Banyak Hal Ini Berubah Karena Pandemi. Apa Kamu Juga Mengalaminya?

Setahun sudah pandemi covid 19 ini bergulir. Bahkan beberapa hari lalu telah anniversary pertama. Enggak nyangka ya, pandemi virus covid 19 pun bisa anniversary. Gimana dengan hubungan kamu? #ehgimana 


Tak dipungkiri banyak hal yang berubah karena pandemi. Di semua sisi kehidupan. Pada semua strata sosial, tak terkecuali terkena dampaknya. 




Ada dampak positif maupun negatif. Yang bisa kita lakukan hanya mengambil hikmah yang ada di balik semua ini. Dampak negatif atasi dengan segala solusi terbaik. Dampak positif disyukuri dan dinikmati hingga menjadi habit positif ke depannya. 


Banyak hal yang berubah karena situasi pandemi ini. Suka tidak suka pasti seiring berjalannya waktu kita mesti berdamai dengan perubahan ini. 


Apa aja sih yang berubah selama pandemi ini? 


Kebiasaan 


Dari yang tadinya biasa kita janjian ketemuan di luar, nongkrong di cafe, karena pandemi habit ini menjadi minim bahkan hilang. Beralih ke ngobrol virtual melalu aplikasi zoom, google meet, video call, dsb.

Kalaupun keluar rumah karena ada urusan pastilah dengan kebiasaan yang baru sesuai protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik dengan orang lain. 


Model Belajar

Selama ini kita belajar di sekolah, kampus, cafe, ruang meeting dan lainnya. Saat ini semua lokasi pembelajaran berubah menjadi daring melalui berbagai aplikasi pertemuan. 

Memang sebenarnya model belajar seperti ini kurang efektif sih, tapi ya mau gimana lagi. Saat ini hanya inilah jalan tengah terbaik untuk kita semua. Diambil positifnya aja, ya. 


Bonding Antar Anggota Keluarga

Sebelum pandemi, semua anggota keluarga punya aktivitas masing-masing. Bertemu mungkin hanya saat sarapan dan makan malam di meja makan saja. 

Selama pandemi, banyak aktivitas di luar yang dipangkas bahkan semua aktivitas dilakukan di rumah aja. Ayah WFH, anak-anak SFH atau PJJ sehingga semuanya berkumpul di rumah. Menjadikan intensitas bertemu makin sering, banyak aktivitas dilakukan bersama sehingga bonding antar keluarga semakin baik dan semakin dekat.


Skill Meningkat

Akibat dari aktivitas pekerjaan dan pembelajaran yang melalui daring, membuat mau tidak mau, suka tidak suka kita pun terus belajar upgrade skill ilmu digital agar tidak ketinggalan. Meeting dari rumah, belajar dari rumah membuat otak dan kreativitas kita terus diasah agar terus menguasai ilmu-ilmu digital. 

Selain skill digital, skill memasak dan mengurus rumah pun meningkat. Karena kelamaan di rumah aja. Alhasil sering banget coba-coba resep masakan dan rombak tatanan rumah hingga terciptalah suasana baru yang lebih seru.


Mindset Lebih Positif

Di awal pandemi, ada rasa ketakutan yang teramat sangat akan adanya virus covid 19. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengetahuan yang kita dapatkan mengenai virus tersebut, membuat mindset kita semakin terbuka. 

Bahwa diperlukan pola hidup sehat yang pola pikir yang benar untuk melawan virus ini. Maka terbentuklah mindfullness yang membuat hidup lebih tenang, kesehatan pun makin terjaga. 


Semua Serba Online

Belanja apapun semua serba online. Beli buku, baju, peralatan anak-anak, bahkan beli obat pun semuanya online.

Kita bisa loh, beli obat secara online melalui aplikasi Halodoc. Atau bisa langsung ke websitenya juga. Mudah jika sudah punya resepnya tinggal order obatnya aja. Bayarnya bisa melalui saldo gopay atau transfer bank. 

Selain itu nih, kita juga bisa konsultasi ke dokter secara interaktif loh. Misal lagi sakit, chat aja dokternya di aplikasi. Bisa langsung tanya-tanya deh. So, enggak perlu repot pergi ke klinik atau rumah sakit selama sakitnya masih bisa ditangani secara online ya. 

Kamu, udah download aplikasinya belum? Pasti kepake deh karena banyak banget manfaatnya. 


Lebih Semangat Menjalani Hidup

Kita enggak akan pernah tau sampai kapan kita hidup di dunia ini. Dengan adanya makhluk kecil yang mengganggu stabilitas dunia membuat kita semakin merenung, apa hakikat hidup kita di dunia. 

Maka semangat akan lebih menyala. Berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, mendekatkan diri kepada Tuhan. Dan terus berbuat baik sebagai bekal di kehidupan akhir kelak. 


Nah, teman-teman apakah mengalami hal yang serupa juga? 

Poin mana saja yang teman-teman alami? Bersyukur setelah setahun pandemi, vaksin covid 19 sudah mulai digalakkan oleh pemerintah. Semoga dengan adanya vaksin ini kehidupan kita jadi jauh lebih baik, lebih sehat dan lebih segalanya. 







1 komentar:

  1. Hai salam kenal bunda..
    Iya ya tanpa sadar banyak banget hal yg berubah. Meski awalnya sedikit terpaksa, makin ke sini ternyata banyak sekali kebiasaan yg justru bikin kehidupan ke arah yg lebih positif.

    BalasHapus