Ingin Lebih Produktif? Coba Deh Pakai Smartwatch Android Ini!

Dalam dunia kerja, produktivitas adalah hal yang utama. Apalagi jika didukung dengan pengaturan waktu yang baik sehingga lebih efisien dalam pengerjaannya, maka makin baguslah performa kerja kita. 

Begitu pula bagi seorang Momblogger seperti saya. Yang dalam kesehariannya disibukkan dengan hal-hal urusan domestik rumah tangga dan urusan blogging. Seperti menghadiri sebuah event untuk meliput, menuliskan laporan, membuat konten dan masih banyak lagi. 

Belum lagi jika ada deadline yang timelinenya beriringan. Jika managemen waktunya kurang baik, bisa dipastikan ada yang tertinggal. OMG! Jangan sampe deh, ya! Meskipun bekerja dan berkarya dari rumah, tetap harus berusaha memberikan yang terbaik kepada klien dengan bekerja seprofesional mungkin. Jangan sampai produktivitas menurun hanya karena gagal dalam hal managemen waktu!




Managemen Waktu Seorang Momblogger

Namanya saja Momblogger, ya dia adalah seorang Mom yang juga seorang blogger. Pekerjaannya berkutat di dunia rumah tangga yang urusannya nggak jauh dari mengurus anak, mengurus rumah dan suami. Namun tak lepas pula dari kegiatan blogging yang seringkali cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran. 

Lantas bagaimana cara seorang Momblogger mengatur waktunya? Tentu harus punya managemen waktu yang baik donk. Nggak akan bisa berhasil dalam salah satu maupun keduanya jika managemen waktunya buruk. Betul? 


Ini dia tips managemen waktu yang baik ala Momblogger

  • Tentukan skala prioritas

Kunci sukses seseorang ada pada skala prioritasnya. Umumnya seseorang yang tahu apa prioritasnya dalam hidup ia akan mudah dalam melangkah untuk mencapai tujuannya. Begitu pula dengan Momblogger seperti saya. 

Bagi saya, keluarga kecil saya yakni suami dan anak-anak adalah prioritas utama. Maka saya akan mengutamakan mereka di atas kegiatan blogging saya. Namun tetap dengan tidak mengesampingkan fokus, ya. Jadi bisa tetap fokus mengurus keluarga dan fokus pula dalam dunia blogging

Gimana caranya agar bisa fokus di keduanya? Simak dan ikuti tips berikutnya. 

  • Delegasikan pekerjaan yang memang bisa didelegasikan

Karena prioritas utama saya adalah keluarga kecil saya, maka saya akan mendelegasikan pekerjaan rumah yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Misalnya membersihkan rumah, saya lakukan hanya sekali sehari atau terkadang menggunakan jasa orang lain untuk membantu. Menyetrika pakaian, tinggal kirim ke laundry. Dan lain-lain. Silakan ukur sesuai kemampuan. 

Dengan mendelegasikan pekerjaan maka kita bisa mengefisienkan waktu kita. Sehingga tetap bisa menulis atau meliput suatu event di sela-sela mengurus rumah tangga. 
  • Menentukan waktu menulis 
Tentukan satu waktu dimana kita bisa fokus menulis setiap harinya. Misalnya pagi hari pukul lima hingga pukul enam, hanya fokus menulis setiap hari. Atau jika paginya sudah hectic dengan urusan rumah tangga, maka kita bisa menulis di siang atau sore bahkan malam hari. Yang terpenting adalah jangan pernah melewatkan satu hari tanpa menulis. 
  • Mengondisikan rumah dan penghuninya ketika akan menghadiri suatu event
Ini biasa saya lakukan jauh-jauh hari sebelum hari H. Jika akan menghadiri suatu event, maka saya sudah melakukan sounding kepada anak-anak. Ketika saya bisa membawa mereka turut serta, saya akan sounding bagaimana gambaran situasi saat event, membawa amunisi agar anak tetap tenang, dll. Ketika saya tak bisa membawa mereka maka saya akan memberikan sounding untuk meminta pengertian mereka agar berkenan memberikan izin untuk Mom-nya pergi dan bersedia bermain di rumah saja dengan sang ayah ataupun saudara lainnya. 
  • Membuat jadwal harian
Alangkah lebih baik jika jadwal harian apa-apa saja yang dilakukan setiap harinya sudah tersusun dengan baik. Maka kita tinggal mematuhi saja jadwal yang sudah ada tersebut. 
  • Disiplin
Ini salah satu kunci yang paling penting agar segalanya dapat terlaksana dengan baik, yakni disiplin. Memang agak sulit pada awalnya, namun jika sudah terbiasa akan mudah juga kok. 

Bisa juga menggunakan alat untuk bantu mengingatkan kita akan jadwal yang telah dibuat. Jadi alat ini menjadi semacam alarm agar kita bisa tetap disiplin. 

Menggunakan Alat Bantu Agar Lebih Produktif

Selain managemen waktu yang baik, kita juga bisa menggunakan alat bantu yang dapat membantu kita agar lebih produktif dalam berkarya. 

Karena terkadang jika hanya mengandalkan diri sendiri dan jadwal yang sudah dibuat saja, saya tetap keteteran sehingga produktivitas pun menurun. So, ada baiknya jika kita memiliki sebuah alat yang dapat membantu kinerja kita. 

Apa aja sih alat bantu yang bisa digunakan? Diantaranya smartphone dan smartwatch. Jika menggunakan smartphone untuk membantu kita lebih produktif sudah biasa, maka kali ini saya akan membahas mengenai alat bantu yang luar biasa yakni smartwatch

Apa aja sih yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan produktivitas dan performa kerja kita dengan smartwatch ini? 

source: slashgear.com


Tentang Smartwatch

Secara umum smartwatch dikenal sebagai perangkat pintar yang terhubung dengan smartphone untuk menjalankan beberapa fungsi di samping fungsi utamanya sebagai jam tangan. Smartwatch dapat terkoneksi dengan perangkat pintar lainnya melalui Wi-Fi dan bluetooth. 

Banyak hal yang dapat diakses oleh pengguna melalui smartwatch ini. Diantaranya berita, cuaca, notifikasi pesan, telpon, email, bahkan pada smartwatch versi terbaru pengguna dapat mengetahui informasi kesehatan badannya. Hampir seperti smartphone, ya? Namun smartwatch ini tidak dirancang untuk menggantikan smartphone kok. Hanya saja mereka bisa berdampingan, karena smartwatch ini mengirimkan 'alert' atau notifikasi dari pesan maupun panggilan yang masuk pada smartphone yang terintegrasi. 

Dari tahun ke tahun semenjak awal kemunculannya pada tahun 2000-an, smartwatch terus berkembang. Dari yang awalnya hanya memiliki beberapa fitur seperti dapat mendengarkan musik saja, terus berkembang hingga memiliki banyak fitur canggih yang dapat menunjang mobilitas kaum millenials. 

Rekomendasi Smartwatch Android Tuk Bantu Tingkatkan Produktivitas

Tak dapat dipungkiri bahwa pengguna smartphone di Indonesia amat meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan saat ini sudah melebihi jumlah populasi di Indonesia. Itu berarti satu orang saja sudah memiliki lebih dari satu perangkat mobile phone. 

source: websindo.com
Pun begitu dengan pengguna android. Sistem operasi windows yang satu ini amat digemari karena penggunaannya yang lebih mudah. Terbukti bahwa dari lima juta aplikasi yang diakses di Indonesia, sekitar 40% nya merupakan aplikasi berbasis android. 

Android lebih digemari dibanding iOS
Saya pun menggunakan smartphone android. Maka jika saya ingin menggunakan smartwatch untuk menunjang mobilitas saya sebagai seorang Momblogger tentu memilih jenis smartwatch android donk. 

Fossil Gen 5 Smartwatch Indonesia

Semakin banyaknya smartwatch yang beredar di Indonesia membuat kita semakin bingung yaa memilih yang manakah yang recommended dipakai yang dapat membantu kita lebih optimal? 

Tipsnya, coba cek saja fitur-fiturnya. Jika fiturnya lengkap dan sesuai dengan yang dibutuhkan maka jangan ragu lagi untuk mengadopsinya. 

Fossil sebagai salah satu brand jam tangan ternama juga turut ambil bagian dalam menelurkan smartwatch generasi terbaru dengan beragam fitur yang belum ada pada generasi sebelumnya. 

Smartwatch Gen 5 yang didukung oleh Wear OS dari Google ini kompatibel dengan ponsel IPhone maupun Android. So, kita bisa menggunakannya untuk mengoptimalkan kinerja kita. 

Fitur unggulan dari smartwatch ini yaitu adanya mic dan build in speaker sehingga kita bisa menjawab telpon yang masuk ke mobile phone kita hanya melalui smartwatch saja. Hal ini tentu membedakan dengan smartwatch lain yang hanya memunculkan notifikasi telpon saja namun untuk menjawab telpon tetap melalui mobile phone. 

Selain itu adanya sensor NFC dan fitur Google Pay membuat kita semakin mudah dalam hal bayar-bayar. Supaya lebih mudah dipahami, yuk kita rangkum saja fitur-fitur yang ada pada smartwatch gen 5 ini. 

Fitur-fitur yang ada pada Fossil Gen 5 Smartwatch

Dilansir dari laman resmi urbanicon, Fossil Gen 5 smartwatch ini memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya: 
  • Heart-Rate Tracking
Membuat pengguna dapat memonitor kesehatan tubuhnya. Karena dapat mendeteksi detak jantung, mengukur jarak lari, dan lain sebagainya. 
  • Notification
Setiap ada pesan maupun panggilan yang masuk ke mobile phone pengguna, dapat diketahui melalui getaran halus di smartwatch yang digunakan sehingga dapat segera direspon. 
  • Google Assistant 
Apapun bisa diketahui oleh pengguna hanya dengan mengaktifkan mic dan speaker pada Google Assistant. Pengguna bisa tahu cuaca hari ini hingga siapa penerbit buku yang sedang dibaca. Tanyakan apapun pada google assistant semakin mudah. 
  • Swimproof/waterproof
Jangan khawatir ketika berenang, berwudhu, kehujanan atau apapun itu karena smartwatch ini akan tetap aman. 
  • GPS
Meskipun smartphone ditinggal di rumah, tetap bisa berolahraga dengan menghitung jarak lari sembari tetap mendengarkan musik kesayangan.
  • Long Life Battery
Smartwatch ini dilengkapi dengan new smart battery modes sehingga dapat tahan selama beberapa hari. 
  • Powered by Wear OS by Google
Smartwatch gen 5 bisa terkoneksi dengan IOS maupun Android. Khususnya android OS 6.0 ke atas dan IOS 10+ melalui Wi-Fi dan bluetooth. 
  • Google Pay
Bayar-bayar menggunakan kartu kredit menjadi semakin mudah dengan adanya fitur google pay melalui sensor NFC yang ada di bagian belakang smartwatch ini. 



Spesifikasi Fossil Gen 5 Smartwatch

Garansi: Original 2 years software warranty
Case size: 44 mm
Band width: 22 mm
Movement: Battery
Watch type: smartwatch
Dial type: smartwatch

Pilihan desain Fossil Gen 5 Smartwatch yang sporty dan elegant 


Tips agar smartwatch tetap awet

Agar smartwatch tetap awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya hanya menggunakan pengisi daya yang sudah disertakan. Jangan gunakan USB hub, USB splitter, kabel USB-y, baterai atau perangkat periferal lainnya untuk mengisi daya. 

So, dengan smartwatch ini produktivitas kita sebagai blogger khususnya Momblogger seperti saya dapat meningkat. Seiring terbantunya segala kegiatan blogging dengan smartwatch gen 5 ini. 

Email yang berisi segala macam pemberitahuan terkait dunia blogging yang kadangkala terlewat karena nggak setiap waktu dibuka jadi lebih terkontrol karena ada notifikasi di pergelangan tangan. Bisa langsung membalas pesan juga donk sehingga lebih cepat tanggap. 


So, nggak ragu lagi donk menggunakan smartwatch dengan fitur super canggih ini untuk menunjang performa kerja kita! Apapun profesinya, smartwatch gen 5 Fossil inilah solusi tuk tingkatkan produktivitas para professional. 


Instagram: @urbaniconstore 
Facebook: Urban Icon




86 komentar:

  1. Canggih banget Mbak samrtwatch fossil gen 5 ini. Idaman para Emak-Emak blogger nih kayaknya. Tidak perlu repot-repot lagi kalau harus mengatur jadwal, waktu untuk kegiatan kita.

    BalasHapus
  2. Untuk jadi mom yang produktif memang harus bisa memanajemen waktu dengan baik, ya. Soalnya pekerjaan ibu rumah tangga tidak ada habisnya. Kayaknya perlu juga pakai alat untuk selalu mengingatkan jadwal dan waktunya, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat mbak... Tetap semangat produktif berkarya dari rumah

      Hapus
  3. Jadi tertarik mencoba nih aku.. ternyata banyak fiturnya yaa.. lets hunting.. thanks for sharing mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak... makasih ya udah mampir. Selamat hunting deh

      Hapus
  4. Suamiku sempet pengen beli fossil smart watch ini waktu di SG. Tapi aku larang karena aku pikir biasa aja. Udah ada handphone yang lebih lengkap. Tapi melihat desainnya aku naksir banget hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh jangan dilarang donk mbak... karenA smartwatch ini dengan handphone saling berkesinambungan

      Hapus
  5. Dari semua tips yang dituiskan, disiplinlah yang paling susah saya jalankan.
    Heuuu...
    Saya gampang tergoda soalnya kalau sudah mulai kerja domestik, adaa saja yang terlihat belum bersih, belum beres akibatnya, jadwal yang telah disiapkan bisa berantakan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sayapun mengakuinya. memang disiplin ini yang paling sulit

      Hapus
  6. Jam canggih gitu, semoga semakin disiplin yah. Ini yg paling sulit. Suka entar entar gitu...Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah pake smartwatch mah kudu bisa lebih disiplin donk yaa

      Hapus
  7. Setelah dipikir pikir penting juga ya punya ini,bisa buat semakin disipilin dan alarm nya pas banget kalau yang Kalasan kayak aku

    BalasHapus
  8. Ini smartwatch gen 5 Fossil beneran smart ya sesuai namanya. Ku jadi pengin punya. Selama ini dah pakai Fossil tapi yang blink blink. Duh pengin yang punya fitur pintar biar menunjang aktivitas di keseharian

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, buat mbak Dian cocok banget nih, kan mobile banget ya orangnya

      Hapus
  9. Wow, smart watch Android dangat membantu mom blogger untuk menderjakan tugas yang dateline

    BalasHapus
  10. Namanya aja udah smart watch, yaa. Jadi fiturnya lengkap banget. Jadi pengen punya, euy. Tapi, pasti rebutan ama anak-anak hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. diumpetin lah mbak,,, atau anaknya dibeliin juga, smartwatch yang lagi viral ituu hehe

      Hapus
  11. cakep desain smartwarch dari fosil ini ya mbak. walaupun minimalis tapi tampak mewah dan elegan.

    BalasHapus
  12. aman now, zamannya smart ya, Mbak. dari samrtphone, smart TV, dan Smart watch hehehe.
    Dan saya mupeng sekali Fossil Gen 5 ini, Mbak. Tidak hanya modelnya yang keren dan menambah gaya, tapi juga fungsinya sangat banyak. pastinya menambah gaya dan menunjang produktiitas saya juga. Semangat.. nabung dulu hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya doain semoga bisa segera punya ya mas.,,. semangat dulu pemotretannya

      Hapus
  13. Sering mau ikut lomba menulis, eh tahu tahu dl depan mata. Batal deh ikut lombanya. Dengan adanya alat bantu sejenis smartwatch buat reminder begini kayanya gak bakal lagi keteteran kalau ada rencana ya

    BalasHapus
  14. Lengkap ya mb fiturnya. Selain bisa membantu kita untuk disiplin waktu, bisa juga untuk disiplin olah raga. Tepat waktu dan tubuh bugar bisa didapat berbarengan ini...

    BalasHapus
  15. Keren ya Fossil, ga bakal ketinggalan notif penting dengan pakai fossil

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener... bisa langsung balas pesan dan jawab telpon juga kan

      Hapus
  16. Saya baru tahu kalau Fossil mengeluarkan tipe smart watch .selama ini taunya jam klasik aja

    BalasHapus
  17. Aku merk fossil punya baru dompet, jam tangannya belum nih. Kayaknya gaya juga, boleh lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. cakep banget mbak, modelnya... cuss deh miliki

      Hapus
  18. Wiwin | pratiwanggini.net15 November 2019 01.25

    Kesannya sekedar pake jam tangan ya, padahal ini jam tangan yang pintar. Sepertinya saya layak memilikinya nih..

    BalasHapus
  19. Saya suka pake smartwatch. Apalagi kalo ada fitur terkait kesehatannya mbak, seperti mengukur tekanan darah, jumlah langkah dalam sehari, waktu tidur sehat, dan lainnya. Dan fitur itu ternyata ada juga di Fossil Gen 5 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess mbak. lengkap banget emang fossil gen 5 inih... bikin mupeng

      Hapus
  20. Keren yah jamnya, bnr2 bisa membantu asal kita manusianya juga disiplin wkwkkw nabung dulu ahhh

    BalasHapus
  21. Smartwatch impianku ini. Semoga bisa nabung biar bisa ganti si Mi Band 3 aku yang udah jadul. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semangat ya mbak. semoga bisa segera punya

      Hapus
  22. kudu punya nih. mengingat saya yg ceroboh dan suka alpa dg apa2 yg mau dilakuin. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayapun mbak.... hiks jadi butuh alat bantu ya

      Hapus
  23. Wah jam tangan yang aku pingin nih mba secara bnyak bangt fungsi yang didapat cuzz ahh mau lihat langsung nyari2 di counternyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mbak... penampilan juga makin kece nih kalo pake ini ye kan

      Hapus
  24. Tipsnya sangat bermanfaat mbak, terimakasih banyak
    Btw aq pny jam fossil, couple an sama suami, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikkk kece nih jamnya couple-an... romantis

      Hapus
  25. Komplit banget artikelnya mbak, memang sebagai blogger pentingnya punya smart watch ini. Aku jadi naksir sama Fossil Gen inibak.

    BalasHapus
  26. Mau dong produktivitas makin meningkat dengan dibantu smartwatch keren ini. Bikin tergoda fitur Fossil Gen 5. Bakalan bantu kegiatan keseharian kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Dian yang produktif jadi makin produktif deh dengan fossil gen 5 ini... mantap nian

      Hapus
  27. Jatuh cinta deh dg Smartwatch ini,, bener² smart yahh bs membantu momblogger kayak saya jg agar lebih teratur jadwal hariannya,, aihh kereenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk sesuai dengan namanya dan juga harganya hehe

      Hapus
  28. Daku pengen banget itu menentukan waktu menulis, cuma tetep aja keteter kalau udah harus periksa dan buat soal-soal latihan siswa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, emak multitasking kudu punya nih... ngebantu banget deh

      Hapus
  29. Mantap nih mbak jamnya. Suka designnya, elegan gitu. Fitur fiturnya kuga lengkap dan membantu aktivitas sehari hari. Jadi pengen beli smartwatchnya...

    BalasHapus
  30. Dapetin mood saat nulis itu gak gampang. Kalau dipaksain, nulis tanpa kok mood,jadinya hambar ya ^_^

    BalasHapus
  31. Enak banget jika punya smartwatch Fossil ini karena fiturnya canggih dan lengkap. Apa yang kita butuhkan demi menunjang produktivitas dan gaya hidup sudah tersedia.
    Yah, waktu itu sangat berharga dan kita harus bisa memanajemen diri agar waktu yang tersedua busa dumanfaatkan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  32. Tekhnologi semakin maju ya, sekarang udah ada smartwatch, fungsinya hampir mirip dengan handphone,bisa mengingatkan kita mengenai jadwal, wah butuh banget ini untuk seorang blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess... berkolaborasi dengan smartphone, saling terhubung dan terintegrasi

      Hapus
  33. Keren sekali fitur-fitur jamnya..
    Secara fisik fossil smartwatch juga bagus sekali
    Mihil ya... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai mbak dengan gaya, model, bahan dan fitur keren dan lengkapnyaaa

      Hapus
  34. Ahh komplit sekali dengan smartwatch Fossil Gen 5 nya mbak
    Jadi banyak hal bisa dilakukan dg pakai jam bukan sembarang jam ini yah heheee
    Pasti jadi produktif bener dah

    BalasHapus
  35. belum lama ini aku beliin anakku smartwatch, tapi emang belum aku masukin yang lainnya sih. Bagus ya smartwatch fossil

    BalasHapus
  36. kayaknya aku cocok nih buat smartwatch ini, karena sering lupa waktu ketika diluar. Jadinya agak susah kalau setel alarm dari HP, takut membukanya dan menggunakannya di tempat umum, takut mengganggu ketenangan orang di tempat umum juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, cocok tuh sebab alarm dr smartwatch ini kan lembut gitu getarannya jadi gak bikin berisik

      Hapus
  37. Wew kalau kehujanan atau dipakai renang gak masalah donk ya :D
    Zaman now makin banyak ya tipe smartwatch, tapi kyknya kalau fossil ini beda, krn desainnya cakep banget, cocok dipakai para ladies :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata fitur2nya cukup lengkap ya mbak :D
      Apalagi fossil ini terkenal sebagai merek jam yang cukup awet dan berkualitas. Wah jadi kepengen punya juga nih jadinya hehe :D

      Hapus
    2. desainnya cakep. ada yang buat ladies, ada juga yang buat cowok,, cakep deh pilihannya juga ada beberapa..

      Hapus
  38. Wah, aku kudu pakai smartwatch ini nih. Biar pintar managemen waktu lagi. Hhaha

    Aku suka mbeleset mulu kalau buat plan mbak. Jadi kudu diketatin sendiri nih. Mau cobain ah.

    BalasHapus
  39. Fossil emang jam impian nih. selain modelnya keren, ngebantu sangat buat reminder. next kumpulin budget biar bisa punya jam keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuss mbak. semoga lekas terkumpul yaaa dan segera punya jam keren ini

      Hapus
  40. aku udah koleksi beberapa tas dan jam tangan analog waktu meluncur Fossil Gen 5 aku pengen banget hahahah semoga kesampean punya

    BalasHapus
  41. Emang puas banget rasanya kalau bisa ngerjain sesuatu sesuai dengan deadline. Fossil gen 5 bikin mupeng sih asliiiii. Tapi harga gimana ya? Hahaha

    BalasHapus
  42. harganya worth it mbak dengan desain yang elegan,material yang oke punya dan fitur yang oke serta lengkap

    BalasHapus
  43. Keren banget ini smart watch nya. Mupeng deh jadinya berapa duit ini mba? Soalnya aku pengoleksi smart watch.

    BalasHapus
  44. Harus nabung dulu neh untuk dapatkan jam fossil smartwatch hihihi... Suka dengan desain nya yang elegant.

    BalasHapus
  45. Wah, smartwatch android sangat membantu dalam mengatur dan memanajemen bermacam kegiatan yang kita hadapi

    BalasHapus