Rekomendasi Oli Motor Matic di Planet Ban

Memiliki sebuah kendaraan roda dua seperti sebuah keharusan di Indonesia. Lihat saja masyarakat kita saat ini, hampir setiap rumah ada kendaraan roda dua atau yang biasa kita sebut dengan motor. Bahkan, ada juga satu rumah yang memiliki lebih dari satu motor. Karena itu pula setiap jalan yang dilalui terasa penuh oleh motor hingga tak jarang menyebabkan kemacetan dimana-mana. Betul? 

Mempunyai sebuah motor juga berarti siap dengan segala keperluan dalam perawatannya. Bayar pajak tepat waktu, menyisihkan uang bensin, serta service rutin ke bengkel terbaik, salah satunya Planet Ban. 

Oli motor matic

Nah, saat service pun, harus benar-benar diperhatikan dan dicek tiap-tiap sparepart motornya. Terutama dalam 8 hal ini agar performa motor kita tetap bagus dan terawat dengan baik. 

8 bagian yang harus dicek saat service rutin diantaranya: 

 1. Oli Mesin

Oli mesin perlu diganti ketika telah mencapai jarak tempuh tertentu. Ini berbeda tergantung tipe motornya. Oli mesin ini berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Karena itu harus rutin diperiksa dan diganti jika sudah waktunya. Rata-rata pabrik motor merekomendasikan penggantian oli mesin setiap jarak tempuh motor mencapai 2500 km. 

Namun dalam beberapa tahun terakhir sudah ada retailer otomotif yang berani merekomendasikan penggantian oli mesin setelah mencapai 5000km atau 2x lebih lama dari pengguna oli biasa. Hal ini karena oli yang direkomendasikan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim 2x lebih lama dari oli biasa, karena ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

Jika sudah waktunya mengganti oli mesin, biasanya biaya yang perlu dibayar adalah biaya pembelian oli dan jasa pasangnya. 

2. Oli Gardan 

Oli Gardan ini berfungsi untuk melumasi gear yang ada di CVT (Continuosly Variable Transmission). Untuk oli Gardan menggantinya tidak sesering oli mesin. Rumusnya yakni setelah ganti oli mesin 2 kali, baru ganti oli Gardan nya. Ini juga harus rutin ya menggantinya. Terutama bagi pengguna motor matic. 

3. Kampas Rem

Rem ini menurut saya adalah bagian yang paling penting. Karena jika rem tidak berfungsi maka bisa membahayakan pengendara. Maka setiap service rutin keadaan kampas rem harus diperiksa dengan seksama. Jika kampas rem sudah mulai menipis, harus langsung dieksekusi agar remnya kembali pakem dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di jalan raya. 

4. Ban

Kondisi ban juga harus dicek setiap service rutin. Bahkan kalau bisa sebelum menggunakan dicek juga apakah ban kempes atau ada kebocoran. Jika tidak maka bisa digunakan dengan aman. Montir biasanya mengecek apakah kondisi ban gundul ataukah tidak. Jika gundul maka sudah waktunya diganti. Persiapkan saja semuanya dengan baik, ya. 

5. Busi

Busi ini fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka mesin akan sulit menyala. Karena itu dianjurkan melakukan penggantian busi setiap mesin mencapai jarak tempuh 8000 km. 

6. Aki atau Accu

Tekanan pada aku idealnya pada 12,3-12,6 volt dalam kondisi mesin mati. Sementata jika mesin menyala, tegangan aki 13,7-14,2 volt. Nah, jika tegangan aku tidak sesuai saat dicek, terminal berkarat atau ditemukan adanya kebocoran maka harus ada tindakan. Biasanya montir akan memeriksa kondisinya secara detail hingga diputuskan diganti. 

7. Filter Udara

Filter udara berguna untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masukmasuk sehingga dapat menyumbat sistem injeksi dan karburator. Pada saat service motor rutin biasanya montir memeriksa apakah filter udara perlu diganti ataukah dibersihkan aja. 

8. Tune Up Motor Rutin

Tune up ini merupakan pemeriksaan komponen motor secara menyeluruh. Terutama pada tekanan ban, kondisi lampu, karburator,tegangan rantau, rem dan klakson. Adakalanya tune up disertai dengan penggantian oli mesin, oli Gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya jika ada yang perlu diperbaiki atau diganti, montir akan konfirmasi dulu kok, jika disetujui baru deh dikerjakan. 

Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Ketika kita memiliki suatu barang berharga, pasti akan menjaganya sepenuh hati. Jika ada kerusakan, pasti diperbaiki segera. Nah, dalam hal perawatan motor, alangkah pentingnya mempercayakannya kepada bengkel yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Salah satunya Planet Ban. Selain lokasi bengkel yang sudah tersebar di banyak titik, pelayanannya pun ramah dan tepat sasaran. 

Apalagi saat ini ada program pelayanan service motor rasa baru, dimana motor dicek dan ditingkatkan performanya seperti motor baru. Langkah cepat dengan biaya lebih hemat. Asik kan? 

Kelebihan Service Motor Di Planet Ban

1. Jika anda service motor di bengkel lain, terkadang masih ada kotoran atau debu di beberapa bagian mesin motor. Jika service rutin di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga terlihat dan terasa seperti motor baru. Bahkan hingga ke kepala silindee, blok CVT, klep mesin,  piston, throttle bodybody dan semuanya bersih. 

2. Planet Ban menggunakan oli motor matic dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. 

3. Selalu menggunakan sparepart asli

4.Ganti oli cukup 4-6 bulan sekali (ketika telah mencapai jarak tempuh 5000 km. Jadi lebih hemat biaya servicenya. 

5. Turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi berkurang hingga 70% serta hemat BBM. 

6. Harga servis motor di Planet Ban terjangkau banget. Service motor injeksi cuma Rp. 20.000,- Service CVT sekaligus rantainya hanya Rp. 19.500,- Bahkan service throttle body pun cuma Rp. 20.000,- aja lho. 

So, kapan terakhir service motor kamu? Udah waktunya service motor lagi? Yuk ke Planet Ban aja untuk dapetin service motor rasa baru dengan harga terjangkau! 


 




9 komentar:

  1. Motor saudara saya ga diservice secara rutin akhirnza ada aja deh masalahnya. Entah ban gundul, rem kurang pakem. Bahaza deh jadinya. Penting banget emang service secara rutin

    BalasHapus
  2. Memang merawat motor kudu rutin, terutama cek oli sih, insyaallah awet tahan lama joossss motor gua uda puluhan tahun masih oke

    BalasHapus
  3. Aku langganan servis motor di Planet Ban karena dekat rumah dan dengan harga terjangkau layanannya memuaskan. Pas jadi pilihan merawat motor di Planet Ban!

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Aku si paling ga bisa nyaman kalo motor belum service bulanan. Apalagi tiap hari motor selalu dipake nyangkul berkilo-kilo meter. Wajib banget tuh ganti oli minimal 2bln sekali.

    BalasHapus
  6. Pengalaman saya, servis motor di planet ban. Saya sangat suka dan puas. Pelayanannya bagus, hasilnya juga memuaskan. Membuat motor saya jadi semakin nyaman.

    BalasHapus
  7. Gara gara telat ganti oli, motor saya mogok langsung turun mesin.. 🙈makanya uda kapok sekarang harus lebih rajin cek kondisi motor deh..
    Apalagi ada Layanan service di Planet Ban yang sangat terjangkau sekali bund...mantuuulss daah

    BalasHapus
  8. emang bener banget rekomendasi banget service di planet ban. suka ada promo dari planet ban di daerahku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener banget rekomendasi banget service di planet ban. suka ada promo dari planet ban di daerahku.. masyaAllah bgt pokoknya

      Hapus