat komunitas trading kamu sendiri. 

Ingat, dunia trading itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Untuk bisa sukses dari trading forex, kamu harus membentuk tim dan saling berbagi setiap harinya. Tanpa bantuan orang lain, tentunya akan lebih sulit mendapatkan konsistensi dalam profit.


Dari komunitas trading ini, tentunya akan banyak benefit yang bisa kamu dapat, seperti menjadi IB atau introducing broker, atau membuka kelas trading, membuka affiliate marketing untuk pelatihan trading, menjadi fund manager dari para member, atau menjadi market research provider untuk para trader yang membutuhkannya.














0 komentar:

Posting Komentar