Tips Memasak Menu Beragam Dengan Budget Minim

Ada gak sih ibu rumah tangga yang gak suka masak? Ada. 

Ada gak ibu rumah tangga yang gak bisa masak? Ada.

Ada gak ibu rumah tangga yang sering banget bingung mau masak apa? Ada banget! 

Ada gak ibu rumah tangga yang bingung mau masak apa karena budget minim? Ada banyak... 




Permasalahan Umum Seorang Ibu 


Sudah menjadi rahasia umum bahwa seringkali yang bertugas memasak masakan untuk keluarga adalah seorang ibu. Padahal nih ya, bapak-bapak juga banyak lho yang bisa masak. Cuman, seringkali beliau-beliau gak bisa menyiapkan masakan karena gak ada waktu. Atau memang gak mau aja? Entahlah. 


Balik lagi ke topik, bahwa memasak sudah lumrah menjadi tugas seorang istri atau ibu di rumah. Tak jarang perempuan yang tadinya gak bisa masak pun mau gak mau akan belajar masak ketika sudah memulai biduk rumah tangganya. Betul gak? 


Seperti saya dulu pun, baru mulai belajar masak ketika berumah tangga. Setiap mau masak menu tertentu, sms atau telpon ibu nanyain apa resepnya dan bagaimana cara membuatnya. 


Aih sekarang mah gak perlu repot seperti itu. Cukup browsing di gawai maka keluarlah itu resep masakan segambreng yang bisa diikuti. Resep-resep bertaburan dari mulai di video YouTube, postingan Instagram, Facebook, laman artikel blog hingga aplikasi. 


So, tiap mau masak tinggal buka gawai, tutul-tutul, praktekkan, fotokan hasilnya dan taraaa, masakan pun dah jadi. Simple kan?! 


Mengatur Menu Masakan Untuk 30 Hari 


Saya nih ya, kadang bingung mau masak apa, menyesuaikan dengan budget bulanan dari suami dan selera makan orang rumah. Sering banget pas di tukang sayur, justru lama banget gegara lama mikirnya mau masak apa hari ini? Akhirnya ya menyesuaikan yang ada di warung aja. Tapi kalau kayak gitu jatuhnya lebih boros sebab harus belanja setiap hari. 


Nah, untuk menghemat budget demi agar bisa cukup untuk makan 5 orang selama sebulan, kemudian saya memilih belanja bahan masakan mingguan. Jadi setiap weekend saya akan belanja di pasar. Bahan masakan seperti sayur-sayuran, buah, lauk pauk. 


Setelahnya semua bahan masakan akan dirapikan dan disimpan di kulkas. Food preparation diterapkan disini. Dengan cara seperti ini, Alhamdulillah cukup dapat menghemat budget. Kalo kamu gimana? 

Jadi tipsnya adalah: 

  • Buat perencanaan masak apa aja setiap harinya di awal pekan 
  • Tentukan bahan apa aja yang akan dibeli
  • Belanja sekaligus di akhir pekan
  • Lakukan food preparation untuk jadwal memasak seminggu ke depan
  • Buka aplikasi memasak untuk mempermudah menentukan masakan yang akan dimasak

Kebiasaan Baru Di Era Digital 


Kalo dulu awal menikah setiap ingin memasak suatu menu tapi belum tahu caranya, maka saya akan mengirim pesan singkat atau menelpon mertua saya. Tapi sekarang? Gak perlu telpon lagi, cukup buka gawai, geser-geser maka taraaa jadilah sudah masakannya. 

Spaghetti Creamy ala chef Qoty


Sekarang, memasak apapun bisa. Spaghetti creamy, ikan mujair pindang kuning, asem-asem daging ayam, dan lain sebagainya. 

asem-asem daging ayam ala Chef Qoty


Lebih praktis lagi jika kita memasang aplikasi memasak di gawai kita. Selain mencari resep menu masakan, kita juga bisa sharing resep masakan yang sudah kita buat. 


Rekomendasi Aplikasi Memasak yang Oke Punya 


Salah satu aplikasi memasak yang menurutku patut ada di gawai kita adalah Yummy App


Dari namanya aja udah bisa kebayang kan, masakan yang bisa kita masak bersama Yummy App kelak akan yummy. Hmmmm, bikin ngiler deh. 


Nah, kenapa sih Yummy App direkomendasikan untuk didownload di gawai kita? Ini dia alasannya! 


1. Mudah digunakan 

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Mobile friendly banget deh. Cara mendaftarnya pun mudah. Untuk membuat akun kita bisa langsung melalui akun gmail atau medsos kita. 


2. Fitur Yang Sangat Membantu 

Banyak fitur Yummy App yang sangat membantu kita dalam hal memasak. Kita bisa mencari resep berdasarkan bahan, budget, hingga lama waktu memasak. Semua ini bisa diatur dalam fitur filter. 

Berbagai pencarian berdasarkan filter


3. Memotivasi Untuk Sharing 

Tidak hanya mendapatkan rekomendasi resep, kita juga bisa menulis resep masakan yang telah kita masak ke dalam aplikasi Yummy. Dengan begitu, siapa tahu ada orang lain yang terinspirasi dari hasil masakan kita. Jadi makin semangat masak, kan?


4. Banyak Ide Resep Masakan Yang Bisa Banget Untuk Jualan 

Di masa Pandemi seperti saat ini. Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang kemudian nyambi jualan juga demi agar bisa tetap berpenghasilan. Memutar otak, uang dan tenaga agar kebutuhan hidup sekeluarga tetap bisa terpenuhi. Maka, mencari ide resep masakan kekinian untuk jualan bisa banget di Yummy App. 

Banyak banget ide makanan yang saya temukan disini dan berpotensi untuk dijual lagi. Salah satunya bruule bomb yang lagi happening.  


5. Berkomunitas 

Di Yummy App juga ada komunitas nya loh. Sehingga sesama member bisa saling sharing seputar memasak. Menambah wawasan dan pengetahuan juga kan. 


Tetap Produktif Di Masa Pandemi 

Meskipun kita hanya di rumah saja, membatasi aktivitas keluar rumah namun kita bisa tetap produktif bahkan menghasilkan cuan. 


Salah satunya dengan memasak dan eksplor berbagai resep baru. Buka saja Yummy App dan sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Kemudian sulaplah menjadi sesuatu produk yang bermanfaat, enak dan berkhasiat. 


Ohya, rajin memasak dan menuliskannya di aplikasi Yummy App mendapatkan poin, lho. Pasti seneng kan? Jadi makin semangat masak dan sharingnya. Makin berbinarlah matanya karena setiap menulis resep masakan di aplikasi, poinnya bisa jadi cuan. Cuss deh cobain! 


So, sekarang gak perlu galau lagi. Tetap bisa memasak berbagai menu masakan yang bervariasi selama sebulan penuh dengan budget yang minim karena di Yummy App bisa menyesuaikan. 


Jadi, mau masak apa hari ini? 

source: yummy.co.id


Sudah download aplikasi Yummy App kan? Klik disini untuk mendownload, ya! 
















0 komentar:

Posting Komentar