Asi Dari Dua Sisi: Mengasihi Sepenuh Cinta

Setelah hamil dan melahirkan, maka menyusui menjadi perjuangan berikutnya bagi orangtua. Bagaimana pengorbanan dan perjuangan seorang ibu disertai support oleh sang ayah dalam mengASIhi hingga dua tahun lamanya.



Tentu tidak mudah, karena akan ada banyak drama yang menyertai. Namun dengan full support orang-orang di ring 1 sang ibu terutama pasangan, maka perjalanan mengASIhi akan terlewati dengan penuh cinta.

Terkadang seorang ayah abai dalam hal menjaga kesehatan fisik dan mental seorang ibu yang baru melahirkan. Ia hanya fokus pada tugasnya mencari nafkah di luar rumah. Ketika pulang ke rumah, perhatiannya hanya tertuju pada sang buah hati. Nah, pasangan yang seperti ini perlu mendapat edukasi lebih dalam proses mengASIhi yang panjang. Belum lagi jika ketika menyusui si bayi yang mulai tumbuh gigi menggigit puting susu ibu sehingga lecet. Duh, kebayang kan gimana rasanya?

ASI DARI DUA SISI

Untuk itulah #PrenagenXHelloSehat menyelenggarakan sebuah event yang bertajuk ASI DARI DUA SISI pada 16 November 2019 lalu di Eighty Nine Spirit Kemang, Jakarta Selatan. Mereka yang hadir pada event ini dianjurkan datang bersama pasangan. Kenapa? Karena tujuannya adalah mengedukasi para orangtua baru bahwa mengASIhi itu adalah tugas dan tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas ibu saja.  Lha wong bikinnya aja bareng, so merawat, membesarkan dan mengASIhi yo kudu bareng tho. Sepakat?


Datang ke event bersama suami 
Banyak banget sih insight baru yang kudapatkan setelah pulang dari event ini. Suami jadi teredukasi juga, donk. Ia yang selama ini udah support, jadi makin support dan lebih aware lagi terhadap perkembangan diriku yang sedang hamil tua ini. Apalagi disini diajarkan juga bagaimana cara membersihkan dan memijat payudara, pijat oksitosin, cold and heat therapy, hingga teknik menyusui secara benar agar bayi tidak menggigit puting susu ibu. So, ayah udah siap jadi ayah ASI, donk ya.

Kenapa temanya adalah ASI DARI DUA SISI? Karena memang disini ingin membahas tuntas mengenai proses mengASIhi yang melibatkan dua sisi, yakni dari sisi ayah maupun dari sisi ibu. Keduanya tentu sama-sama memiliki peran yang besar untuk kesuksesan menyusui selama dua tahun. Sehingga baik ayah maupun ibu paham porsi tugas masing-masing dalam rangka mensukseskan program mengASIhi sang buah hati.


Febie Arimbi dan Suami sharing mengenai pengalamannya mengASIhi kedua buah hati

SHARING PENGALAMAN MENYUSUI OLEH FEBIE ARIMBI DAN PARTNER

Dalam kesempatan ini hadir pula seorang influencer yang concern sharing mengenai parenting di akun instagram @febyeles. Ia merupakan ibu dari dua anak, Kenzo dan Keiko yang jarak usianya cukup dekat. Tanpa Nanny dan ART, Ia senantiasa memberikan yang terbaik untuk suami, anak-anak dan dirinya sendiri. 

Ya, menurutnya, seorang ibu juga harus punya waktu untuk memperhatikan dirinya sendiri. Jadi memang me time itu perlu. Gak perlu waktu lama atau harus keluar rumah, dengan mandi dan merawat badan serta penampilan di rumah, atau menonton film kesukaan kala anak-anak tidur, membaca buku, atau apapun itu sudah bisa membuat mood ibu membaik kok. Apalagi jika seorang istri senantiasa mandi di pagi hari, udah rapi wangi kan memanjakan mata suami juga. Ye kan?


Ketika ibu me time anak-anak bagaimana? Ya disinilah peran suami dibutuhkan.

“Aku tuh selalu masak sehabis subuh, sebelum anak-anak bangun. Jadi masaknya sekalian agak banyak buat seharian, plus buat anak-anak juga. Nanti ketika anak-anak bangun aku udah selesai masak. Anak-anak main sama papanya dulu, sementara aku mandi. Jadi pagi-pagi udah mandi, rapi, wangi. Setelah suami berangkat kerja, baru deh anak-anak main sama aku.” Ujar ibu dua anak ini.

Begitu juga saat malam tiba. Ketika anak-anak masih bayi dulu, suami juga support sang istri menyusui di malam hari dengan nemenin melek, nyemil, nonton film, dan lain sebagainya. Selesai si bayi menyusui pun suami pula yang menggendongnya hingga sendawa, dan menidurkannya sehingga sang istri pun ada jeda waktu untuk istirahat.



Mbak Febie mengungkapkan, dulu setelah melahirkan anak pertamanya, Kenzo, ia pun sempat bingung, kalut karena banyak ketidaktahuannya mengenai ilmu menyusui dan merawat bayi. Apalagi mereka sudah tinggal jauh dari orangtua. Yang pada akhirnya hanya meraba-raba dan bertanya sana-sini dan berujung makin bingung pula karena intervensi dari orangtua maupun mertua terkadang berbeda versi. Namun, itu dulu. 

Karena setelah anak kedua lahir, ia sudah membekali diri dengan berbagai macam ilmu perawatan bayi, menyusui dan lain sebagainya dengan cara browsing di internet. Ya, mbak Febie mengaku sejak ia menemukan artikel di hellosehat.com ia jadi keranjingan menambah ilmu dari sana. Hingga saat ini ia lebih enjoy dalam menjalani perannya sebagai seorang ibu dari dua anak yang aktif dan ceria. Apalagi HelloSehat sebagai media publisher kesehatan memang concern banget menyediakan artikel-artikel terkait kesehatan yang sangat lengkap.


PERAN AYAH DALAM PRODUKTIVITAS ASI

Sejalan dengan sharing dari Mbak Febie dan Mas Adi yang full support terhadap sang istri dalam hal menyusui, dalam event ini juga menghadirkan sang expert yakni Bidan Israna Atikah S.Keb yang akan sharing seputar payudara sebagai alat penghasil dan penyalur ASI.


Bd. Israna Atikah S.Keb 

Menurutnya, banyak ibu yang sedang menyusui mengalami puting lecet karena bayi yang suka menggigit puting, ASI yang keluar sedikit, hingga puting yang tenggelam yang menyebabkan sang ibu kesulitan untuk menyusui bayinya.


Berbagai problem yang kerap melanda sang ibu sebenarnya dapat dihindari atau diminimalisir dengan bantuan sang ayah ASI. Nah, peran pasangan cukup penting disini. Yakni bisa membantu memijit payudara sang istri agar produksi ASI makin lancar dan melimpah.

Maka dalam event ini Bidan Israna menyampaikan bagaimana cara melakukan perawatan payudara alias Breast Care yang dapat dilakukan oleh sang ibu di rumah dengan bantuan sang ayah tentunya. Rangkaian Breast Care ini diantaranya pijat payudara, pijat oksitosin dan cold and heat therapy.




Breast Care ini sendiri memiliki tujuan dan manfaat yang cukup signifikan ya, diantaranya menjaga kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan puting susu, mengeluarkan puting susu yang tenggelam, dan memperbanyak produksi ASI.

Simak cara menyusui bayi yang benar agar puting tidak lecet disini


FAKTOR PENDUKUNG PRODUKTIVITAS ASI

Selain dipijit dan disupport oleh suami, tentunya ada pula faktor-faktor lain yang membantu meningkatkan produksi ASI. 

Salah satunya yakni mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi dan menyempurnakan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan minum susu. Susu untuk ibu hamil dan menyusui yang penuh nutrisi untuk mendukung produksi ASI bagi ibu menyusui adalah PRENAGEN. Apalagi jika bayinya berjenis kelamin laki-laki, dimana pada umumnya kebutuhan ASInya lebih banyak maka nutrisinya pun akan terasa kurang jika hanya mengandalkan dari makanan saja. 



Perlu disupport dengan minum susu ibu menyusui juga, yakni PRENAGEN Lactamom. Varian rasanya juga ada berbagai pilihan yang sesuai selera ibu. Rasa enak, nutrisi terpenuhi, mengASIhi pun semakin lancar dan penuh cinta. Sesuai donk dengan tagline-nya PRENAGEN yakni Nutrisi Lengkap Ibu dan Buah Hati #CompleteforTwo.


LAUNCHING FORMAT BARU PRENAGEN

Dalam kesempatan kali ini Ibu Ilona selaku Senior Brand Manager PRENAGEN meluncurkan produk baru dari PRENAGEN. Yakni PRENAGEN ALMOND SOYA. Dengan kandungan kacang almond, barley dan soya dari alam sebagai snacking drink bernutrisi untuk ibu dan buah hati dengan rasa yang segar dan rendah laktosa.



Dengan kemasannya yang travel friendly mudah dibawa kemana saja dan diminum kapan saja. Ngemilnya jadi ngemil sehat donk, ya. Apalagi jika dikonsumsi dingin akan terasa lebih nikmat dan segar. Rendah lemak, rendah gula namun tinggi asam folat. Pas banget kan ini sebagai tambahan nutrisi untuk ibu hamil maupun menyusui.



Senengnya lagi aku bersama 25 ibu lain yang hadir di event ini jadi orang-orang pertama yang nyobain PRENAGEN Almond Soya. Yeay! Memang enak, loh. Aku yang gak doyan susu kedelai aja bisa habis minum ini. Beneran enak, almondnya kerasa. Benar-benar perpaduan rasa yang unik menurutku.


ADA YANG BARU DARI KALBE FAMILY

Selain Ibu Ilona, ada pula Ibu Marissa selaku Head of Marketing Kalbe Family. Beliau menjelaskan bahwa saat ini Kalbe meluncurkan program baru pada aplikasi Kalbe Family yang merangkul seluruh customer dan memberikan berbagai kemudahan akses.  

Apa sih yang baru di aplikasi Kalbe Family?


  • Products Point Collection

Belanja produk Kalbe sesuai kebutuhan dan kumpulkan poinnya dengan berbagai gift dari Kalbe

  • Kalbe Family Gift

Tukarkan poin yang telah terkumpul dengan beragam pilihan hadiah yang ada. Diantaranya Voucher belanja, peralatan rumah tangga, stimulasi / mainan anak,  jam tangan hingga smartphone.

  • Kalbe Family Spot

Dapatkan diskon khusus setiap berbelanja di merchant yang telah bekerjasama dengan Kalbe Family.

Setiap membeli produk Kalbe customer berhak mendapatkan poin sesuai produk yang dibeli. Yang mana nantinya poin-poin yang telah terkumpul diakumulasikan sehingga dapat ditukar menjadi sebuah gift maupun voucher belanja yang dapat dipakai di berbagai merchant lainnya. So, program yang sungguh menarik bukan? Customer makin sehat, makin hemat dan happy pula dapat gift terbaik. 

So, kamu udah download aplikasi Kalbe Family belum?



40 komentar:

  1. suka sekali sama copywrite Asi Dari Dua Sisi, maknanya dalam dan cukup luas juga

    BalasHapus
  2. Benar sekali Mbak. Masa menyusui adalah masa paling berat bagi seorang Ibu. Karena harus mempersiapkan fisik dan psikologi. Alahamdulillah saya bisa melewati masa ini dengan bahagia. Meskipun kadang memang timbul perasaan capek, tetapi setelah melihat si bayi, jadi semangat lagi. Ini acaranya kerwn habis ya. Mengupas tuntas tentang mengASIhi baby plus dapat info tentang produk Prenagen.

    BalasHapus
  3. Ah masya allah ini harus digaungkan biar ayah juga paham kalo urusan punya anak dan merawat bayi baru lahir adalah tanggunh jawab bersama. Bahkan sekedar nenemani sang ibu mengasihi di tengah malam sambil menyiapkan keperluan ibu sudah begitu anugrah

    BalasHapus
  4. Kerjasama antara suami dan istri ini sesungguhnya sebuah kebutuhan setiap pasangan ya. Kalaupun ada yang tidak demikian, mungkin mereka belum tahu. Karena kalau sudah merasakan betapa satu sama lain saling melengkapi, kebahagiaan berumah tangga batu kan terasa

    BalasHapus
  5. ASI dari Dua Sisi, slogan yang pas banget untuk mendukung ibu yang baru melahirkan. Setelah melahirkan, ibu harus menjalani proses menyusui yang sangat membutuhkan dukungan dari suami. Jadi, kegiatan memberi ASI itu perlu dukungan dari ayah ya... agar ibu tidak stres atau terkena baby blues

    BalasHapus
  6. Bagus ini untuk pemelajaran keluarga muda, bahwa urusan ASI bukan hanya ibu tetapi juga ayah. Pinter yg bikin quote...
    Semoga anak² Indonesia sehat...

    BalasHapus
  7. Kadang para suami enggan terlibat sama urusan beginian, apalagi kalau diajak ikut kegiatan atau seminarnya. Padahal ternyata dukungan suami penting banget ya agar asi lancar

    BalasHapus
  8. Salah satu kunci biar lancar mengASI adalah dukungan dari suami. Mantap ni paksu mbak qoty mau diajak ke acara seperti ini.

    BalasHapus
  9. Setuju banget ni mba. MengASIhi emang nggak cuma kewajiban ib tapi juga ayah, lha wong bikinnya barengan hihihihi. Suka bagian itu wkwkwkwk. Btw sehay2 ya bumilll....

    BalasHapus
  10. Info yang berguna banget untuk ibu - ibu dan bapak - bapak gimana supaya bisa saling support dalam membesarkan anak terutama masa - masa anak masih perlu ASI

    BalasHapus
  11. Oh tentu dong peran ayah juga besar dalam pemberian ASI kepada bayi. Ibu dan ayah wajib hukumnya saling membantu, jangan cuma enaknya aja mentang2 cari duit lalu ga peduli hihiii. Aku juga dulu minum rutin Susu Prenagen ketika sedang hamil dan menyusui. Cocok, pas rasanya enak dan bermanfaat buat janin dan ibunya.

    BalasHapus
  12. Support suami sangat penting untuk busui, agar masa menyusui dpt berjalan lancar tanpa hambatan ya mbak. Dan ini kemasan barunya ya, jd bisa di bawa kemana-mana ya mbak.

    BalasHapus
  13. Bener sih. Kalau ada event begini memang seharusnya bukan cuma ibu saja yang ikutan, tetapi juga ayah. Agar sama-sama teredukasinya. Hehehe

    BalasHapus
  14. alhamdulillah saya aman2 saja selama menyusui. Suami bisa bekerjasama, tp sekarang banyak cerita klo suaminya masa bodo dg kondisi si iatri setwlah melahirkN.600

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, 2x menyusui asi saya termasuk yang subur sekali sampai mancur-mancur...
    Support suami tuh emang penting banget.

    BalasHapus
  16. naaah.. sepakat, suami juga kudu digeret. banyak menjumpai suami2 yang ga mau peduli. seolah menyusui hanya problem istri.

    BalasHapus
  17. Halo Sehat memang recommended untuk mencari artikel kesehatan. Bahasannya juga tuntas dan pas.
    Saya juga menyusui, Mbak. Alhamdulillah disupport suami juga. Alhamdulillah hampir lulus satu tahun. SUami mau pijitin punggung. Ala-ala pijat oksitosin meski tidak mirip juga. Wkwkwk.
    Sesukanya saja. Kalau dibenerin malah selesai memijatnya.

    BalasHapus
  18. Dulu sebelum anak lahir aku gak belajar detail soal per ASIan. Aku anggap enteng huhu. Eh taunya aku gagap, trus kena mastitis, anak bingung puting, drama bgt dah
    Sepenting itu ilmu soal ASI.

    BalasHapus
  19. Senengnya kini Prenagen punya kemasan travel friendly biar asupan gizi bumil dan busui tetap tercukupi.
    Aku baca ini ikut hepi, ayah sebagai support system utama dalam pemberian ASi memang mesti diedukasi. Sehingga proses mengASIhi akan berjalan sesuai yang diharapkan.
    Salut untuk Prenagen yang peduli dan para Ayah Bunda di luar sana yang berjuang yang terbaik melalui ASI untuk putra-putrinya!

    BalasHapus
  20. Seorang ibu dalam memberikan ASI kepada anaknya memang harus didukung oleh si ayah. Makanya kalau ada event seperti ini sangat pas dihadiri oleh keduanya ya

    BalasHapus
  21. Peran suami memang penting banget. Saya merasakan banget support suami. Jadi lebih relax saat menyusui

    BalasHapus
  22. Aku juga hadir di acara kemarin acara ASI dari dua sisi menurutku sangat penting untuk mensukseskan ASI peran suami sangatlah penting Untuk mensupport para istri

    BalasHapus
  23. Semangat buk-ibu...
    perjuanganmu akan terus berlanjut, bukan cuma pas hamil dan melahirkan tapi juga pemberian ASI dll.

    BalasHapus
  24. tumbuh dan kembang anak memang ditentukan oleh kedua faktor ini. Asi dari ibu dan mengASIhi dari sisi bapak. Keduanya berimbang, maka anak bisa terus berproses untuk tumbuh dan kembangnya

    BalasHapus
  25. Seneng Ya bisa datang k acara ini... Nambah ilmu banget...
    Prenagen almondnya uenaak... Meski g Hamil aku nyoba beli hehr

    BalasHapus
  26. Udah jadi member kalbe, tapi belum pernah tukar-tukar sama merchandise nih..belum cukup poinnya. Tapi ngelihat kartu membernya aja udah senang, cakep soalnya. Nama kita dicetak khusus.

    BalasHapus
  27. Jadi inget dulu waktu sukses menyusui Audrey sampai 2 tahun karena dukungan suami, dari bangun ditengah malam untuk gendongin adek yg nangis karena ingin nyusu sampai cairin ASI dari kulkas saat aku ngantor

    BalasHapus
  28. waaaah aku baru tau kalo kalbe ada applikasinya sekaraaang. astaga noraknya diriku

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah suamiku termasuk ayah ASI tapi bukan ayah begadang hehehe.... jadi ingat dulu aku hobi banget beli asi booster supaya produksi asi ku bagus dan banyak

    BalasHapus
  30. Sangat menyenangkan kalau suami support istri dalammemberi ASI ya mbak, bantuin yang ringan2 kek mijitin, nyendawain anak gtu aja dah bikin ibu hepi. Wah Prenagen punya produk baru ya? AKu dulu pas menyusui juga minum susunya Prenagen yang coklat :D

    BalasHapus
  31. Acara yang melibatkan suami kayak gini harus sering-sering banget diadain ya kayaknya. Berfaedah. Bapak-bapaknya jadi bisa tahu seluk beluk tentang menyusui.

    BalasHapus
  32. Setuju bgt peran ayah tuh penting bgt agar proses mengASHi bisa sukses dan ibu enjoy jalaninnya. Acara kemarin seru ya mb banyak ayah ASI yg antusias menyimak

    BalasHapus
  33. Kalau tanpa peran ayah, produksi ASInya tuh bakalan terganggu banget. Ibu juga akan semangat untuk berikan asi dankebutuhan gizi anak pun tercukupi dengan baik

    BalasHapus
  34. Peran ayah ASI emang penting banget ya Mom. Walau tidak menyusui tapi ia selalu hadir di setiap sisi. Salah satu wujud perannya yaitu oijat oksitosin dan sellau membuat si ibu bahagia :D

    BalasHapus
  35. Akan sangat menenangkan ya Mak ketika ayah juga memahami apa yang harus dilakukan ketika iatri sedang mengASI. Dengan begitu, rasa bahagia pun mudah tercipta.

    BalasHapus
  36. Wah.. Asik ya mba suaminya mau diajakin ke acara.
    Suamiku bukannya gak mau sih, tp karena sering ke luar kota, jadi jarang pas waktunya mau diajak pergi ke acara bergizi begini.

    BalasHapus
  37. Benerr banget memberikan ASI itu bukan hanya tugas seorang ibu. Tapi butuh dukungan ddari ayahnya. Supaya Ibu tetap semangat mengasihi ya.

    BalasHapus
  38. Harus bersama juga ya agar asi yg terbaik dan berkualitas. Ibu juga merasa diberi kasih sayang yg teramat oleh suami

    BalasHapus
  39. duuuh yg abis ngerasain enaknya prenagen almond soya. hmmm saya jg mauuu. sabar menanti beredar di pasaran deh

    BalasHapus
  40. Memang suami berperan pentinv saat mengASIhi yaba,suami harus menjaga mood dan suasana istri baik dan senang agar ASI lamcar kalau aku sih gitu.kadang suami aku nemenin aku begadang juga kalau malam.nyusuin bawain makanan enak kasih gift2 kecil biar aku happy

    BalasHapus