Audiobook Storytel: Cara Asik Baca Buku

Perkembangan teknologi yang amat pesat mengubah prilaku hidup banyak orang. Terlebih era digitalisasi yang semakin menyeluruh terlibat dalam setiap sendi kehidupan. Internet, komputerisasi, serta berbagai kemudahan lain amat membantu kehidupan manusia di muka bumi. 

Pun begitu dengan munculnya berbagai aplikasi maupun situs-situs yang semakin memudahkan segala urusan manusia. Kita patut bersyukur terhadap hal ini, bukan? 

Salah satu aplikasi yang saya rasa amat membantu kita yakni Storytel. 

aplikasi Storytel

Apa Itu Storytel? 


Storytel ini merupakan sebuah aplikasi yang membantu kita menikmati sebuah buku bacaan dengan cara yang berbeda. Bagaimana caranya? Jika biasanya kita membaca buku fisik maupun baca buku online, maka dengan Storytel kita mendengarkan buku. Atau lebih tepatnya, ada orang yang membacakan buku untuk kita. Menarik, kan?   

Sungguh, saya takjub dengan aplikasi audiobook ini. Karena sebelumnya tak pernah terpikirkan sama sekali di benak saya akan adanya aplikasi semacam ini. Pihak Storytel menghubungi narator untuk rekaman membacakan buku, kemudian menyimpannya dan memberikan akses mendengarkan bacaan buku ini kepada khalayak umum dengan biaya jasa yang amat terjangkau. Hanya sekitar 39.000 per bulannya. Dan isinya ada ratusan buku, loh. 


Audiobook Indonesia
Dian Sastro menarasikan buku Dunia Sophie


Bahkan, tidak hanya narator berpengalaman yang bekerjasama dengan pihak Storytel melainkan para publik figur juga. Belum pernah dibacain buku oleh Dian Sastro kan? Nah, coba deh dengerin Storytel. Pasti ketemu dengan suaranya yang membuai. 

Keunggulan Aplikasi Storytel 


Saya sangat suka membaca novel fiksi. Ketika membacanya, imajinasi berkeliaran. Emosi tersalurkan. Entah, membaca buku fiksi bisa jadi sebuah healing buat saya. Disini, banyak sekali novel fiksi yang bisa dinikmati dengan cara yang berbeda. Mendengarkan orang lain membacakan sebuah kisah kepada kita, sungguh saya merasakan sensasi yang lain dari biasanya. Apalagi kita bisa mendengarkannya sambil melakukan aktivitas lain. Sambil masak, membereskan ruang tamu, menata baju di lemari, hingga jadi alternatif ketika membaca buku saat ngabuburit lalu. 

Keunggulan Aplikasi Storytel

Menurut saya, Storytel ini unik dan memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya: 

  • Menjadi tren baru dalam menikmati buku dengan cara yang asik dan menyenangkan
  • Memperkaya wawasan kita
  • Sarana mengembangkan diri karena banyak sekali buku-buku pengembangan diri disini. 
  • Membuat waktu kita lebih efisien. 
  • Belajar bahasa asing dengan mendengarkan buku berbahasa asing
  • Bisa diakses dimana saja dan kapan saja
  • Karena kita hanya mendengarkan, maka waktu menatap layar pun berkurang. Semakin bagus, kan?
Ada banyak kategori dan rekomendasi buku bagus yang sayang untuk dilewatkan. Dari mulai anak-anak, remaja hingga dewasa semua ada. Bahkan hingga Harry Potter Audiobook pun ada. 

Fitur baca buku online
Fitur-fitur pada aplikasi Storytel


Fitur-fitur yang tersedia pun sudah cukup lengkap. Ada fitur pengatur kecepatan membaca, ada fitur timer yang bisa digunakan ketika kita mendengarkan buku sebagai pengantar tidur. Pun ada fitur download sehingga bisa dibaca maupun didengarkan ketika offline. 

Ohya, beberapa buku pada aplikasi ini bisa dibaca maupun didengar ya. Jadi tidak semua buku hanya bisa didengar saja. Ini ditandai dengan gambar kacamata (bisa dibaca) dan headphone (bisa didengar). 

Sensasi Baru Mendengarkan Buku


Berhubung saya belum membaca lanjutan dari trilogi Negeri Lima Menara, maka buku pertama yang saya dengarkan melalui Storytel adalah Ranah Tiga Warna karya A. Fuadi. 

Mendengarkannya membuat saya merasa sedang didongengin. Imajinasi bermain, meskipun tak seliar ketika membaca sendiri bukunya. Namun saya senang karena buku dengan durasi 14 jam itu selesai dibacakan hanya dalam waktu 1 hari saja. 

Meski mendengarkannya sambil membantu orangtua masak makanan persiapan lebaran, namun tetap dapat fokus mendengarkan dan mengambil makna dari setiap kisah. Bahwa kesabaran itu penting untuk ketahanan mental dan nyali kita. Sabar membuat kita menjadi pribadi yang tangguh. Maka bersabarlah dalam perjuangan meraih cita-cita. 

Selain buku novel fiksi, banyak juga rekomendasi buku best seller dengan genre yang lain. Diantaranya Game of Thrones yang malang melintang di dunia pertelevisian. Disini kita bisa mendengarkan versi buku aslinya, loh. 

Ada juga buku sejarah yang sama-sama kita ketahui asal usulnya. Ingin tahu lebih detail mengenai asal usul makhluk hidup? Baca dan dengarkan buku Sapiens yang membahas sisi yang tak banyak diungkit pada buku lain. Yakni bagaimana manusia berangkat dari sekedar satu spesies hewan menjadi makhluk berperadaban, melalui tiga evolusi; kognitif, pertanian dan sains. 

Memiliki Narator Favorit 


Ohya, di aplikasi Storytel kita juga bisa memiliki Narator favorit. Seperti saya yang suka dibacakan buku oleh Sissy Priscillia ketika membacakan Dilan 1990. Saya bisa mem-follow dia di aplikasi ini. Sissy ketika membacakan kisah Dilan membuat saya merasa benar-benar sedang mendengarkan cerita dari Milea langsung. 

Selain Sissy Priscillia, saya menyukai narator Nadia Almira Sagitta yang menarasikan buku Divortiare. Ketika saya follow dia, muncullah buku-buku lain yang juga dinarasikan oleh Nadia. Nah, kita tinggal memilih nih mau mendengarkan buku apalagi setelah ini? 

Kisah Divortiare menurut saya amat unik. Yakni kisah pasangan suami-istri yang sama-sama sibuk dan jarang punya waktu untuk pasangan. Mereka saling menuntut dan tidak ada yang mau mengalah hingga memilih berpisah. Namun, di tengah perjalanan banyak hal yang terjadi dan dipikirkan kembali hingga terbitlah kesempatan kedua. 


Ragam pilihan buku pada kategori buku anak

Puluhan Kategori Audiobook Indonesia 

Ada banyak kategori dalam aplikasi Storytel ini. Kategori anak, sejarah, ekonomi, fiksi, pengembangan diri, agama, dan lain sebagainya. 

Sebut saja Hunger Games yang membahas rumitnya dunia perekonomian namun tetap best seller karena banyak peminatnya. Kalo kamu, suka baca buku genre apa? 

Pernah dengar judul Mariposa? Yup. Pernah difilmkan pada tahun 2020. Disini ada audiobook novelnya, bergenre young adult. Namun, ada juga buku bergenre thriller dengan judul yang sama, Mariposa. Sudah pernah baca? Hayuk deh kita dengarkan bersama. 

Jadi, kamu udah download aplikasi Audiobook Indonesia ini belum? Jangan bilang belum, ya. Kamu boleh download Aplikasi Storytel untuk iOS maupun Aplikasi Storytel untuk Android ya. Disesuaikan aja dengan smartphone yang kamu gunakan. 

Saatnya Mendengarkan Novel dari Penulis Favorit 

Setiap orang memiliki kesukaannya masing-masing. Seperti saya yang suka membaca novel-novel karya bang Tere Liye. Dulu, sewaktu masih sekolah saya suka nongkrong di perpustakaan untuk membaca buku bahkan dilanjutkan di rumah. Sekarang pun, ketika bertemu novel yang ditulis oleh penulis favorit saya, pasti deh langsung baca. Begitupun disini. 

pengalaman pakai storytel
Saat perjalanan keluar kota sambil mendengarkan buku favorit


Di Storytel saya menemukan novel karya Tere Liye yang berjudul Selamat Tinggal. Udah lama saya penasaran ingin baca, namun belum ada budget untuk membeli bukunya. Nah, pas banget disini ada bukunya dan bisa baca dengan harga terjangkau. Hanya dengan 39.000 per bulan bisa membaca dan mendengarkan puluhan judul buku, loh. Amazing bukan? 


ceritabunda




 









87 komentar:

  1. Awalnya sempat aneh pas denger buku kok didengerin. Lah aku aja males dengerin radio. Apalagi buku. Buku dari dulu ya enaknya dibaca, diraba permukaan dan enak banget bau bukunya, apalagi buku baru.

    Tapi pas coba Storytel ini ternyata seru sekali ya. Kita ga usah repot buka buku. Cukup buka dari hape, dengerin, beres deh. Kita bisa sambil beraktivitas lainnya.

    BalasHapus
  2. Sekarang suka ga sempat baca buku fisik karena banyak kegiatan lain termasuk mengurus balita. Tapi pas baca cerita kakak baru tau sekarang ada storytel yang bisa kita dengarkan. Jadi bisa disambi sambil mengerjakan hal lain deh.

    BalasHapus
  3. Seneng karena ragam buku yang tersedia, sehingga gak bakal bosan buat menyimak.
    Apalagi ini bisa berlangganan juga ya, biar makin semangat lagi bacanya

    BalasHapus
  4. Betul, dulu langganan banget ke perpus atau persewaan buku.
    Dan rela menghabiskan uang saku demi sewa komik dan novel.
    Kenangan banget yaah..
    Kini teknologi sudah maju dan ada aplikasi Storytel yang koleksinya banyak dan bisa mendengarkan versi audiobooknya. Ini sangat menyenangkan.

    BalasHapus
  5. dengan hadirnya Storytel, buku setebal Negeri 5 Menara aja bisa tuntas dalam sehari, asyik banget deh apalagi kita bisa sambil mengerjakan hal lain namun tetap bisa fokus juga dong mendengarkan cerita dari para Narator hebat Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak,
      Apalagi karena dibacakan sama narator yang suaranya keren, jadinya makin seger lagi menikmati audiobook ini

      Hapus
  6. seneng banget deh liat reviewnya storytel ini rasanya jadi semangat lagi buat melahap buku-buku ya, dengan cara lebih praktis gini pasti ngebantu banget deh buat para penikmat buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang jadi asik menikmati buku, karena ada yang bacain hehe.
      Apalagi kalau suaranya asik, pasti jadi tambah seneng

      Hapus
  7. Seru banget app Storytell, karena bisa mendengarkan buku favorit dan bisa sambil melakukan aktivitas lainyya

    BalasHapus
  8. Aplikasi favorit banget nih pas lagi suntuk cari hiburan dengan dengerin buku dari Storytel, berasa di dongengin yaa

    BalasHapus
  9. Jadi ingat zaman dulu suka banget dengerin sandiwara radio. Apalagi kalau naratornya menghayati, ya. Pasti asyik banget.

    BalasHapus
  10. Biasanya belajar dengan hal yang disukai akan lebih cepat masuk pemahamannya. Belajar bahasa asing dengan mendengarkan buku berbahasa asing di Storytel sepertinya akan makin cepat paham kita

    BalasHapus
  11. saya menggunakan aplikasi audiobook ini juga, sangat membantu ketika traveling ga harus bawa-bawa buku lagi

    BalasHapus
  12. Setuju banget, aplikasi audiobook Storytel ini emang jadi cara asik baca buku
    Cukup dengan didengarkan saja ya mbak

    BalasHapus
  13. Cara asik dan terupdate menikmati bacaan dengan audiobook, bisa sambil rebahan dikala weekend bagi aku seorang ibu pekerja

    BalasHapus
  14. Storytel paling asik bisa mengenalkan Gaya Baru menikmati buku kepada anak-anak. Karena anak-anak yang belum bisa membaca akan lebih excited mendapat pengalaman pertamanya menikmati audio book.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangett kak, aku pun jadi punya ide untuk bacakan anak cerita lewat storytel inii, asli membantu banget emang ya!

      Hapus
  15. sebagai penikmat buku yang skrg sudah sulit cari waktu buat baca buku, storytel ini jadi solusi cara baru menikmati buku yaa

    BalasHapus
  16. Samaan mbak, aq juga lagi seneng dengerin buku via aplikasi Storytel, jadi lebih seru dan lebih praktis soalnya tinggal dengerin aja

    BalasHapus
  17. Storytel memang alternatif buat kita yang udah sulit luangin waktu buat baca. Storytel bisa jadi teman tidur, bonus yang dongengin haha

    BalasHapus
  18. Dunia sophie masih jadi wishlist bacaan ku bulan depan. Selamat tinggalnya Tere Liye entah udah berapa kali namatin bacanya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa waktu lalu aku sempat dengerin audiobooknya soulmate di Aplikasi Storytel. Asyik banget dah. Berasa kayak lebih hidup aja gitu. Soalnya kan kayak drama di radio-radio gitu lho. Keren.

      Hapus
  19. ini jadi solusi buat aku nih mba.. karena masih sering kelewatan ngga baca buku dalam sebulan. sediih deh.. pencapaianku menurun drastis dari ketika belum punya anak. haha. kalau sekarang malah sering baca buku anak2 ajaa

    BalasHapus
  20. Nanti kalau ketemu anak mau kasih tahu storytel, ah. Siapa tahu rajin baca, eh dengar buku 🤭

    BalasHapus
  21. baca buku di storytel emang asyik banget sih, yang paling aku suka karena bisa baca sambil dengar. aku yang sok sibuk ini bisa baca buku sambil melakukan banyak hal

    BalasHapus
  22. Murah bisa dengerin buku banyak. Bisa didongengin juga sebelum tidur. Bisa buat belajar bahasa inggris jugaa.

    BalasHapus
  23. aku skrng juga rajin baca (denger) buku di storytel, praktis dan lebih nyaman juga yaa

    BalasHapus
  24. saya juga menggunakan aplikasi dengar buku ini kak, sangat pratis buat yang suka traveling dna suka baca jadi ga perlu bawa bukunya

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. saya juga menggunakan aplikasi dengar buku ini kak, sangat prkatis buat yang suka traveling dna suka baca jadi ga perlu bawa bukunya

    BalasHapus
  27. Seneng, Storytel jadi temen perjalanan yang menyenangkan bagiku. Aku nggak sanggup membaca (buku, ebook, medsos) di dalam kendaraan karena selalu mual. Untung nemu Storytel.

    BalasHapus
  28. Aku juga download Storytel ini lhoo, alhamdulillaah jadi memang ngebantu banget hihi.. bbisa namatin buku sambil masak dan beresin rumah wkwkw

    BalasHapus
  29. Seru Ka... Saya jg unduh aplikasinya, bisa mendengarkan audiobook buku-buku yang kita suka

    BalasHapus
  30. emang ya mba baca buku via audiobook storytel ini jadi cara baru buat baca buku, bisa jadi media edutainment anak juga

    BalasHapus
  31. Bener2 inovasi yg semoga mampu meningkatkan literasi masyarakat. Tahu sendiri orang2 masih enggan baca buku. Tapi dgn Storytel ini, smg gerakan membaca buku makin meningkat karena skrg lebih mudah. Tinggal dengerin audio dari buku2 yang kita inginkan, beres deh. Kita bisa beraktivitas lainnya sambil mendengarkan buku.

    BalasHapus
  32. Saya beruntung sekali bisa dengar buku di sini. Biaya langganan juga tidak mahal. Sudah masuk bulan ketiga saya langganan nih. Banyak buku baru...

    BalasHapus
  33. Baca buku jadi makin asik lewat aplikasi audiobook Storytel ini ya kak
    Cukup didengarkan saja

    BalasHapus
  34. Mendengarkan buku dengan narator yang kita kenal itu menyenangkan sekali.
    Menambah penghayatan dalam mendengar buku di aplikasi audiobook Storytel.

    BalasHapus
  35. Era teknologi baca bukunya lewat Audibook di Storytel. Emang bener si, kalau Audiobook menjadi trend baru mendengarkan buku lewat aplikasi. Apalagi di Storytel banyak banget kategori, sehingga gak takut kehabisan buku yang aka didengar.

    BalasHapus
  36. Aku kemarin siap dengarin audiobook Balada Si Roy di Storytel, asik banget bisa sambil kerjain tugas yg lain. Storytel emang mantap

    BalasHapus
  37. Harga segitu, kita ga usah beli buku, nggak numpuk buku, nggak ada kata sibuk nggak bisa baca buku lagi. Asyik ya!

    BalasHapus
  38. Betul Mbak, mendengarkan cerita via audibook storytel sepertinya bisa menjadi trend baru. Selain bisa disambi melakukan hal lain, mendengarkan para pendongeng atau pencerita dari berbagai negara juga membuka cakrawala kita ya.

    BalasHapus
  39. Aku pertama kali pakai storytel ayat2 cinta naratornya vj nuril duhberasa mengenang saat nonton filmnye hehehe

    BalasHapus
  40. Asik ya, Mbak dengan Storytel jadi bisa menikmati buku dengan cara mendengarkan. Bisa sambil ngelakuin aktivitas lain

    BalasHapus
  41. Kalo pas ada waktu luang aq biasanya dengerin buku via Storytel juga mbak. Asiknya tuh kita nggak perlu repot2 membaca ya

    BalasHapus
  42. Saya juga pakai storytel ini Mbak, suka banget deh, karena bisa bikin waktu kita makin produktif, ya. Selain itu, berasa didongengin kayak jaman kecil dulu, seruuu...

    BalasHapus
  43. Sekarang aku milih langganan Storytel daripada harus beli buku. Karena kalau beli buku fisik lama2 nggak ada tempatnya juga. Seru sih dengerin dibacain buku pakai Storytel.

    BalasHapus
  44. Ini sudah bulan ketiga saya langganan..Pertama coba gratis dan lanjut. Solusi banget buat baca buku ini. Dan Storytel bikin sensasi beda saat membaca. Sukaaaa!!

    BalasHapus
  45. Aplikasi Storytel ini emang recommended
    Cara asik menikmati buku
    Banyak buku-buku best seller di sini

    BalasHapus
  46. Momen liburan lebaran kemarin kan keponakan semua pada kumpul tuh. Seru banget mendengarkan kisah legenda rakyat Jawa Barat dari Storytel. Berasa ada yang mendongengkan gitu...

    BalasHapus
  47. Asyik ya kayak didongengin gitu kalo dengerin audiobook. Apalagi kalo yang bacain suaranya adem ayem, langsung ngantuk *lho. Tapi ini cara baru yang seru sih buat baca buku.

    BalasHapus
  48. Aku belum baca bukunya Tere Liye nih di storytel. Masih pengen baca buku buku yang udah lama jadi incaran tapi belum sempet dibaca. Asyik banget nih paket storytel. Karena aku gak punya cukup waktu santai untuk baca.

    BalasHapus
  49. Saya suka banget sama aplikasi audiobook storytel ini karna membaca buku pun jadi semakin praktis di lakukan kapanpun dan dimanapun.

    BalasHapus
  50. Penasaran sama aplikasi ini . Tapi mesti selektif

    BalasHapus
  51. Storytell ini membuat orang menikmati buku dengan cara baru. Makin bikin orang cinta buku.

    BalasHapus
  52. Adanya aplikasi storytell ini cukup membantu mereka yang kurang suka baca buku ya Mbak. Jadi mereka tetap bisa "baca buku" dalam versi mendengarkan😍

    BalasHapus
  53. Seru kalau bisa duduk tapi sudah banyak pengetahuan yang masuk. Storytell memang top banget.

    BalasHapus
  54. Seru ya kayaknya bakal jadi another level buat memahami isi buku

    BalasHapus
  55. Aku dari kemarin belum sempat download aplikasi ini, penasaran baca tulisannya

    BalasHapus
  56. Apakah ini mirip dibacakan dongeng gitu ndak sih? Soalnya saya kalau dibacain dongeng bisa langsung ngantuk, wkwkwk. Tapi penasaran juga swrunya membaca lewat telinga.

    BalasHapus
  57. ada genre cerita komedi ga sih di aplikasi storytel ? soalnya saya sekarang suka buku buku yang mengundang tawa.biar hidup lebih rileks

    BalasHapus
  58. solusi buat yang mau tahu ending sebuah buku atau mempelajari isinya tapi males buat baca. Beneran solusi yang efektif dan efisien banget

    BalasHapus
  59. Aku juga udah buktiin keseruan download Storytel ini. Sekarang baca buku makin gampang ya kak. Ngga perlu lemari banyak buat nyimpen bukunya. Cukup buka dan simpan di aplikasi Storytel. Kalo mau baca tinggal klik aja, langsung dibacain. Bahkan ama penulisnya langsung. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Karena lama2 effort juga ya butuh penyimpanan buat buku2. Bahkan meski udah dihibahkan masih aja butuh tempat banyak. Buat yang rumahnya kecil agak pusing juga ngatutnya. Makanya Storytel ini membantu banget untuk yang hobi baca tapi ga mau dipusingkan sama storage.

      Hapus
  60. Aplikasi favoritku. Aku suka baca buku tapi, kalau di dalam kendaraan berjalan aku nggak bisa baca buku. Baca WA dan Skrol medsos juga nggak bisa karena selalu mual. Ada Storytel perjalananku jadi lebih menyenangkan. Serasa bisa memanfaatkan waktu seoptimal mungkin.

    BalasHapus
  61. Bener2 amazing mbak....kita bisa baca buku favorit sambil beraktifitas lainnya. Berkat Storytel pula, novel2 impian yang tadinya belum sempat kebaca akhirnya bisa dengan mudah dibaca sambil didengarkan. Seru berkat Storytel.

    BalasHapus
  62. Ketemu lagi sama artikel yang bahas Storytel. Memang aplikasi lagi populer banget ya mba

    BalasHapus
  63. Langganan aplikasi Storytel sebulan cuma 39.000, masih termasuk murah lah. Apalagi buku2nya juga banyak. Praktis ya bisa tahu isi bukunya tanpa harus baca.

    Aplikasi ini cocok bagi orang audio seperti saya heheheh.

    Kalau Kakak apa suka dengerin buku yg nonfiksi juga?

    BalasHapus
  64. Storytel ini menjadi hiburan saya saat sedang mengerjakan pekerjaan rumah dan kemarin saat mudik, enak banget bisa tetap menyimak cerita tanpa harus screen time

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaa..
      Perjalanan anak-anak tetap bisa mendengar stirytel yang basednya adalah buku. Jadi memahami alur kisah san bisa mengambil makna bersama Storytel.

      Hapus
  65. Saya suka banget sama storytel ini karena bisa jadi teman tidur seolah-olah kita lagi didongengin hihihi.

    BalasHapus
  66. Wahh aku juga make ini:) Sangat menyenangkan mencoba alternatif cara baru ini.

    BalasHapus
  67. Storytel ini cocok buat yang pengen baca buku tapi nggak sempat baca buku atau tipe yang lebih suka dengerin buku ketimbang baca buku ya, mbak. Mana bisa didengarkan kapan saja juga

    BalasHapus
  68. Aplikasi Audiobook Storytel keren ya...menurut sangat membantu buat yang tidak sempat membaca. Karena bisa mendengarkan baacaan buku yang dibawakan narator. Murah pula langganan per bulannya. Nice infonya mba... makasih

    BalasHapus
  69. Aku juga ndengerin Dunia Shopee mbak.. Dulu pernah punya bukunya lalu dipi jam dan tak kembali. Mendengarnya kembali melalui storytel semacam bernostalgia lah..

    BalasHapus
  70. Dengan adanya audiobook dari Storytel kemana saja bisa baca atau mendengarkan cerita buku tanpa harus membawa buku. Keren banget

    BalasHapus
  71. Menyenangkan sekali memang mendengarkan storytel ini, seperti memasuki dunia yang baru.. Senengnya lagi, bisa dilakukan sambil beraktifitas lainnya

    BalasHapus
  72. Keren sih emang Storytel. Cuma 39 ribu udah bisa dengerin banyak buku. Bisa cek2 icip dulu ibaratnya yg mau kita dengarkan sesuai ga sm tipe buku yg kita sukai. Aku udah dengerin selamat tinggal nya Tere Liye dan ciamik

    BalasHapus
  73. Bulan ini aku selesai mendengarkan Mariposa di aplikasi audibook Storytel.
    Rasanya seneng banget, karena aku gak perlu beli bukunya dan dibacain dengan menyenangkan di aplikasi ini.

    BalasHapus
  74. Habis bayar langgananya lagi nih saya untuk bulan Mei. Makin banyak buku yang bisa saya baca dengan cara didengarkan di sini.

    BalasHapus
  75. Storytel ini suka aku pakai dalam perjalanan di motor. Rasanya asik aja gitu bisa melakukan pekerjaan sekaligus ya jadi lebih hemat waktu

    BalasHapus
  76. Aku juga pakai Storytel ini kak. Paling suka kalau lagi travelling, nunggu sesuatu, di perjalanan pasti langsung dengerin buku. Jadi bikin otak tetap fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kegiatan menunggu jadi gak membosankan ya, Mbak. Kita bisa lalui sambil mendengarkan buku di Storytel

      Hapus
  77. Buat teman perjalanan kayaknya seru nih, mendengarkan buku. Kan kalau baca di mobil, mata malah sakit dan kepala puyeng. Apalagi kalau macet, be-te...Pasang audiobook, nambah pengetahuan dan wawasan...

    BalasHapus
  78. amazing banget ya storytel ini. membaca buku berasa didongengkan. mau instal aplikasi ini jugalah supaya bisa baca buku favorit dengan mudah

    BalasHapus
  79. Aku udah download nih aplikasi storytel. Udah berlangganan pula. Rekomended pokoknya.

    BalasHapus
  80. Belum jadi terus nih mau nyoba storytel, biar bisa "baca buku" sambil ngerjain kerjaan rumah, hehehe

    BalasHapus