Ingin Homeschooling Anak Tapi Bingung Gimana konsep, Materi dan Media Belajarnya? Pakai My FOYAB Aja!

Beberapa waktu lalu, saya sempat berkeinginan agar anak-anak saya homeschooling aja. Belajar di rumah, saya dampingi, namun saya mengalami kebingungan bagaimana konsep belajarnya? Menggunakan media apa dan apa saja materi yang perlu diajarkan? Hingga akhirnya berujung anak pertama saya masuk pesantren di usia 7 tahun dan anak kedua saya masuk TK tak jauh dari rumah di usia 5 tahun. 

Meski sebelumnya mereka sudah banyak berkegiatan bersama saya, pun saya ajari berhitung dan lainnya sembari bermain namun tetap saja saya merasa tidak terarah. Maka sebenarnya meskipun homeschooling atau belajar di rumah tetap membutuhkan modul agar aktivitasnya lebih terarah dan terukur. 

My First One Year Activity Book


Kenapa Pilih Homeschooling? 

Ketika anak di usia balita, tempat bermain maupun belajar ternyamannya adalah orangtuanya. Betul? Juga saya melihat pergaulan anak-anak sekarang yang masya Allah banget jika anak-anak salah pergaulan maka hasilnya bisa fatal. Karenanya saya ingin membuat pondasi yang kokoh buat anak-anak saya, yakni dengan cara mendidiknya sendiri di dalam lingkungan keluarga. Kelak jika sudah saatnya pun dia akan bergaul dengan lingkungan namun dengan pondasi iman dan daya pikir yang sudah kuat. 

Ketika akhirnya memutuskan anak pertama belajar di pesantren pada usia 7 tahun pun awalnya berat. Karena idealisme saya dipertaruhkan. Namun saya juga lega karena melepasnya di lingkungan pesantren yang insya Allah aman dan nyaman. Di tahun yang sama, anak kedua sekolah di TK tak jauh dari rumah dengan diantar jemput, sesekali juga pergi dan pulang sekolah sendiri. Tak lain adalah agar ia belajar mandiri dan bersosialisasi dengan teman sebaya dan melatih empatinya agar lebih terasah. Pun lingkungan TK-nya alhamdulilah baik. Itupun hanya sekolah 1 tahun. Ya karena saat masuk TK di usia 5 tahun dia langsung masuk TK B karena sudah bisa calistung dengan lancar. 

Anak 5 Tahun Sudah Bisa Calistung Dengan Lancar? Gimana Caranya? 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Saya dan anak-anak rutin beraktivitas bersama, bermain, sembari diselipkan nilai-nilai pembelajaran di dalam setiap interaksi kami. 

1. Sering menyanyikan lagu anak-anak atau sholawat bersama 

2. Setiap memegang benda, makanan atau apapun dikenalkan warna, rasa, dan jumlahnya. Anak jadi belajar warna dan berhitung juga. 

3. Sering dibacakan buku cerita. Anak jadi punya banyak perbendaharaan kata bahkan bisa menceritakan kembali isi buku cerita yang dibacakan. 

4. Berlatih menggunakan buku atau modul khusus. 

Modul yang saat ini saya gunakan untuk adiknya aka anak ketiga saya yang saat ini berusia 4 tahun yakni paket buku My First One Year Activity Book (My FOYAB). Bukunya menarik, isinya lengkap bahkan bisa awet dipakai sampai setahun saking banyaknya aktivitas di dalamnya. 


My First One Year Activity Book

Buku My First One Year Activity Book (My Foyab) ini berisi 4 jilid. Dimana tiap jilidnya berisi: 

- 372 halaman aktivitas 

- 252 halaman dongeng

- 120 halaman pengetahuan

Dengan berbagai kelebihan, diantaranya: 

- Memuat lebih dari 1000 kosakata Bahasa Inggris 

- Mengembangkan fungsi motorik halus

- Meningkatkan kemampuan pengamatan dan ingatan visual anak

- Melatih keterampilan berpikir, berbahasa dan kemampuan sosial-emosional 

- Gambar menarik dan kaya warna

- Belajar menjadi lebih menyenangkan

So, sekali belajar, anak bisa melatih kemampuan bahasa, sosial emosional, motoriknya terasah, pengetahuan bertambah namun tetap bahagia karena belajar terasa bermain. 


Penjilidan buku My Foyab

Sedikit yang mengganjal di hati saya hanyalah pada penjilidan bukunya yang menurut saya rawan robek sama anak balita. Tapi ya its oke karena memang penjilidan yang seperti ini diperlukan karena bukunya tebal. Dan penggunaan bukunya pun dengan pendampingan sehingga bisa diupayakan tetep aman bagi balita. 

Eiiittsss, jangan lupa. Tiap beli My Foyab ini anda juga dapat bonus akses gratis ke tekakita.com yang mana disini tersedia banyak video pembelajaran penunjang untuk lebih mengembangkan kemampuan si kecil dalam segala aspek. So, selain belajar menggunakan buku My Foyab yang full color, ananda juga bisa belajar menggunakan video pembelajaran yang interaktif. Anak-anak nggak bakal bosan deh. Asik kan? 

Udah nggak sabar pengen punya bukunya? Segera cek marketplace Awal Cemerlang ya atau ke IG @awalcemerlang. Bisa juga langsung ke websitenya disini. 

Ceritain donk gimana pengalaman bunda-bunda belajar bersama Ananda terutama saat usia pre-school..... Saling berbagi pengalaman akan memperkaya wawasan.




   

4 komentar:

  1. Keren nih My Foyab, buku-bukunya tebel dan bagus isinya. Anak-anak pasti suka nih warna-warni gini. Belajar jadi lebih menyenangkan yah...

    BalasHapus
  2. Mantap nih, asa buku lengkap yang menemani anak-anak belajar di rumah, Melihat desain bukunya, sepertinya anak-anakku bakalan senang kalau dapat buku dari My Foyab ini

    BalasHapus
  3. Cocok banget untuk anak saya, nih, meski tak ada rencana homeschooling. Sebagai pengayaan.
    Saya pernah coba HS ke anak kedua tapi ternyata kami sama2 tidak siap. Saya kira dengan komitmen dan kemampuan bertanya saya yang terbilang merepotkan belum dimiliki anak. Padahal itu salah satu modal yg penting. Akhirnya setelah di-unschooling dari sekolah lama saya masukkan ke sekolah baru lagi....
    Malah curcol.
    Tapi beneran saya sangat salut dengan mereka yang bisa komitmen HS.

    BalasHapus
  4. Wah cocok ini untuk yang ingin menerapkan homeschooling mandiri di rumah, bisa jadi salah satu cara untuk orangtua yang punya banyak waktu untuk anaknya, biar terbangun juga bonding-nya dengan anak ya bun

    BalasHapus