Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Kebutuhan hidup memang sesuatu yang tidak  bisa diprediksi, fluktuatif. Faktor eksternal dan lingkungan menjadi salah satu pemicu naik-turunnya biaya hidup. Contohnya seperti sekarang, adanya pandemi global membawa dampak yang cukup signifikan pada keadaan ekonomi. Hal ini membuat pinjaman online semakin marak dan menjadi primadona penunjang dana darurat. 

Perkembangan zaman membuat produk pinjaman online tanpa jaminan kian ramai diperbincangkan. Siapa yang tidak tergiur untuk meminjam sejumlah uang yang bisa didapat tanpa jaminan sekalipun? Tapi tentu saja, Anda perlu tahu dulu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berikut kami akan membahasnya untuk Anda. 



Kelebihan Pinjaman Online Tanpa Jaminan


Tidak heran jika pinjaman tanpa agunan banyak disukai oleh masyarakat, ternyata kelebihannya sangat beragam. Berikut uraiannya.

  1. Tanpa jaminan. Kelebihan utama dari pinjaman online tanpa jaminan ialah Anda tidak perlu menggunakan agunan untuk bisa mendapatkan pinjaman. Tentu saja ini akan memudahkan Anda yang mungkin tidak memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan. Biasanya jenis jaminan yang digunakan untuk mendapat pinjaman ialah BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor), sertifikat rumah, dan surat penting lainnya.

  2. Proses yang praktis. Adanya teknologi yang kian canggih membuat proses transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat secara online. Jadi Anda bisa mengajukan pinjaman online kapanpun dan dimanapun, tanpa antre, tanpa menunggu jam operasional bank. Hanya saja, mungkin persetujuan akan dilakukan saat jam operasional perusahaan masing-masing. Tidak hanya itu, pinjaman online juga memberikan kemudahan lain seperti waktu pencairan yang lebih cepat. Mengapa? karena data ada dalam bentuk digital dan bisa langsung dilakukan verifikasi secara digital pula. Tidak seperti jenis pinjaman offline yang menggunakan data fisik sehingga akan butuh waktu untuk menjadikannya dalam bentuk digital.  
  3. Bisa digunakan untuk keperluan apapun. Tidak ada ketentuan khusus seperti keperluan apa saja yang bisa menggunakan pinjaman online ini. Anda bisa menggunakan pinjaman untuk keperluan apapun, intinya bisa digunakan untuk dana darurat maupun dana tambahan. Misalnya untuk pembayaran rumah sakit, pembangunan rumah, renovasi ruangan, modal usaha, biaya persalinan, biaya pernikahan, dan lainnya. Pinjaman online tanpa jaminan cukup berbeda dengan beberapa jenis pinjaman yang memang diperuntukkan untuk satu hal. Contohnya, pinjaman Kredit Usaha Rakyat hanya untuk pinjaman modal usaha, pinjaman Kredit Kendaraan Bermotor untuk membeli kendaraan, dan Kredit Pemilikan Rumah untuk keperluan membeli bangunan.
  4. Dana pinjaman online cukup besar. Tidak seperti jenis pinjaman lain yang terbilan cukup terbatas, pinjaman online tanpa jaminan memberikan plafon yang terbilang cukup besar. Anda bisa mendapatkan dana pinjaman minimal 5 juta rupiah. Akan tetapi, Anda juga perlu ingat untuk mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan.
  5. Masa tenor fleksibel. Tenor yang diberikan juga cukup fleksibel, hal ini pun akan memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran dengan tepat waktu. Bahkan, masa maksimum tenor bisa mencapai 5 tahun atau 60 bulan. Namun, sebaiknya Anda mengajukan pinjaman online dengan tenor yang pas, tidak memberatkan. Misalnya, jika penghasilan Anda cukup terbatas, Anda bisa mengambil masa tenor pinjaman online yang lebih panjang agar tidak mengalami penunggakan. Sebaliknya jika penghasilan Anda lumayan, maka Anda bisa mengambil tenor yang lebih pendek agar cepat lepas dari cicilan.  
  6. Banyak variasi pinjaman online yang ditawarkan. Tahukah Anda bahwa jenis pinjaman online tanpa agunan ini sudah dimiliki oleh hampir setiap bank atau perusahaan finansial di Indonesia. Sebelum menentukan tempat, Anda sebaiknya melakukan perbandingan terlebih dahulu. Cari perusahaan pinjaman online yang telah terdaftar di OJK dan bunga minim. Dengan demikian, cicilan Anda akan terasa lebih ringan. 

Kekurangan Pinjaman Online Tanpa Jaminan


Selain kelebihan pinjaman online di atas, tentu saja ada kekurangan yang dimiliki. Apa saja kekurangan pinjaman tanpa agunan? Berikut uraiannya,
  1. Terdapat minimal penghasilan. Untuk bisa mendapatkan pinjaman online tanpa jaminan, ada penghasilan minimum yang perlu dipenuhi. Berapa pastinya? Tergantung dari tempat Anda meminjam. Beberapa bank memberikan syarat minimal 3 juta rupiah, 5 juta rupiah, bahkan ada yang 10 juta rupiah. Penghasilan ini nanti juga berpengaruh pada jumlah dana yang bisa Anda pinjam. Jika penghasilan bulanan Anda cukup tinggi, plafon pinjaman online yang Anda dapatkan juga bisa lebih tinggi.  
  2. Bunga relatif tinggi. Kekurangan yang paling krusial dari pinjaman online tanpa jaminan ialah bunga yang lebih tinggi. Tentu saja hal ini diakibatkan karena tidak adanya jaminan yang diberikan oleh Anda. Sistem bunga naik banyak diberlakukan untuk pinjaman online tanpa jaminan. Di tahun awal, bunga akan normal tapi kenaikan akan terjadi di tahun-tahun berikutnya. 
  3. Rentan penipuan. Dalam keadaan seperti ini, pinjaman online tanpa jaminan semakin marak ditawarkan. Namun, Anda tidak boleh lengah dan tergiur begitu saja. Tidak semua situs atau perusahaan yang menawarkan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. 
Demi keamanan, Anda perlu melakukan cek legalitas perusahaan atau situs di situs resmi OJK. Data OJK per 13-02-2019, sebanyak 231 lembaga P2P landing yang ternyata tidak terdaftar di OJK atau ilegal. Situs pinjaman online ini sangat marak dan berbahaya, bahkan bisa membuat Anda terjerat hutang seumur hidup. 

Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online tanpa agunan, Anda perlu tahu dulu kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki. Jika sampai salah pilih, alih-alih meringankan beban ekonomi, Anda bisa jadi semakin memberatkan perekonomian pribadi dan keluarga. Karena itu, harus serba hati-hati, ya!

Nah, agar lebih jelas mengenai pinjaman online, Anda bisa mengunjungi layanan cekaja.com di link https://www.cekaja.com/pinjaman-online/ 

*Cekaja.com merupakan platform digital yang menyajikan informasi seputar financial yang terpercaya. Belum puas dengan penjelasan kami? Silakan coba layanannya sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar