Memanfaatkan Sosial Media Jadi Sumber Pemasukan

Tak terasa, telah hampir 2 tahun Pandemi melanda dunia. Banyak dampak yang ditimbulkannya. Baik dampak positif maupun negatif. 

Dunia digital makin berkembang. Kebiasaan masyarakat telah banyak mengalami perubahan. Belanja keperluan rumah tangga, makanan maupun minuman saja dipesan secara online. Apalagi pakaian, mainan, bahkan alat elektronik. 

Semua dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan. Maka trend pun berubah. 



Membaca berita, mencari informasi terbaru, mencari destinasi wisata, dan lain sebagainya semua dilakukan secara online. Karena itu peran sosial media pun sangat berpengaruh disini. 

Dampak Ekonomi Paska Pandemi 

Saat pandemi, banyak banget yang mengalami dampak secara ekonomi. Ada yang gajinya dibayarkan setengah, atau bahkan tak dibayar hingga beberapa bulan. Ada juga yang diberhentikan karena banyak perusahaan yang melakukan penghematan disana-sini. 

Para freelancer pun terkena imbasnya. Rate fee menurun atau tenggat waktu pembayaran semakin lama dari biasanya. Para pedagang, pebisnis, karyawan, semua terkena dampaknya. 

Tak dipungkiri, semua terasa lebih sulit dijalani. Namun kita harus tetap semangat, pantang menyerah dan terus berusaha hingga berhasil. 

Tetap Usaha Cari Pemasukan Tambahan 

Karena pemasukan suami sebagai kepala keluarga mengalami penurunan akibat pandemi, maka sebagai seorang istri pun mencoba terus bergerak mencari peluang agar bisa tetap mendapatkan pemasukan. Sebab pengeluaran terus saja berjalan. Kalau kita tidak mencari pemasukan lain, akan lebih sulitlah ke depannya. So, tetap semangat berusaha, ya. 

Apa Aja Sih Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencari Keran Pemasukan Baru? 

1. Searching 

Kita bisa searching di google, kira-kira ada lowongan apa yaa yang sesuai bidang keahlian kita. 

2. Scrolling sosial media 

Banyak banget informasi yang bertebaran di sosial media. Tinggal kita saja bagaiman menemukan dan mengolah informasi tersebut. 

3. Melihat potensi diri 

Lihat dan kenali lagi diri kita. Apa sih yang bisa kita lakukan dan hasilkan untuk bisa dijual atau dipromosikan kepada orang lain? Apa kira-kira yang bisa kita tawarkan untuk menjadi solusi bagi orang lain? 

Manfaat Sosial Media Untuk Sumber Cuan! Bisa Gak? 


Manusia sebagai makhluk sosial pasti tak lepas dari peran manusia lainnya. Begitupun sosial media. Dimana interaksi sosial melalui jaringan telah menjadi trend baru masa kini. 

Sebut saja Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, hingga tiktok. Semua memiliki pasar tersendiri dan digemarin oleh hampir semua penduduk dunia. Semua orang berinteraksi di media sosial. Maka tak jarang banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai ladang cuan mereka. Bagaimana caranya? 

Di antara manfaat sosial media adalah sebagai sarana meningkatkan personal branding. Sebagai apapun. Apapun profesi yang kita jalani, bisa dibranding melalui sosial media. 

Banyak ngetwit mengenai profesi kita, ilmu yang dikuasai, membahas segala tanya-jawab seputar itu, dan lain sebagainya. 

Bagi pebisnis online, peran sosial media pun sangat penting untuk memperluas jangkauan pengunjung. Melalui sosial media, brand awareness akan lebih terbangun dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan. 

Karena itulah, kita semua perlu belajar mengenai optimasi sosial media yang mau kita kuasai. Ingin jago jualan di Instagram, maka belajar segala hal mengenai Instagram. Engagement, insight, dan lain sebagainya. 

Pandemi membawa hikmah. Karena pandemi, kita jadi memutar otak apa yang bisa dilakukan supaya dapur tetap bisa ngebul, anak bisa jajan, dan tetap bayar sekolah anak dengan lancar. Seringnya akses sosial media, membuka mata hati dan pikiran bahwa ini pun bisa jadi peluang. Kenapa tak kita manfaatkan saja medsos ini untuk sesuatu yang menghasilkan? 


Tips Optimasi Sosial Media Agar Bisa terus hasilkan Cuan! 

  • Bisa ikut grup atau komunitas yang concern untuk membangun aset digital. Membangun akun instagram, tiktok dan media sosial lain. 
  • Buatlah konten yang menarik dan interaktif dan posting paling seminggu dua kali. 
  • Berinteraksi lah dengan follow dan like juga akun dan postingan orang lain. 
  • Perbanyak sharing hal-hal yang bermanfaat. 
  • Sering mengedukasi masyarakat tentang apapun yang bermanfaat. Seperti indozone yang banyak menyajikan konten-konten menarik dan edukatif bagi masyarakat terutama bagi kaum millenial. 
Nah, optimasi ini sudah saya lakukan dan it works! Kamu gimana, sudahkah optimasi sosial medianya hingga bisa hasilkan cuan dan mengembangkan bisnis kamu? 












1 komentar:

  1. Cuan cuan memang mengiurkan bahkan lebih indah kalau dapat cuan dari hoby yang kita geluti. Yang penting terus belajar ya

    BalasHapus