Indomilk Susu Bubuk: Enak Dan Bernutrisi Optimal


Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh tinggi, sehat, tangguh dan cepat tanggap. Betul? Iya, donk. Siapa yang nggak mau anaknya sehat dan tinggi. Itu idaman semua orangtua.

Namun tidak selamanya anak akan tumbuh dengan baik. Adakalanya anak kurang tinggi, sering sakit, atau kurang tanggap dalam memahami sesuatu. Ini bisa jadi disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang mencukupi atau faktor genetik.

Jangan khawatir ayah bunda, tidak selamanya anak memiliki kekurangan. Selain memperhatikan faktor makanan yang dikonsumsi, kita bisa juga membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan asupan nutrisi tambahan. Diantaranya minum susu.


Indomilk susu bubuk


Manfaat Susu Bubuk


Sebagaimana yang kita tahu bahwa susu memiliki manfaat yang penting bagi pertumbuhan anak. Kandungan nutrisi susu seperti berbagai vitamin, protein, fosfor, kalsium membantu kinerja organ dan hormon di dalam tubuh anak. Selain itu, susu juga mengandung kalori sebagai sumber energi. Cukup banyak dan bervariasi ya, kandungan nutrisi dan manfaat susu bubuk untuk anak ini. 

Nah, susu yang banyak dikonsumsi anak-anak adalah susu bubuk. Karena mudah ditemukan di pasaran dan rasa yang ditawarkan pun beragam. Ayah bunda tidak perlu khawatir dengan nutrisi yang terdapat dalam susu bubuk. Meskipun susu bubuk ini berasal dari susu cair yang mengalami proses pemanasan dengan bantuan alat spray drier namun kandungannya tetap terjaga, hanya sedikit yang berubah termasuk jumlah kalori. So, kesehatan anak tetap terjaga asal ayah bunda cermat dalam memilih susu bubuk untuk anak. 

Indomilk Susu Bubuk Dengan Optinutri 

Salah satu susu bubuk untuk anak yang menjadi pilihan ayah bunda yakni Indomilk Susu Bubuk. Ini merupakan terobosan baru indomilk yang telah berdiri sejak tahun 1967. Indomilk merumuskan formula baru dalam susu bubuknya, yakni Optinutri. Optinutri yang berasal dari tiga komponen utama yang dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhannya yaitu Omega 3, Sumber Protein dan Tinggi Kalsium. Sehingga dengan mengonsumsi indomilk susu bubuk tumbuh kembangnya semakin optimal ditunjang dengan nutrisi yang optimal pula. Ohya, Indomilk susu bubuk untuk usia berapa, sih? Simak terus ulasan saya, ya. 

Tinggi tangguh tanggap
Lebih tanggap dalam proses belajar


Manfaat Tiga Komponen Utama Dalam Indomilk Susu Bubuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa indomilk susu bubuk mengandung tiga komponen utama yakni Omega 3, protein dan kalsium. Kita kupas, yuk apa aja sih manfaat dari ketiga komponen ini? 

Manfaat Omega 3

Asam linolenat atau asam lemak adalah jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Karena itulah kita mengandalkan makanan maupun minuman yang mengandung Omega 3 untuk memenuhinya, diantaranya susu. 

Omega 3 amat penting untuk anak dalam masa pertumbuhan. Karena manfaatnya yang cukup banyak antara lain memperbaiki gejala gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (ADHD), mengurangi keparahan asma, memperbaiki kualitas tidur, daya tahan tubuh hingga meningkatkan fungsi otak dan mood. 

Tuh, fungsinya banyak banget kan. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang dimana anak-anak belajar di rumah, asupan Omega 3 ini dapat membantu menjaga konsentrasi serta meningkatkan performa belajar mereka. 

Manfaat Protein

Protein, umumnya terdapat pada daging, ikan dan biji-bijian. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa protein ini amat dibutuhkan oleh tubuh terutama anak-anak di masa tumbuh kembangnya. Diantaranya manfaat protein yakni:
  1. Membantu pertumbuhan. Pembentukan rambut, kulit, kuku dibantu oleh protein. Selain itu protein juga memastikan setiap sel mendapat pasukan oksigen, vitamin, mineral yang cukup sebagai syarat untuk tumbuh. 
  2. Memperbaiki jaringan tubuh. Protein membantu mempertahankan pertumbuhan sel. Ketika anak sakit, ada sel yang rusak maka protein akan segera mengganti sel dengan yang baru. 
  3. Memproduksi zat yang diperlukan tubuh. Hormon, enzim, darah dan sumsum tulang dibentuk oleh protein
  4. Sebagai sumber energi. Protein memberikan energi tambahan ketika karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Namun karbohidrat dan lemak tidak bisa menggantikan keberadaan protein karena tidak bisa memperbaiki jaringan dan pertumbuhan sel. 
  5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. 
Karena itu, penting untuk memperhatikan kebutuhan protein anak-anak ya ayah bunda, karena jika mengalami kekurangan protein itu dampaknya bisa sampai dewasa, loh. 

Manfaat Kalsium

Salah satu nutrisi yang paling banyak terdapat pada susu adalah kalsium. Apa aja sih manfaat si kalsium ini untuk anak-anak? Ini dia:
  1. Mengoptimalkan tinggi badan anak
  2. Meningkatkan kepadatan tulang
  3. Memperkuat sistem imun tubuh
  4. Meningkatkan kecerdasan anak
  5. Menjaga sistem kardiovaskular
Tingkat kebutuhan kalsium untuk tubuh berbeda sesuai usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. 

Usia 4-8 tahun 1000 mg per hari
Usia 9-18 tahun 1300mg per hari 

Nah, indomilk susu bubuk ini mengandung kalsium yang tinggi, hingga 25% dari angka kecukupan gizi untuk membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi anak. 

Manfaat susu bubuk
Kreativitas lebih terasah dengan bermain dan tangguh


Tumbuh Tinggi Tangguh Tanggap Dengan Indomilk Susu Bubuk

Ayah Bunda sudah tahu kan bagaimana pentingnya konsumsi susu untuk anak kita yang masih dalam masa pertumbuhan? Sebab susu dengan segala nutrisi yang ada di dalamnya membantu proses pertumbuhan anak-anak sehingga dapat lebih optimal. 

Apalagi susu indomilk optinutri yang mengandung tiga komponen utama yang sudah dibahas tadi sehingga menjadikan anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Tinggi Kalsium menjadikan anak Tumbuh Tinggi secara fisik. Sumber protein membantu anak tangguh dalam menghadapi tantangan. Omega 3 membuat anak tanggap menyerap pelajaran. 

Indomilk Susu Bubuk Untuk Usia Berapa? 

Ayah bunda Indomilk susu bubuk ini dikonsumsi oleh anak usia 5-12 tahun, ya. Agar tumbuh kembangnya lebih optimal dan semakin tinggi, tangguh, tanggap. Diminum 2 kali sehari sesuai anjuran yang tertera pada kemasan untuk penuhi kebutuhan nutrisi mereka. Ada tiga varian rasa yang bisa dipilih sesuai kesukaan anak-anak, loh. Diantaranya rasa Instan Cokelat, Instant Plain (bebas gula) dan Full Cream (bebas gula). 

Minum susu indomilk
Si tengah sedang minum susu indomilk cokelat



Nah, anak-anak sudah minum susu Indomilk hari ini? 

Cerita bunda






Referensi:
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/19/134706520/mengenal-manfaat-omega-3-untuk-anak
https://parenting.orami.co.id/magazine/inilah-4-manfaat-protein-untuk-tumbuh-kembang-anak/
https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/susu-bubuk-dan-susu-cair/









Demensia Alzheimer: Obati Pikun Dengan Mengenal Gejalanya Sejak Dini


Pernah mendengar istilah demensia alzheimer? Sering dengar tapi tidak paham artinya? Yap, secara awam kita sering menyebutnya dengan pikun. Pada umumnya, penyakit ini diderita oleh lansia aka orang yang sudah lanjut usia. Namun, realitanya demensia alzheimer ini bisa juga loh hinggap pada tubuh orang yang masih di usia produktif. Yuk, kita bahas lebih lanjut. 

demensia alzheimer



Apa sih Demensia Alzheimer itu? 

Demensia atau lebih lengkapnya demensia alzheimer ini merupakan penurunan fungsi otak seperti menurunnya daya ingat dan kecepatan berpikir serta berperilaku. Keadaan seperti ini secara awam biasa kita sebut dengan istilah pikun. 

Umumnya yang kita tau bahwa penyakit pikun ini biasa dialami oleh orang yang telah lanjut usia dimana mereka kebanyakan butuh waktu lebih lama untuk mengingat atau lupa dengan apa yang dilakukan sebelumnya. Betul? Selama ini pun kita mengira bahwa pikun itu lumrah dialami oleh lansia. Namun ternyata penyakit pikun ini bukanlah hal yang normal dalam proses penuaan, lho. So, demensia alzheimer ini bisa dicegah dengan cara deteksi lebih dini serta perilaku hidup sehat. 

Cara Mencegah Demensia Alzheimer 

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sounds familiar? Yup. Penyakit apapun itu selagi bisa dicegah ya lebih baik dicegah. Diantara upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah demensia alzheimer yakni: 
  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Bergerak, berolahraga produktif
  3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  4. Menstimulasi otak, fisik, mental, spiritual
  5. Bersosialisasi dan beraktivitas positif
Seringkali kita menyangka pikun itu sama dengan pelupa. Yap, sekilas terlihat tidak ada bedanya. Namun ternyata ini berbeda, lho. 

Apa, sih bedanya pikun dengan pelupa? 


beda pelupa dengan pikun
Capture materi dari dr. S. B. Rianawati, Sp. S (K)


Nah, kamu termasuk pelupa atau pikun, nih? 

Yuk, kenali gejala pikun!

  1. Gangguan daya ingat atau sering lupa
  2. Disorientasi, bingung akan waktu (hari, tanggal), tidak tahu jalan pulang
  3. Menarik diri dari pergaulan
  4. Perubahan perilaku dan kepribadian
  5. Sulit melakukan pekerjaan yang familiar, seperti pekerjaan sehari-hari, mengemudi kendaraan, mengatur keuangan
  6. Sulit mengukur jarak, tidak dapat membedakan warna
  7. Sulit fokus
  8. Gangguan berkomunikasi, seperti kesulitan berbicara
  9. Salah membuat keputusan
  10. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Siapa aja sih yang beresiko terkena Alzheimer?

Ya sebenarnya sih, namanya penyakit sudah barang tentu bisa menyerang siapa saja. Tergantung bagaimana kondisi tubuh kita dan bagaimana pula pola hidup kita selama ini. Karena pola hidup yang tidak sehat pun berpengaruh besar pada penurunan fungsi otak kita (demensia). 

Jadi, demensia alzheimer ini bisa terkena pada orang yang lanjut usia, penderita diabetes melitus yang tidak terkendali, juga hipertensi. Ternyata oh ternyata, alzheimer ini bisa juga lho menyerang orang yang masih relatif muda. Mereka yang ada riwayat disfungsi thyroid, kegemukan, depresi, merokok, kurang olahraga serta pengaruh obat-obatan. So, mulai saat ini lebih baik mencegah dengan menerapkan pola hidup sehat, ya. Pasti nggak mau kan saat mulai berumur nanti kita sampai lupa dengan cucu sendiri, dan merepotkan anak-cucu? Semoga kita semua sehat, ya. 

Aplikasi E-Memory Screening Untuk Indonesia

Nah, bertepatan dengan Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia yang diselenggarakan pada bulan September ini PT EISAI Indonesia pun Anniversary yang ke-50. Perayaannya dengan mengadakan seminar online yang dihadiri oleh ratusan dokter, masyarakat awam dan awak media via zoom pada 20 September 2020 lalu. Alhamdulillah saya senang sekali berkesempatan hadir disana sehingga bisa mengetahui lebih banyak mengenai demensia alzheimer, gejala dan cara pencegahannya. 

Salah satu cara mencegah agar kelak tidak pikun adalah dengan deteksi dini. Pas banget nih, PT EISAI meluncurkan sebuah aplikasi untuk screening awal apakah kita ada gejala yang menjurus kepada demensia ataukah tidak? 



Aplikasi yang diberi nama E-Memory Screening ini merupakan karya anak bangsa yang dibuat dengan tujuan untuk menanggulangi demensia. Aplikasi ini milik PERDOSSI yang disupport oleh PT EISAI Indonesia. Keren banget ya, kepikiran untuk membuat aplikasi semacam ini agar dapat mengurangi tingkat penderita demensia alzheimer di masa mendatang. 

Aplikasi EMS ini memiliki tiga fitur utama yakni ada banyak artikel edukasi mengenai demensia, ADB-INA Skrining serta daftar Rumah Sakit yang memiliki klinik memori  dan dokter spesialis neurologis yang praktek. 

Melalui aplikasi ini, kita bisa mendeteksi diri kita sendiri, apakah sudah ada gejala demensia ataukah belum. Selain itu bisa juga mendeteksi orangtua kita. Om, tante, kakek, nenek juga bisa, loh. Agar kita tahu sejak awal, jika sudah ada gejala, bisa langsung konsultasi untuk memperbaiki atau menanggulangi agar tidak semakin parah. 

So, segera deh download aplikasi ini. Cari aja di playstore dengan kata kunci EMS - Sahabat maka akan muncul aplikasi E-Memory Screening dan bisa diunduh serta dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Stay safe, stay healthy everyone.... 




Penerapan Ngemil Bijak Dalam Keluarga


PSBB akan kembali diberlakukan di Jakarta dan sekitarnya pada 14 September mendatang. Jika kondisi ini seperti awal masa pandemi Maret lalu, akan kebayang betapa heningnya di jalanan. Kitapun kembali mengurung diri di rumah saja. Maka penerapan ngemil bijak dalam keluarga pun perlu lebih diperhatikan. 


tips ngemil bijak


Pengalaman ketika awal pandemi Maret lalu, kami benar-benar #dirumahaja bahkan suami yang biasanya jarang di rumah pun saat itu full di rumah. Praktis aktivitas kami bertambah, kegiatan di rumah aja makin padat agar tidak jenuh dan imunitas terjaga. Dan saya sadari, aktivitas membuat camilan dan ngemil pun meningkat.

Dari mulai camilan ringan macam biskuit, wafer, dan sejenisnya hingga camilan berat seperti bolu, proll tape dan pizza. Semua coba diolah di dapur bersama anak-anak. Alhamdulillah bisa menambah bonding dan keterampilan anak-anak juga, sih. Si sulung yang baru berusia 7 tahun pun sudah bisa mengolah telur dadar. Yeay! 

Memang ya, terkadang kebiasaan ibu akan menular atau terbawa ke suami maupun anak-anak. Termasuk kebiasaan ngemil ini. Etapi, jenis camilan yang disukai, tetap berbeda lho. Hihihi 


camilan ala ceritabunda

Ngemil Bikin Gemuk

Ngemil ini merupakan kebiasaan saya banget, sejak sebelum menikah pun memang udah doyan ngemil. Karena bagi saya pribadi, ngemil dapat mengembalikan good mood, pun menghilangkan stress. Setiap terasa suntuk dan jenuh pun, saya larinya ke makanan dan camilan. Bahkan patah hati pun buat saya obatnya ya ngemil. 

Tapi bener gak sih bahwa ngemil itu bisa membuat badan kita gemuk? Sepertinya itu tergantung genetis badan kita dan jenis camilan yang dikonsumsi, ya. Karena saya punya teman yang dia juga doyan ngemil dan lahap makan apa aja, tapi badannya tetap segitu-gitu aja. Tentu berbeda dengan saya yang agak gemuk karena emang doyan ngemil. 

Sebenarnya ngemil itu bagus gak sih? Sehat gak, sih? Tentu terkadang kita bertanya-tanya seperti itu, yaa.. 

Beruntungnya saya dapat insight baru berupa tips #NgemilBijak dari webinar yang diselenggarakan oleh Mondelez dengan IIDN pada 22 Agustus lalu. 


Tips #NgemilBijak Agar Tetap Sehat

1. Kenali isyarat tubuh, kenapa sih ingin ngemil? Karena memang lapar ataukah ingin mengembalikan mood? Nah, ini hanya tubuh kita sendiri yang bisa tahu, ya. 

2. Memilih camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, dengan tetap memperhatikan porsi camilan dan waktu ngemilnya. 

3. Perhatikan bagaimana proses ngemil itu sendiri dengan memaksimalkan semua indera kita dan mengenali kapan tubuh minta berhenti ngemil. 

Nah, dengan menerapkan tips ngemil bijak ini maka kita bisa tetap ngemil dengan aman dan nyaman tanpa rasa bersalah terhadap tubuh kita. 


snack favorit

Bagaimana Sih Ngemil Yang Baik Itu? 

  • Dilihat dari bahan utama dari komposisi camilan yang dikonsumsi. Baiknya low carbo, less sugar. Akan lebih bagus jika high protein, high fiber apalagi jika ngemilnya berupa buah segar yang dimakan langsung. Biskuit atau roti kemasan pabrik juga boleh dikonsumsi dengan memperhatikan ingredients-nya ya. 

  • Proses ngemilnya pun harus diperhatikan. Dinikmati pelan-pelan dikunyah sampai halus sehingga dapat dirasakan oleh seluruh indera kita. Dengan demikian ngemilnya dapat terjaga dan manfaatnya pun terdapatkan dengan baik. Baiknya sih jangan seperti saya yang ngemilnya sambil baca buku, nonton atau ngetik. Alhasil proses ngemilnya tidak dinikmati benar-benar tau-tau udah habis aja camilan setoples. Oh tidaakkk.. Jangan sampai terulang lagi, yaa. Tobat deh! 


Kini, saya udah tahu bagaimana mestinya ngemil yang baik sehingga badan tetap sehat dan bugar. Tips #NgemilBijak ini pun mulai saya terapkan kepada keluarga saya. Bagaimana dengan kamu? Sharing yuk di kolom komentar. 






"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis" 

banner lomba iidn

















Pengertian Dan Kondisi Di Dalam Piutang


Arti dari piutang / account receivable (AR) secara umum yaitu sejumlah materi pinjaman kepada orang lain yang telah terjadi yang disebabkan penjualan jasa / barang. Sistem pembayarannya menggunakan credit. Sejumlah pinjaman itu nantinya bisa ditarik sewaktu – waktu dalam jangka waktu yang telah ditentukan.



Pengertian Piutang


Ada berbagai macam definisi dari AR / account receivable, antara lain :


- Pengertian dari AR secara global yaitu berupa sebuah tuntutan yang diberikan kepada pihak lain dalam bentuk uang, barang maupun jasa yang telah dijual dengan cara kredit.

- Menurut KBBI, AR ialah uang yang telah dipinjamkan dan dapat ditagih daripada seseorang kepada customer / pelanggan. Customer juga diharapkan dapat melunasi hutang dengan waktu maksimal 1 tahun, terhitung sejak dikeluarkannya tanggal tagihan.

- Di dalam akuntasi, AR memiliki pengertian secara sempit. AR / account receivable ialah unsur aktiva lancar / aset yang dapat dicairkan dalam neraca sebuah perusahaan / perorangan. Unsur aktiva tersebut terjadi karena terdapat penjualan barang / jasa / kredit yang diberikan kepada debitur. Pihak debitur mempunyai kewajiban untuk melunasinya sesuai dengan tempo yang telah ditetapkan, biasanya jangka waktu yang diberikan selama 1 bulan – 3 bulan.

Kondisi Di Dalam Piutang


Secara umum, faktor terbesar yang menyebabkan piutang yaitu adanya transaksi atas penjualan barang / jasa. Transaksi tersebut tidak menggunakan sistem pembayaran secara konvensional / COD / cash on delivery maupun pembayaran di awal. Melainkan menggunakan sistem pembayaran secara kredit. Hal ini juga sering disebut dengan kasbon.

Cara melakukan pembayaran kredit yang diberikan telah menjadi beban dari pihak kreditur. Tetapi tidak begitu menjadi pengeluaran yang berat, karena dapat dilunasi dengan cara dicicil / diangsur.

Namun ada suatu ketika sebuah AR yang tidak sempat tertagih dan karena adanya sebuah pembayaran yang belum jatuh tempo. Saat hal inilah aplikasi keuangan BukuKas berguna. Dengan ini semua AR / account receivable dapat terorganisir dengan baik. Lalu tidak perlu lagi mengingat tempo pembayaran yang telah ditentukan.

Di aplikasi BukuKas ini terdapat fitur reminder hutang. Fitur ini dapat digunakan sebagai alarm dan pengingat kapan waktu yang tepat untuk menagihnya.

Di bawah ini adalah kondisi yang ada di dalam AR / account receivable :

1. Jumlah nilai AR yang semakin naik tetapi aktiva penjualan sama sekali tidak ada perubahan.

2. Nilai penjualan turun, sedangkan nilai AR tidak ada perubahan.

3. Nilai penjualan turun, sedangkan aktiva AR semakin naik.

4. Nilai AR turun dan nilai penjualan semakin naik.

5. Nilai penjualan dan nilai AR mengalami kenaikan.

Dari review tentang piutang di atas membuat AR dapat dijadikan sebagai investasi / tabungan secara tidak langsung. Tetapi jika tidak disertai penggunaan BukuKas, maka akan banyak kemungkinan nilai AR / account receivable yang tidak akan tertagih.




Tips Lancar Menyusui Dengan Blackmores Pregnancy And Breast-Feeding Gold


Menyusui bayi merupakan pekerjaan yang tidak mudah, butuh perjuangan dan perjalanan panjang untuk menyelesaikannya. Betul?


Saya pun, yang saat ini sedang masa menyusui anak ketiga masih butuh ilmu seputar menyusui dan praktik dengan cara yang lebih tepat. 


Tentu, dalam proses menyusui ada banyak hal yang kita hadapi. Dari mulai puting lecet, ASI seret mungkin, si kakak yang mulai banyak berulah untuk mendapatkan perhatian, dan masih banyak lagi. Yang kesemuanya itu membawa pengaruh yang cukup signifikan pada proses menyusui dan produksi ASI Mommy.




Cerita Sahabat Yang Tak Bisa Menyusui


Setiap manusia itu unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang pandai dalam hal berhitung namun gagap dalam pengetahuan bahasa. Begitupun dalam proses menyusui. Ada seorang ibu yang lancar saja dalam menyusui bayinya. ASInya pun melimpah. Namun ada pula ibu yang kesulitan dalam menyusui bayinya karena ASInya tidak keluar atau keluar namun tidak banyak dan tidak cukup. Lantas bagaimana? 


Ini seperti yang dialami oleh sahabatku beberapa tahun silam. Setelah melahirkan anak pertamanya, ia berupaya memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Namun apalah daya, puting susunya yang tenggelam membuat sang bayi kesulitan mengisap. Pun ASInya tidak bisa banyak hingga kebutuhan ASI bayi tidak tercukupi. Pada akhirnya dibantu dengan pemberian sufor sehingga kebutuhan nutrisi bayinya dapat tercukupi.


World Breastfeeding Week


Pada bulan Agustus ini ada yang namanya world breastfeeding week aka pekan ASI dunia. Hal ini diselenggarakan untuk memberikan dukungan penuh kepada Mommy pejuang ASI yang terus berupaya memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Saya pun turut serta menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya proses menyusui dan solusi jika ditemukan berbagai masalah ketika menyusui. Seperti yang dialami oleh sahabat di cerita sebelumnya, puting yang agak tenggelam itu sebetulnya bisa diatasi dengan rajin diterapi ataupun dipijat. Saya pun sudah menuliskan mengenai terapi pijat pada payudara di postingan sebelumnya. 


Selain masalah pada payudara, bisa juga terdapat masalah kurangnya asupan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi oleh seorang ibu. Sehingga ASI yang dihasilkan pun kurang berkualitas. Bisa tahu darimana? Hal ini bisa dilihat dari kencangnya payudara Mommy maupun tekstur ASI yang encer. Lantas, jika sudah memakan makanan yang bergizi namun kualitas produksi ASI masih belum cukup harus bagaimana? Ya mesti ditambah dengan konsumsi suplemen pelancar ASI, donk!


Ada rekomendasi suplemen pelancar ASI yang oke? Coba deh Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold dari Kalbe. Nah, sudah tidak asing lagi dengan perusahan sekelas Kalbe kan? Produknya dijamin berkualitas dan terpercaya. Apalagi Kalbe Blackmores Nutrition telah bermitra dengan Bumi Sehat Foundation sejak tahun 2017 secara berkelanjutan untuk concern memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui.  Dengan cara membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold setiap tahun di Klinik Bumi Sehat yang tersebar di tiga kota yakni Denpasar, Aceh dan Papua. 




Tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold


ASI merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk pemenuhan kebutuhan bayi kita. So, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita pun harus dijaga. Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, konsumsi suplemen multivitamin dan mineral juga penting untuk membantu memberikan yang terbaik bagi sang buah hati.


Bersyukur banget nih, ada Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini. Sangat membantu pemenuhan kebutuhan gizi bayi saya yang sedang aktif-aktifnya merangkak dan mulai belajar berdiri. Ohya, blackmores juga memberikan pengaruh yang signifikan pada saudara saya yang tadinya produksi ASInya sedikit, sekarang melimpah alhamdulillah. 


Selain kuantitasnya yang melimpah, kualitasnya pun patut diperhatikan. ASI bernutrisi bisa dilihat dari warnanya yang kental kekuningan atau putih pucat dan mengandung kandungan lemak yang cukup. Untuk mendapatkannya Mommy perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup. Serta konsumsi suplemen bernutrisi lengkap yang mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.


Diantara 17 Nutrisi Esensial yang dibutuhkan ibu menyusui yakni:

  • Tinggi asam folat yang dapat membantu menjaga Mommy dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati. Juga mencegah terjadinya osteoporosis pada Mommy
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Mommy jaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual ketika dikonsumsi. Omega 3/DHA ini baik untuk pertumbuhan otak dan mata bayi Mommy
  • Vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui



Dalam satu botol Blackmores ini berisi 60 kapsul lunak yang ukurannya cukup besar. Namun tiap kapsulnya tidak berbau dan mudah dikonsumsi. Untuk dosis penggunaannya disarankan diminum 2 kali sehari setiap selesai makan atau sesuai anjuran dokter. So, untuk pemakaian normal 1 botol blackmores ini bisa untuk 1 bulan. Cukup hemat, bukan? 





Tips Lancar Menyusui ala CeritaBunda

  • Niat dan berikan sugesti positif pada diri bahwa saya bisa dan mampu menyusui bayi ini dengan baik dan lancar, produksi ASI berkualitas dan melimpah
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Minum susu untuk ibu menyusui jika diperlukan
  • Istirahat yang cukup dan hindari terlalu lelah beraktivitas
  • Bonding yang intens dengan bayi. Sering berikan ASI dengan cara menyusui minimal 2 jam sekali
  • Menjaga emosi dengan baik agar tetap bahagia dan terhindar dari stress
  • Memiliki support system yang kooperatif di dalam dan di luar keluarga
  • Rutin mengonsumsi multivitamin dan mineral untuk ibu menyusui, bahkan sejak masa kehamilan.

Yap. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini bisa dikonsumsi sejak masa kehamilan. Sebagai persiapan menyusui setelah melahirkan kelak dan upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi Mommy dan bayi Mommy. 


Nah, Mommies dalam rangka mendukung pekan ASI ini Blackmores membagikan ragam edukasi seputar proses menyusui di laman instagramnya, @blackmoresid. Jangan lupa difollow yaa agar Mommy tidak ketinggalan setiap informasi penting yang diberikan. 


Dan jangan lupa, Mommy minum Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini secara rutin yaa bahkan sejak masih hamil demi mempersiapkan ASI bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa


Ohya, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini bisa didapatkan pada Official Storenya di Blibli, Tokopedia, Lazada dan Shopee. Baiknya segera dicek aja, ya. Sebab untuk kebaikan anak mah nggak boleh ditunda. Cmiiww


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Instagram: @blackmoresid


For Amazing Mom and Baby, Be Sure With Blackmores




Benda Wasiat


Oleh: Qoty Intan Zulnida 


“Mala, sini. Liburan nanti jadi kan kita ke rumah nenek?” tanya Sigi memastikan.

“Jadi, dong. Kita bisa puas-puasin main di air terjun, mendaki gunung dan panen tanaman di kebun. Yeay! Sudah ga sabar rasanya.” Mala antusias menjawab.

“Tuh, kan. Mala juga ga sabar, ya. Makanya gih sana belajar dulu yang rajin. Ulangan semester masih dua hari lagi, lho.” Tukas Sigi

“Siap! Beres deh. Ini juga kan lagi belajar. Kak Sigi aja nih ngajakin ngobrol mulu dari tadi.”

***

Pagi-pagi sekali, Sigi dan Mala sudah siap dengan segala barang bawaan mereka untuk bekal menginap di rumah nenek dan kakek selama liburan. Ayah dan Bunda pun turut serta. Meski hanya mengantarkan saja karena kantor Ayah tidak libur. Di perjalanan, kakak beradik yang terpaut usia tiga tahun itu bernyanyi riang sembari menikmati hamparan pemandangan nan asri menawan. Hawa sejuk pegunungan mulai terasa. Jalanan yang meliuk membuat perjalanan ini makin menyenangkan. Perjalanan panjang itu pun menjadi tidak terasa melelahkan.



“Enak banget disini ya, Yah. Refreshing otak nih. Kemarin kan pusing habis mikirin ujian,” kataku kepada Ayah.

“Iya, Gi. Ayah nginep disini semalam saja. Besok pagi Ayah dan Bunda pulang ke rumah. Kalian disini baik-baik, ya.”

“Siap, Komandan!”







“Cucuku cah ayu, Sigi dan Mala. Kalian berdua udah besar. Kakek dan Nenek punya sesuatu yang sangat berharga. Ini barang bersejarah, peninggalan turun temurun dari nenek moyang kita. Kakek rasa sudah waktunya memberikan benda itu pada kalian berdua,” kata Kakek.

“Benda apa itu, Kek? Tanya Mala tak sabar.

“Karena benda itu sangat berharga, tentu tidak mudah untuk mendapatkannya. Sementara Kakek hanya memberikan satu petunjuk ini dulu untuk kalian,” kata Kakek sambil menyerahkan secarik kertas pada kami.

“WAKTU MATAHARI SEPENGGALAH, DI BAWAH ORANG-ORANGAN SAWAH.” Aku dan Mala membaca tulisan di kertas itu dengan keras.

Kami berdua saling berpandangan. Suasana yang tadi hangat penuh cerita, kini senyap penuh misteri.



















“Oh, iya Kak. Mungkin kita disuruh mulai mencari di waktu dhuha. Terus, mencarinya di bawah orang-orangan sawah yang ada di sawah Kakek, mungkin.” Jawab Mala antusias.

“Bisa jadi. Oke. Besok pagi sekitar jam sembilan kita mulai mencari di sawah kakek ya, Mala.”

“Oke.”

***

Ayah dan Bunda sudah pulang dua jam yang lalu. Kakek menyetujui rencana kami yang ingin mulai mencari benda wasiat itu jam sembilan pagi ini. Kakek pun akan mengantarkan kami ke sawah miliknya. Yes, kini petualangan itu segera dimulai. Kami bersorak gembira.

Setelah berjalan selama lima belas menit, kini kami berhadapan dengan hamparan hijau nan menyegarkan mata. Beberapa petak sawah di sebelah barat malah sudah nampak menguning. Meniti di pematang sawah, menjadi hiburan tersendiri bagi aku dan Mala.

“Itu sawah Kakek. Batasnya adalah gubuk kecil di seberang sana. Silakan kalian mencari disini sementara Kakek menunggu di gubuk itu, ya.”

“Baik, Kek.”

“Kak, Mala akan memeriksa orang-orangan sawah yang di sebelah sini. Kakak periksa yang di sebelah sana, ya.” Ujar Mala.

“Oke.”

Kami mulai mencari. Namun kami tak menemukan apa-apa kecuali selembar kertas yang dikaitkan di lengan baju salah satu orang-orangan sawah. Dengan tidak sabar, kami langsung membuka kertas itu.

Kembali kami membacanya dengan keras. “KEMBALI KE PERADUAN, BERGANTI CAHAYA. TEMPAT KEMBALINYA HEWAN BERSAYAP”

Apalagi ini? Teka-teki lagi?





Sore harinya, saat duduk-duduk di teras rumah kakek, tiba-tiba aku terfikir sesuatu.









“Hmm, ingat gak, kalimat petunjuk pertama menyebutkan waktu. Sepertinya kita melupakan sesuatu, La. Kita belum memecahkan arti kalimat ‘kembali ke peraduan, berganti cahaya’. Kalimat itu sepertinya menunjukkan waktu kapan kita harus mencarinya.”

“Benar juga ya, Kak,” sahut Mala. Mungkin maksudnya saat matahari terbenam, Kak. Kan setelah matahari terbenam, gantian bulan yang bercahaya.”

“Wah, kamu benar. Berarti kita kembali lagi nanti selepas maghrib,” simpulku. “Kita mandi dulu, yuk.”

***

Malamnya, kami menemukan kertas petunjuk berikutnya terselip di antara bambu kandang ayam di belakang rumah kakek. Kalimatnya berbunyi: BULAN PURNAMA, BAMBU BERSUSUN

“Karena di dua kertas sebelumnya frasa awal itu petunjuk waktu, berarti kita hanya bisa melakukan pencarian di malam bulan purnama aja dong, Kak.”

“Iya, Mala. Kamu benar. Kenapa gak sekarang aja sih?” sungutku.

“Kita kan harus sabar, Kak. Ingat kan kata Kakek, untuk mendapatkannya tidak mudah.” Mala berusaha menenangkanku.

“Kakek, kapan sih ada bulan purnama?” tanya Mala setelah menghampiri kakek di ruang tamu.

“Bulan purnama dua hari lagi, nak,” jawab Kakek. “Hari ini tanggal tiga belas. Bulan purnama kan tanggal lima belas.”

“Oh, iya Kek. Terima kasih, Kek.”

***

Malam ini adalah malam bulan purnama. Kami was-was menunggu di teras rumah kakek.

“Kak, bambu bersusun itu maksudnya apa ya? Kita kan belum menemukan artinya.”

“Oh iya, Mala. Kakak lupa bilang ke kamu. Setelah Kakak pikir sejak kemarin, sepertinya yang dimaksud adalah kursi panjang ini. Karena di sekitar rumah kakek tidak ada lagi bambu atau benda lain yang terbuat dari bambu yang disusun.” Jawabku mantap.

“Iya juga ya, Kak. Coba Mala lihat.” Ujarnya sembari memperhatikan sekeliling kursi panjang yang terbuat dari bambu itu.

“Mala, Lihat itu! Ada gulungan kecil berwarna putih di ujung kaki kursi” teriakku.

Kami pun bergegas mengambil dan membukanya. Sebuah kertas kecil bertuliskan: AYAM BERKOKOK, AIR TERJUN

“Besok pagi di air terjun!” Kami bersorak. Tak sabar rasanya menunggu esok hari.

“Apa yang kalian temukan, nak? Sepertinya bahagia sekali.” Tanya Nenek

“Nek, besok pagi kami mau ke air terjun. Petunjuknya mengarahkan kami kesana.” Kata Mala.

“Baiklah, besok Kakek dan Nenek akan menemani kalian.” Kata Nenek.

“Asyik!”

***

Pagi-pagi sekali aku, Mala, Kakek dan nenek sudah tiba di lokasi air terjun. Kami menaiki angkutan umum selama tiga puluh menit diteruskan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter untuk sampai di gerbang Curug Silawe. Dilanjutkan dengan menuruni jalan setapak selama kurang lebih sepuluh menit kami tiba di lokasi.

Sepagi itu, angin terasa sangat dingin. Namun tak menyurutkan langkah kami menjelajah Curug Silawe.

“Nak, silakan jika ingin berenang, berfoto atau bermain-main dulu disini.” Kata Kakek.

“Tapi, Kek. Kami belum menemukan petunjuk apapun disini.” Jawabku.



Puas sekali aku dan Mala bermain air, mengambil gambar di bebatuan sekitar air terjun dan berenang. Meski airnya dingin merasuk tulang. Kami senang sekali.

“Kak, di batu dekat air terjun itu sepertinya ada tulisan. Kita lihat yuk,” ajak Mala.

Dengan berhati-hati kami melewati bebatuan dan sampailah di batu dekat air terjun. Disana tertera tulisan: TAS KAKEK

“Kakek....!” kami langsung berjalan menghampiri gazebo tempat kakek dan nenek duduk bersantai.



“Wah, kalian berdua memang teliti sekali. Baiklah, sudah saatnya Kakek memberikannya pada kalian.” Jawab Kakek.

Kami berdua sungguh penasaran. Seperti apa gerangan benda wasiat itu. Benda bersejarah yang harus dijaga dengan baik dan diwariskan turun temurun. Kakek mengeluarkan sebuah kotak kayu berukuran kecil berwarna cokelat.

“Inilah benda turun temurun yang diwariskan nenek moyangmu, Nak. Kalian jaga dan rawat dengan baik, ya. Kelak, berikanlah benda ini pada anak cucu kalian.” Pesan Kakek sambil menyerahkan kotak itu.

Kami yang penasaran langsung membuka kotak kayu tersebut. Ada sebuah kalung dengan liontin batu ruby merah jambu. Dan sebuah cincin bermatakan safir blue light. Indah sekali.



note: cerpen ini telah diterbitkan di buku kumpulan cernak berjudul Hidden Treasure oleh penerbit Unicorn tahun 2018
T

Kawal Tumbuh Kembang Anak di Awal Pertumbuhannya Dengan Herba ASIMOR


Bulan Agustus ini banyak moment bersejarah yang berperan penting bagi kita. Moment kemerdekaan 17 Agustus mengajari kita semangat juang nasionalisme. Bagaimana gigihnya pejuang kemerdekaan berjuang di garuda terdepan demi meraih kemerdekaan negara kita. Semangat juang inilah yang mestinya ada juga pada kita para mamsi (Mama ASI) untuk terus berupaya mengASIhi bayi kita eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya kemudian berlanjut terus hingga 2 tahun lamanya. 



Pekan awal di bulan agustus diperingati sebagai pekan ASI. Pekan ASI ini digagas oleh World Alliance Breasfeeding Action pada 1991. Tujuannya yakni untuk mensupport para ibu agar memenuhi hak anak dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Nah, awal dari semuanya adalah IMD yakni Inisiasi Menyusui Dini sesaat setelah melahirkan.

Sayang banget sih, saat aku melahirkan anak ketiga 8 bulan lalu, gak ada IMD. Hiks. Begitu bayinya lahir, oleh bidan langsung diserahkan ke bidan yang lain untuk dibersihkan dan diadzani oleh suami. Huhuhu aku baru ketemu dengan bayiku dua jam kemudian. Hingga dia menyusu untuk pertama kali. Tapi ya, rasanya masya Allah, surprise banget. Speechless. Saat dia pertama kali menyusu tuh seneng dan bangga banget. Begini yaa rasanya jadi #PejuangkASIh

IMD ini penting banget ya ternyata, karena dibutuhkan awal yang baik untuk hasil yang baik, bukan? Meskipun awalnya memang bayi belum pandai mengisap. Namun pelan-pelan dia belajar dan mencari puting mamanya. Ya, tak selalu ASI bisa langsung keluar. Ketika bayi mengisap biarkan saja, Mam. Karena dengan begitu puting menjadi terlatih, bayi semakin pandai menyusu, dan memicu keluarnya kolostrum. Kolostrum aka cairan ASI yang pertama keluar, berwarna agak kekuningan dan kental, jangan dibuang ya Mamsi. Justru itu penting buat tumbuh kembang bayi. So, IMD ini sebagai langkah awal yang tepat untuk pertumbuhan bayi yang optimal ke depannya.

Tentang Inisiasi Menyusui Dini


IMD aka Inisiasi Menyusui Dini sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi serta keberhasilan menyusui dan pemberian ASI eksklusif. Menurut IDAI IMD ini sebaiknya dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Bayi diletakkan di dada ibu untuk merangsang seluruh indera bayi. Biarkan ia mencari puting susu ibunya tanpa disodori langsung dan berlatih mengisap serta bernapas. IMD ini dilakukan sebelum bayi dibersihkan. Ditengkurapkan di atas dada ibu hingga ia berhasil menyusu.

Namun pada prakteknya, kebanyakan bayi yang baru dilahirkan langsung dibersihkan. Ibu pun dibersihkan rahimnya, dijahit jika diperlukan dan berbagai perawatan pasca melahirkan. Tidak ada tindakan IMD yang semestinya. Bayi dan ibu bertemu dalam keadaan sudah sama-sama bersih, untuk kemudian disusui dengan disodorkan puting susu ibu pada mulut bayi. See, tidak sesuai konsep IMD berdasarkan IDAI, bukan?

Ayolah, yuk para nakes, bidan dan calon bidan terutama yang praktek di klinik mandiri, tolonglah edukasi kliennya dan praktekkan IMD yang semestinya. Agar manfaat IMD bisa didapatkan secara maksimal oleh ibu dan juga bayinya. Mungkin para nakes dan bidan yang membaca tulisan ini, ataupun ibu yang sudah paham akan pentingnya IMD, ajukan untuk melakukan IMD setelah melahirkan.

Apa aja sih manfaat IMD ini?


- Membangun bonding antara ibu dan bayi

- Membantu bayi mengenali ibu

- Merangsang bayi mencari puting susu ibu dengan mengandalkan indera penciuman dan penglihatannya

- Bayi berlatih mengisap dan bernafas.

- Membantu bayi mendapatkan kolostrum dari ASI ibu.



style="text-align: left;">Mengenal lebih dalam mengenai kolostrum


Kolostrum merupakan cairan kental berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan atau beberapa saat setelah melahirkan. Kolostrum penting untuk bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat pertahanan tubuh. Kolostrum mengandung karbohidrat, protein serta antibodi. Kolostrum juga mengandung zat yang mempermudah bayi buang air besar pertama kali. Cairan kental yang juga dapat membersihkan bayi dari bilirubin ini mensuplai berbagai faktor kekebalan tubuh dan faktor pendukung pertumbuhan dengan kombinasi zat gizi (nutrien) yang sempurna untuk menjamin kelangsungan hidup, pertumbuhan dan kesehatan bagi bayi yang baru lahir.

Ada lebih dari 90 bahan bio aktif alami terdapat dalam kolostrum. Komponen utamanya terbagi dalam faktor imun dan faktor pertumbuhan. Dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin, mineral dan asam amino yang seimbang. Semua unsur ini bekerja secara sinergis untuk memulihkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Kawal Awal Untuk Selamanya


Melihat betapa pentingnya proses IMD dan manfaat kolostrum yang berlimpah membuat saya menyesalkan saat melahirkan kemarin tidak ada IMD. Namun begitu alhamdulillah tetap bersyukur karena bayi saya masih mendapatkan kolostrumnya. Semoga dengan begitu imunitas tubuhnya baik dan tumbuh kembangnya pun optimal.

Memang tidak semua ibu bisa menghasilkan kolostrum. Tergantung dari apa yang dikonsumsi selama hamil dan rangsangan yang diberikan. Hal ini sejalan dengan tidak semua ibu yang melahirkan ASInya bisa langsung keluar. Ada yang keluar di hari pertama melahirkan, hari kedua bahkan hari ketiga. Namun jangan khawatir Mamsi, karena bayi masih punya cadangan makanan di dalam tubuhnya yang membuatnya kuat bertahan hidup selama tiga hari setelah dilahirkan tanpa asupan makanan apapun.

So, bayi ibu melahirkan yang ASInya tidak langsung keluar, jangan berkecil hati ya Mamsi. Karena saya pun pernah mengalaminya. Bayi pun tidak perlu diberi susu pengganti ASI. Cukup dirangsang saja dengan tetap memberikan puting susu ibu untuk bayi belajar mengisap. Karena prinsipnya, semakin sering diisap, semakin banyak produksi ASI yang dihasilkan.

Persiapan Eksklusif menyusui


Ketika pertama kali melihat dan bertemu dengan bayi yang baru saja dilahirkan, duh, spee
chless deh. Bener gak, Mam? Kalo saya sih, gitu. 



Entah rasa apa yang ada di hati dan benakku saat ini. Melihatmu tenang di pangkuanku, utuh dan dapat kupeluk. Ku merasa betapa besar kuasa Tuhan dan anugerahNya tiada putus. Betapa agungnya Tuhan Yang Maha Segala menciptakan makhluk sesempurna engkau, duhai bayiku. Membuatku pun merasa tak percaya sempat mengandungmu selama sembilan bulan. Berbagi rasa, asa, bahkan detak jantung yang seirama. Hingga tubuhmu bisa keluar melalui jalan keluar yang juga tidak besar. Sungguh, betapa besar kuasaMU ya Rabb. Terimakasih atas segala karunia.

Apakah Mamsi juga merasakan hal yang sama? Sepertinya iya ya Mam. Takjub pastinya ya. Wanita yang dari luar terlihat lemah ternyata mampu mengandung dan melahirkan meski dalam kepayahan.

Nah, sebagai persiapan menyusui setelah melahirkan, sebaiknya memang dipersiapkan sedini mungkin sejak masih hamil. Diantaranya mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, minum susu untuk ibu hamil, dan minum suplemen. Ini persiapan dari dalam, ya. Sedangkan dari luar, saya mulai sering membersihkan dan memijat sekitar payudara sejak usia kehamilan 8 bulan. Ini dilakukan untuk merangsang payudara agar mulai memproduksi ASI. Alhamdulillah cara ini ampuh sehingga setelah melahirkan bayi ketiga ini, ASI saya keluar di hari pertama melahirkan.

Selain itu, saya pun juga minum suplemen pelancar ASI. Ini sebagai pelengkap makanan yang kita konsumsi. Tentunya Mamsi sudah mengonsumsi banyak sayur dan buah, juga protein dan zat gizi lain yang memang dibutuhkan untuk nutrisi bayi. Namun dengan minum suplemen pelancar ASI, nutrisi yang dihasilkan dalam ASI akan lebih lengkap, mencukupi dan pastinya membuat ASI lancar.

Alhamdulillah saya minum Herba ASIMOR, rutin sehari dua kali. ASI lancar, bayi pun tenang. Dan bayi saya tumbuh sehat badannya kencang berisi. Sungguh menggemaskan. Apalagi bayi laki-laki umumnya kebutuhan ASInya lebih banyak ya Mamsi. Bagaimana dengan Mamsi?

Suplemen Pelancar ASI


Herba ASIMOR ini merupakan produk herbal yang membantu melancarkan ASI. Terbuat dari kombinasi dua tanaman asli Indonesia yakni daun katuk dan daun torbangun yang secara turun temurun dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI. Dilengkapi dengan fraksi ikan gabus yang juga mempunyai manfaat begitu besar bagi ibu yang baru melahirkan.

Manfaat daun katuk



Yang utama dan paling terkenal, daun katuk bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Ini karena daun katuk mengandung asam folat, vitamin A, B dan C yang mampu meningkatkan hormon prolaktin. Namun ternyata tidak hanya itu, karena daun katuk juga berfungsi sebagai anti peradangan dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Mengatasi anemia, sebagai antioksidan dan membantu mengatasi penyakit jantung.

Manfaat daun torbangun



Daun torbangun atau yang sering disebut juga daun bangun-bangun ini ternyata di Sumatera Utara menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan sampai 30 hati pasca melahirkan loh. Daun yang segar, tebal dan berwarna hijau ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang digambarkan mirip oregano dan juga daun mint. Daun torbangun ini memiliki kandungan seng, zat besi, kalium dan magnesium yang mampu meningkatkan berat badan pada bayi. Daun ini dapat menjadi laktagogum untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas ASI.

Adalah Prof. DR. Rizal Damanik, Dosen Departemen Gizi Masyarakat dan Fakultas Ekologi Manusia IPB (Institut Pertanian Bogor) yang telah meneliti daun torbangun secara menyeluruh sejak tahun 2001. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa mengonsumsi daun torbangun membantu ibu yang sedang hamil maupun menyusui memproduksi ASI yang berkualitas bagi bayinya.

Konsumsi sayur torbangun tidak hanya memberikan efek positif bagi kesehatan ibu menyusui namun juga pada bayinya. Hal ini terbukti pada berat badan, lingkar kepala, lingkar dada dan angka kesakitan dari bayi yang lebih baik. Daun torbangun ini mengandung sepuluh komponen aktif yang saling mengikat, antara lain asam lemak rantai ganda, kelompok steril dan aldehid. Itu memicu meningkatnya kuantitas dan kualitas ASI.

Sedangkan ikan gabus bermanfaat dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Kawal Awal Untuk Selamanya


Mamsi, tetap semangat mengASIhi bayi kita, ya. Kita kawal awal pertumbuhannya dengan mengupayakan pemberian ASI eksklusif di 6 bulan pertama kehidupannya. Kemudian lanjut hingga usia 2 tahun. Support sistem di sekitar Mamsi juga penting untuk mendukung suksesnya Pejuang KASIh.

Ayah, dukung Mamsi memperjuangkan hak bayi mendapatkan ASI berkualitas ya. Sediakan makanan yang sehat dan bergizi serta suplemen pelancar ASI herba ASIMOR. Tanpa efek samping dan aman dikonsumsi oleh Mamsi serta bayi. Apalagi untuk mendukung pekan ASI di bulan Agustus ini, herba ASIMOR memberikan promo diskon 10% pembelian di store official GoApotik di shopee dengan kode voucher GOAPMOMS. Atau klik Link ini https://bit.ly/1monthbundleASR

Cekidot ya Mamsi... Kita #KawalAwalUntukSelamanya tumbuh kembang anak kita agar dapat tumbuh optimal.

Semamgat mengASIhi ya Mamsi,

Salam #PejuangkASIh




 Hayo, siapa yang udah kangen wisata keluarga? Saya mengacungkan diri paling pertama.


Tak dapat dipungkiri masa pandemi membuat segala kebiasaan di rumah, di keluarga, di kantor dan dimanapun berubah. Dari yang tadinya setiap weekend kami sering jalan-jalan meski sekedar ke taman kota, ngebakso atau apapun.

Namun 5 bulan belakangan hal itu sudah tidak pernah dilakukan lagi. Pulkam pun baru terlaksana sekarang, karena sekalian mengantar si sulung ke pesantren. Namun wisata keluarga? Sepertinya bakalan masih harus tertunda hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Hiks


Agenda Wisata Keluarga


Tradisi di keluarga besar kami, setiap tahun minimal satu kali ada agenda wisata keluarga. Karena hampir separuh anak-anak dari mertua pada merantau ke jabodetabek, maka berkumpul di rumah mertua minimal satu tahun sekali yakni pada momen idul fitri.

Nah, momen inilah yang biasanya dimanfaatkan untuk merekatkan rasa di jiwa ini. Agar rasa kasih dan sayang terus terpupuk dengan subur maka perlu adanya kebersamaan. 

Biasanya hari pelaksanaan ada di antara hari ke 6 sampai 8 syawal. Tak perlu jauh, cukup ke daerah Magelang, Jogja, Pati, Lasem atau sekedar ke Kudus dan Semarang pun dijabani. Paling sering, sekalian silaturahim ke rumah besan ibu mertua atau keluarga yang lain. Kemudian ziarah ke makam wali, kyai, dan diakhiri dengan rekreasi. 


Manfaat Berwisata Dengan Keluarga


  • Menambah Pengalaman dan Wawasan
Tak dipungkiri dengan Berwisata bersama keluarga pengalaman kita bepergian ke suatu tempat bertambah. Yang tadinya belum pernah kesana, jadi pernah. Wawasan pun bertambah pula.
  • Memupuk Rasa Persaudaraan 
Dengan sering atau rutin berwisata bersama keluarga besar, rasa kasih dan sayang antar saudara makin terpupuk dan terjaga. Karena itulah cara ini masih dipertahankan hingga saat ini. Semoga pandemi segera berakhir supaya kami bisa berwisata lagi bersama keluarga besar. 
  • Menjaga Silaturahmi 
Bepergian bersama ini tujuan utamanya adalah silaturahmi, bonus rekreasi di tempat wisata terdekat dari rumah keluarga dikunjungi, atau mengunjungi tempat wisata lain jika yang terdekat sudah pernah dikunjungi. So, dapet double bonus kan? 
  • Membahagiakan Orangtua
Dengan berwisata bersama keluarga besar, kerukunan terjaga, hubungan persaudaraan makin harmonis, orangtua pun bahagia melihatnya. Hayo, adakah yang ingin melihat orangtuanya tersenyum bahagia hatinya berbunga-bunga? Coba deh ajak wisata keluarga, insya Allah berkah. 
  • Menciptakan Kenangan Manis
Momen-momen bersama keluarga ini pasti akan selalu dikenang. Apalagi jika terekam dengan baik dalam foto maupun video kebersamaan. Plus, jika ada kejadian lucu atau mengenaskan yang pernah dialami. Pasti terkenang terus deh. Seperti kami dulu pernah kehabisan bensin sebelum sedang dalam perjalanan. Duh, heboh kan tuh karena perjalanan sempat terhambat. Beruntung bisa mengisi bahan bakar di SPBU terdekat hingga perjalanan bisa lanjut kembali dan kembali merenda memori indah bersama. 

Nah, bagaimana dengan kamu? Memori apa nih yang paling berkesan bersama keluarga? Share yuk! 



Menggunakan Point Of Sale Dalam Mengembangkan Bisnis Yang Dijalani


Masa pandemi yang belum tahu ujung akhirnya ini semakin menggiring berbagai opini. Banyak pebisnis baru bermunculan. Sistem pemasaran dioptimalkan, termasuk pemasaran digital dan jenis penjualan. Dimana semua sistem yang ada dikolaborasikan hingga closing penjualan bertubi-tubi. 


Sistem pos

Bisnis apa saja yang bisa berkembang di masa pandemi seperti sekarang ini?


Dilansir dari jurnal.id bahwa setidaknya ada lima sektor bisnis yang justru semakin berkembang di masa pandemi yakni makanan dan minuman (kuliner), kubutuhan bahan pokok, sektor jasa atau produk kesehatan, usaha jasa pendidikan dan pelatihan, serta sektor bisnis digital.

Berdasarkan pengamatan saya, banyak usaha berbagai makanan dan minuman yang semakin maju, yang baru bermunculan. Diantaranya nih, ada tetangga saya yang tadinya nggak jualan, sekarang jualan kebutuhan pokok yang siap antar jemput, sayur dan buah sesuai pesanan, dan berbagai olahan makanan lain.

Begitu banyak dan berkembangnya bisnis kuliner di era ini tak lepas dari peran mitra yang saling menguntungkan kedua belah pihak dengan sistem yang baik. 

Salah satu mitra yang bisa digandeng untuk mengembangkan bisnis kuliner adalah Go Food.

Apapun produk makanan dan minuman yang kamu produksi, daftarkan menjadi mitra Go Food by Gojek untuk meningkatkan potensi penjualan. Apalagi sekarang sudah ada sistem POS aka point of sale dalam fitur GoBiz terbaru. Dengan sistem pos yang terintegrasi dengan Go Food ini menjadikan bisnismu lebih tertata karena semua pencatatan tersimpan rapi di aplikasi.

Tentang Sistem Point Of Sale


Sistem Point Of Sale yang biasa disebut sistem pos ini dapat memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli. Sistem inilah yang melakukan transaksi mulai dari catatan jenis pesanan beserta jumlah pesanan, kalkulasi harga hingga cek stok toko.

Melalui sistem pos ini juga bisa menyediakan faktur atau struk yang bisa dicetak langsung jika diperlukan.


Sistem pos yang bisa diakses melalui android sangat menguntungkan bagi penjual. Karena pencatatan tersimpan rapi secara otomatis di android dan dashboard website Gobiz.

Aplikasi gobiz

Fungsi Post System untuk dunia usaha

  1. Membantu operasional harian usaha
  2. Menerima berbagai macam metode pembayaran
  3. Mencatat dan membuat laporan penjualan
  4. Mencetak struk

Tak dipungkiri, di masa pandemi seperti sekarang ini banyak teman-teman yang suka bela beli dagangan makanan maupun minuman yang dijual oleh teman lain.

So, makin sering deh buka aplikasi Go Food. Itu saya, sih. Hihihi 

Makanya seperti yang tadi saya bilang bahwa jika kamu punya bisnis kuliner, daftarkan di GO Food ya. Niscaya penjualanmu meningkat dan usahamu makin dikenal banyak orang. 

Setelah daftar di Go Food dan menerima pembayaran via Gopay, kamu coba deh aktifkan POS System nya. FREE loh! Dengan seabrek kemudahan.

Diantaranya:

  • Tidak perlu mencatat secara manual lagi untuk pesanan makan di tempat karena bisa langsung input di aplikasi
  • Laporan harian lebih lengkap baik untuk pesanan secara online maupun makan di tempat
  • Tidak perlu menggunakan alat kasir, cukup menggunakan android saja
  • Tersambung dengan printer sehingga bisa mencetak struk saat dibutuhkan. Bisa menggunakan printer bluetooth jenis apapun.
  • Dengan mengaktifkan sistem Point Of Sale ini semua laporan harian terkoneksi hingga tidak perlu repot merekapnya di akhir hari. 
  • Sistem pos berbasis cloud/online sehingga mudah diakses dan dipantau darimana saja. 

Sejatinya sistem pos ini tidak hanya digunakan pada bisnis kuliner saja. Namun bisa juga dipakai pada bisnis restoran, Cafe, Coffee shop, hingga laundry kiloan.

Kebayang gak, kalo usahamu tidak menggunakan sistem pos ini, kamu bakalan repot karena masih harus input manual untuk orderan makan di tempat. Sebab yang terinput di sistem adalah pesanan secara online melalui aplikasi Go Food by Gojek saja. Selain itu, di akhir hari kamu masih harus merekap ulang semua pesanan. Lagi pula, kamu harus stand by di toko untuk mengecek catatan arus kas tokomu. Cukup melelahkan, bukan? 

Nah, post system ini ibarat satu rumah yang bisa mengeneralisir semua kebutuhan bisnismu. Semua terintegrasi dan terkoneksi secara langsung dan bisa dipantau darimana saja. Akan lebih efektif secara waktu, tenaga dan hemat biaya! Worth it, banget. 

Cara mengaktifkan sistem pos untuk bisnismu

Perlu digarisbawahi bahwa yang bisa mengaktifkan sistem Point Of Sale ini hanya yang bisnisnya sudah bermitra dengan Go Food dan menerima pembayaran dengan gopay saja, untuk saat ini. 

Point of sale
Source: gobiz.co.id

Pastikan usahamu sudah terdaftar jadi mitra Go Food ya. Jika sudah, kamu tinggal klik menu BAYAR di aplikasi GoBiz dan pilih menu COBAIN POS, YUK! Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada hingga fitur Post System sudah aktif dan bisa digunakan di androidmu. 

Daftar gobiz
Pilihan saat akan daftar gobiz

Daftar sistem pos
Siapkan semua informasi ini saat akan mendaftar gobiz


Melihat banyaknya kegunaan sistem pos ini bagi usaha yang sedang dijalani, membuat saya pun ingin merekomendasikannya kepada teman yang sedang merintis usaha sale pisang. 

Sale pisang nafabiih
Salah satu usaha kuliner yang bisa menjadi mitra go food dan mengaktifkan sistem pos


Nah, sale pisang ini kan termasuk usaha di bidang kuliner yang banyak dicari orang saat ini. Apalagi camilan yang satu ini unik karena mengandung ciri khas daerah tertentu dan pengolahannya pun harus tepat untuk menghasilkan kualitas yang baik. 

Berhubung teman saya ini baru memulai usahanya, tiada salahnya kan mulai bermitra dengan GoFood dari Gojek ini. Keuntungan jadi mitra pun banyak, salah satunya bisa mengaktifkan fitur point of sale yang baru saja kita bahas. 

Jika sistem posnya sudah aktif, kita jadi lebih leluasa memantau segala sesuatunya karena auto connect ke Android atau tablet kita. Segala transaksi tercatat rapi, update stok setiap saat, dan metode pembayaran pun beragam. Maka peluang terjadinya penjualan semakin meningkat. 

So, bagaimana dengan bisnismu? Sudahkah menggunakan POS System agar bisnismu semakin tertata rapi? Kalo belum, kuy lah! 


Ceritabunda