Pengalaman Microlearning di Platform Belajar Online QuBisa.com


Dalam hidup selalu ada yang namanya pembelajaran. Ketika tertimpa sebuah masalah, tentu kita mencari solusi atas masalah tersebut. Terkadang, ketika kita memilih sebuah solusi untuk menyelesaikan suatu masalah ternyata itu bukan yang terbaik. Alhasil masalah masih saja ada. Yap, dari situlah kita belajar.

Selain dari pengalaman pribadi, ada baiknya kita juga belajar dari kesalahan orang lain. Kenapa? Agar kita tidak jatuh ke lubang yang sama. Atau minimal, ketika kita terpeleset di lantai yang sama, kita jadi tahu apa yang harus dilakukan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk bangkit pun lebih singkat. 



Mengambil Hikmah Dari Situasi Pandemi


Masa pandemi belum juga usai. Sudah setahun lebih, dampaknya pun terasa masih sangat signifikan. Betapa banyak karyawan yang di PHK, perusahaan gulung tikar, ataupun bidang usaha yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya karena situasi pandemi. Seperti suami saya. Beliau bekerja di bidang jasa travel umroh. Mengurus paspor, berkas pemberangkatan dan lain sebagainya. Namun saat pandemi ini, usaha umroh tutup total. Tidak ada pemberangkatan sama sekali.

Pemasukan keluarga kami tentu sangat berkurang. Padahal kebutuhan konsumsi meningkat, Anak-anak tetap sekolah. Maka, yang dapat dilakukan adalah meningkatkan skill untuk menghasilkan cuan di samping pekerjaan utama.

Maka mulailah saya bergerilya mencari platform belajar online untuk meningkatkan skill saya. Karena saya terus berpikir apa yang bisa saya lakukan untuk membantu perekonomian keluarga? Kenapa online? Karena saya masih punya anak balita jadi belum bisa ditinggal lama untuk belajar di luar. Lagipula masa pandemi begini, semua serba online kan...

Saya pun mulai berselancar di dunia maya mencari tempat kursus online gratis untuk bisa belajar. Meskipun mencari yang gratisan, namun belajarnya tetap harus bersungguh-sungguh jika ingin hasil yang maksimal. Hingga pencarian saya berakhir pada platform belajar daring QuBisa. Waw, saya sungguh Amazed karena banyak webinar pengembangan diri baik gratis maupun berbayar. Yang berbayar pun harganya terjangkau, loh.

Saya pun mendaftar sebagai member dan mulai belajar.

Pengalaman Belajar Microlearning di QuBisa

Video materi microlearning


Pembelajaran di QuBisa yang pertama kali saya akses yakni microlearning mengenai Personal Branding: Color Me Beautiful. Kenapa personal branding? Karena saya saat ini sedang menekuni hobi saya yakni menulis. Saya menulis di platform blog dan media sosial. Selain itu saya juga belajar berbisnis aka berdagang. Maka saya pun senang sekali ketika menemukan bahwa di QuBisa ini juga ada kursus online digital marketing. Saya udah memantapkan diri next time ikut kursus itu. Karena itulah saya perlu belajar mengenai personal branding.

Seperti apa kita ingin dikenal orang lain. Bagaimana brand image kita di mata orang lain. Itu semua penting banget apalagi untuk freelancer seperti saya ini. Ohya, kenapa hanya saya yang belajar saat ini? Kenapa suami tidak turut belajar juga? Karena pekerjaan utama beliau adalah guru. Maka beliau masih fokus mengurus santri dan dunia pendidikan yang diampunya. Sehingga sayalah yang saat ini fokus mengasah kemampuan diri agar lebih berkembang, menghasilkan dan bisa meraih impian kami kelak. 


Brand identity X brand image


Personal branding itu dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Yakni Know - Like- Trust. Maka, biarkan orang lain tahu dulu siapa kita. Bagaimana caranya? Seringlah bercerita di media sosial atau platform lain tentang diri kita. Baru ketika orang lain sudah tahu siapa kita, mereka mulai menyukai kita. Sehingga orang lain bisa percaya kepada kita. Memberikan kepercayaan kepada kita dan akhirnya membeli atau menggunakan produk / jasa yang kita tawarkan. 




Dari video pembelajaran microlearning ini saya jadi tahu bahwa warna favorit kita itu mencerminkan kepribadian kita, loh. Bahkan dari warna baju yang kita pakai saja sudah bisa menggambarkan bagaimana diri kita. Wah, asli. Saya suka banget belajar dengan cara ini. Meskipun hanya satu arah karena di kategori microlearning ini kita belajarnya dari video-video yang sudah diunggah oleh coach. Videonya pun berdurasi singkat, hanya sekitar 2-5 menit saja per video. Dalam setiap tema ada 10-15 video yang berkesinambungan.

Cocok banget diakses oleh ibu rumah tangga seperti saya yang terkadang ketika menyimak materi video ada aja distraksinya. Hehe

Metode Belajar di QuBisa


Selain microlearning atau belajar cepat, di QuBisa juga ada metode kursus dan webinar. Jika pada microlearning bentuk materinya berupa video satu arah dengan durasi pendek, maka pada kursus dan webinar menggunakan metode yang berbeda. Pada webinar biasanya menggunakan aplikasi zoom atau google meet sehingga bisa berinteraksi dengan coach. Sedangkan pada metode kursus, member diberikan soal juga untuk menguji sejauh mana member menguasai materi yang telah disampaikan. Webinar dan kursus pun umumnya mendapatkan sertifikat. Apalagi di QuBisa banyak tersedia kursus online gratis yang bisa diakses kapanpun. So, kudu bin wajib dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Tentang QuBisa


QuBisa merupakan platform e-learning yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan career development yang dapat membantu para fresh graduate untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Para profesional pun dapat meng-upgrade skillnya disini. Dengan misi meningkatkan akses untuk pendidikan dan pelatihan berkualitas untuk semua orang, dimana saja, kapan saja, serta sebagai road map karir yang dapat membimbing lulusan baru untuk menemukan sesuai jalur mereka maka QuBisa ini menjadi salah satu platform belajar daring andalan.

Dengan jumlah murid terdaftar yang sudah mencapai 120000+, instruktur terdaftar 300+, jumlah kursus lebih dari 200 tema dan microlearning lebih dari 2000 tema maka QuBisa ini jadi salah satu pilihan platform belajar online yang sangat membantu. Apalagi kita bisa kumpulkan poin di Liga Poinku sambil belajar.

Poin apa nih? Jadi, setiap kita mengakses situs QuBisa untuk belajar baik melalui metode microlearning, kursus maupun webinar gratis ataupun berbayar kita mendapatkan poin. Yang mana selama periode Liga, poin itu diakumulasikan untuk bisa mendapatkan hadiah uang tunai jika mencapai 50 besar.

Tambahan info nih, bulan ini, sampai tanggal 27 Juni nanti ada lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta rupiah, loh! Kuy, ikutan!

Tunjukkan kreatifitasmu dalam membuat konten video yang mengedukasi dalam berbagai tema. Baca info selengkapnya di website QuBisa, ya!

#BelajarGakRibet di QuBisa!




30 komentar:

  1. Ternyata ga cuma saya ya yang terkena dampak pandemi. Bener banget tuh bun. Sekarang harus putar otak dan berinovasi agar cuan tetap berjalan.

    Salah satu caranya ya terus belajar. Untung aja ada Qubisa yang banyak banget webinar keren dan gratis pula. Kalo pun berbayar juga masih lumayan terjangkau.

    BalasHapus
  2. Hihihi, sama banget klo belajar lewat video agak lama itu banyak distraksinya. Kehidupan makmak banget, yaa...

    QuBisa seperti mengerti kita, para buibu yang haus ilmu tapi tricky mengatur waktu. Saya paling suka fitur microlearning-nya QuBisa..

    BalasHapus
  3. Sepertinya menarik ini mba, belajar online sambil dapat poin yang bisa dikumpulkan untuk dapat hadiah. Tapi terlepas dari itu bisa ikut kursus online gratis itu sudah luar biasa sekali apalagi saat kondisi seperti ini, jangan sampai dilewatkan.

    BalasHapus
  4. Keren Mba Qoty, mencari solusinya lewat belajar online ya. Selain itu juga belajar dari pengalaman dan juga bisa belajar dari pengalaman orang lain.

    Sebelum teknologi semakin canggih, dulu kita kesulitan mau belajar harus punya buku pengetahuan terlebih dulu. Harus mencarinya di toko-toko buku. Namun sekarang, mau belajar jadi lebih mudah dan praktis, bahkan bisa dilakukan dari rumah aja, nggak perlu repot keluar rumah.

    Salah satunya kita bisa belajar lewat platform Qubisa. Materi pelajrannya banyak. Caranya juga mudah. Bahkan bisa belajar materi yang nggak berbayar. keren dah Qubisa.

    BalasHapus
  5. membangun personal branding memang prnya harus aktif di media sosial yaa, ini PR bangt sih untuk saya yang jarang buka medsos, huhu

    Dengan teknologi yang serba digital memang kita dapat kemudahan untuk bisa mengakses pembelajaran meski hanya lewat genggaman. Seperti paltform qubisa ini.. gampil banget ikutan kelasnya. Nggak perlu keluar rumah dan bahkan rebahan aja bisa dapat ilmu.

    BalasHapus
  6. Bagus nih kelasnya. Apalagi ada yang kelas gratis pasti sangat membantu mereka yang butuh upgrade diri tapi terkendala biaya.
    Pingin ikutan bikin videonya nih tapi emak2 banyak dramanya. Haha

    BalasHapus
  7. Bagus banget nih, aplikasinya. Aku juga sekarang lagi seneng banget nambah ilmu, ikut webinar sana sini. Sepertinya Qubisa layak dicoba banget ini. Tks for info ya, mbak.

    BalasHapus
  8. Pas bagian tentang karakter warna, langsung daku zoom fotonya, hehe.
    Jadi terbuka dan wawasan tambah ya dengan ikut pelatihan di websitenya

    BalasHapus
  9. Kebetulan banget nih, saya juga meggunakan QuBisa untuk mengasah dan mencari referensi dunia kerja. Lumayan kan dapat materi gratis langsung dari ahlinya.

    BalasHapus
  10. Aku juga sempat nonton nih microlearning soal personal branding melalui warna ini. Materinya cukup padat berisi di QuBisa.

    Memang ada saja hikmah yang didapat sepanjang pandemi begini ya Mba.

    BalasHapus
  11. wah aku juga sempat liat videonya kak, pematerinya coach Lika. Seneng banget melihat cara beliau menyampaikan materinya, menyenangkan dan nggak bikin bosan

    BalasHapus
  12. wah video pembelajaran di Qubisa ini sangat jelas ya mbak, sehingga materi kursusnya sangat mudah dimengerti ya mbak
    nggak salah klo ikutan kursus online di Qubisa

    BalasHapus
  13. Wah jadi ada kelas gratisnya juga ya? Kepo deh kaya gimana aja kelas gratisnya. Hehe.. kalau ada yang gratis kok cepet nyahut, ya?

    BalasHapus
  14. Qubisa ini platform belajar online yang seru yaaa. Saya baca review dari beberapa bloger tuh kayanya materinya banyak dan menarik semua. Mau nyobain ah.

    BalasHapus
  15. Qubisa itu keren banget ya Mbak. Aku seneng dengan video-video motivasi yang dishare. Selain free, materinya beragam, kita tinggal pilih yg paling sesuai.
    Btw...color me beautiful itu asyik juga ya. Bingung euy, favorit warnaku apa ya? Kadang biru, sekarang lebih suka hitam...

    BalasHapus
  16. Makin byk ya flatform belajar online yg mendukung dan memfasilitasi kita utk terus upgrade ilmu dan skill ya mbak. Sukses teru!

    BalasHapus
  17. Platform belajar online Qubisa ini bisa jadi solusi bagi siapa saja yang ingin meng-upgrade keahliannya ya.Terutama menghadapi kondisi selama pandemi ini.

    BalasHapus
  18. Video microlearning di QuBisa banyak yah, jadi pengan belajar semua, hehe apalagi bisa nonton dan belajar gratis

    BalasHapus
  19. aku jga suka nih nontonin video microlearingnya qubisa, singkat singkat tapi bisa nambah banyak insight yaaaa

    BalasHapus
  20. Pas banget saya ada tugas di sebuah komunitas parenting untuk buat microteaching dan microlearning
    Cari di Qubisa ah tipsnya

    BalasHapus
  21. Wah seneng banget dong pastinya ada platform kece yang bisa banget bantu kita terus belajar dan mengupgrade diri meski harus banyak di rumah aja. Ada beragam video yang berfaedah yang pas banget untuk menambah wawasan dan ilmu. Sip deh pokoknya.

    BalasHapus
  22. Kalau dulu banyak yang beralasan gak bisa belajar karena kursus mahal, buku mahal, sekarang tak bisa lagi nih. Adanya platform belajar online dan kursus online gratis, seperti yang tersedia di QuBisa, memungkinkan siapa pun bisa belajar ya, modalnya cukup hape dan akses internet saja

    BalasHapus
  23. saya sudah daftar akunnya Qubisa ini dan ambil kelas belajar banyak, ambil yang gratisannya dulu dan banyak yang bagus-bagus

    BalasHapus
  24. Aku tertarik banget sama sistem microlearningnya qubisa
    Untuk ibu ibu atau orang yang ga punya banyak waktu untuk belajar, sistem ini efektif banget..

    BalasHapus
  25. Kelas gratisnya banyak pilihan yah...Jadi kepingin nyobai semua deh...Haha...
    Cocok banget buat yang kerja dari rumah aja nih.

    BalasHapus
  26. Belajar microlearning itu enaknya cuma sebentar-sebentar. Tapi penjelasannya tepat sasaran. Beberapa waktu lalu, aku juga mengikuti kursus online gratis di platform belajar online qubisa, kak. Aku milihnya belajar optimasi whatsapp business sih waktu itu.

    BalasHapus
  27. Menarik sekali ini, pilihan materinya beragam, bisa diakses kapan saja dan dimana saja, banyak free-nya, berbayarpun ringan...Wah, komplit beneran Platform belajar online Qubisa ini. Dan aku fokus ke video pendek yang pas bener buat emak-emak yang sambil ngerjain itu ini...hihi. Auto mau belajar di sini deh

    BalasHapus
  28. Seperti menarik dan bagus, belajar di microlearningnya qubisa disamping menyediakan platform bimbingan belajar online yg dapat meningkatkan skill.

    BalasHapus
  29. Di qubisa belajarnya menyenangkan ya. Aku jadi penasaran dengan kelas yang mbak ikuti. Kalau kemarin saya ikut yang tentang percaya diri. Menarik juga sih..

    BalasHapus
  30. jumlah tema microlearningnya udah banyak juga di Qubisa y mbak, aku seneng sama video2 yang KSM sama KDM nya

    BalasHapus