Berkat bluMusical Finansial Hidupku Lebih Tertata

Hampir sepuluh tahun sudah aku berumah tangga. Namun hidupku masih begini-begini aja. Suami seorang karyawan di lembaga swasta, sebuah yayasan pendidikan di Jawa Barat. Aku, seorang ibu tiga anak yang tadinya hidupku hanya mengurus rumah tangga. Hidupku terasa flat, tak berarti. Hingga akhirnya aku nonton bluMusical pekan lalu. Event itu menyadarkanku bahwa kita semua pantas bermimpi. Mimpi itu pun semestinya dipegang dan diupayakan agar bisa terwujud. 




Setiap hari yang kupegang seputar kebutuhan suami, anak-anak dan rumah saja. Aktualisasi diri? Apa itu? Aku seakan tak mengenal diriku lagi. Pengalaman kerja? Minim sekali. Karena aku menikah saat masih kuliah di semester tujuh dan setelah lulus belum pernah bekerja di luar rumah. 

Apalagi bekerja kantoran. Sama sekali belum pernah. So, bisa dibilang aku belum pernah punya gaji tetap. Pernah mengajar, namun hanya 1-2 tahun saja dan itupun di yayasan tempat kami tinggal. 

Kami hidup disini sejak awal pernikahan. Dari mulai bergaji ratusan ribu, seiring berjalannya waktu naik sedikit demi sedikit hingga saat ini memiliki gaji satu digit. Alhamdulillah.

Bagaimana Mengatur Finansial Rumah Tangga

Selama ini kami hidup dengan cukup, Alhamdulillah. Pas-pasan. Pas lagi butuh, pas ada. Keuangan tidak diatur dan direncanakan dengan baik. Semuanya mengalir saja bagaikan air. 

Alhamdulillah, kami tidak terlalu banyak pengeluaran rutin bulanan karena kami tinggal di lingkungan pesantren jadi tidak perlu membayar listrik dan air tiap bulan. Namun herannya, entah mengapa kami tidak pernah bisa menabung. 

Ketika butuh suatu barang elektronik misal mau ganti hp karena rusak, butuh kulkas, mesin cuci atau apapun. Jika sedang tidak ada uang, kami menabung berbulan-bulan. Atau pinjam uang saudara dulu, untuk dicicil tiap bulan dari uang gaji. 

Lima Tahun Pertama Pernikahan 

Kata orang, lima tahun pertama pernikahan itu masa-masa krusial yang penuh badai menerjang. Jika yang kurasakan, ya memang benar adanya. Namun, setelah lima tahun pertama pun masih ada aja kok angin yang menerpa, meski tak sekencang badai di lima tahun pertama, termasuk masalah finansial ya. 

Ada pepatah yang mengatakan, lelaki itu mulai mapan setelah 10 tahun pernikahan. Betulkah? Entah ya, karena usia pernikahan kami baru akan menginjak 10 tahun, belum melewati. Bagaimana kondisi finansial kami saat ini? Belum bisa dibilang mapan juga. Hehe 

Masihkah Mungkin Mencapai Impian? 

Inilah kesalahanku. Melihat dan menjalani hidupku yang seperti ini, aku seakan takut bermimpi. Aku merasa, gak akan bisa mencapai impian itu karena aku hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang nggak punya penghasilan. Jualan online pun ya gitu-gitu aja. Hasil ya habis untuk kebutuhan sehari-hari. 

Anak pertama dan kedua sudah mulai sekolah dasar dan tinggal di pesantren. Otomatis pengeluaran bertambah. Namun pemasukan? Masih sama. Disinilah aku putar otak. Bagaimana caranya agar pemasukan bertambah, bahkan berkali lipat agar semua pengeluaran dapat tertutupi dan tetap bisa menabung

Bagaimana Caranya Meraih Impian Di Tengah Ritme Kehidupan Berumah Tangga Yang Cukup Padat? 

Aku sadar, setelah melihat di medsos, melihat secara langsung, teman-temanku rata-rata sudah pada punya tempat tinggal sendiri. Ada yang menikah sudah hampir 10 tahun sepertiku, ada yang baru 5 tahun, bahkan ada yang sebelum menikah sudah mempersiapkan rumah tinggal sendiri. Sementara aku? 

Mereka pun mendapatkan rumah impiannya dengan barbagai cara. Ada yang tanahnya diberi orangtua, mereka membangun rumah sendiri. Ada yang memang beli tanah dan rumah dari hasil kerja keras sendiri. Ada yang beli rumah cash bertahap, ada yang mengajukan KPR. Pada akhirnya saat ini mereka sudah menempati rumah tinggal sendiri, yang nyaman sesuai dengan impian mereka. 

Karena itulah, aku mulai bangkit. Bismillah, aku terus bergerak, berusaha. #YangPentingLakuin apa aja yang aku bisa lakukan. Aku bisa nulis, maka aku bikin blog, mengajukan blogku untuk kerjasama dengan klien. Mengajukan diri untuk membantu menuliskan teman sebuah caption, copywriting, dan lain sebagainya. Aku punya medsos, aku promosikan apapun di medsos, hingga kembali memulai jualan online, menekuni dan mengembangkannya. 

Aku yakin segala usahaku ini akan berkembang, makin maju dan menghasilkan cuan tak hanya untuk sekedar mencukupi kebutuhan rumah tangga kami. Namun juga meraih impian kami, memiliki rumah tinggal sendiri dan nyaman. 

Yang penting dalam berbisnis itu adalah #MulaiLangkahmu. Kalo sudah memulai, insya Allah bakalan ada aja jalannya untuk terus melanjutkan dan mengembangkannya. Tetap semangat, ya. 

Berkat bluMusical Tak Ragu Lagi Raih Mimpi 

Salah satu trigger aku untuk kembali memancang impianku dan berupaya mewujudkannya adalah nonton bluMusical yang diselenggarakan oleh blu by BCA Digital 17 Agustus lalu. 

Malam itu aku nonton secara streaming di channel youtube blu by BCA Digital. Kamu, ada yang nonton juga? 

Awalnya kupikir bluMusical ini semacam drama musikal yang yah, seperti biasanya. Namun ternyata berbeda. Benar-benar edukasi yang dikemas dengan musik. Apalagi dibawakan oleh Yura Yunita beserta para dancer yang berperan sebagai millenial yang tersesat secara finansial hingga akhirnya mereka berada di zona blu. 

Ternyata seseru itu lho nonton bluMusical ini. Padahal kan itu mereka sedang iklan aka edukasi mengenai aplikasi blu by BCA Digital tapi kita yang nonton merasa asik aja, gak berasa lagi diiklanin. Bahkan manggut-manggut membenarkan karena jujur, aku mendapat banyak insight baru dari situ.

Punya target dan budget yang jelas itu penting banget  
 _Raymond Chin (CEO Ternak Uang) 

nonton bluMusical

Banyak yang senasib dengan aku juga. Tak mempersiapkan finansial dengan baik selagi muda. Masih suka mempergunakan uang sesuka hati. Ingin ini ingin itu ya dibeli tanpa memperhatikan itu kebutuhan atau keinginan. Hufth. 

Hingga akhirnya, menyesal deh. Usia udah mulai matang tapi kemapanan masih mentah. Hihihi. 




Buat kamu yang belum nonton bluMusical, nih coba deh ditonton ya!



 

Memang, ya. Setiap dari kita punya timeline hidupnya masing-masing. Ada yang sudah sukses secara finansial di usia 20-an, ada yang baru sukses ketika sudah usia 50 tahun ke atas. Ada yang betah jadi pegawai bertahun-tahun hingga pensiun ada juga yang memulai berbisnis untuk mencapai kebebasan finansial di target usia yang diinginkan. 

Semua tentu ada konsekuensinya. Yang penting mau memulai dan terus berusaha. Perlahan tapi yakin pasti akan ketemu jalannya. 


Durasi nonton bluMusical yang hanya 30 menit membuatku merasa "hah hanya segini aja?" Tapi ya memang meski singkat namun padat, jelas dan menohok. Lirik lagu, koreografi, hingga talkshow-nya pun senada seirama. Semua porsinya pas saling mengisi satu sama lain. 

Problem para millenial, dikemukakan semua dan diberi solusi yang mudah dan tepat. Saatnya masuk ke zona blu untuk mulai melangkah mewujudkan mimpi.  Apalagi blu adalah platform perbankan next generation yang sangat pas menemani millenial meraih impian.

Kiat Merancang Step by Step Raih Impian 

Nah, setelah nonton bluMusical kini saatnya kita take action #MulaiLangkahmu perlahan tapi pasti. Seperti aku, yang saat ini merintis bisnis camilan bertajuk Suqqy Tummy 'cemal cemil hepii'. Namun, aku yang dulu berbeda dengan aku yang sekarang. 

Tabungan Online blu
Pakai aplikasi blu untuk atur dan rencanakan finansial

Sekarang, keuangan bisnis kupisahkan dengan keuangan pribadi. Cash flownya pun harus jelas tercatat rapi. Dan lagi, laba jualan tiap minggu aku rekap dan setor ke rekening bluSaving. Ini penting nih, agar tabungan kita tidak diutak-atik untuk urusan lain. 

Tips Ala Aku: 

  • Tentukan apa impian kita
  • Tuliskan, kalo perlu tempel gambarnya di tembok yang biasa kamu lewati
  • Ada tindakan untuk mewujudkan. Misal nih seperti aku yang punya impian punya rumah sendiri tanpa pinjam bank. Maka aku udah mulai hunting tanah yang lokasinya sesuai dan harga terjangkau. Kemudian bilang ke penjualnya untuk minta tempo bayar misal 2 bulan. 
  • Selanjutnya berikhtiar. Usaha, kerja dan berdoa semaksimal mungkin. 
  • Afirmasikan terus impian kita agar semesta mendukung. 
  • Bersedekah, niatkan agar Allah mudahkan capai impian kita.
  • Atur arus kas keuangan agar jelas pos-posnya dan ada tabungan khusus untuk mewujudkan impian.

Mengenal Tabungan Online blu

Sebelum nonton bluMusical pekan lalu, aku sempat baca review salah satu teman mengenai aplikasi blu by BCA Digital ini. Dan wow, menurutku ini worth to download banget. Karena berbeda dengan rekening tabungan pada umumnya. 

Download Aplikasi blu


Hingga saat aku download aplikasi blu, wow first impressionnya oke banget. Proses buka rekening tabungan online blu mudah dan cepat. 

Fitur-fitur Pada Aplikasi blu by BCA Digital 

bluAccount 

Aplikasi blu by BCA Digital
bluAccount ini merupakan akun atau rekening kita. Bisa untuk menabung atau melakukan transaksi lainnya. 

bluSaving 

bluSaving

bluSaving ini rekening khusus untuk tujuan tertentu. Misal seperti aku yang ingin beli tanah. Maka aku buka bluSaving ini. So, uang untuk beli tanah tetap aman gak akan keganggu dengan keperluan lain. 

bluGether

Kalo rekening bluGether ini untuk akun yang bisa dikelola bersama. Misal patungan beli hadiah ulang tahun untuk orangtua atau ngumpulin dana arisan. Jadi semua member bisa tahu arus kas uang bersama tersebut. 
Tuh, rekening tabungan lain mana ada begini? 

bluDeposit

bluDeposit
bluDeposit ini seperti deposito pada umumnya. Kita bisa nyimpan deposito disini dengan jangka waktu tertentu sesuai keinginan. 

Tuh, fiturnya lengkap dan beda dari yang lain, kan? Makanya buruan deh kamu download aplikasi blu. 

Cara Mendaftar Akun dan atau Rekening blu 

Caranya mudah kok, kamu tinggal download saja aplikasinya. Berikut linknya ya: 

Unduh aplikasi blu di Playstore

Unduh aplikasi blu di AppStore


Setelah aplikasi terpasang di smartphone, maka buka aplikasi dan ikuti step-stepnya. Siapkan KTP dan NPWP kamu sebelum mendaftar ya. 

Cara Mendaftar
Step mendaftar blu by BCA Digital


Step terakhir, verifikasi data. Cek lagi pastikan data kamu benar semua, ya. 

Kemudian bersiap untuk video call dengan tim haloblu, ya.  Untuk video call ini bisa dilakukan pada pukul 06.00-22.00 wib. Dan pastikan kamu siapkan KTP ya. 


l
Ketika menuju step video call, ada kemungkinan antri, ya. Sabar aja. Saya kemarin kebagian antrian 30-an, tapi nunggunya cuma 5 menit aja. Dan ternyata proses verifikasi video call-nya pun sebentar banget. Karena hanya verifikasi muka dan KTP aja. 

Yeay! #MulaiLangkahmu bersama blu


Aplikasi blu by BCA Digital Solusi Atur Finansial Kaum Milenial 


Jangan merasa masih muda lantas berpikir nikmati aja dulu masa muda kita. Nabungnya ntar aja. Beli rumahnya besok aja. Investasinya kapan-kapan aja. Big No! 
Justru karena masih muda maka #MulaiLangkahmu sekarang. #YangPentingLakuin aja dulu sebisa kamu. 

Apa yang menjadi hobi dan passion kita pun bisa menghasilkan dan menjadikan kita sesuatu asal ditekuni dengan baik loh. Perlahan tapi pasti impian kita pun menjadi nyata. 
Yuk semangat yaa! 

So, kamu udah download aplikasi blu by BCA Digital belum? 












32 komentar:

  1. kalau saya suka banget dengan fitur bluSaving.
    saya menggunakan sistem amplop untuk mengatur keuangan keluarga. Jadi cocok banget karena sistemnya yang sama.
    rekening bluSaving saya gunakan sebagai pos pengeluaran.
    jadi mau transfer kemana-mana, budget tetap terkontrol karena uangnya gak ngumpul jadi satu.

    BalasHapus
  2. Hehe.. Kalo saya suka menuliskan mimpi2 sambil memvisualisasikannya mbak.
    Emang ya klo pengeluaran dan pemasukan dalam rumah tangga tuh harus diatur. Aku penasaran nih pingin nyoba yang bluGether

    BalasHapus
  3. Kalau nggak punya rekening BCA bisa pakai nggak sih kak? Atau harus bikin rekening dulu? Cocok banget nih soalnya aku juga susah buat nabung. Kalo nggak dipaksa nggak bakal bisa nabung ya mbak buat meraih mimpi

    BalasHapus
  4. Memang ya mbak kalau kit lihat orang yang kehidupannya mapan itu suka kepikiran mereka ngatur uangnya gimana ya biar bisa hidup kayak gitu.

    BalasHapus
  5. Biarpun usia semakin bertambah tapi impian harus tetap dipupuk ya mbak biar bisa jadi kenyataan, aq banget nih pengen sesuatu tapi mesti nabung dulu

    BalasHapus
  6. Target sama bujet memang perlu jelas dan tegas ya. Karena kalau daku pertimbangkan keuangan kalau gak konsisten dalam targetnya, ya udah buyar wujudkan impian. Noted kak artikelnya

    BalasHapus
  7. Asyik banget ya event bluMusical by BCA Digital nya. Jadi pinter financial deh

    BalasHapus
  8. wah sama nih mbak, akupun ijazah belum pernah saa sekali dipakai buat melamar pekerjaan, alhamdulillah, ada aja kerjaan yang bisa digeluti tanpa melihat ijazah.

    bluMusical inspiratif sekali ya untuk membuat kita kembali melek finansial untuk emwujudkan mimpi finansial. semoga mimpi mimpi kita satu per satu terwujudkan ya mbak qoty

    BalasHapus
  9. Twrharu bacanya. Semoga semangat terus untuk bisa meraih impian punya tempat tinggal ya Mba.

    Aku baru tahu sih soal pernikahan akan matang secara finansial setelah 10 tahun. Bagiku, kok lama amat. Hihihi

    BalasHapus
  10. Pas butuh, pas ada uang. Asyik ini mbak hehe. Akhirnya setelah nonton bluMusical jadi lebih memahami literasi keuangan ya mbak.
    Akupun seperti ini.

    BalasHapus
  11. jadi penasaran pengen nonton musicalnya seperti apa, kebetulan saya juga dulu pakai BCA

    BalasHapus
  12. Persoalan mengatur keuangan ini memang pr banget ya mba bagi pasangan suami istri. Terkadang emang ada yg harus lebih tegas dan memperketat pengaturan keuangan biar tetap sesuai dengan budget. Semangat, tidak ada kata terlambat pasti bisa mwncapai mimpi-mimpinya ya mba.

    BalasHapus
  13. Sebagai orang yang baru menikah, kondisi finansial ini memang menjadi tantangan tersendiri. blu ini membantu banget untuk budgeting

    BalasHapus
  14. Wah aku juga nonton bluMusical nih, dan jadi terinspirasi dan tahu lebih banyak tentang literasi keuangan, memang untuk mewujudkan mimpi finansial ngak mudah dan butuh perjuangan agar bisa mengubah hidup. Tapi tenang, tabungan online blu akan membantu mengatur budget dengan baik.

    BalasHapus
  15. Drama musical yang asyik ya mba. Nggak cuma menghibur, tapi sarat pesan. Berguna banget untuk anak2 muda dan juga yang sudah golongan ibu2 seperti kita..biar ngelola uamgnya lebih jago

    BalasHapus
  16. bluMusical ini keren, membuat semangat langsung tersulut untuk menunaikan impian finansial.

    BalasHapus
  17. Skrg aku lg mengetatkan keuangan jg nih abis nntn bluMusical itu. Jadi bahan obrolan paling sering soal mengatur keuangan nih, ternyata sering borosnya karena keuangan campur campur. Makanya dkeg kucoba pake fitur bluSaving nih

    BalasHapus
  18. Aku juga nonton ini nih. Paling suka dengan nasihat dari Raymond Chin bahwa pencapaian setiap orang itu beda2, nominalnya juga. Jadi fokus aja sama impian kita sekarang dan segera lakukan ngga usa ditunda2. Huhu ngena banget

    BalasHapus
  19. Akupun juga belum mapan Mbak secara financial,saat ini lagi berjuang biar bisa punya rumah, yang penting semangat dan semoga dimudahkanNya, aamiin

    BalasHapus
  20. suka dengan fitur-fiturnya blu ini..sangat mempermudah untuk pengaturan keuangan keluarga..dan tampilannya jg userfriendly

    BalasHapus
  21. Blu deposit bunganya lumayan sampe 4 persen loh kak...hmmm...jadi tertarik...jadi punya rencana... simoan dulu di blu savungs...nanti pindah ke blu deposit

    BalasHapus
  22. Bismillah impiannku punya rumah bun, biar nggak ikut mertua terus gak enak
    semoga dengan aplikasi blu, ngepost keuanganku bisa jadi rajin

    BalasHapus
  23. Aku yg baru menjelang 2 th pernikahan jadi berkaca nih mbak.
    Skrg pun jga belum mandiri Finansial, alhamdulillah diparingi cukup, dan ngatur aja
    Ehh begitu nonton bluMusical auto tersindir diriku, mbak
    Syukurlah aku udah download aplikasi dan nabung online di blu by BCA Digital

    BalasHapus
  24. Wah, ini aku yang belum terlaksna untuk menuliskan impian di buku dan menempelkannya di tembok. Makasih kak tipsnya

    BalasHapus
  25. Menarik ya karena acara bluMusical ini bukan cuma menghibur tapi juga mengedukasi. Banyak inspirasinya pula makanya setelah nonton bluMusical saya juga jadi semangat buat nabung, apalagi saya juga sudah buka tabungan online lewat aplikasi blu yang punya berbagai fitur menarik dan bikin urusan keuangan jadi lebih praktis. Paling suka sih dengan bluSaving-nya :)

    BalasHapus
  26. blu ini emang kekinian banget ya mba, paham kebutuhan para digital savvy . Enggak perlu ribet harus antre ke bank dan punya pos2 tabungan yang bisa memudahkan pengelolaan keuangan kita lengkap dengan rincian laporan keuangannya

    BalasHapus
  27. Aplikasi kekinian yang mengedukasi generasi milenial dengan cara yang seru sekaliii. Kemarin pas ikutan nonton bluMusical, langsung belajar banyak tentang edukasi finansial. Apalagi dengan gerak yang dinamis dan lagu easy listening, pesannya langsung kena.

    BalasHapus
  28. aplikas blu emang kekinian banget dan menjawab keresahan kita yang susah ngerem pengeluaran. aku suka banget kemasan bluMusical ini, keren banget

    BalasHapus
  29. Cocok banget dengan gaya hidup anak muda sekarang. Guest star nya juga keren. Mantep deh blu ini.

    BalasHapus
  30. Tadinya nggak yakin bakal bisa wujudkan mimpi di usia yg ga muda lagi, tapi setelah nonton bluMusical, aku jadi yakin kalo kita pasti bisa mewujudkan mimpi kalo kita konsisten dan berkomitmen untuk menabung. MUlai sekarang, musti paksain buat nabung meski sedikit demi sedikit

    BalasHapus
  31. Semakin memudahkan nih menabung lewat blu bahkan membuka tabungan blu tak sampai 15 menit langsung jadi deh

    BalasHapus
  32. Tiap orang punya timeline masing2 dan kita juga mesti menghargai pencapaian yg sudah didapat ya, setuju deh sama statement nya Eva Alicia ya di bluMusical ya... dalam Islam masuknya ke konsep bersyukur juga ya Mbak.

    BalasHapus