Ibadah di Tanah Suci Lebih Bermakna Dengan Qur'an Haji dan Umroh dari Syaamil Qur'an



Moms, sudah pernah ke tanah suci, belum?

Saya belum pernah menginjakkan kaki di tanah yang suci tempat dimana baitullah berada. Namun, setiap kali di tempat saya tinggal saat ini diselenggarakan kegiatan manasik haji dan umroh, hati rasanya bergetar. Tak jarang bulir bening  pun jatuh membasahi pipi. Ah, rindu sekali. Hanya melihat calon jamaah umroh latihan thawaf mengelilingi miniatur ka'bah saja membuat saya terhanyut dalam rasa haru. Semoga Allah berkenan memanggil kita semua beribadah di Baitullah nan suci. Aamiin.

Tentu bukan suatu kebetulan ketika hari jumat kemarin, saya mendapat sebuah undangan launching Al-Qur'an Haji dan Umroh dari Syaamil Qur'an. Bahagia banget, donk bisa hadir dalam acara yang diselenggarakan di Panggung Utama IBF 2019 JCC Senayan Jakarta pada tanggal 02 Maret 2019 kemarin. Semoga ini bisa menjadi langkah awal bagi saya, dan Moms tentunya untuk bisa selangkah lebih dekat menuju Baitullah.


Tentang Syaamil Qur'an 

Kenapa saya mau jauh-jauh datang ke IBF hanya untuk menyaksikan peluncuran Al-Qur'an Haji dan Umroh ini? Karena sejak dulu saya udah terpikat dengan Syaamil Qur'an. Selain kualitasnya yang sudah tak diragukan lagi, desain Al-Qur'annya pun beragam. Dari Al-Qur'an untuk wanita, AL-Qur'an Tikrar untuk hafalan, Al-Qur'an Tulis, Al-Qur'an Terjemah Per Kata untuk lebih memahami makna AL-Qur'an, My First Qur'an untuk anak-anak hingga yang terbaru adalah Al-Qur'an Haji dan Umroh ini. 

Kita lihat dulu sekilas mengenai penerbitnya ya, Moms. Syaamil Qur'an merupakan sebuah brand dari penerbit Sygma Creative Media Corp yang khusus mencetak dan menerbitkan AL-Qur'an. PT Sygma Examedia Arkanleema ini berdiri dengan akta pendirian nomor.10 tanggal 14 Januari 2008 di notaris Irma Rahcmawati, SH. Selain Al-Qur'an, Sygma juga menerbitkan buku-buku islami dan umum, loh. Baik untuk anak-anak maupun dewasa. 

Syaamil Qur'an sendiri sebagai sebuah brand khusus AL-Qur'an mempunyai tagline Memudahkan dan Menyenangkan. Maksudnya ialah Al-Qur'an keluaran Syaamil Qur'an membantu memudahkan masyarakat dalam membaca dan mempelajari Al-Qur'an dengan cara yang menyenangkan. 

Inilah poin-poin menyenangkan yang dimiliki oleh Syaamil Qur'an: 

  • Desain cover yang unik, enak dilihat dan berkualitas. 
  • Layout yang nyaman sesuai segmentasinya. 
  • Pengemasan yang bervariatif. Misalnya dalam bentuk DVD, atau dilengkapi e-pen, aplikasi android maupun yang lain.

source: syaamilquran.com

Selain kualitas produk yang unggul, Sygma juga mempunyai nilai lebih dalam prinsip Qur'ani yang diterapkan di dalam perusahaan. Yaitu karyawan diwajibkan mengikuti kelompok tahsin atau tahfidz, disediakan waktu khusus untuk shalat dhuha dan tilawah al-Qur'an sebelum memulai aktivitas bekerja, serta pengajian bulanan. Dan ini sudah masuk SOP di internal perusahaan yang berkantor pusat di Bandung ini, loh. Masya Allah.


Launching Al-Qur'an Haji dan Umroh 

Nah, balik lagi ke acara launching Al-Qur'an Haji dan Umrohnya, ya. Acara dimulai pada pukul 14.30 wib dengan peluncuran Al-Qur'an Haji dan Umroh secara simbolik oleh Bapak Syamsu Arramli selaku General Manager Sygma Innovation dan Ust. Andre Raditya selaku Inisiator Patungan Sedekah Umroh. 

Selanjutnya Bapak Syamsu menjelaskan beberapa kelebihan dari Al-Qur'an Haji dan Umroh ini, diantaranya: 

  • Cover Eksklusif. Desain covernya elegan dengan nuansa khas Nabawi
  • Kertas Qur'an Premium. Menggunakan kertas khusus yaitu Qur'an paper premium yang sudah bersertifikat halal MUI
  • Layout dan Pewarnaan Elegan. Desain warna yang elegan dan layout yang rapi menampilkan kesan mewah
  • Sisipan Panduan Haji dan Umroh. Selain terjemah ayat, juga dilengkapi dengan konten panduan ibadah haji dan umroh. 
  • Ayat dan Hadits Tentang Haji dan Umroh. Dilengkapi pula dengan ayat-ayat dan hadits mengenai haji dan umroh di badan halaman.
  • QR Code Wawasan Islam. AL-Qur'an ini dilengkapi dengan aplikasi QR Scanner Qur'an Haji dan Umroh yang dapat diunduh di playstore. Konten di dalamnya berupa video dan gambar yang semakin memperkaya wawasan keislaman Moms sekalian.  



Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Ust. Andre Raditya yang berbicara mengenai keutamaan Membaca Al-Qur'an. Beliau bercerita, jauh sebelum menginisiasi program patungan sedekah umroh ini beliau bertemu dengan seorang bapak tukang parkir. Keistimewaan dari seorang tukang parkir ini adalah beliau selalu membaca AL-Qur'an di sela pekerjaannya, minimal dua juz sehari. Dan itu sudah dilakukan sejak tahun 2016. 



Suatu hari Ust. Andre menuliskan cerita beliau di medsosnya, dan menggalang dana untuk memberangkatkan umroh. Tak disangka, selang beberapa waktu terkumpul dana puluhan juta. Singkat cerita, Si Tukang Parkir ini berangkat umroh bersama istrinya gratis, mendapat fasilitas hotel bintang lima, plus uang saku yang berlebih. 

Di luar dugaan pula, bantuan dana terus mengalir sehingga tercetuslah ide untuk membentuk suatu gerakan patungan sedekah umroh ini. 

Bagaimana Moms, setelah membaca kisah Si Tukang Parkir yang mendapat rezeki beribadah ke tanah suci secara gratis? Apa amalan beliau sehingga Allah memberikan rezekiNYA yang begitu besar? Membaca Al-Qur'an. Ya, coba kita tengok firman Allah surat Faathir ayat 29-30 yang artinya: 
"Sesungguhnya, orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (al-Qur'an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha pengampun, Maha Mensyukuri."  
Si Tukang Parkir tadi selalu membaca Al-Qur'an, ia berdagang kepada Allah sehingga tak pernah rugi. Bahkan ia mendapatkan rezeki berlimpah bisa beribadah ke tanah suci. Masya Allah.

Tiga kunci kesuksesan dalam hidup ialah:

  • Membaca Al-Qur'an
  • Melaksanakan Shalat
  • Infak dan Sedekah
Kunci yang utama adalah membaca Al-Qur'an. Maka perbanyaklah membaca Al-Qur'an niscaya Allah mudahkan segala urusan. Karena sesungguhnya ibadah haji dan umroh bukan perkara mampu atau tidak mampu melainkan mau atau tidak mau. 

Kenapa Pilih Al-Qur'an dari Syaamil Qur'an?

Because The Only One 
Syaamil Qur'an merupakan satu-satunya penerbit Al-Qur'an yang memiliki fasilitas percetakan sendiri dan mengintegrasikan proses percetakan AL-Qur'an sesuai adab disertai dengan program ke-Qur'an-an bagi umat, dalam bentuk Wisata Qur'an, Gerakan #AyoNgajiTiapHari, Wakaf 1 juta Qur'an, dan Program Umroh Gratis Untuk Para Penghafal Al-Qur'an. 

The Best On 3 Syaamil Qur'an
  • Penggunaan bahan baku kertas AL-Qur'an yang telah tersertifikasi HALAL MUI sehingga terjaga kesuciannya
  • Proses yang sangat memperhatikan adab-adab dalam memuliakan mushaf al-Qur'an dari mulai pengembangan isi, proses percetakan hingga tahap akhirnya
  • Jaminan Tashih Kementrian Agama Republik Indonesia, Kementrian Dalam Negeri Malaysia, dan Pusat Dakwah Islam Brunei Darussalam untuk mushaf yang diterbitkan dengan layanan distribusi seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. 

 

Dok.pribadi


Ohya, saya hampir lupa. Al-Qur'an Haji dan Umroh ini bisa dipesan melalui www.quranhajiumrah.com ya. Bagi agen travel umroh juga bisa memesannya secara custom jika ingin menampilkan logo travel di dalam Al-Qur'annya. Eksklusif, lho

Spesifikasi Al-Qur'an Haji dan Umroh:
Cover: Hardcover 
Ukuran: 17,2 x 24,1 cm
Jumlah Halaman: 648 hal.
Bahan Isi: QPP 50 gram

Insya Allah, dengan adanya Al-Qur'an Haji dan Umroh ini ibadah kita di tanah suci menjadi lebih bermakna, ya, Moms


Salam hangat,

Qoty Intan Zulnida

25 komentar:

  1. Wah bagus banget aplikasi dari Syamil ini. Bagus nih untuk yg mau ke Tanah Suci. Masyaallah jadi kangen. Makasih mba sharingnya, mau ah download hihi ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk make aplikasinya harus punya qur'an haji dan umroh dulu, mbak. Soalnya ada scan barcode yg di qur'annya

      Hapus
  2. Al Quran sekarang semakin inovatif ya mbak. Kita bisa memilih Al Quran dengan sisipan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti yang dilengkapi panduan haji dan umroh terbitan Syamil ini.

    BalasHapus
  3. Inovatif sekali Syaamil Quran dengan Al-Quran Haji dan Umroh ini..Tentu akan meringankan bagi yang membutuhkan. Bahkan program terkait pun disediakan oleh Syaamil Quran. Alhamdulillah.
    Semoga niatan mulia ini akan memudahkan jalan banyak orang untuk menunaikan ibadah Haji dan Umroh

    BalasHapus
  4. Wah smakin kreatif n inovatif ya mb yang memudahkn org2 untuk memiliki Alquran untuk ibadah umroh dan haji. Smoga upaya Syaamil bisa menjwb kebutuhn masyarakat. Aamiin.

    BalasHapus
  5. Sepakat, Mbak. Alquran cetakan Syaamil ini memang terbaik, pas jadi pilihan. Inovasinya juga selaku segar, seperti sebelumnya ada quran tikrar khusus untuk tahfidz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, benar mbak. Brandingnya juga bagus sebagai al-qur'an yang selalu digunakan oleh masyarakat

      Hapus
  6. Dari dulu suka banget dengan produk-produk Syaamil. Dan, kini produk terbarunya juga keren banget. Masya Allah, jadi pengin ke tanah suci juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Semoga Allah mudahkan niat kita beribadah di tanah suci ya, bunda

      Hapus
  7. Wah sangat menginspirasi untuk segera menabung dan berangkat ke sana, Al Qur'an Syaamil warnanya elegan dan inovatif dalam mengeluarkan berbagai bentuk dan tujuannya ya mbak. Semoga menjadi ladang pahala bagi org org yg bersinergi di dalamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, mbak. inspiratif banget dari produk maupun sistem yg ada di dalamnya

      Hapus
  8. Bundaaaa Qoty Al-Quran haji dan umrah ini jadi nilai plus buat kita ya. Soalnga bisa belajar seputar haji dan umrah juga jadinya ya. Menurut aku Al-Quran ini kekinian banget. Mengikuti zamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, bunda. Nilai plus-plus banget deh. Semoga semakin didekatkan dengan waktunya Allah memanggil kita ke tanah suci.

      Hapus
  9. Sabtu itu aku sebenarnya diajakin Mbak Nunung ke sana juga,tapi anakku lomba, tau giu bisa ketemuan ya Mbak. Btw Al Quran Haji dan Umroh cocok banget buat ikhtiar ke Tanah Suci. Ya minimal belajar dulu sambil mengumpulkan dananya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak Damar. Semoga next time bisa ketemu lagi.

      Hapus
  10. Saya juga belum pernah ke tanah suci, semoga di mudahkan ya mbak,

    Syamil quran semoga bermanfaat dan memoermudah untik menunaikan haji.

    BalasHapus
  11. Masyaallah.. ada qur'an khusus nya ya? Saya ada beberapa muskhaf terbitan syamil qur'an untuk anak-anak. Alhamdulilah mereka suka, awet pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bunda. terobosan baru nih dari syaamil qur'an.

      Hapus
  12. Sangat informatif sekali dan bisa direkomendasikan mbak

    BalasHapus
  13. MasyaAllah ... Inovatif ini, ya. Semoga kita senantiasa menjadi umat yang hatinya dekat dengan Al Qur'an. Oiya, nggak aneh kalau di dalamnya ada Ustadz Andre Raditya. Anak muda yang hebat.

    BalasHapus