Semua Tentang Grup Whatsapp Blogger Blogwalking Asik

Selamat menyongsong weekend! 

Asik banget nih, seneng banget rasanya, tiap hari Jumat rasanya lega, karena sebentar lagi weekend. Libur. Jadilah bisa rehat sejenak dari segala rutinitas di weekday yang padat. 

Ngomongin masalah rehat, aku termasuk tipikal orang yang kalo lagi suntuk, capek, itu larinya ke makanan. Memang orangnya doyan ngemil, jadilah kalo lagi kesel ama orang, suntuk atau capek hati dan pikiran, bawaannya pengen makan orang. #eh hahaha nggak, ding. 

Tapi itu dulu. Saat masih tinggal di asrama, pastilah banyak suka dukanya. Hidup berbaur satu atap dengan orang yang baru kenal. Pasti ada aja salah pahamnya. Ada aja masalahnya. Jadilah sering suntuk.

Kalo saat ini, di era digitalisasi, plus sudah bersuami. Kesuntukanku bukan lagi masalah pertemanan atau pergaulan. Melainkan masalah hati. Eeaaaa 

Kemelut Ibu Rumah Tangga

Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak dan seorang suami aku cukup sibuk menjalani hari-hari. Ditambah lagi ada tawaran mengajar sebuah SD di dekat rumah dan aku terima. Jadilah makin padat rutinitas yang harus dijalani. 

Tugas negara, mengajar SD, membimbing TPQ, les privat dan masih berjualan juga di rumah. Bayangkan, bagaimana aku menjalani hari-hari yang padat? Dimana ketika weekend tiba aku merasa bahagia sejenak. 

Kenapa bahagianya hanya sejenak? Karena seringkali ekspektasi tak sesuai realita. Ekspektasi ku Sabtu-Minggu bisa kugunakan untuk bikin konten video atau edit foto bahkan jalan-jalan tipis-tipis untuk konten sosmed. Ee lha dalah weekend dagangan rame jadi ya tetep aja nggak sempat bikin konten. Hiks. 




Keputusan Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang penulis adalah cita-citaku sejak dulu. Ketika duduk di bangku MA, keinginan ini makin menggebu. Saat kuliah aku pernah ikut forum FLP di Ciputat namun sayang nggak berlangsung lama karena aku menikah di semester 7. Setelah menikah aku off semua kegiatan lain selain kuliah. 

Nah, di akhir 2017 lalu, Alhamdulillah ada jalan untuk kembali menapaki tangga menuju impian. Meski jalanku masih merangkak dan tertatih, namun terus kujalani dengan semangat tak henti. 

Hingga aku memutuskan menulis di blog pribadi saja, yang bisa diakses orang lain secara free dan mudah. 

Jobdesk Seorang Blogger 

Blogger tuh apa sih, kerjaannya ngapain aja? 

Blog merupakan laman website milik pribadi. Nah blogger adalah orang yang menulis di blog itu. Menulis artikel tutorial, cooking, love, berbagi pengalaman dan lain sebagainya di blog sehingga banyak yang baca. Ya barangkali masyarakat membaca tulisan kita dan merasa terbantu dengan itu. 

Untuk merawat blog agar tetap bagus dan bisa menghasilkan, maka ada beberapa jobdesk yang mesti dikerjakan. Diantaranya: 

  • Menulis dan update artikel di blog secara rutin. 
  • Mengelola sosial media untuk mendukung pekerjaan sebagai seorang blogger. 
  • Banyak membaca
  • Menonton tv, jalan-jalan dan lain sebagainya. 

 Penghasilan Seorang Blogger


Blogger atau narablog saat ini menjadi sebuah profesi. Meskipun bekerja dari rumah saja namun penghasilannya bisa dibilang hampir sama bahkan melebihi orang yang kerja kantoran. 

Jalur penghasilan seorang blogger: 

  1. Dari adsense atau iklan yang ditayangkan di laman blog pribadi
  2. Dari sponsored post. Yakni kita meminta testimoni blogger atas pemakaian suatu produk. 
  3. Content placement. Yaitu mempublish artikel yang ditulis oleh klien di blog kita dan memberikan link keluar.
  4. Hadiah lomba. Ini berlaku untuk blogger yang rajin ikut lomba blog dan menang. 
  5. Dan masih banyak lagi
Akhirnya bisa juga mendapatkan cuan dari hobi menulis di blog. Aku bersyukur banget. Meski di rumah aja, tetap bisa eksis dan berpenghasilan. 

Peran Komunitas Untuk Kemajuan Diri


Sebagai seorang ibu rumah tangga aja penting untuk ikut aktif berkomunitas, apalagi sebagai seorang blogger. Wajib banget membangun relasi yang baik dengan semua orang. 

Karena itulah aku bergabung di beberapa komunitas blogger. Hingga sampailah diri ini pada grup wa Blogwalking Asik. 

Saat itu di salah satu grup wa blogger mba Hani menawarkan grup BW yang BWnya tuh agak santai gitu. Akhirnya saya join grup tersebut namun ternyata terkejutlah aku. 

Di grup Blogwalking Asik, semua ada
  • Pembahasan mengenai blog
  • Selebrasi pemenang lomba blog
  • Sesi curhat
  • Sesi tanya jawab berujung menambah ilmu baru
  • Sesi diskusi dengan tema yang sama sekali gak menyangkut soal blogging
  • Diskusi parenting, sosial, budaya
  • Diskusi perihal bisnis, tekno
Serunya disini tuh sering banget diskusi sehingga gak ngebuka hp beberapa jam aja chat udah ratusan. Blogwalking pun masih rutin berjalan hingga next akan diadakan instawalking antar anggota. 

Haruskah seorang blogger ikut grup wa khusus blogger? 


Kalau menurutku sih perlu, ya. Karena dengan ikut join di grup whatsapp blogger tuh kita jadi terpecut makin semangat menulis. Dengan adanya jadwal Blogwalking pun diharapkan blogger jadi termotivasi untuk menulis secara rutin minimal mengikuti jadwal BW. 

Alasan join grup whatsapp Blogwalking Asik


Dulu awalnya sih ingin ikut Blogwalking juga di grup ini. Namun pada akhirnya aku mendapatkan lebih. Kenalan blogger lebih banyak, seringkali mendapatkan ilmu baru baik di luar maupun di dalam dunia blogging. Dan ya, seru aja gitu menyimak obrolan di grup BWA ini. 

Meskipun aku seringkali menjadi penyimak aja, tapi berasa sayang kalo sampai terlempar dari grup ini. Karena banyak hal yang telah dilewatkan disini. Dan inginnya terus menjadi bagian dari BWA. 

Bagaimana dengan kamu? Sudah join di komunitas atau grup mana? Yuk bersama kita belajar dan berlatih agar makin profesional di bidang masing-masing, makin bersinar dan terus produktif berkarya! 







0 komentar:

Posting Komentar