Challenge Kreasi Merah Putih: Puding Lotus Biscoff

Semarak kemerdekaan semakin terasa meriah di berbagai kesempatan. Sudah ada pengumuman lomba 17 Agustus-an di sekolah. Anak-anak semangat dan makin giat berangkat sekolah. Antusiasmenya amat terasa sampai mereka pulang ke rumah. Hmm, saya jadi mikir nih, mau bikin Challenge Kreasi Merah Putih dalam rangka Hari Kemerdekaan untuk anggota rumah, bikin challenge apa ya?? 

Setiap pulang sekolah, banyak cerita seru yang mereka bawa. Momen perayaan kemerdekaan tahun ini. Apalagi tiap mereka baca buku cerita, pasti deh banyak pertanyaan yang muncul maupun kegembiraan mereka saat menceritakan kembali isi buku yang dibacanya. 

Selain itu, sekolah sudah full tatap muka dan pulangnya pun jam 1 siang. Pulang sekolah anak-anak pasti capek, haus, butuh istirahat dan asupan nutrisi yang mampu mengembalikan energi. 


Challenge Kreasi Merah Putih


Hadirkan Kudapan yang Lezat dan Sehat Untuk Buah Hati 

Menyiapkan bekal setiap hari untuk dibawa ke sekolah tentu sebuah rutinitas yang bisa menyenangkan, bisa pula menjenuhkan. Apalagi jika menunya itu-itu saja. Karena itulah perlu adanya sebuah inovasi dan kreativitas dalam menciptakan menu-menu baru. 

Pas banget dalam bulan Agustus, menyongsong gempitanya perayaan kemerdekaan Indonesia, Tiga Sapi mengadakan Challenge Kreasi Merah Putih yang berlangsung hingga akhir bulan ini. Tentu ini merupakan angin segar, di kala jenuh dengan menu harian, kini saatnya berkreasi. 

Jadi, nggak cuma anak-anak donk yang lomba di sekolah, emaknya juga bisa ikut kompetisi Challenge Kreasi Merah Putih yang diselenggarakan oleh Tiga Sapi. Silakan cek info lengkapnya di akun instagram @lezatnyatigasapi ya. Ada banyak hadiah yang menarik, lho! Ohya, akan dipilih empat pemenang tiap minggunya juga. Cuss deh, ikutan! siapa tau kamu jadi pemenang minggu berikutnya.  


Puding Lotus Biscoff 

Challenge Kreasi Merah Putih yang saya buat kali ini adalah menu kudapan puding. Karena anak saya suka banget puding jadi seneng deh berkreasi dengan aneka puding. Kali ini pilihannya jatuh kepada Puding Lotus Biscoff. Kenapa biskuitnya menggunakan Lotus Biscoff? Baca terus sampai bawah, ya, kamu akan menemukan jawabannya. 


Cara Membuat Challenge Kreasi Merah Putih Puding Lotus Biscoff 

Puding yang akan saya buat ini terdiri atas dua lapisan. Maka kita akan membuat per lapisan ya. 

Bahan lapisan pertama: 

125 gr gula pasir 

7 gr (1 bungkus) agar-agar plain 

170 gr keju parut

2 butir kuning telur 

240 gr Tiga Sapi Kental Manis 


Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Bahan yang diperlukan

Bahan lapisan kedua: 

7 gr (1 bungkus) agar-agar plain 

100 ml santan 

250 gr Tiga Sapi Susu Evaporasi

1 butir telur 

125 gr gula aren 


Cara Membuat Puding Lotus Biscoff dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi
Proses membuat puding


Cara Membuat: 

1. Aduk rata semua bahan lapisan pertama. Jika dirasa masih ada gerindil, boleh disaring saja. Lalu masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah uap hilang tuang ke dalam cetakan.

2. Aduk bahan lapisan kedua. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai gula larut dan meletup-letup. 

Note: Pastikan permukaan lapisan pertama kering saat disentuh, tuang lapisan kedua secara perlahan menggunakan sendok. 

Jika suka memakan puding dengan vla, boleh tambahkan vla di atasnya. 

Setelah selesai, simpan di kulkas hingga dingin. Saya membuat puding ini malam, dimakan keesokan harinya saat pulang sekolah, duh nikmatnya. 

Disajikan dengan remahan biskuit Lotus Biscoff yang lezat, makin menambah citarasa yang enak dan sehat.  

Ohya, sedikit tambahan, jika mau berinovasi atau menyederhanakan resep puding ini, boleh juga memasak dalam satu lapisan saja. Inovasinya lebih banyak di topping atau vla-nya. Rasanya pun saya rasa tetap oke, kok. 


Bahan membuat Puding Lotus Biscoff
biskuit lotus biscoff

Mungkin ada yang bertanya, kenapa saya memilih menggunakan biskuit lotus biscoff sebagai topping? bukan biskuit lain. Ya karena cita rasa yang unik dan khas dari biskuit Lotus Biscoff ini. Biskuit yang berasal dari Belgia ini pun memiliki tekstur yang renyah, meskipun harganya relatif pricey namun membawa kesan premium. Sehingga lebih menggoda ketika disajikan. 


Membuat Kreasi Merah Putih
Puding Lotus Biscoff with Tiga Sapi Susu Evaporasi


Kenapa Memilih Menggunakan Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi? 

Tiga Sapi Kental Manis nikmat sebagai campuran makanan mau pun minuman. Seperti sajian kopi, teh, puding, es teler, es campur, campuran martabak, dan lain sebagainya. Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: sumber kalsium dan vit. D3, tinggi Vit. A dan B1. Harga ekonomis: Rp. 12.000/kaleng 490g. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini merupakan susu evaporasi pertama di Indonesia yang menggunakan kemasan kotak. Sehingga lebih mudah dan nyaman dipegang, mudah dituang bahkan hingga tetes terakhir serta lebih hemat tempat saat disimpan di kulkas. 

Susu evaporasi pun dapat digunakan sebagai pengganti santan sehingga tidak perlu khawatir lagi akan meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh. So, bisa masak opor, es cendol, bubur kacang hijau dan lain sebagainya menggunakan susu evaporasi saja, tanpa santan. Menariknya lagi, Tiga Sapi Susu Evaporasi bisa digunakan langsung dari kotak ataupun diencerkan terlebih dahulu sehingga menyerupai susu segar. Sebab Tiga Sapi Susu Evaporasi ini merupakan susu tanpa lemak yang yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu. So, rasa creamy-nya pas, gurih lezat dan juga lebih sehat donk pastinya. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini nikmat digunakan sebagai pelengkap minuman, makanan, kue, puding, dan lain sebagainya. 

Harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis: Rp. 15.000/ pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. Sangat terjangkau bukan? 

Soal rasa nggak perlu diragukan lagi. Rasanya tuh enak, manisnya pas. Cocok banget buat pelengkap atau campuran makanan maupun minuman. Cobain deh. 


Penutup 

Seorang ibu seringkali dituntut untuk mudah berkreasi dan berinovasi dengan berbagai resep makanan hidangan keluarga. Konon katanya, pengikat suami dan anak-anak agar betah di rumah ya masakan ibunya. So, apapun yang kita masak dan hidangkan untuk yang tersayang pastikan makanan yang enak, lezat dan bernutrisi. Coba donk, tulis di kolom komentar, usulan resep apalagi yang bisa dikreasikan menggunakan Tiga Sapi Kental Manis ataupun Tiga Sapi Susu Evaporasi. Mumpung stok keduanya masih ada nih di rumah.  

















 


73 komentar:

  1. Enak banget nih pasti pudingnya pakai tiga sapi susu evaporasi dan lotus biscoff di atasnya

    BalasHapus
  2. Owwhh Lotus Biscoff ini nama biskuit dari Belgia? unik banget sih jadi pengen bikin juga mumpung punya stok Tiga Sapi di rumah.

    BalasHapus
  3. Bahan resepnya simpel dan mudah didapat, tapi soal rasa kayaknya bikin nagih deh itu... 😀 next request bikin kreasi cake enak juga mba Qoty....

    BalasHapus
  4. Wah pas banget lagi pengen bikin pudding pakai biskuit. Pas dapat resepnya di sini. Pasti makin enak ya dengan susu evaporasi dari tiga sapo
    Cuss belanja ah
    Besok mau eksekusi pudingnya

    BalasHapus
  5. Yummy jadi ngilerrr...
    Cara membuatnya simpel ya bunn..
    Susu cap tiga sapi boleh nih di coba bisa buat apa aja kan yaks?
    Misal buat topping roti maryam gity.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bikin ngilerr banget deh mba Yen. Bisa lho TIGA SAPI ini kan pengganti santan jadi lebih sehat deh.

      Hapus
  6. Aduh lotus biscof, udah lama pengen bikin kreasinya nih mbak. Alhamdulillah dapet resepnya di mari hohoho btw, tiga sapi evaporasi emang enak yaa

    BalasHapus
  7. wah anakku nagih bikinpuding nih, btw pudingnya cakep mbak .. jujurly aku baru dengar lotus biscof

    BalasHapus
  8. Ponakanku doyan banget sama puding. Mungkin kalau dikreasikan sama biskuit lotus dan Tiga Sapi susu evaporasi enak banget kali ya... Mau nyoba akutu...

    BalasHapus
  9. wwiiih enak ini pasti, bahan2nya aja udah menggiurkan ih mbaa, mau cobain bikin juga ahhh

    BalasHapus
  10. Wah, puding adalah camilan favorit anak-anakku nih
    Aku belcum pernah coba bikin puding sama susu evaporasi
    Kapan kapan mau coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa kayaknya pudding jadi makanan favorit anak2 dan kita yg dewasa yah hihi dah gitu gampang bikinnyaaa

      Hapus
  11. Jadi ngebayangin menikmati puding yang baru dikeluarin dari kulkas, segerrr... Anak anakku juga suka banget sama puding, resepnya boleh dicontek ya?

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Nikmat sekali yaa.. pudding lotus biscoff.
    Jadi ingat kalau ibuku dulu seneng bikinin kami pudding regal. Dan kini dengan tambahan bahan Tiga Sapi Susu Evaporasi dari Indofood, camilah menjadi semakin enak dan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku baru tahu malahmbak lotus ini hehehe, jadi penasaran nih ehm kalo lihat tampilannya yummy nih .. pakai Tiga Sapi pula ya. pas banget di rumah juga lagi ada stoknya

      Hapus
  13. Terima kasih infonya, Mba Qoty. Puding cemilan kegemaran saya sejak kecil. Resepnya bisa dicoba nanti di rumah. Usul saya, bisa nggak buat bolu pakai produk Tiga Sapi? Siapa tahu jadi bolu kreasi baru.

    BalasHapus
  14. Susu evaporasi tiga sapi ini memang serbaguna sepertinya ya Mbak. Bisa dijadikan campuran aneka dessert, dari kue-kue hingga puding. Kebayang lezatnya puding lotus biscoff ini. Apalagi disantap dingin-dingin di siang hari..

    BalasHapus
  15. Wah enak banget. Apalagi saya dan anak-anak juga penyuka puding. Jadi ingin nyoba juga buat bikin, apalagi resepnya lengkap. Terima kasih buat resepnya.

    BalasHapus
  16. Enak banget kayaknya mbaa. Anak saya pecinta puding, boleh ya recook pake resep ini.

    BalasHapus
  17. salfok dengan lotus biscofnya mbak, langsung keinget sama masak masanya tasyi hihihi dari kemarin aku cari-cari tiga sapi ini tapi belum ketemu huhuhu, yeesss dapat menu yang bisa segera dieksekusi ini, terima kasih mbak

    BalasHapus
  18. Mau nyoba....aku pecinta puding apalagi gula merah..

    BalasHapus
  19. Wah aslii ini enak bangett sih mbaa hahaha aku tergiur sama kondimennya (halah kondimen) wkwk si lotus itu dan kalo dipadu sama pudding dan susu tiga sapi, wah iya auto bikin anak doyan makan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga lagi ada stok nih Tiga Sapi di ruamh pengen bebikinan juga , anakku happy banget nih kayaknya.

      Hapus
  20. Lotus biscoff ini biskuitnya rasanya enak banget ternyata ya, Mbak. Aku baru pertama ngrasain eeee suka banget dengan rasanya. Rasa jadul tapi lidahku sangat menerima apalagi ditambah dengan kreasi puding Mbak Qoty, semakin melengkapi rasanya, jadi tambah enaaaaaaaaaaaaak

    BalasHapus
  21. saya suka dengan puding mom, dan ini keliatan banget enaknya, jadi laper belum sarapan. Wajib coba di rumah, bahannya mudah dicari terus cara buatnya juga mudah ya, wah saya suka banget pakai susu yang banyak begini mom

    BalasHapus
  22. suka bangets ma pudingn......jadi pengen buat puding lotus dn pakai susu kental dari tiga sapi susu....

    BalasHapus
  23. Cemilan pudding ini cocok dinikmati kapan aja yaa..
    Kalau dijadikan stok di kulkas juga mantep banget.
    Dan dengan kreasi menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi, maka rasa pudding menjadi lebih nikmat.

    BalasHapus
  24. Eh, udah pakai santan pakai susu juga, Mbak? Duh, ngiler nih, pengen nyobain juga ah. Makasih resepnya, Mbak

    BalasHapus
  25. kreasi puding pasti enak bangetttt. Dan juga baik untuk pencernaan juga. Aku sepertinya akan coba pke resepnya mba..

    BalasHapus
  26. Puding kemerdekaan nih judulnya, Kak? Adem banget, pasti seger dimakan abis 17an

    BalasHapus
  27. Liat ini auto langsung pengen makan puding. Aku juga kebetulan suka lotus, enakkk

    BalasHapus
  28. aku malah penasaran sama susu evaporasinya, belum pernah bikin masakan pakai susu evaporasi. Mau beli online ah...

    BalasHapus
  29. wah aku baru tahu ada biskuit khusus lotus biscoff pantesan enak ya rasa puding atau dessert yang pakai lotus biscoff. kalau susu evaporasi tiga sapi aku juga udah Cobain dan memang anak banget buat dessert atau minuman

    BalasHapus
  30. Kapan-kapan coba ah. Bahan-bahannya mudah dicari.

    BalasHapus
  31. Yeee pudingnga jadi, seger banget ini sih ya Bun kalau dinikmati siang hari. Baca ginian tengah malam pun jadi pengen buka kulkas siapa tau ada puding beneran heheh. Makasih resepnya bund

    BalasHapus
  32. wuihhh sepertinya enak nih. sy penggemar puding jg mba. Bisa dipraktemin nih resepnya

    BalasHapus
  33. puding ini memang kayaknya nggak jauh-jauh dari kental manis ya, mbak bahan pembuatnya. bisa dicoba nih ntar resepnya buat anak-anak

    BalasHapus
  34. Hmmm....laper... baca postingan makanan itu ga tahan lihat gambarnya... jadi tetiba pengen makan... btw trims infonya kak.. jadi tau tiga sapi kental manis... cobain ah..

    BalasHapus
  35. Selalu keren dan semangat kalau menu puding apalagi dengan Lotus biscoff yang menarik banget...yummm

    BalasHapus
  36. Sebagai pecinta puding wajib coba nih resep puding lotus ini, hmmm....

    BalasHapus
  37. Membaca kata puding, lidah wes kemecer pengen nyobain. Pasti enak nih. Apalagi bahan-bahan didalamnya banyak gizi juga

    BalasHapus
  38. ya ampun aku ngeces bayangin puding
    Paling enak disantap siang-siang saat matahari menyengat
    Jadi ingat masih punya stock agar-agar
    Sip besok dieksekusi baliknya

    BalasHapus
  39. Simple ya bikinnya, apalagi disajikan dingin, makin enak dimakan karena sekarang panas banget cuaca. Berarti ini pakai santan dan juga susu ya mbak, makin creamy ya

    BalasHapus
  40. saya termasuk yang suka banget sama puding karena tidak doyan nasi, nah kalau ada menu puding begini jadi gatel pengen cobain di rumah hehehe terimakasih resepnya

    BalasHapus
  41. wah ini, panas2 gini nyimak artikel tentang pudding,, waduh jadi pengen icipin.. creamy banget sepertinya...

    BalasHapus
  42. Aku paling ngga bisa nolak sih ama yang namanya puding. Udah pasti enak dan disukai berbagai kalangan. Makanan yang pas buat kumpul rame rame atau cemilan dikala senggang. sedep mah... jadi pengen coba buat

    BalasHapus
  43. Aih resep inspiratif nih, bahannya mudah tapi dari penampakan hasilnya top markotop nih Mba. Puding salah satu favorit saya, kebetulan belum pernah masak pakai susu evaporasi, ini bisa jadi referensi wajib coba.

    BalasHapus
  44. Dari kemarin tiap siang hari Dan panas menyengat, yang terbayang adalah enaknya menikmati pudding yang dingin. Eh kok pas dapat resep di sini. Cuss ah eksekusi. Kebetulan Masih ada stock susu tigas sapi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ya..berasa dikasih inspirasi untuk menu kreasi menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi yang nikmat. Kreasi menu makanan puding ini selalu disukai anak-anak.

      Hapus
  45. Kalau ngomongin Tiga Sapi, aku emang lebih paham dengan produk kental manisnya sih kak, baruan tahu aja kalau punya susu evaporasi juga. Tapi ini makin ngebuktiin kalau Tiga Sapi emang bisa dibuat apa saja, terutama kue manis-manis

    BalasHapus
  46. Daku membayangkan menyantap puding ini pas saat dinginnya tuh sejuk, wah nikmat dan segar, apalagi pakai tiga sapi yang tambah bikin lezat ya

    BalasHapus
  47. Pudingnya kelihatannya enak banget nihh kaakk. Rasanya pasti creamy banget.

    BalasHapus
  48. Melihat banyaknya resep makanan yang variatif ini jadi menambah semangat untuk menciptakan menu spesial untuk keluarga. Apalagi jika makanan ini dimasak menggunakan produk Tiga Sapi, pastinya dijamin lebih nikmat rasanya. Seperti puding lotus ini. Tentu rasanya nikmat banget, seperti tampilannya, berkat campuran produk Tiga Sapi.

    BalasHapus
  49. Kreasinya unik, ya. Hidangan pudding jadi tidak membosankan. Apalagi menggunakan susu Tiga Sapi dan Lotus Biscof.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull banget tampilan makanan menarik membuat anggota keluarga tergugah seleranya untuk comot mencomot

      Hapus
  50. Resep puding harus dicoba, biar istriku aja yg nyoba. Kreasi yg unik bakal bkin ngiler

    BalasHapus
  51. Puding itu enak
    Buat hidangan penutup ya mbak
    Apalagi kalau pakai susu cap tiga sapi, makin enak rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bangett aku selalu ga pernah absen stok puding untuk anak. entah untuk bekal atau camilan. hihi.. jadi penasaran gimana rasanya kalau dipakein susu evaporasi

      Hapus
  52. Ajip banget nih, karena biskuit lotus biscoff sangat cocok dipadu padankan dengan aneka puding.

    BalasHapus
  53. Kelihatan enak segar pudingnya, makasih mba resepnya. Nanti coba juga ah buat anak-anak pasti pada suka

    BalasHapus
  54. Aku suka puding. Pasti enak puding pakai susu tiga sapi evaporaso. Rasanya beda dan lezat, juga sehat

    BalasHapus
  55. Pas banget nih kaka.anak2 suka banget sama puding. Bisa dicoba di rumah nih pakai biskuit juga pastinya

    BalasHapus
  56. ga ada bosan-bosannya meskipun bikin puding setiap hari. Apalagi jika pakai 3 Sapi karena memang seenak itu...

    BalasHapus
  57. i love pudding, makanya mau cobain ah resep bikin pudingnya, buat snack pulang sekolah anakku kayanya bagus juga yaa

    BalasHapus
  58. baca ini besok jadi pengen eksekusi nih, kebetulan bahan-bahannya sudah tersedia di rumah. semoga gak mager. hihi

    BalasHapus
  59. yummy banget ini kelihatannya... mana buatnya ga terlalu susah, kan jadi pengen buat langsung besok 😘😘 makasi berbagi resep mba

    BalasHapus
  60. Aku malah salfok sama pudingnya mba, menggiurkan sekali :'(
    Jadi pengen icip hasinya niih..
    Alhamdulilah di share juga sama resep2nya sekalian, wajib dicoba nih ntar di rumah buat keluarga nyantai

    BalasHapus
  61. Kental Manis Tiga Sapi ini cocok untuk jadi bahan campuran kudapan ya mbak. Sepertinya saya harus coba nih di rumah, karena suami suka nyamil. Dan pastinya bikin ide baru memasak

    BalasHapus
  62. Pernah nyobain biskuitnya, ternyata enak loh. Ada rasa gurihnya gitu deh. Ternya bisa dikreasikan juga ya

    BalasHapus
  63. Susu Tiga sapi bisa dipakai untuk apa saja ya, sebelumnya aku baca bisa digunakan untuk tumisan bayam. Sekarang dibuat untuk puding, makin bikin ngilerr sama pudingnya..

    BalasHapus
  64. Seger banget liat kreasi puding lotus dari ausu evaporasi tiga sapi ini. Jadi pingin nyoba, KA.

    BalasHapus
  65. Boleh juga nih ide pudingnya. Bahanny praktis ya apalagi pake susu Tiga sapi yg jenis evaporasi juga jadi kebayang nikmatnya. Pasti anak2 juga doyan nih

    BalasHapus