Bebelac Family Date: Melatih Kecerdasan Emosional Anak Untuk Mendukung Daya Pikirnya

Hai Moms, belum lama ini saya datang ke event Bebelac Family Date yang diselenggarakan oleh Bebelac di KantorKuu Coworking Space Agro Plaza Kuningan Jakarta Selatan. 

Acaranya seru banget lho, Moms. Next bakalan ada event dari Bebelac yang tak kalah seru dan heboh dari #BebelacFamilyDate ini yakni BEBELAND. Next akan saya ulas lebih lanjut mengenai BEBELAND ini ya, Moms. Sekarang saya mau berbagi keseruan Bebelac Family Date kemarin plus hasil sharing dengan narasumber yang kece abis. 



Sebelum acara dimulai, saya dan anak saya, Haidar foto dulu di Photobooth yang udah disediain disana. Kita difotoin oleh fotografer yang udah disediain pula. Kece gak nih fotonya? 


Playdate 

Nah, selama sesi sharing berlangsung, anak-anak yang notabene masih usia balita (3-5 tahun) diajak ke bagian belakang venue untuk berkegiatan bersama dengan Kakak-kakak dari Rumah Dandelion. 





Di kegiatan pertama, mereka diajak menempel bulu domba dan mewarnainya dengan tinta hitam menggunakan pipet. Kegiatan ini dapat melatih motorik halusnya, loh. Anak-anak belajar menempel kapas di dalam gambar, menetesi kapas dengan tinta dari pipet dan mewarnai kepala domba menggunakan pensil warna. 

Pada kegiatan berikutnya, mereka menempel biji beras yang telah diwarnai ke dalam gambar. Untuk Haidar kebagian gambar bebek. Dia menempelkan biji beras berwarna kuning keemasan ke dalam gambar bebek, pun menempel matanya juga. 



Dalam kegiatan ini dapat melatih sensorinya memungut dan menggenggam biji beras tersebut. Selain itu tetap melatih motorik halus dan problem solving dengan berusaha menjaga agar biji-biji yang ditempel dapat menempel dengan baik, rapi, penuh dan tidak keluar garis. Alhasil anak-anak berlatih ketelitian juga donk. Seru kan? Satu kegiatan dapat mendatangkan beberapa manfaat sekaligus. 

Ohya, karena setelah melakukan dua aktivitas tersebut sesi sharing yang diikuti para mommy masih berlangsung, maka anak-anak melakukan kegiatan lain yaitu memasukkan biji beras ke dalam botol. Nah, aktivitas ini dapat melatih konsentrasi si kecil ya, Moms. Dia belajar bagaimana mengatur agar biji beras dapat masuk dengan tepat ke dalam botol. Tentunya melatih kesabaran juga donk. Asik kan? 

Sharing Session 

Kembali ke sesi sharing. Dimana sesi sharing ini dibagi ke dalam dua sesi. Pembicara pertama adalah Ibu Deska Hapsari Nugrahaini selaku manager bebelac.



Beliau menyampaikan bahwa Bebelac berkomitmen untuk mendukung ibu dalam memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat, agar si kecil dapat tumbuh jadi anak hebat. Dimana daya pikirnya dapat berkembang bersama kebesaran hatinya. 
Educating the mind without educating the heart is no education at all. - Aristoteles 

Jadi, penting banget nih bagi kita untuk mrmperhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak kita. Apa aja sih nutrisi yang dibutuhkan oleh mereka? 

Disini ada yang disebut nutrisi umum dan nutrisi spesifik. Nutrisi umum merupakan nutrisi yang umum dibutuhkan oleh manusia, terlebih anak-anak. Yakni ada dalam tumpeng gizi seimbang. Dimana isinya adalah makanan yang mengandung karbohidrat, sayuran, buah dan protein. Nah, untuk nutrisi umum ini Mommies udah pada tahu lah, ya. 

Selanjutnya adalah nutrisi spesifik. Apa aja sih yang termasuk dalam nutrisi spesifik ini? 
Yang merupakan nutrisi spesifik antara lain: Prebiotik seperti inulin, FOS, GOS yang terdapat pada buah dan sayur. Juga asam lemak esensial khususnya dari kelompok Omega 3 (ALA, EPA, DHA) dan kelompok Omega 6 (asam linoleat). 



Nah, asam lemak esensial Ini terdapat pada ikan dan susu. Namun yang paling mudah diserap tubuh anak khususnya, adalah dari susu. So, pastikan susu anak kita sudah mengandung nutrisi spesifik ini secara lengkap yaaa, Moms. 



Sesi selanjutnya diisi oleh Psikolog dari Rumah Dandelion, yaitu mbak Binky Paramitha.  Yang mana memberikan pemahaman pada kita Mommies agar memperhatikan stimulasi empati anak juga selain menstimulus daya pikirnya melalui ragam permainan yang melatih sensorik dan motoriknya. 

Sejatinya apa sih empati itu? 


Empati adalah respon afektif dan kognitif yang komplek terhadap kondisi emosional orang lain. 

 Dengan memiliki empati anak mampu: 



  • Merasakan apa yang dirasakan orang lain
  • Bersimpati
  • Melihat situasi dan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang orang lain


Untuk melatih empati anak bisa melalui permainan juga lho, Moms. Diantaranya: 

  • Tebak ekspresi emosi (disesuaikan dengan usia anak ya, Moms) 
  • Oow.. Harus apa ya? (anak memberikan solusi kepada orang lain) 
  • Membaca buku dengan kisah empati atau menolong orang lain. 


Nah Moms, penting bagi kita untuk mengajarkan kepada anak-anak agar ia memberikan respon positif ketika ada orang yang sedang kesulitan. Karena dengan adanya stimulasi ini, kita dapat mengajarkan ananda melihat permasalahan dari hatinya. Sehingga ketika rasa pedulinya terbentuk, kemampuan berpikirnya pun akan terasah dengan membantu orang tersebut. 



Segitu sesi sharing selesai, Tante Nadya Pramesrani selaku Psikolog Rumah Dandelion mengajak anak-anak beserta para mommy berkumpul untuk mendengarkan cerita. Cerita yang dibawakan mengenai study tour ke Pemadam kebakaran. Kegiatan ini dilakukan untuk mengasah rasa empati anak-anak melalui cerita yang disampaikan. 
Anak-anak dan Mommies mendengarkan cerita 


Kemudian praktek langsung nih, Moms. Anak-anak memakai baju pemadam kebakaran yang disediakan dan melewati berbagai halangan dan rintangan untuk memadamkan api. 



Seru, deh Moms. 



Eh, tapi Ada sesuatu yang terjadi. Ketika Salah satu kakak dari Rumah Dandelion datang membawakan alat penyemprot untuk memadamkan api, si Kakak terjatuh dan alat-alat yang dibawa pun berhamburan. Oow... Harus Apa Ya? 

Daan... Taraaaa. Salah satu anak hebat mendekat dan membantu mengambilkan alat semprot yang terjatuh dan memberikannya pada si Kakak. Hingga anak-anak yang lain pun turut membantu. 

Lihat kan, Moms. Cerita yang dibacakan memberikan impact kepada mereka hingga rasa empatinya tumbuh. Dan berbuat lebih untuk membantu orang lain. 



Semua dimulai dengan empati. Ketika Mommies memberikan ruang untuk menstimulasi kebesaran hati anak maka daya pikirnya terasa Sehingga ia cepat tanggap melakukan aksi hebatnya. 


Sinkronisasi antara Hati dan Otak


Pengalaman belajar berulang dan kebutuhan nutrisi yang tercukupi dibutuhkan anak agar bisa mengembangkan kebesaran hati dan daya pikirnya. 

Ketika hati dan otak saling terhubung, maka ananda pun dapat tumbuh menjadi cepat tanggap, punya rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi. 

So, pastikan nutrisi anak terpenuhi dengan baik ya, Moms. Karena nutrisi yang kurang akan berpengaruh pada pencernaannya. Hal ini akan diteruskan ke otak hingga mengganggu daya pikirnya. 



Pastikan ananda minum susu yang mengandung nutrisi spesifik yang dibutuhkan anak ya, Moms. Bebelac HiQ-EQ dengan formula yang ditingkatkan mengandung fish oil dan Omega 6 yang lebih tinggi dari formula sebelumnya. 

Ananda sudah minum susu belum? 




50 komentar:

  1. Wah.. Mejanya samaan sama punya si adek di rmh.
    Hadiah bebelac juga hehehhe

    Ini acaranya samaan kah sama acaranya mba Hidayati?

    BalasHapus
  2. Wah.. keseruan acara ini berhasil membuat saya mupeng mba..
    asyik sekali bisa menghabiskan waktu di acara penuh manfaat seperti bebelac family date ini. Saya gak sabar baca tentang bebeland. Semoga di Medan bisa juga..

    BalasHapus
  3. Seru sekali acaranya, mengedukasi dan bikin anak-anak jadi happy.

    BalasHapus
  4. Menarik banget ini eventnya mbak, bunda bisa sharing anak2 pun punya aktivitas yg gak kalah seru.

    Semoga next bebelac bisa mengadakan event seperti ini lagi

    BalasHapus
  5. Mupeng mbaaaaa...

    Kapan ya event bebelac ini ada di kota Medan.
    Anyway, Poto kegiatannya bagus-bagus mba.
    Berasa bangeddd serunya

    BalasHapus
  6. Masya Allah seneng banget akutuh liat family date begini dan kumpul sama anak anak yang lain. Pasti makin semangat. Duuh kapan ya event ini ada di Medan

    BalasHapus
  7. Acaranya seru dan menarik. Tumbuh kembang anak memang akan berpengaruh ke karakter diri dan akan berpengaruh untuk masa depannya kelak. Makanya perlu stimulus sensorik, motorik, pemenuhan kebutuhan akan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembang anak optimal.

    Terima kasih mbak, tulisannya berguna sekali :)

    BalasHapus
  8. Penting memang menanamkan empati di diri anak agar lebih peka pada kondisi sosial sekitarnya. Event yang sangat menarik untuk para orangtua dan anak nih. Pengen ikutan kalo ada di Medan.

    BalasHapus
  9. aku juga hadir di acara bebelac ini, seru banget anak-anak bisa bermain tentang kepedulian terhadap sesama, keren acaranya. pengen ikut lagi

    BalasHapus
  10. Wah seru sekali ya mba acaranya, sarat dengan edukasi plus anak-anak happy...

    BalasHapus
  11. Wiiih seru banget acaranya. Anak-anaknya bermain sambil belajar, dan ibunya dapat banyak ilmu.

    BalasHapus
  12. Empati memang harus diasah. Sekarang, kayaknya empati semakin terkikis. Apalagi kalau udah pada pegang gadget. Udah sibuk sendiri-sendiri

    BalasHapus
  13. Suka sekali di bagian membacakan cerita untuk anak. Lewat cerita ayah bunda sebenarnya tengah melakukan character building pada anaknya

    BalasHapus
  14. Seru amat sih ini Bebelac Datenya, anak-anak happy semua itu ya sambil main gitu. Selain anak happy, mamahnya juga happy karena dapat banyak ilmu dari Bebelac

    BalasHapus
  15. Acaranya seru banget ya mba, anak bisa main bundanya dapat ilmu :)

    BalasHapus
  16. Nutrisi spesial itu meskipun sedikit jumlahnya, dibutuhkan tubuh ya

    BalasHapus
  17. Ya ampuuun seru banget acaranya. Btw anak memang perlu nutrisi spesisik seperti itu agar tumnuh kembanhnya optimal.

    BalasHapus
  18. Kalau acara keluarga gini enak ya... Anaknya di fasilitasi juga. Dan ibunya tetap bisa mengikuti acara utamanya

    BalasHapus
  19. setuju banget nih EQ memang penting untuk dibentuk dan dilatih sejak dini agar anak siap terjun ke masyarakat

    BalasHapus
  20. Yippii, seru banget acaranya. Anakku dah gede-gede, dah lolos masa balita, jadi dah nggak bisa ikut acara kayak gini, hiks hiks. Itu ide permainannya bisa dicoba di rumah tuh.

    BalasHapus
  21. Seneng ya bisa ikut acara ini. Memang kecerdasan EQ ini penting juga. Harus balanca sama kecerdasan IQ. Kecerdasan EQ akan membuat anak berempati. Acaranya seru ada playdate ya juga. Seneng pastinya bisa nemenin anak bermain sekaligusnya bundanya dapetin ilmu parenting

    BalasHapus
  22. Seru sekali acaranya. Memberikan pengalaman dan cerita baru untuk ibu dan anak. Bisa sebagai bahan cerita bersama untuk meningkatkan bonding.

    BalasHapus
  23. Acara yang sangat bermanfaat banget, ada sharing sesion membahas mengenai kecerdasan anak, dan serunya lagi anak2 pun disediakan permainan yang dapat mendukung perkembangan anak.

    BalasHapus
  24. Seru nih, acaranya Mbak. Bunda senanh, anak happy. Dan mantap itu, saat acara sharing, anak-anak diajak aktivitas. Jadi Bunda fokus menyerap ilmunya.
    Itu kegiatan anak juga keren. Termasuk menempelkan biji beras yang sudah diwarnai ke dalam gambar. Bisa nih, diterapkan di rumah ya, Mbak.

    BalasHapus
  25. seruu sekali acaranya, wah anak-anak pasti betah tuh ya. enggak bikin bosyen. emaknya bisa ikut sharing dengan tenang, anaknya bisa main, hehe.

    BalasHapus
  26. event bebelac yang mba ulas ini sangat menarik ya mba. udah gak sabar saya pengen ikutan juga kalo nanti adda event yang serupa dari bebelac di medan. soalnya anak saya juga konsumsi sufor bebelac ini mba.

    BalasHapus
  27. Lucu banget...
    Pretend play jadi petugas pemadam kebakaran.
    Pas ada kakak jatuh ini spontan atau based on skenario?

    Bebelac mendukung tumbuh kembang si kecil dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya.

    BalasHapus
  28. Aku baca beberapa ulasan temen temen blogger tentang melatih kecerdasan emosional anak. Dan menarik sekali ternyata ya Mom. Takjub juga akan kerjasama orang tua untuk memberikan pelatihan pada anak anaknya

    BalasHapus
  29. Kemarin aku juga ikutan acara ini loh.. Sama anakku.. Dan seru banget memang bebelac ngerti bgt ya mom..

    BalasHapus
  30. Betapa menyenangkan kegiatan yang melibatkan anak - anak. Melihat mereka juga happy sungguh luar biasa sekali ya moms. Hehehe

    BalasHapus
  31. Seringkali anak susah banget dibujuk makan ikan ya, untung susu sekarang juga banyak mengandung Omega 3 dan 6-nya. Seru banget playdate di Rumah Dandelion dan ketemu sama psikolognya langsung. Ada sharing session pula utk mengajari anak ttg empati.

    BalasHapus
  32. Playdate ama anak tuhhh pastinya seru banget ya Bunda Qoty... palagi ada acara kerrn kayak gini nih. Btw anakku juga suka banget sama bebelac loohh

    BalasHapus
  33. Seru banget ya kegiatannya. Pengen ikutan juga. Tapi khusus ibuibu ya yang bisa daftar ajak anaknya

    BalasHapus
  34. Setuju mom, kecerdasan IQ harus di iringi kecerdasan EQ. Dan EQ meningkatkan kecerdasan IQ so saling berkaitan yac mom, untuk menjadi anak pintar dengan hati

    BalasHapus
  35. Setuju banget mbak. Gak hanya IQ ya, tapi EQ dan kalau saya mungkin SQ, harus ditanam sejak dini. Sekarang sih belum punya anak, tapi belajar dulu sama yang lebih senior. Hehehe

    BalasHapus
  36. Seru banget ya acaranya. Semoga menjadi inspirasi bagi produk balita lainnya. Indonesia perlu banyak event semacam ini ! Keren abis!

    BalasHapus
  37. Acara yang seru dan penuh edukasi. Jadi yang dapat manfaat bukan hanya orang tua saja, tetapi juga anak bisa mengasah motorik halus dan melatih empati. Kerennnn

    BalasHapus
  38. Kegiatan melatih motorik dan sensorik ternyata bisa memanfaatkan yang ada di sekitar rumah, seperti beras. Selain itu, yang nggak kalah penting meningkatkan kecerdasan emosional anak dan memberikan nutrisi yang cukup.

    BalasHapus
  39. tidak hanya memikirkan mengenai nutrisi anak ya, ternyata bebelac juga memikirkan mengenai bagaimana melatih kecerdasan emosional anak.

    BalasHapus
  40. Seru yaa mom, anaknya main, ibunya belajar. Jadi fokus deh 😍 Btw punya anak Yang cerdas IQ memang bikin bangga tapi jauh lebih bangga ketika merdeka punya EQ, cepat tanggap dan empati ya. Not everybody have.

    BalasHapus
  41. Halo mba, kemarin aku juga ikutan family date bareng bebelac. Selain anak happy itupun juga dapat ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus
  42. Seruu banget yaa acaranya, senangnya bisa dapat ilmu sekaligus buah hatinya jg seneng karena mimik Bebelac dan bermain.

    BalasHapus
  43. Asyiik banget ya Mbak, tidak hanya Ibunya yang belajar tetapi anak-anak juga bisa belajar sambil bermain dengan anak-anak lain, bersosialisasi dan nambah teman serta pengalaman baru mereka ya. Semoga suatu hari nanti Bebelac jg mengadakan kegiatan seru ini di kotaku *ngiriniih😁

    BalasHapus
  44. Melihat adik-adik di sana sedang mewarnai, jadi inget tadi di lingkungan rumah daku juga pada lomba mewarnai, sangat bagus ya mewarnai ini untuk melatih kecerdasan anak

    BalasHapus
  45. Setuju mom, anak-anak harus diajarkan berempati dengan orang lain sesuai usianya

    BalasHapus
  46. Mom, Fotonya bagus. Tapi kok kecil-kecil ya? hiks *lah salfok*

    BalasHapus
  47. Huaaa acaranya seru banget sih ini anak-anak bisa main sambil bekajar begitu juga para mommies yang dapat ilmu parenting, semoga event bebelac kaya gini ada di berbagai kota kecil lainnya ya.

    BalasHapus
  48. Wah seru banget acaranya. Materinya juga oke. Bisa jadi pengingat nih buat aku mengajarkan empati ke anak-anak nantinya

    BalasHapus
  49. Aduhh jadi mau ikutan acara Bebelac Family Date karena terlihat banyak sekali kegiatan yang dapat melatih emosional anak

    BalasHapus