Wisuda Sarjana XVI Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) Tahun 2021

Wisuda XVI STTB (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung) yang kuhadiri kemarin membuka kembali memoriku saat diwisuda sarjana sembilan tahun silam. 

Rasa haru, bangga, senang sekaligus sedih menyeruak kembali mengingat perjuangan meraih gelar sarjana yang tak mudah. Ada tetesan keringat, airmata, tawa dan seribu kenangan yang mengiringi. 

Kurasa begitu pula yang dialami wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Teknologi Bandung saat diwisuda kemarin. Selamat ya untuk para wisudawan-wisudawati. Kalian telah berhasil ada di titik ini, tentu ada perjuangan dengan berbagai cerita di baliknya. Teruslah berjuang, karena perjuangan belum usai. Justru dari sinilah awal kehidupan baru yang sesungguhnya baru dimulai...

Wisuda sarjana XVI

Pelaksanaan Wisuda Sarjana XVI Secara Hybrid


Wisuda Sarjana ke-XVI Sekolah Tinggi Bandung pada tahun ini dilaksanakan secara hybrid dengan prosedur kesehatan yang ketat. Karena jangankan peserta yang hadir di lokasi, wisudawan yang hadir secara virtual pun berkali-kali diingatkan untuk memakai masker dan sarung tangan yang telah disediakan oleh panitia. Prosesi wisuda dilaksanakan secara hybrid yakni kombinasi antara daring dan luring. 

Wisuda Sarjana XVI STTB ini diselenggarakan pada hari minggu, 5 Desember 2021 di InterContinental Hotel & Resort Dago Pakar, Bandung. Dimulai pada pukul 09.00 wib hingga selesai serta disiarkan langsung di channel youtube STTBandung. Sedangkan para wisudawan dan wisudawati serta beberapa reporter menghadiri melalui ruang zoom. 

Sebanyak 297 orang diwisuda hari ini. Terdiri dari 130 wisudawan Program Studi Teknik Industri, 103 wisudawan Program Studi Teknik Informatika dan 64 wisudawan Program Studi Desain Komunikasi Visual. Mereka lulus dengan rata-rata waktu tempuh empat tahun. Hingga saat ini, total sarjana yang diluluskan oleh STTB berjumlah 2200 orang. 

Eksistensi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) 


Berdasarkan pemaparan dari Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom, M.T. kita patut bangga karena kehadiran STTB semakin mendapat sambutan yang positif dari masyarakat baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Seperti tahun lalu, STTB bekerja sama dengan beberapa Institusi Pendidikan Tinggi di India seperti SRM Institute of Science and Technology India, Sathyabhama University India, Acharya Institutes dan Nitte Meenakshi Institutes of Technology (NMIT). 

Maka pada tahun ini STTB kembali melakukan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Diantaranya LITHAN Academy Singapore yang akan menyalurkan mahasiswa STTB untuk mengikuti program magang di Singapura. JPY Internasional yang membuka kesempatan bagi mahasiswa STTB melaksanakan magang di Jepang. Serta Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang memberikan kesempatan bekerja di luar negeri bagi mahasiswa dan alumnus STTB di berbagai negara tujuan dengan mekanisme perlindungan pekerja migran yang sangat baik. 


STT Bandung juga telah membangun kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat yang meliputi kerjasama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pembangunan SDM unggul di Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat. 

Dari Sekolah Tinggi Menjadi Universitas


Sekolah Tinggi Teknologi Bandung terus tumbuh dan berinovasi sedemikian rupa untuk mencetak generasi unggul. Maka untuk memajukan Institusi Perguruan Tinggi tahun ini STTB mengajukan permohonan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas. Kita pun patut bersyukur karena kemajuannya yang pesat sekali hingga saat ini STTB telah memiliki fasilitas gedung baru di sebelah kampus. Mari sama-sama kita doakan agar Universitas ini dapat terus bertumbuh dan berinovasi melahirkan generasi yang unggul di berbagai bidang keahlian.  

Ragam Prestasi yang Berhasil Diraih Oleh Mahasiswa dan Dosen STT Bandung

Prestasi tentu membuat bangga. Anak yang berprestasi membuat orangtuanya bangga, haru dan bahagia. Mahasiswa yang berprestasi membuat orangtua, dosen dan institusi bangga. Dosen yang berprestasi tentu membuat seluruh civitas akademika bangga padanya. Ini pun pada akhirnya membawa nama besar Sekolah Tinggi Teknologi Bandung semakin besar dan harum dengan berbagai prestasi yang ditorehkan. 

Beberapa prestasi yang diraih oleh mahasiswa STT Bandung: 

  1. 2 mahasiswa Teknik Informatika terpilih dalam Program Petani Milenial dalam Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 
  2. 3 Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika meraih Juara 1 Innovation Technology Competition yang diadakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana.
  3. 1 Mahasiswa Teknik Informatika berhasil dinobatkan sebagai Jajaka Kamemeut dalam ajang Mojang Jajaka Kabupaten Bandung tahun 2021.
  4. Sebanyak 11 mahasiswa STT Bandung lolos pada program Bangkit Kemendikbud 2021. Program ini berkolaborasi bersama Kampus Merdeka yang memiliki tujuan untuk membina talenta digital terampil yang masuk dalam Program Presiden tentang penyiapan 9 juta talenta digital terampil pada tahun 2030. 
  5. Sebanyak 136 Mahasiswa STTB terpilih dalam Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Ditjen) DIKTI Kemendikbudristek. 

Beberapa prestasi yang diraih oleh dosen STT Bandung: 

  1. 2 tahun berturut-turut 3 dosen STTB menerima Hibah Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi dengan nilai total hibah tahun pertama sekitar Rp. 161.392.000,- dan nilai total hibah tahun kedua sekitar Rp. 152.070.000,-
  2.  3 Dosen Program Studi Teknik Industri STTB menerima Hibah Kedaireka dengan nilai total hibah sekitar Rp. 198.693.000,- 
  3. 7 dosen lolos menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) program Kampus Mengajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 
  4. 8 dosen lolos dalam Program Digital Talent Scholarship dan Digital Leader Academy. 
  5. 1 dosen STT Bandung yakni Bapak Muhammad Sabar berhasil membawa pulang 2 medali perak dan 2 medali perunggu pada kompetisi perlombaan cabang olahraga atletik di event PEPARNAS 2021 Papua.

Wisudawan dan Skripsi Terbaik 


Di antara sekian banyak wisudawan yang diwisuda hari ini, pastilah ada satu yang terbaik di antara yang paling baik. Maka wisudawan terbaik pada wisuda sarjana xvi tahun 2021 ini adalah: 
  • Yuniar Dita Anggraeni, S.T
  • Kevin Christianto, S.Kom
  • Annisa Mawardini, S.Ds
Sedangkan untuk skripsi terbaik pada angkatan ini diraih oleh: 
  • Regita Ernawati, S.T
  • Sandi Riyanto, S.T
  • Egi Septian Yuli Prasetyo, S.T
  • Marha Shabilla Gumilang, S.Kom
  • Syahidan Arrizaldy Sidik, S.Kom
  • Ihsan Nurhakim Asiz, S.Kom
  • Andini Yudhistyaningrum, S.Ds
  • Gusty Wijaya, S.Ds
  • Septian Riyadus Solihin, S.Ds

Kiprah Alumnus STT Bandung di Masyarakat 


Dari awal berdiri hingga saat ini, alumnus STTB diperkirakan telah mencapai 2200 orang dengan kiprahnya yang berbeda-beda sesuai keahlian. 


Alumnus tidak lama menganggur

Rata-rata waktu tunggu mereka setelah lulus hingga melanjutkan ke jenjang berikutnya adalah 45 hari. Ada yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2), ada yang masuk ke dunia kerja, pun menjadi wirausahawan. 



Ini menjadi kebanggan tersendiri dimana lulusan STT Bandung cepat diterima kerja. Karena begitu banyaknya permintaan yang masuk setiap hari baik melalui email, telepon, dsb. Tentu hal ini pun tak lepas dari peran Unit Career Development Center yang khusus menangani bimbingan karir baik bagi alumni maupun mahasiswa tingkat akhir yang tugas utamanya memberikan informasi, konsultasi maupun menyalurkan para alumni dalam memasuki dunia kerja maupun wirausaha. 

Wisuda bukanlah sebuah akhir, wisuda adalah momentum dimulainya cerita baru, pengalaman baru, dan perlu dijadikan sebuah motivasi agar terus belajar, berusaha dan berinovasi untuk dapat menebarkan manfaat pada masyarakat luas. 






0 komentar:

Posting Komentar