Bacakan Cerita Kepada Anak Sebagai Bekal Pertumbuhannya Melalui Let's Read Indonesia

Sungguh amat menyenangkan menjadi bagian dari Online Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh Let's Read Indonesia X Blogger Perempuan pada 11 Mei lalu. 

Dapat banyak insight baru mengenai buku dan aktivitas membacakan buku untuk anak. 

Bahwa ternyata meluangkan waktu untuk membacakan buku kepada anak itu penting. Meskipun hanya 10 menit aja dalam satu kali membaca namun jika dilakukan secara rutin setiap hari sungguh membawa dampak yang sangat baik untuk anak. 



BUKU; Bekal Anak Bertumbuh

Webinar kali ini temanya adalah BUKU; Bekal Anak Bertumbuh. Bahwa bukulah bekal anak yang paling utama untuk bertumbuh dengan baik dan optimal. Melalui buku, anak dapat menjelajah dunia. Melalui buku anak bisa mendapatkan rangsangan sensori maupun motorik halusnya. Melalui buku sel-sel di otaknya semakin tumbuh dan berkembang. 

Karena memang buku ini sangat bermanfaat dalam pertumbuhan anak-anak hingga kelak ia menjadi pribadi dewasa yang mandiri dan berwawasan luas. 

sebagian peserta webinar


Webinar yang dihadiri oleh kurang lebih 60-an peserta ini dimoderatori oleh mbak Desy Yusnita dari Blogger Perempuan. Semua peserta pun tampak antusias karena temanya kali ini memang "perempuan" banget. Benar-benar dibutuhkan oleh ibu-ibu muda macam kami yang rata-rata masih memiliki anak usia balita. 

Hadir sebagai pembicara yakni mbak Elsa Agustin dari Let's Read Indonesia dan Ibu Roosie Setiawan selaku founder Komunitas Read Aloud Indonesia atau yang biasa disebut Reading Bugs

Tentang Let's Read Indonesia

Let's Read ini merupakan perpustakaan digital cerita anak yang mulai diperkenalkan pada tahun 2017. Namun sebenarnya kegiatan ini sudah ada sejak tahun 1955 di bawah naungan The Asia Foundation. Salah satu program pertamanya saat itu yakni Books For Asia (BFA) yang mendonasikan hingga 3,5 juta eksemplar buku di Indonesia. 

Sumber koleksi buku bacaan di Let's Read


Nah, sejak aplikasi Let's Read diluncurkan pada 2017 lalu, banyak banget manfaat yang dirasakan oleh orangtua dan anak-anak Indonesia. Karena kapan saja kita bisa mengakses buku cerita digital anak disana dan bisa membacanya everytime everywhere you want

Tampilan via website 


Di antara keuntungan menggunakan aplikasi Let's Read adalah: 

  • Mudah diakses
  • Bisa di-download dan disimpan untuk dibaca secara offline
  • Bisa dicetak atau diprint untuk dibaca dalam bentuk buku fisik. Asal buku fisiknya tidak diperjualbelikan, ya.
  • Bisa diterjemahkan dan diakses dalam beberapa bahasa
  • Dapat diakses melalui Android maupun website letsreadasia.org 
  • Praktis dan gratis
  • Banyak pilihan cerita bergambar yang asik
Nah, buku-buku yang ada di dalam aplikasi Let's Read ini kebanyakan untuk anak-anak usia paud/TK dan SD kelas rendah. 

Aplikasi Let's Read on playstore


Cocok banget untuk ibu-ibu yang memiliki anak usia balita hingga 8-9 tahun. Saya pun langsung men-download aplikasi Let's Read ini, lho. Dan membacakan cerita dari aplikasi ini kepada anak-anak sebelum mereka tidur malam. Sesimpel dan semudah itu. Dan mereka happy. 

Ayo membaca di Let's Read (dok.pri)

Komunitas Read Aloud Indonesia

Read Aloud aka membaca nyaring ini penting buat anak-anak lho, ternyata. Bahkan meskipun Anak-anak sudah bisa membaca sendiri pun faktanya mereka masih suka dibacakan buku cerita. 

Saat membacakan buku dengan nyaring kita perlu juga mengevaluasi kegiatan tersebut. Berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk membacakan satu buah buku? Apa yang dirasakan oleh yang mendengarkan? Apa yang didapat? 

Nah, dalam kesempatan ini juga Ibu Roosie membacakan sebuah buku cerita bergambar yang berjudul Daisy Yang Hebat. Saya beserta peserta lain yang mendengarkan merasakan sensasi yang sungguh berbeda. 

Karena rasanya sungguh nyaman, senang dan diri kita pun seolah masuk turut merasakan konflik tokoh dalam cerita yang dibacakan. Hingga akhirnya kita pun mendapatkan ilmu, hikmah dan pelajaran positif dari kisah tersebut. Padahal waktu yang dibutuhkan untuk membaca dan mendengarkan cerita hanyalah sekitar 5-8 menit saja. 

Kemampuan Berbahasa Yang Terlatih Saat Aktivitas Membacakan Nyaring


Saat orangtua membacakan nyaring sebuah cerita untuk anak sejatinya ada beberapa kemampuan berbahasa pada diri anak yang juga terlatih. Diantaranya kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Hal ini dikarenakan anak menyimak dan menyimpan kosakata bahasa hingga kosakata mereka pun bertambah dan semakin kaya. 




Sehingga kemudian anak pun bisa memahami jalan cerita dan menceritakan kembali kisah tersebut. 

Tahapan membacakan nyaring


Ada juga beberapa persiapan yang diperlukan sebelum membacakan nyaring, saat membaca nyaring dan setelah membaca nyaring. 

Tips Memilih Buku Bacaan Yang Tepat Untuk Anak


Tahapan membaca buku


Dalam memilih buku bacaan untuk anak pun harus tepat ya Mommies. Sebaiknya disesuaikan dengan usia anak-anak. 

Perlu juga membacakan judul buku beserta penulis dan ilustrator agar anak dapat mengerti dan memahami proses di balik penulisan buku juga. 

Untuk mengetahui tingkat pemahaman anak boleh juga kita minta anak agar menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa mereka. Agar mereka betul-betul dapat memahami isi cerita dan mengambil hikmah maupun moral cerita yang tadi dibacakan. 

Nah, sudahkah Mommies membacakan buku hari ini? Kalo mau bergabung dengan komunitas Read Aloud Indonesia silakan follow sosial medianya ya. Follow juga sosial media Let's Read untuk mendapatkan informasi berbagai kegiatan mereka, ya. 

Salam Literasi, 










2 komentar:

  1. Saya juga masih suka dibacain cerita, walau sambil mengerjakan sesuatu ternyata dibacain cerita itu lebih melekat di pikran dan alam bawah sadar kita

    BalasHapus
  2. bahagia banget kalau masih bisa dan masih sempat membacakan cerita untuk anak. Ternyata manfaatnya banyak banget, ya.

    BalasHapus