Lima Jenis Berlian Terbesar dan Terlangka di Dunia

Berlian terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat inilah yang membuat berlian digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan dalam dunia industri. Dari sekian banyak jenis berlian di dunia ini, terdapat beberapa jenis istimewa yang sangat langka sehingga nilainya pun sangat tinggi. Berikut daftar jenis berlian terbesar dan terlangka di dunia:

1. The Spirit of de Grisogono
Spirit of de Grisogono adalah berlian hitam terbesar di dunia yang pernah dipotong. Diambil dari Afrika Tengah dan dipotong oleh perhiasan Swiss de Grisogono. Berlian dengan berat 312,24 karat (62,45 g) ini diatur dalam sebuah cincin emas putih dengan 702 berlian putih kecil seberat 36,69 karat (7,34 g).

2. The Ocean Dream Diamond
Berlian dengan berat 5,51 karat (1,102 g) dinilai mempunyai warna yang sangat unik oleh Gemological Institute of America. The Ocean Dream adalah berlian alami yang menjadikannya sebagai salah satu berlian paling langka di dunia.

3. The Hope Diamond
Berlian dengan berat 45,52 karat ini ditemukan di sebuah tambang di India pada tahun 1812. Ini adalah salah satu berlian paling mahal di dunia dengan nilai sekitar 250 juta dolar dan disimpan di Museum Nasional Smithsonian of Natural History dengan keamanan tingkat tinggi.

4. The Graff Pink Diamond
Berlian berwarna pink ini dipotong dengan sudut dibulatkan, dan dipasang pada sebuah cincin perak dengan dua pengapit perisai berbentuk berlian. Diketahui beratnya 24,78 g juga merupakan salah satu berlian yang sangat langka.

5. The Steinmetz Pink Diamond
Dengan berat sekitar 59,60 karat ini memiliki potongan brilian campuran oval. The Steinmetz Pink Diamond ini adalah salah satu permata paling langka yang ditemukan di dunia.

Berlian asli akan menunjukkan cahaya berkilau metalik adamantine yang cukup kuat. Beberapa jenis lain ada juga yang memiliki sifat buram. Berlian yang asli pun biasanya memiliki kecacatan pemotongan, namun hal ini tidak mempengaruhi nilai jualnya yang sangat tinggi.

Berlian seringkali disamakan dengan intan. Padahal sejatinya mereka jelas berbeda. Intan adalah batuan mulia yang menjadi bahan dasar dari berlian. Jadi Intan masih berbentuk batu belum diolah sedangkan berlian sudah diolah berbentuk perhiasan. 


0 komentar:

Posting Komentar