Rekomendasi Dokter Kandungan Area Pamulang-Depok: Dr. Severina Adella Tobing, Sp.OG

Hamil dan melahirkan keturunan merupakan dambaan setiap kaum hawa. Bahkan adakalanya seseorang merasa hidupnya belum lengkap jika belum dikaruniai keturunan. Padahal sejatinya keturunan itu adalah hak prerogatif Allah. Hanya Dialah yang tahu kapan saat terbaik memberikan amanah ini kepada kita hambaNya. 

Ada yang baru menikah sebulan udah positif hamil. Ada yang udah menikah setahun baru merasakan hamil. Bahkan ada pula yang udah bertahun-tahun menikah namun belum juga dinyatakan positif. 

Banyak wanita menjalani kehamilan tanpa masalah berarti. Namun di beberapa kasus, ibu yang sedang hamil harus rela mengalami keguguran. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor, bisa kecapekan, stress, blighted ovum, dan masih banyak lagi. 

Maka bersyukurlah dirimu duhai Ibu, yang kini telah menimang bayi, menggandeng balita, maupun mengantarkan buah hatimu ke sekolah. Karena masih banyak di luar sana ibu-ibu yang mendambakan apa yang ada di pelukanmu saat ini. 

dr. Severina Adella Tobing, Sp.OG (source: okadoc.id)

Hamil Kembali Setelah Keguguran Berulang

Pertengahan bulan April 2019 lalu, suami menanyakan kok aku belum haid, padahal semestinya sudah. Saat itu aku berpikir biasanya kan pas pertengahan bulan, ini masih kurang beberapa hari. Jadilah saat itu aku biasa saja. Hingga kurang lebih seminggu kemudian, aku coba cek menggunakan tespack, dan hasilnya positif, alhamdulillah. 

Ini adalah kehamilan keenam setelah melahirkan dua kali dan keguguran tiga kali di periode sebelumnya. Tentu ada tips-tips yang aku terapkan demi menjaga kehamilan ini agar janin dapat tumbuh dengan baik. Hingga saat ini, usia kehamilan telah berjalan di 31 minggu. Semoga sehat senantiasa hingga saatnya brojol ke dunia. Aamiin.

Rutin Cek Ke Bidan atau Klinik Bersalin 

Setiap menjalani kehamilan, sejak kehamilan pertama tahun 2012 lalu hingga kehamilan keenam ini, aku selalu rutin memeriksakan kehamilan ke bidan sesuai panduan di buku kehamilan. 

Sedangkan untuk pemeriksaan USG, pada kehamilan sebelumnya aku melakukan USG dua kali dalam satu periode kehamilan, yakni pada usia kehamilan 4 bulan dan 7 bulan. Saat akan melahirkan anak kedua, aku USG lagi di usia 9 bulan karena udah lewat dari HPL namun belum juga kontraksi. Alhamdulillah, semua dalam keadaan baik sehingga aku bisa melahirkan dengan normal. 

Rekomendasi Dokter Kandungan Service Excellent  

Saat ini aku sedang menjalani kehamilan keenam dan mengandung calon anak ketiga. Bisa dibilang kehamilan kali ini cukup menguras energi. Pengalaman keguguran di dua kehamilan sebelumnya membuat aku cukup mengerti bagaimana menyikapi kehamilan ini. 

Pun dari pengalaman keguguran berulang di tahun sebelumnya lah aku semakin memahami bagaimana karakter rumah sakit dan tenaga medis yang menangani. 


Yap, tak dapat dipungkiri manusia hidup dengan berbagai karakter yang melekat di dirinya. Ada yang ramah, suka bertanya, mau menjawab pertanyaan dengan lengkap, serta menjelaskan secara gamblang. Namun ada pula yang agak jutek dalam melayani, bertanya seperlunya, menjawab sekenanya, dan lain sebagainya. 


Kebetulan di kehamilan sebelumnya yang telah gugur, aku sempat periksa dan USG di rumah sakit lain sebelum di RS Vitalaya ini. Ya, dokter kandungan yang ingin aku rekomendasikan ini praktek di RS Vitalaya Pamulang. Selain di RS Vitalaya beliau juga praktek di RS Brawijaya Depok. 


Beliau adalah Dr. Severina Adella Tobing, Sp.OG. Dokter yang biasa disapa dengan Dokter Della ini benar-benar dokter kandungan perempuan yang recommended. Service yang beliau berikan kepada setiap pasien excellent. Maka tak jarang setiap hari yang bertepatan dengan jadwal praktek beliau selalu penuh pasien yang akan kontrol kandungannya dan mereka rela menunggu berjam-jam lamanya. 



Menjadi tenaga medis mesti berurusan dengan banyak orang. Banyak karakter yang akan dihadapi setiap harinya. Baik pasien maupun keluarga pasien. Untuk itulah karakter yang baik pasti amat diimpikan ada pada setiap tenaga medis. Pelayanan yang ramah, santun, mengayomi dan membuat pasien nyaman mutlak diperlukan. 
Ketika dua tahun lalu aku dipertemukan dengan Dokter Della aku merasa beruntung dan bersyukur sekali. Ketika itu janin dalam kandunganku tidak berkembang, beliau menjelaskannya secara hati-hati dan rinci sekali. Membuat kami (aku dan suami) yang mendengarnya menjadi paham apa penyebab masalah yang terjadi pada kehamilan tersebut. Tentu lebih menenangkan, bukan? Meskipun yang diterima adalah kabar buruk namun karena penyampaiannya yang tepat maka tidak terlalu menyedihkan bagi pasien. 


Pengalaman USG Melihat Keadaan Janin Dengan Dokter Della

Dilansir dari Alodokter.com USG yang merupakan kependekan dari Ultrasonografi merupakan suatu teknik yang menampilkan gambaran kondisi suatu tubuh. Alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi dalam pengambilan gambarnya.


source: haibunda.com

Pasien hamil yang akan menjalani pemeriksaan USG biasanya diminta untuk berbaring telentang. Kemudian dokter mengoleskan gel khusus di bagian perut. Gunanya untuk mencegah adanya gesekan antara kulit dengan transducer. Selain itu juga berfungsi mengirimkan gelombang suara ke dalam tubuh. 


Saat pemeriksaan dilakukan, transducer digerak-gerakkan di bagian tubuh yang akan diperiksa. Untuk memonitor perkembangan janin pada ibu hamil, transducer digerak-gerakkan di bagian bawah perut. Gerakan ini diperlukan agar gelombang suara yang dikirim dapat memantul kembali dan memunculkan gambar yang baik. 


Setelah gambarnya muncul di layar, dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan kepada pasien. 


Pada kehamilan anak pertama dan kedua beberapa tahun lalu, aku selalu USG di klinik bidan tempatku rutin cek kandungan. Selama beberapa kali USG itu, dokter yang memeriksa saat ini hanya memberitahukan keadaan janin sehat, beratnya sekian, jenis kelamin laki-laki atau perempuan, dan hari perkiraan lahiran alias HPL. Selalu seputar itu saja. 


Namun berbeda dengan ketika aku USG dengan Dokter Della di RS Vitalaya 26 September 2019 lalu. 


Ketika itu seperti biasa aku berbaring telentang. Dokter Della mengoleskan gel khusus di bagian bawah perutku dan mulai membaca hasil USG yang tertera di layar. Dimulai dari menunjukkan bahwa ini adalah kantong rahim. Ukurannya sekian. Lanjut agak ke bawah menunjukkan bagian kepala janin. 


"Ini kepala dede bayinya ya, Bu. Bagus posisi kepalanya di bawah."


Kemudian Dokter Della menunjukkan bagian tangan janin, jantung, menghitung denyut jantungnya berapa kali per detik. Juga memantau bagian lambung dan paru-paru janin. 


Saat itu aku takjub lho ternyata USG juga bisa nembus ke bagian organ dalam janin, ya? 


Dan hal ini aku tanyakan ke beliau, donk. 


"Iya. Justru itulah fungsinya USG. Untuk mengetahui bagaimana keadaan setiap organ janin.


Berikutnya beliau menunjukkan bagian kaki janin. Kondisi air ketuban, alhamdulillah jernih. Serta melihat jenis kelamin janin. 


Benar-benar lengkap banget. Dijelaskan juga bagaimana keadaan plasenta dan talinya apakah melilit janin atau tidak. 


Aku benar-benar surprised. Karena pengalaman beberapa kali USG sebelumnya belum pernah dijelaskan sedetail itu. Justru aku dapat insight baru setelah keluar dari ruang prakteknya hari itu. Pun begitu ingin aku menuliskannya disini. Berbagi cerita kepada mommies semua. 



Profil Dokter Della

Dokter yang berparas ayu nan teduh ini mempunyai nama lengkap Dr. Severina Adella Tobing, Sp.OG. Beliau merupakan dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau yang biasa dikenal dengan Dokter spesialis kandungan. Beliau menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Sriwijaya Palembang dan sempat praktek di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.   

Sayangnya hanya itu profil yang aku dapat setelah searching di internet. Mencari akunnya di sosial media pun aku tidak menemukan. Sepertinya Beliau tidak main sosmed, ya. Ingin menanyakan langsung kok ya sungkan. hehe



Jadwal & Tempat Praktik Dr. Severina Adella Tobing, Sp.OG

Sejauh yang aku tahu, Dokter Della ini praktek di RS Vitalaya Pamulang dan RS. Brawijaya Depok.  


Jadwal Praktek Dokter Della di RSIA Vitalaya Pamulang

Senin  12.00-16.00Selasa 16.00-20.00Kamis  09.00-12.00Jumat  09.00-12.00Minggu 09.00-14.00
Untuk pendaftaran harus datang ke RS langsung, bisa diwakili oleh suami, keponakan, teman atau yang lain untuk mendaftarkan nama dan mendapatkan jadwal. Karena seringkali daftar hari ini dapat jadwal bertemunya seminggu kemudian. Ditambah lagi kadangkala pada hari konsultasi ada tindakan yang harus dilakukan oleh beliau misal kuretase maupun operasi caesar sehingga makin lamalah waktu menunggunya. So, kudu sabar yaa, Mommies

Alamat RSIA Vitalaya Pamulang

Jl. Raya Siliwangi Pondok Benda Indah No.1 
Pamulang - Tangerang Selatan 
Telp. 021 - 74703313 / 021 - 7497195 


Jadwal Praktek Dokter Della di Brawijaya Hospital Depok

Senin 17.00-19.00Rabu 18.00-19.00Kamis 17.00-19.00Jumat 17.00-19.00Sabtu 17.00-19.00
Untuk di Brawijaya Hospital aku belum pernah sih kontrol disana. Tapi yang aku tahu untuk bikin janji bertemu dengan Dokter disana bisa melalui nomor WA. Jadi lebih praktis dan memudahkan, ya, Mommies. 

Alamat Brawijaya Hospital & Clinic Depok 

Jl. Raya Ciputat - Parung, Bojongsari Depok 
Telp. 021 - 29836640 
Whatsapp Admission: 0813-2122-2920 






  




Referensi: 

https://www.guesehat.com/severina-adella-tobing
https://brawijayahospital.com/doctor-schedule/obstetric-gynaecology
https://www.alodokter.com/lebih-jauh-tentang-usg
https://www.haibunda.com/kehamilan/20190715180218-49-48813/5-langkah-membaca-hasil-usg-yang-bisa-bunda-pelajari

0 komentar:

Posting Komentar