Menerapkan Mindfullness Eating Bersama Frisian Flag Indonesia

Sudah memasuki bulan Ramadhan nih, selamat menjalankan ibadah puasa yaa, buat Mommies semua. Semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin


Sesuai judul yang tertulis kali ini aku mau ngebahas mengenai Mindfullness eating. Pas banget beberapa hari lalu aku abis ikut webinar dengan tema yang sama bareng Frisian Flag Indonesia. 

Apa Itu Mindfullness Eating?

Mindfullness yakni sebuah momen dimana kita melakukan kesadaran penuh atas apa yang dilakukan pada saat tersebut. 

Maka mindfullness eating berarti kita menikmati momen kita saat makan dengan kesadaran penuh, tidak disambi dengan aktivitas lain. 

Sering banget nih kita makan sambil menonton tayangan televisi, menonton film di gawai, sembari ngobrol, dan lain sebagainya. Yang mana jika diteruskan berakibat kita nggak sadar apa aja yang udah dimakan. Seringkali juga kita nggak sadar udah makan banyak, karena makannya sambil ngobrol atau sambil nonton. Hayo, ada yang sering kayak gini juga?? Sayaaa (ngacung duluan, hehe) 

Selain itu, dengan menerapkan mindfullness eating juga kita jadi lebih bisa mengontrol apa yang kita makan. Tidak serta merta memakan apa yang terlihat lezat di mata. Pun juga terasa lebih bahagia. Gak percaya? Silakan, boleh dicoba kok! 

Apa Manfaat Menerapkan Mindfullness Eating Bagi Tubuh? 

  1. Lebih dapat mengontrol makanan apa saja yang masuk ke tubuh. Sesuai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan
  2. Mempermudah kerja sistem pencernaan
  3. Mengurangi tingkat stress sehingga akan terasa lebih bahagia
  4. Merasa lebih cepat kenyang meskipun tidak makan dalam jumlah besar
  5. Makanan lebih sehat dan seimbang dalam hal gizi dan nutrisi yang didapat oleh tubuh
Dilihat dari manfaat yang didapatkan, rasanya mindfullness eating ini perlu untuk mulai diterapkan yaa. 

Maka pertanyaan selanjutnya adalah...

Bagaimana Memulai Mindfullness Eating?

Sebelumnya, Mommies harus tahu dulu bagaimana kebutuhan harian gizi seimbang. 

tumpeng gizi seimbang

Salah satu caranya, memperhatikan tumpeng gizi seimbang. 

  • Makanan mengandung karbohidrat 3-4 porsi
  • Sayur-sayuran dan buah-buahan masing-masing juga 3-4 porsi
  • Lauk-pauk yang mengandung protein hewani dan nabati 3-4 porsi
  • Minum air putih minimal 8 gelas sehari
  • Membatasi konsumsi gula, garam dan minyak. (Gula maks 4 sendok makan, garam 1 sendok teh dan minyak 5 sendok makan)
  •  Memantau berat badan dengan banyak beraktivitas fisik 

Berikutnya, Mommies pun harus cermat memperhatikan produk yang dibeli untuk dikonsumsi. 

Pelajari informasi yang tertera pada kemasan serta reputasi produknya. 

Webinar Mindfull Consumption dari Frisian Flag Indonesia

Alhamdulillah, bersyukur banget saya bisa hadir dalam webinar yang diselenggarakan oleh Frisian Flag Indonesia hari Selasa, 6 April lalu. Tema yang diangkat kali ini yakni "Konsumsi Berkesadaran Untuk Pilihan Asupan Yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan Untuk Masa Depan". 

Source: MBC

Hadir sebagai pembicara pada webinar ini ialah: 
Ibu Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes selaku Deputi Bidang Pengawasan  Pangan Olahan BPOM
Bapak Andrew F. Saputro selaku Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia
Ibu Seala Septiani, S.Gz, M. Giz selaku Nutrisionist 

Webinar yang berlangsung selama kurang lebih 120 menit ini dimoderatori oleh Mas Hendry Setiawan

Seru, sih. Dapat banyak insight baru mengenai mindfullness, terutama mindfullness eating. Bahwa kita mestinya lebih cermat dan teliti lagi dalam memilih produk atau bahan pangan untuk konsumsi keluarga. 

Apalagi produk pangan maupun olahan makin banyak tersebar di luar sana. So, kudu bin wajib lebih aware lagi dalam memilih produk. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kita harus memperhatikan kebutuhan nutrisi harian kita agar dapat terpenuhi dengan baik. Makannya dalam keadaan sadar secara penuh, tanpa terdistraksi kegiatan lain dan makanan yang dikonsumsi pun sesuai kebutuhan. 

Kenapa sih kita harus memilih produk yang berlogo centang hijau? 

Source: @frisianflagid

Karena logo centang hijau ini merupakan inovasi baru dari Frisian Flag Indonesia yang menunjukkan bahwa minuman olahan ini termasuk dalam Pilihan yang Lebih Sehat. Dikatakan lebih sehat sebab kandungan gula rendah dan tidak menggunakan pemanis buatan. 

Tentang Frisian Flag Indonesia

PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) merupakan produsen produk-produk nutrisi berbasis susu di Indonesia dengan merk Frisian Flag. Yang juga dikenal dengan susu bendera. 

Varian produk FFI

Diantara produk-produk FFI yakni susu cair aka susu siap minum dengan kemasan kotak dan botol berbagai ukuran. Salah satunya ialah susu cair Frisian Flag Coconut Delight. 

Susu Frisian Flag Coconut Delight ini unik ya karena memadukan susu dengan air kelapa sehingga terciptalah sebuah citarasa yang khas. Serta manfaatnya pun beragam. 


Source: koleksi pribadi


Ada empat alasan nih kenapa harus minum Susu Frisian Flag Coconut Delight

  1. Susu UHT pertama dan satu-satunya di Indonesia yang merupakan perpaduan susu segar dan rasa kelapa muda yang membuat kita adem dan segar sepanjang hari
  2. Selain rasanya enak dan manis, kandungan nutrisinya pun banyak. Yakni mengandung protein, karbohidrat, lemak, sumber 7 vitamin (vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12), sumber 3 mineral (kalsium, fosfor, iodium)
  3. Cocok diminum kapan saja terutama di siang dan sore hari untuk membantu meningkatkan semangat beraktivitas seharian. 
  4. Bisa dicampur dan diolah dengan berbagai minuman dan makanan olahan dapur bunda. Sehingga makanan maupun minuman semakin bernutrisi. 

Kesimpulan

Menerapkan mindfullness eating bisa dilakukan mulai sekarang. Dengan menyiapkan waktu khusus untuk makan, menikmati suapan demi suapan setiap makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. 

Hanya memilih kemasan susu siap minum yang ada logo Pilihan Lebih Sehat demi menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita.


Sebagai seorang ibu, cermat memperhatikan label kemasan, informasi nilai gizi, peruntukan usia dan jumlah konsumsi yang disarankan. 
Ketika semua sudah tepat maka tidak ada keraguan lagi untuk mengonsumsi dan membeli produk untuk stok bahan pangan di rumah. 

Bagaimana dengan Mommies? Sharing yuk di kolom komentar...












1 komentar:

  1. Wah informasi yang bermanfaat, baru tau bahwa ternyata ada mindfullness eating. selama ini tidak terlalu memperhatikan apa yang masuk kedalam tubuh, sering juga makan sambil melakukan sesuatu entah itu sambil main laptop dan lain sebagainya. Terkait dengan mengurangi tigkat stres saya masih kurang memahami akan hal itu, bagaimana bisa makanan bisa mempengaruhi tingkat stres dan membuat kita menjadi lebih bahagia?

    BalasHapus