Tips Menghafal Al-Qur'an Untuk Balita


Selamat pagi, Bunda!
Depok diguyur rahmat setiap siang hingga sore dalam beberapa hari belakangan, bagaimana dengan kotamu? Pagi ini saya mau share tips menghafal al-qur'an untuk balita, ya. Semoga bermanfaat!

Sudah lihat balita yang ada di foto di atas? Atau, sudah mengenalnya? Ya, dia adalah anak lelaki saya yang nomor dua. So, tips menghafal al-qur'an yang saya bagikan ini berdasarkan pengalaman pribadi, ya.

Kemampuan yang mencengangkan

Banyak yang mengira bocah ini masih 2th-an padahal usianya udah 3,5th. Tersebab postur tubuhnya yang mini. 😂

Banyak yang 'gumun' karena sejak usia belum genap 2th bocah ini sudah banyak omong. Semakin kesini semakin ceriwis sudah bisa bercerita menyampaikan perasaan dan khayalan tentang apapun.

Jangankan orang lain, bahkan ayah bundanya aja sering terbengong-bengong karena tetiba bocah ini sudah bisa berhitung 1-10, bahkan sekarang sudah bisa sampe 15. Juga tetiba bisa bilang, 'bund itu bentuk segitiga, ya' 'itu seperti bentuk lingkaran' 'kalo itu bujur sangkar' padahal belum ada yg ngajarin.

Jika sedang belajar bersama dengan temannya yang usianya di atas dia, justru jawabannya dia lebih banyak benar daripada temennya itu. Karena ternyata dia udah tahu mana angka 1, 2, 3, 4, dst hingga angka belasan pun dia udah tahu. Saya sempat kaget, sebab awalnya saya pikir dia baru ngerti angka 1-10. Bahkan ketika memegang kapur berwarna dan dia mencoret-coret di tembok rumah, ternyata dia menuliskan angka 1, 2, 3. Menakjubkan!

Selain mengenai huruf dan angka, yang lebih mengejutkan adalah ketika ia tiba-tiba membaca surat al-kafirun. Padahal setiap mengaji setelah shalat subuh di masjid, dia sering tidur di pangkuan saya sementara saya membacakan surat-surat pendek untuk sang kakak yang berusia lima tahun. So awesome!

Flashback dulu, saat belum genap 2 tahun, dia yang udah bisa mengucap satu dua kalimat sederhana tiba-tiba melafalkan al-fatihah dengan lengkap, meski belum jelas pengucapannya. Tapi full dia baca 7 ayat. Masya Allah.

Hingga saat ini udah hafal beberapa surat pendek di juz amma hingga surat al-fiil. Padahal sang bunda baru mengajarkannya sampe al-ikhlas. Nah, loh darimana dia bisa semua itu?

Setelah sang bunda menganalisa, ternyata anak ini memang audio visual banget, dominan audio. Jadi dia mengingat hanya dengan mendengar. Berbeda dengan gaya belajar kakaknya yang mesti menirukan untuk bisa ingat dan hafal.

Jadi, ternyata bocah ini tiba-tiba hafal surat al-kafiruun dan al-fiil tanpa diajarkan oleh bundanya, adalah karena ketika bunda membacakannya berulang untuk sang kakak, telinganya ikut menyimak dan mendengarkan meski raganya sedang bermain atau bahkan tidur.
------------



So, ini dia tipsnya: 

Tips Menghafal Al-Qur'an Untuk Balita:

1. Konsisten sejak kecil, bahkan sejak bayi hanya memperdengarkan yang baik-baik saja. Misal memperdengarkan murottal, sholawat, suara ayah-bundanya yang tilawah, dll.

2. Membuat jadwal mengaji dan atau belajar. Jika masuk waktunya mengaji sang anak sedang tidak mau mengaji, tidak usah dipaksa. Biarkan saja ia bermain, sedangkan kita tetap membacakan surat-surat pendek dengan suara keras dan jelas di dekatnya.

3. Membiasakan mengajaknya sholat berjamaah di masjid, terutama untuk anak laki-laki. Saat sholat pun usahakan untuk membiasakan memakai baju koko dan peci agar terbiasa menutup aurat dan berpakaian sopan ketika menghadap Allah.

4. Konsisten 'meninabobokan' dengan membacakan surat-surat pendek yang telah dihafal, jadi sekalian ia murojaah. Sedangkan untuk surat yang akan dihafal, bacakan berulang 4-5 kali dalam satu waktu.

5. Membiasakan mengajak dia membaca doa setiap akan melakukan kegiatan. Jadi tanpa kita tuntun untuk menghafal dia akan hafal dengan sendirinya.

6. Bacakan kisah-kisah teladan Nabi dan sahabat. Atau cerita apapun yang mengandung pesan moral yang baik. Ini akan menambah perbendaharaan kosakata buat si anak.

7. Jangan lupa terus doakan anak-anak kita agar dikaruniakan rasa Cinta dan iman yang kokok kepada Allah dan Rasul-NYA. Jika bercita-cita memiliki anak-anak yanh hafiz-hafizah, maka doakan demikian, minta Allah mudahkan prosesnya.

Segitu dulu deh, yaa tipsnya dari saya. Silakan jika mau menambahkan. Kita disini sama-sama belajar mendidik anak-anak kita dengan baik, karena itulah tugas kita sebagai orangtua.

Tips di atas bisa diterapkan untuk semua anak dengan gaya belajar apapun. Namun akan lebih efisien jika kita bisa mengenali gaya belajar anak kita. Karena beda anak akan beda hasil dan penerapannya. Cmiiww. 😄

Selamat mencoba!

Salam hangat,

Qoty Intan Zulnida 

29 komentar:

  1. Masya Allah mba Qoty... Semoga ananda menjadi hafizh yang diridhoi Allah. Betul mba, anak2 yg blm bisa baca tulis (balita) diajarkan melalui pembiasaan mendengar. Infonya sgt bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Iya, Mba. optimalkan di pendengarannya.

      Hapus
  2. Keren sharenya. Memang orang tua tempat pendidikan awal. Jd membiasakan anak utk menghafal mulai usia dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. selain madrosatul ula, memang orangtua kan yang diamanahi untuk mendidik anak-anak? cmiiww

      Hapus
  3. Senang sekali baca ini, Mbak. Kebetulan si kecil saya masih 2 tahun dan pelan2 saya terapkan mirip yg mbak tuliskan. Di usia golden age, anak2 memang gampang menyerap Informasi ya. Kesempatan bagi kita untuk memperdengarkan banyak ayat Alquran. Smg ananda jadi anak salih ya, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin. iya, mbak. Kesempatan emas yang tidak akan terulang.

      Hapus
  4. Terimakasih tipsnya mbak, isinya bermanfaat banget, anak saya lg dimasa golden age, hafalannya lg kuat banget nih����

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. jangan sia-siakan masa golden agenya... Peluuukk...

      Hapus
  5. Masya Allah, keren banget tipsnya. Semoga bisa mengaplikasikannya bersama anak-anak. Semoga gak terlambat buat kk yg sdh 8 th. Terima kasih mba Qory 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah tidak ada kata terlambat, Mbak. Saya juga mengejar kelalaian saya pada si sulung...

      Hapus
  6. Maaf typo, maksudnya mba Qoty 🙏🏻

    BalasHapus
  7. Masya Allah, sama dengan si kecilku yang ternyata tipe audio. Gara2 rutin mendengarkan boneka hafizh, tahu2 dia hafal an naba. Masya Allah

    BalasHapus
  8. Luar biasa Mbak. Tipsnya bermanfaat banget nih buat yang anaknya masih balita atau batita, Kalau untuk saya, cocoknya buat cucu saya saja nanti kalau sudah punya cucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh iya bunda. Insya Allah segera ya, Bunda

      Hapus
  9. Masya Allah..si adik sudah hapal beberapa surat dan dah pinter nih.
    Tips yang bagus sekali Mbak..memang ada banyak cara menghafal Quran untuk anak, yang penting niat kuat kita sebagai orang tua ya Mbak..untuk kebaikan anak kita nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak. yang paling penting itu niat kuat dan kekonsistenan dari orangtuanya, juga doa yang terpanjat dari lisan orangtua juga.

      Hapus
  10. Memang stimulasi otak bawah sadar itu efeknya luar biasa ya mba.. sehat dan makin pinter untuk anak-anaknya ya Mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. sounding efeknya luar biasa memang. Aamiin. makasih budhe

      Hapus
  11. Makasih mba ... Saya merasa diingatkan kembali untuk lebih konsisten pada si Kecil ... Dulu Aa nya bisa banyak hafalan Justru sambil bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. karena ketika anak-anak bermain kan pikirannya fokus tuh, kondisi ini bagus banget bagi kita menanamkan apapun di alam bawah sadar mereka. tinggal orangtuanya aja yang mau konsisten men-soundingnya.

      Hapus
  12. Makasih infonya Mbak. Memang betul mendengarkan yang baik² sejak balita bagus banget. Apalagi murotal. Anak² kan peniru ulung...

    BalasHapus
  13. Masyaallah luar biasa sekali mbak, semoga adek sehat selalu dan bisa hafal Al Qur'an. Amiin.Makasih juga tipsnya

    BalasHapus
  14. Masya Allah. Nambah ilmu lagi nih. Moga jadi hafidz yang fasih ya mbak. Aamiin :)

    BalasHapus
  15. Masya Allah .... in syaa Allah nanti mudah menghafal juz 30 nih adek.
    Alhamdulillah ya Mbak.

    BalasHapus
  16. masya Allah..tabarakallahu fiik nak.
    semoga jadi anak sholih dan b erbakti kpd orangtua..aamiin

    terimakasih tipsnya mbk

    BalasHapus