sumber: pinterest.com


Bagi masyarakat Indonesia, nasi menjadi makanan utama yang wajib ada saat ingin makan setiap harinya. Kalau gak ada nasi, rasanya seperti ada yang kurang. Setuju gak? Namun bagi yang ingin menurunkan berat badan atau diet, nasi menjadi makanan yang harus dihindari karena gula dan kalorinya cukup tinggi. Kandungan karbohidrat dalam nasi bisa meningkatkan resiko diabetes dan berat badan yang meningkat.

Kalau kamu sedang menjalani diet atau sedang menghindari nasi biasa yang dapat meningkatkan berat badan, ada sejumlah makanan yang bisa dijadikan pengganti nasi yang dapat dikonsumsi. Bisa bikin kenyang lebih lama!

1. Ubi


sumber: pinterest.com


Ubi atau ubi jalar salah satu makanan yang sering dijadikan pengganti nasi bagi yang sedang diet. Pasalnya, karbohidrat dalam ubi lebih sedikit gula dan banyak serat. Ubi juga mengandung provitamin A, kalsium dan vitamin C. Makanan satu ini pun memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari virus dan berbagai penyakit lainnya. 

2. Jagung


sumber: pinterest.com


Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Ini tentu karena jagung memang dapat mengenyangkan perut. Pada 100 gram jagung terdapat 3,5 protein, dan 25 gram karbohidrat. Jagung yang bukan dari kemasan kalengan dan jagung segar juga mengandung banyak bahan bermanfaat, mulai dari vitamin C, serat, dan antioksidan yang bagus buat kesehatan mata.

 3. Kentang


sumber: pinterest.com


Kentang merupakan sumber vitamin C dan kalsium yang baik bagi tubuh. Tak hanya itu, kulit kentang juga memiliki kandungan sekitar 4 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat sekitar 15%. Namun, cara mengolahnya juga sangat berpengaruh pada kandungan nutrisinya. Jadi, harus kamu perhatikan, terutama buat kebutuhan diet.

4. Quinoa


sumber: pinterest.com


Kandungan karbohidrat dalam quinoa memang cukup tinggi, tapi makanan satu ini rendah kalori plus kaya akan serat dan protein, guys. Quinoa juga gak mengandung gluten serta bisa bikin kamu kenyang lebih lama. Makanan ini bisa kamu olah layaknya mengolah nasi biasa. Menambahkan bumbu nasi goreng pada quinoa bisa dijadikan pilihan buat makanan diet yang enak dan sehat.

5. Singkong


sumber: pinterest.com


Kamu juga bisa memilih singkong untuk menu makanan diet berikutnya. Singkong memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan membuat kesehatan bakteri usus meningkat, sehingga membuat seseorang kenyang lebih lama. 

6. Nasi Merah atau Coklat


sumber: pinterest.com


Bagi yang sedang menurunkan berat badan, kamu juga tetap bisa mengkonsumsi nasi kok. Nasi yang aman dikonsumsi oleh pelaku diet adalah nasi merah atau cokelat. Selain lebih aman dan sehat, nasi coklat atau merah juga punya kandungan serat lebih tinggi serta nilai GI lebih rendah. Dengan begitu, kamu bisa kencang lebih lebih lama dan anti perut keroncongan saat diet. Karena GI yang rendah di makanan bikin makanan jadi lebih lama dicerna pada tubuh. Tentunya bakal bikin kenyang dalam waktu yang lama. Beras basmati merah bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat menu makanan diet sehat.

7. Nasi Organik


sumber: pinterest.com


Selain nasi merah, kamu juga bisa memilih beras organik sebagai pengganti nasi biasa. Khasiat beras organik dengan yang non organik tentu berbeda. Kandungan kalori pada nasi organik ini sangat bermanfaat buat menurunkan berat badan. Jadi, berat badan kamu bakal tetap terlihat ideal dan juga stabil. Beras organik juga punya kandungan glukosa, mineral tinggi, nutrisi, serta protein yang gampang terurai. Sehingga aman buat dikonsumsi pelaku diet maupun penderita diabetes.

8. Oatmeal


sumber: pinterest.com


Selanjutnya ada oatmeal, makanan satu ini sangat rendah lemak dan kalori. Tak heran, jika banyak pelaku diet yang sering menjadikan oatmeal sebagai menu makanannya. Oatmeal bisa kamu sajikan dengan sayur dan dada ayam panggang, atau buah-buahan. Enak dan bikin kenyang deh!

9. Brokoli


sumber: pinterest.com


Terakhir kamu bisa menjadikan brokoli sebagai pengganti nasi untuk menu diet. Untuk dijadikan menu makanan diet, brokoli bisa diparut lalu dimasak dengan api sedang. Pas banget buat yang sedang diet karbohidrat.

Beberapa poin di atas bisa kamu jadikan pilihan untuk makanan pengganti nasi saat diet. 

Stay healthy everyone!




Dalam hidup ini, segalanya pasti membutuhkan uang. Dan ya, diantara kita ada yang mempunyai penghasilan cukup bahkan lebih untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun ada juga yang berpenghasilan kurang sehingga mesti mencari sumber penghasilan lain atau bahkan mengajukan pinjaman uang kepada pihak lain.


Maka, ilmu bijak mengelola keuangan ini penting untuk diketahui, terutama bagi yang sudah membina rumah tangga. 



Finansial


Hal-hal mengenai peruntukan gaji, perlukah mengajukan pinjaman uang, dana darurat dan lain sebagainya sudah mesti didiskusikan sejak awal menikah. Agar rumah tangga tetap tenang menjalani kehidupan yang penuh dengan misteri ini. 


Prinsip Dasar Dalam Berumah Tangga 


Sebenarnya prinsip dasar dalam rumah tangga ini adalah rasa percaya. Jika ada rasa percaya antara satu sama lain, maka segala sesuatunya akan lebih nyaman. 


Tidak ada kebohongan, tidak ada yang ditutupi. Semuanya terbuka, mengenai pekerjaan, gaji, asal pendapatan lain beserta semua pengeluaran. 


Siapa Yang Berhak Mengelola Keuangan Rumah  Tangga? 


Karena sudah saling percaya, saatnya mengelola keuangan rumah tangga berdua. Atau jika lebih percaya ke salah satu pasangan, tak apa. Percayakan saja padanya untuk mengelolanya. Asalkan tetap terbuka kemana saja peruntukan semua pemasukan rumah tangga. 


Dan jangan lupa, tetap menyiapkan dana untuk mewujudkan impian berdua. Bisa dengan menabung atau berinvestasi mulai saat ini. 


Peruntukan Gaji


Mengenai cara mengelola gaji yang ideal ini tergantung dari kecermatan dalam mengaturnya berdasarkan kesepakatan bersama. 


Namun sebaiknya, dari sumber penghasilan utama, dalam hal ini gaji, itu dibagi yakni 30% untuk cicilan atau membayar hutang, 30% untuk menabung atau investasi serta 40% untuk berbagai pos kebutuhan hidup kita. 


So, penting digarisbawahi bahwa jika kita memiliki pinjaman uang pada pihak lain maka cicilan yang harus dibayar setiap bulannya tidak lebih dari 30% gaji kita. 


Perlukah Mengambil Pinjaman Dana Dari Pihak Lain? 


Mengenai pinjaman uang ini relatif, ya. Tergantung pola pikir dan bagaimana setiap pasangan mengelola keuangannya. 


Ada yang mempunyai impian punya rumah sendiri sebelum usia 30, misalnya. Maka mereka mengajukan KPR untuk membeli sebuah rumah yang diimpikan. 


Atau, perlu pinjaman uang untuk membangun rumah impian di tanah warisan orangtua. Merenovasi rumah orangtua, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan, dan berbagai macam hal tak terduga lainnya yang membutuhkan biaya cukup besar.


Kebanyakan pasangan memutuskan untuk meminjam uang kepada pihak lain untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Hal ini tentu tidak salah. Mengajukan pinjaman uang kepada pihak bank, misalnya, maupun kepada pihak lain bukan sesuatu hal yang buruk asalkan sesuai kemampuan membayarnya. 


Meminjam uang boleh-boleh saja asalkan dibayar. Yang tidak boleh sudah tentu jika meminjam uang tapi tidak dibayar. Betul? 


Nah, dalam meminjam uang pun ada etikanya. Banyak pula yang patut dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman uang. Yakni

  • Pastikan bahwa kebutuhan tersebut cukup mendesak. Jangan sampai meminjam uang apalagi dalam jumlah yang cukup besar hanya untuk hal konsumtif
  • Keadaan finansial kita pun baik dan mampu mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan
  • Memeriksa dan membandingkan besar bunga yang ditetapkan juga penting, loh. Sebaiknya pilih yang menetapkan bunga lebih kecil dan suku bunga tetap
  • Cek dan ricek kredibilitas pihak yang akan dipinjami. Pastikan terlebih dahulu bahwa pihak tersebut dapat dipercaya dan bekerjasama dengan baik 

Semua faktor di atas penting untuk ditinjau terlebih dahulu. Jika pun memang harus mengajukan pinjaman uang, maka pastikan pihak yang meminjamkan kredibel. Bisa dicek di CekAja.com karena disana banyak banget informasi mengenai berbagai masalah finansial rumah tangga. Banyak juga pilihan solusi yang ditawarkan. Kita hanya tinggal memilih mana yang paling tepat dan cocok untuk kita. 


Kelebihan Akses CekAja.com Untuk Masalah Finansial


Ada berbagai keuntungan mengakses CekAja.com. Diantaranya: 
  1. Prosedur pengajuan praktis dan mudah karena dilakukan secara online
  2. Berbagai kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana tunai dapat terpenuhi melalui solusi yang ditawarkan
  3. Pencairan dana relatif lebih cepat
  4. Besarnya cicilan ringan
  5. Bunga yang ditawarkan kompetitif

Umumnya, kita meminjam dana lebih untuk kebutuhan yang besar. Seperti biaya pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi, pengadaan kendaraan, membangun atau renovasi rumah maupun dana darurat ketika sakit.


Maka, mengambil keputusan seperti ini pun tetap harus cermat dan hati-hati agar tetap sesuai kemampuan dalam membayar pinjaman uangnya.

Pentingnya Dana Cadangan


Selain pinjaman uang, sebenarnya kita bisa saja menggunakan dana cadangan yang memang disimpan untuk kebutuhan mendesak. Inilah pentingnya kita memiliki dana cadangan.


Menyimpan dana cadangan bisa dalam bentuk deposito, investasi maupun logam mulia. Namun jika memang dana cadangan tidak mencukupi maka solusinya ya dengan menggunakan dana pinjaman. Asalkan meminjamnya di tempat yang tepat, aman dan sesuai kebutuhan saja. 


So, ingin mengajukan pinjaman uang dengan syarat dan cara yang mudah? Di CekAja.com saja! 


Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan 









Mommies, siapa sih yang berperan sebagai manager keuangan rumah tangga kalian? Istri atau suami? 




Berdasarkan survey, kebanyakan yang mengatur keuangan rumah tangga adalah kita para mommies. Betul? Suami mah tahunya kerja cari duit. Selalu ada makanan yang terhidang di meja makan. Anak-anak sehat terurus, rumah bersih rapi jali. 

Padahal mah ya, kita yang ngurus semuanya puter otak peres keringat ampe kurang tidur, tangan kaki pegel, suara makin merdu akibat tiap hari selalu olah vokal. Masya Allah deh ya pokoknya. 

Ada yang samaan? 

Kaca Jendela Rumah Tangga

Hidup itu ya mung sawang-sinawang. Hanya bisa saling melihat keadaan dari luar. Seringkali rumput tetangga terlihat lebih hijau asri jika dibandingkan rumput tetangga. Padahal mah ya, semua itu hanya fatamorgana. 

Karena memang setiap manusia yang hidup pasti mempunyai masalah, begitupun dengan rumah tangga. Setiap rumah tangga mempunyai masalahnya masing-masing yang jelas berbeda satu dengan lainnya. 

Maka tugas kita ya jalani saja kehidupan kita masing-masing dengan sebaik-baiknya, tenang, ikhlas, terus berusaha agar hidup lebih baik. Gak perlu dah tuh nengok-nengok ke belakang, maupun samping kanan kiri. Fokus aja ke depan. Atur mata dan hati kita untuk tetap melakukan tugas kita sebaik mungkin. Menjalani kehidupan kita senyaman mungkin. Agar hidup pun tenang dan bahagia. 

Agar Hidup Bahagia Selalu

Sebenarnya mudah. Its so simple. Karena sumber bahagia kita ya diri kita sendiri. 

Jangan menunggu bahagia baru tersenyum namun tersenyumlah untuk menjemput bahagia

So, masalah yang ada di depan mata itu segera diselesaikan. Bukan hanya dipikirkan. Dan, selalulah positif dalam memandang sesuatu. Karena ini penting, sekali aja kita mikir negatif, seterusnya hal negatif yang banyak keluar dari pikiran kita. 

Nah, pikiran kita kan kita yang bisa mengendalikan. Maka kendalikan lah. Cobalah reframing alias melihat sesuatu dari sisi lain. Insya Allah dengan begitu kita akan selalu positif auranya dan bisa tetap bahagia. 

Istri Sebagai Manager Rumah Tangga

Banyak banget yang masih beranggapan bahwa segala sesuatu berkaitan rumah tangga itu tanggung jawab seorang istri atau ibu. Anak-anak, rumah, bahkan masalah finansial atau keuangan pun istri yang mengatur. Lha trus suami ngapain? Ya kan kerja cari nafkah. Hello, padahal nih ya, banyak juga tuh yang istrinya juga cari penghasilan tambahan. Itu untuk apa? Ya untuk menutupi kekurangan donk. Kalo masih ada sisa, Alhamdulillah bisa nabung. 

Nah, ini ada yang salah ya sepertinya dalam pola pikir masyarakat kita. Ya memang sih ini karena budaya patriarki yang masih melekat. Justru disinilah peran kita. Meluruskan bahwa seharusnya semua hal berkaitan rumah tangga ini ya menjadi tanggung jawab bersama. Tanggung jawab suami dan istri. Sebagai ayah dan ibunya anak-anak. Bukankah kita membangun rumah tangga ini berdua? 

Suami Sebagai Kepala Rumah Tangga

Suami sebagai kepala rumah tangga maka ialah yang bertanggung jawab penuh atas segala hal yang terjadi dalam rumah tangganya. Betul Mommies? 

Ya, maka jika terjadi ketidakseimbangan dalam rumah tangga seharusnya suamilah yang berdiri di garda terdepan, bukan sebaliknya. 

Hal ini berlaku bagi semua urusan, ya. Baik urusan anak, kerjaan rumah hingga masalah keuangan. Seyogyanya suamilah yang mengatur semuanya sementara istri bertindak sebagai pelaksana. Atau, bisa juga diatur bersama, didiskusikan berdua dalam mengatur gimana baiknya. Tentu ini lebih baik ya, Mommies. 

Nah, berikut ada sedikit tips dalam mengatur keuangan rumah tangga ya.

  • Tentukan darimana saja sumber pemasukan rumah tangga (gaji suami, jualan online istri, freelance suami, freelance istri, dsb) 
  • Rincikan pengeluaran yang mesti ditunaikan setiap bulannya. Jangan lupa tentukan juga jika ada pengeluaran tahunan misal bayar kontrakan per tahun
  • Tentukan sumber yang mana untuk menutup pos pengeluaran yang mana. Misalnya gaji suami untuk membayar listrik, sekolah anak dan kebutuhan sehari-hari sedangkan freelance istri untuk bayar kontrakan 
  • Dari awal, siapkan budget untuk menabung. Jangan lupa siapkan pula dana darurat untuk jaga-jaga
  • Setiap menerima gaji, bagi ke dalam pos-pos yang telah ditentukan dan jangan diutak-atik
  • Tertib dan disiplin dalam menerapkannya
Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil adopsi dari manager keuangan lain. Saya pun masih berupaya disiplin menerapkan tips ini. Karena yang sering terjadi adalah keuangan rumah tangga yang defisit alih-alih surplus. Hayo, ada yang sama? 

Tidak apa-apa, jika pun terpaksa harus meminjam uang kepada pihak lain, pastikan bahwa alasan meminjamnya masih logis dan memang butuh karena darurat bukan karena kebutuhan yang konsumtif. 

Dan usahakan juga mendapatkan pinjaman uang dari pihak yang terpercaya. Selaras dengan kita yang juga berusaha amanah dalam meminjam. Dalam artian mengembalikan sesuai tenggat waktu yang disepakati. Jika pun belum mampu maka reschedule dan bicarakan dengan baik-baik. 

Menjalani Rumah Tangga Bersama 

Dalam membina rumah tangga tentu bukanlah hal yang mudah. Pasti banyak suka duka yang mesti dilalui. Pahit manis dirasakan bersama. 

Dari yang ketika awal menikah masih kerja serabutan, ngontrak rumah sepetak, beli susu anak susah, makan seadanya. Hingga saat ini sudah berada di taraf hidup yang lebih layak meski belum punya rumah sendiri. Tapi paling tidak, rumah kontrakan yang ditempati sudah jauh lebih baik. 

Rumah ada ventilasi udara yang cukup, ada taman kecil penuh bunga, anak-anak sehat terurus, keuangan makin membaik. Bahkan yang sudah bisa beli maupun membangun rumah impian, sudah semestinya kita bersyukur. 

Karena kemampuan kita dalam mengelola keuangan rumah tangga hingga taraf hidup kita lebih layak dari sebelumnya, itu adalah impian bagi mereka yang taraf hidupnya masih sama dengan tiga, lima bahkan sepuluh tahun sebelumnya. 

Bersyukur, bersyukur, bersyukur. Karena dengan mensyukuri nikmat yang kecil, maka Allah akan memberi nikmat yang lebih besar. Insya Allah. Karena janji Allah itu pasti. 











 

Merekalah temanku. Dulu, kini dan nanti. 

Meski raga ini telah terpisah jarak dan waktu. Begitu jauh, begitu lama bahkan untuk sekedar bersua bertatap muka pun sulit apatah lagi berbagi rasa, berbagi duka, lara hingga tawa. 

Namun, kenangan itu kan slalu ada. Tertanam kuat di hati. Menaburkan asa hingga terlangitkan doa. Selalu, untuk kalian semua. Teman, sahabat rasa saudaraku. 

Sudah lama aku ingin menuliskan ini. Kisah tentang sahabatku saat di bangku kuliah. Teman yang baru kukenal 12 tahun belakangan. Teman yang membuat hidupku makin berwarna. Membuatku mengenal beragam seni kehidupan. Yang tak kutemui sebelumnya.

Masa Pengenalan

Di tahun pertama kuliah aku masih lugu. Gadis berkacamata yang amat taat peraturan. Berangkat ke kampus paling pagi, gak pernah mau terlambat. Setoran tahfidz tepat waktu. Jarang keluar asrama. Hidupku begitu lurus kala itu. Lempeng aja kaya jalan tol haha. 

Hingga di tahun kedua aku mulai mengenal kalian. Tak perlu kusebutkan satu per satu, ya. Next time akan kutuliskan di laman yang berbeda. 

Berangkat kuliah mulai santai, agak siang. Bahkan tak jarang aku terlambat masuk kelas. Entah kenapa aku rela aja ngelakuin hal itu. Padahal sejak zaman sekolah MTs hingga MA aku gak pernah mau terlambat, selalu berangkat pagi. 

Bersama kalian, aku enjoy ngelakuin itu. Beberapa kali bolos setoran tahfidz. Sering main keluar asrama, bahkan mulai aktif dalam kegiatan organisasi. 

Oh, masa kuliahku begitu berwarna bersama kalian. Benar-benar indah. Aku jadi tahu bagaimana rasanya menonton film di bioskop, menikmati pelayanan salon, hingga menapaki banyak kawasan Jakarta. Kalo aku gak bersama kalian, mungkin aku akan terus jadi mahasiswi yang kudet, lugu, culun dan gak tahu apa-apa mengenai dunia luar. 

Betapa ternyata di luar sana banyak hal baru yang tidak kita ketahui. Maka selamilah segalanya. Cobalah memandangnya dari berbagai perspektif. Agar tetap bisa bijak mengambil hikmah meski dari hal terburuk sekalipun.

Positif atau Negatif? 

Mungkin, kalian yang baca tulisanku ini akan menganggap pertemanan ini justru membawa ke arah negatif. Mereka membawa pengaruh buruk padaku. Betul?

Bisa jadi iya, bisa pula tidak. 

Sebab mengenai hal ini, mereka sudah sering mengucapkannya. Karena kami memang menghabiskan banyak waktu bersama, ber-delapan. Kemana-mana bersama, bahkan terlambat masuk kelas pun bersama. Berisik di kelas, sudah biasa. Meski aku seringkali menjadi pendengar saja. 

Seperti yang kubilang sebelumnya, lihatlah dari berbagai perspektif. Pertemanan kami ini, jika dilihat sekilas memang seperti membawa pengaruh negatif. Namun sejatinya, tetap lebih banyak positifnya aku berteman dengan mereka. 


Rela menempuh jarak jauh demi menghadiri hari bahagiaku

Boleh aku jabarkan disini? Plus-minus dalam pertemanan kami

  • Berteman dengan mereka, aku jadi lebih banyak belajar. Belajar bersosialisasi, bagaimana sebaiknya bersikap menghadapi berbagai macam karakter kami yang berbeda-beda
  • Masing-masing dari mereka punya kelebihan. Yang kan mereka ajarkan padaku saat aku butuh. Begitupun sebaliknya
  • Dari mereka aku belajar kekompakan. Saling bantu, saling traktir gantian, saling menghibur satu sama lain
  • Bersama mereka, lingkaran pertemananku makin meluas. Jaringan temanku makin banyak dan beragam
  • Mereka teman yang setia. Selalu melindungi. Dan selalu membela jika memang butuh dibela
  • Aku jadi lebih mengenal dunia luar. Banyak berpetualang ke tempat wisata hingga pelosok Jakarta

Minusnya memang diriku pribadi jadi lebih longgar memegang nilai disiplin belajar yang selama ini kupegang. Sering datang terlambat di kelas, bolos setoran tahfidz hingga bermasalah dan berujung tidak khatam. Tak apa. 

Toh, ilmu Allah itu luas. Tidak hanya di bangku kuliah. Kita juga perlu belajar ilmu kehidupan. Ilmu bersosialisasi. Membaur dengan semua kalangan. Dan mereka memang mendominasi, cocok, klop lah dengan aku yang justru perlu sosok orang lain untuk mengarahkan. 

Meskipun karena terlalu mendominasi nya, kami pernah berselisih paham karena aku dan dua temanku kekeuh dengan paham kami. Dan mereka kekeuh dengan pendapat mereka. Akhirnya 'geng' kami terpecah selama beberapa waktu. 

Namun di akhir kami kembali bersama. Dan setelah wisuda, kami rekreasi ke tempat wisata terdekat untuk perpisahan karena harus kembali ke kota masing-masing. Sediiihhh 

Selamat jalan kawan, semoga keberkahan senantiasa tercurah dalam hidup kalian. Sehat selalu, ya. Sukses dengan jalan masing-masing. 

Terimakasih telah memberi warna di hidupku. Yang begitu berarti hingga kini. Pengalaman dan pengetahuan yang kudapat dari kalian berguna untuk hidupku saat ini. Meski kita jarang bertegur sapa, namun nama kalian selalu kusebut dalam doa. 

Yang pada akhirnya berbagai pengalaman kita begitu membekas di hatiku. Tersimpan rapi dalam satu folder khusus, utuh dan selalu memutarkan kenangan yang membuatku tersenyum saat mengenangnya.

Kalo kalian baca ini, ingatkah dengan lagu ini? 

Kamu sangat berarti 
Istimewa di hati
Slamanya rasa ini

Jika tua nanti kita tlah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Ketika kesepian menyerang diriku
Gak enak badan resah tak menentu
Kutahu satu cara sembuhkan diriku
Ingat teman-teman ku

Don't you worry
Just be happy
Temanmu disini 
(Project Pop) 

 

Niat banget foto di studio (dok.pri)

Jujur, aku rindu.

Rindu kebersamaan kita.

Tawa renyah kalian, ngocolnya kalian, nasihat kalian. 

Aku rindu semua tentang kalian. 








Tulisan ini diikutsertakan dalam 30 days writing challenge Sahabat Hosting







Hello Mommies, gimana kabarnya nih? Menyongsong weekend bahagia semoga tetap sehat yaa.. Stay Safe Stay Healthy Everyone...




Kali ini saya mau sharing mengenai salah satu alat tempur ibu menyusui yang mestinya dimiliki oleh setiap ibu yang menyusui bayinya. Yakni pompa ASI. 

Perlukah Memiliki dan Menggunakan Pompa ASI?

Dulu saya berpikir nggak perlu punya alat pompa ASI. Apalagi saya seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah aja. Sesekali pergi ke suatu acara atau suatu tempat pun bayinya dibawa. So, buat apa memompa ASI? Kalo bayinya haus ingin menyusu ya tinggal sodorkan aja putingnya. Semua beres. 

Alat pompa ASI dibutuhkan oleh ibu yang bekerja atau mereka yang memang banyak kegiatan di luar rumah dan sering meninggalkan bayinya di rumah. ASInya dipompa agar bisa tetap memberikan ASI untuk bayi meski fisik ibu sedang di luar rumah. 

Hayo, ada yang sepemikiran dengan saya?

Namun ternyata ya, Mommies. Meskipun kita di rumah aja juga perlu alat ini. Apalagi bagi saya yang ASInya melimpah. Tentu perlu Silicone Breast Pump untuk menampung ASI yang seringkali menetes ketika bayi masih tidur atau menyusu di salah satu puting.

Ditambah lagi dengan fungsi alat pompa ASI ini tuh nggak hanya memompa tapi juga menampung tetesan ASI. Bentuknya kecil, pas di payudara dan fleksibel pula dalam menggunakannya. 

Ohya, saya pilih pompa ASI dari MOOIMOM  karena brand satu ini memang udah very recommended. Amat mengerti kebutuhan ibu dan bayi. 


Pompa ASI
Bentuknya menyesuaikan bentuk payudara 


Tentang MOOIMOM Silicone Breast Pump 

Alat pompa ASI ini berbahan silikon yang tebal, lentur dan foodgrade sehingga aman untuk wadah ASI. 

Bentuknya yang menyesuaikan bentuk payudara semakin memudahkan proses menyusui. Ukurannya pun kecil sehingga ringan dan bisa disambi aktivitas lainnya. 

ASI dapat tertampung sempurna dengan MOOIMOM Breast Pump ini. 


Rekomendasi pompa asi
Selesai pumping, ASI disimpan dalam kantong ASI MOOIMOM


ASI Melimpah Bukan Lagi Masalah
 

Inget banget saat anak ketiga ini berusia beberapa bulan, belum genap setahun ASI saya sering banget rembes di baju. Ini karena si bayi masih banyak tidur sedangkan produksi ASI saya melimpah. Jadilah merembes. Bahkan tak jarang ketika bayi menyusu di salah satu puting, ASI di puting yang lain menetes, rembes ke baju. Mubadzir donk, yaa. 

Makanya ketika kemarin ketemu pompa ASI silikon dari MOOIMOM ini saya menemukan solusi dari masalah saya selama ini. Meskipun sekarang ASI saya sudah jarang sampai rembes di baju tapi tetep kepake karena terkadang saya ada aktivitas di luar tanpa membawa serta bayi. So, bayi tetap dapat menikmati ASI-nya meski saya sedang di luar. 

Selain itu, pernah juga beberapa kali ASI payudara kiri menetes ketika si bayi menyusu di payudara sebelah kanan. Nah, hal-hal seperti ini bisa diatasi dengan MOOIMOM Silicone Breast Pump ini kan. Jadi ASI sebelah kiri gak terbuang percuma karena tertampung dengan baik di wadah silikonnya. Setelahnya tinggal tuang ke kantong ASI MOOIMOM dan masukkan freezer. Jangan lupa menuliskan nama, jam dan tanggal penyimpanan ya, Mommies.


Sebagai wadah penampung ASI yang optimal 


Cara Pakai Pompa ASI Silikon MOOIMOM

  1. Pastikan pompa ASI sudah bersih dan steril, ya. Posisikan pompa ASI nya tepat di payudara Mommies hingga menempel. Tekan bagian bawah pompa ASI dengan lembut dua-tiga kali. Biarkan pompa ASI dalam posisi tersebut hingga ASI menetes dengan sendirinya.
  2. Karena fungsi utamanya sebagai penampung maka tidak perlu memompa terus menerus untuk mendapatkan ASI. Cukup biarkan menempel, sesuaikan posisi pompa dengan kenyamanan Mommies. Daya hisapnya dapat optimal karena beratnya yang ringan. Bisa disambi aktivitas lain juga, loh.
  3. Setelah memompa, ASI bisa langsung dituang ke botol susu jika ingin langsung diminum oleh bayi. Atau bisa juga dimasukkan ke dalam kantong ASI dan disimpan di freezer. Jangan lupa mencatat waktu dan tanggal memompa ASI sebelum disimpan, ya. 

Pompa ASI manual nyaman
ASI langsung dituang ke botol susu dan diminum bayi (dok.pri)


Apa Aja Sih Fungsi MOOIMOM Silicone Breast Pump Ini?


MOOIMOM Silicone Breast Pump ini memiliki fungsi ganda alias multifungsi loh, Mommies. Alat ini tidak sebatas memompa ASI saja. 
  1. Alat ini bisa digunakan sebagai pompa ASI manual yang mudah dan nyaman.
  2. Karena daya tampung dan daya hisapnya optimal, maka alat ini bisa juga jadi wadah ASI saat Mommies menyusui bayi.
  3. Pompa ASI Silikon MOOIMOM ini juga bisa digunakan bersamaan dengan pompa ASI elektrik sebagai wadah ASI-nya, loh. 
Nah, multifungsi banget kan..... 

Perawatan Mudah, Aman dan Direkomendasikan

Cara perawatan MOOIMOM Silicone Breast Pump ini mudah. Cara mensterilkannya juga gampang kok. Simak disini, ya.
  • Mencuci pompa ASI berbahan silikon ini dilakukan seperti mencuci gelas biasa. Bisa menggunakan sabun cuci non toxic untuk menghindari partikel yang tersisa. Lebih baik jika menggunakan sikat yang lembut agar tidak merusak permukaan alat. 
  • Pompa ASI ini bisa disterilkan dengan sterilizer, microwave atau direbus dengan air selama tiga menit. Jika ingin sterilisasi dengan direbus maksimal seminggu satu kali saja serta tidak direkomendasikan menggunakan UV sterilizer. 
  • Letakkan dan simpan pompa ASI manual ini di tempat yang kering dan bersih. Serta dijauhkan dari sinar matahari langsung.

Detail bentuk dan bahan
Detail bentuk dan bahan pompa ASI manual silikon MOOIMOM 


Mengapa Pilih MOOIMOM Silicone Breast Pump? 


Ada beberapa alasan kenapa saya memilih pompa ASI MOOIMOM Silicone Breast Pump ini sebagai teman pertama saya dalam hal pompa-memompa ASI. 
  • 100 % berbahan silikon yang aman 
  • Bebas BPA, PVC dan Ftalat
  • Bentuknya simpel, kecil dan ringan
  • Daya hisap kuat sehingga tidak perlu memompa
  • Bagian dasar alat bisa menempel di permukaan rata sehingga tidak mudah tumpah
  • Mudah digunakan dan mudah dibersihkan
  • Bersertifikat SGS
  • Harga terjangkau

Si kecil bawa pompa ASI


Nah, inilah kisah pengalaman saya yang memang baru mulai bersahabat dengan pompa ASI. Selama ini merasa gak perlu pakai pompa ASI karena memang gak pernah pumping. Lagipula, pernah ceki-ceki harganya kok ya lumayan, hehe Ya karena elektrik sih. Tapi ternyata ada juga pompa ASI manual yang harganya terjangkau kantong rakyat jelata macam saya, ya MOOIMOM Silicone Breast Pump ini. Sekalian deh saya bawa pulang sama kantong ASI dan Breast Pad nya. Gak mau rugiii. 


Pompa dan kantong ASI MOOIMOM


Buat Mommies yang lagi hamil, persiapan lahiran ataupun yang lagi menyusui bayi nih, boleh loh belanja di www.mooimom.id yang memang paling mengerti kebutuhan ibu dan bayinya. 

MOOIMOM Silicone Breast Pump ini harganya cuma 150.000-an aja loh Mommies. Terjangkau banget kan.. 

Saya kasih tambahan voucher diskon 10% deh untuk minimal order 300.000 di websitenya. Klik aja link ini, ya Mommies. Gunakan kode voucher nya yakni BLOGQOTY10 

Lumayan banget kan dapat diskon 10%, mayan buat jajan cilok.. hihihi

Selamat menyusui dengan bahagia,












Selamat tahun baru 2021 untuk semua pembaca CeritaBunda. Semoga kita semua makin bahagia, makin sehat dan kehidupan kita lebih baik lagi yaa ke depannya.

Kali ini aku mau sharing mengenai event virtual Screening film Teacher yang diselenggarakan pada Jumat, 8 Januari 2021 lalu via zoom.

Seneng banget deh, bisa ikut event semacam ini. Kita nobar film Teacher yang baru rilis di Stro TV Jumat lalu bersama lebih dari 500 peserta yang terdiri dari jurnalis, blogger serta peserta umum terpilih.





Event Virtual Screening Film Teacher

Event ini bersifat satu arah via zoom webinar yang dimulai pukul 19.00 wib. Bertindak sebagai host adalah Rizki Mocil yang juga sekaligus bermain dalam film ini. Pembawaannya cukup seru sehingga suasana pun makin hidup. 

Kemudian sambutan dari Sarjono Sutrisno selaku director dan executive producer. Dilanjutkan dengan pengenalan karakter dan sepatah dua patah kata oleh cast

Sekitar pukul 19.30 film dimulai. Meski ada sedikit kendala di awal film namun selebihnya event berjalan lancar. Filmnya seru, beberapa adegan menegangkan, namun tetep bikin senyum-senyum bahkan ketawa karena ceritanya yang juga kocak dan menghibur.

Review Film Teacher

Mendengar judul film ini, Teacher, pasti kita membayangkan kisah antara murid dengan guru. Betul?

 Ya, ini tidak salah. Karena film ini memang berlatar belakang aktivitas di sekolah. Yang membedakan adalah bahwa film ini mengangkat pemberantasan kasus narkoba yang tersembunyi di sekolah. Nah, lho. Bener gak tuh?

Adalah Agnes yang diperankan oleh Yova Gracia sebagai seorang polisi ditugaskan untuk mengungkap sindikat narkoba yang tersembunyi di sebuah sekolah. Si Agnes menyamar menjadi guru olahraga dan berpartner dengan Meg (Estelle Linden). 

Banyak adegan kocak, tegang, dan menguras emosi disini. Tapi kamu gak akan berhenti senyum-senyum sendiri bahkan tertawa lebar pada akhirnya oleh aksi seru Tarzan, Epy Kusnandar dan Rizki Mocil

Film ini berdurasi 80 menit. Buah karya sutradara Sarjono Sutrisno yang sejak tahun 2008 menggeluti perfilman nasional sebagai executive producer untuk Skylar Pictures, Aletta Pictures dan SAS Film. 

Ohya, film ini bukan film anak-anak ya, meskipun pemainnya banyak anak-anak. So, anak-anak yang menonton film ini masih harus didampingi orangtua. Namun meskipun ini film action, banyak pesan moral yang tersirat maupun tersurat. 

Film yang bergenre action comedy ini merupakan hasil kolaborasi SAS Film, Skylar Picture dan Stro TV. Film ini memang dihadirkan khsusus untuk tayang di aplikasi Stro TV

Tentang Stro TV

Stro TV ini merupakan layanan streaming video yang dipersembahkan oleh Stroworld. Mudahnya lagi, Stro ini bisa diakses darimana saja. Bisa diakses dari website, android maupun iOS. Ada banyak pilihan series dan film-film yang bisa ditonton di aplikasi Stro TV ini. Dari lokal sampai luar negeri. Bahkan bisa nonton konten original movie dan series produksi Stro sendiri yang gak ada di tempat nonton lain, seperti film Teacher ini

Menonton video maupun film di Stro TV gratis. Kecuali jika ingin menikmati layanan tak terbatas dan bebas iklan maka bisa berlangganan premium. Terjangkau pula. Hanya 10.000 rupiah sudah bisa nonton banyak film seru. Asik deh. Meskipun harus di rumah aja karena masih pandemi namun gak akan bosen karena bisa bebas nonton film maupun series kesukaan kamu. Yuk, download segera! 













Halooo....

Kali ini aku mau berbagi ceritaku selama menggunakan bodycare Scarlett Whitening yang lagi happening... 




Awal Mula Kenal Produk Scarlett

Aku nih, ya suka ngikutin IG story nya Zaskia Adya Mecca. Suka dengan gaya parentingnya dalam mendidik kelima anaknya. Nah, suatu hari entah dua atau tiga tahun lalu aku ngeliat video Zaskia Mecca mengoleskan body lotion scarlett whitening ke tangannya, yang mana saat itu tangannya langsung setingkat lebih cerah dari sebelumnya. 

Saat itu sih aku agak nggak percaya, masa' ada lotion yang bisa bikin kulit cerah, lebih putih seketika. Aku takut krim abal-abal, eh tapi mikir lagi. Kalo nggak beneran, masa iya seorang Zaskia Mecca mau ngereview produk abal-abal? Selain itu beberapa kali aku lihat Bia (Zaskia Mecca) mention akun Fellycia Angelista pula. Dan si Felli ini emang putih bening kulitnya. Idaman wanita banget, deh. 

Jadi, sebenarnya aku udah penasaran sejak lama. Hanya saja tetap masih belum order juga. Sempet lihat juga adikku pakai lotionnya saat aku berkunjung ke rumah orangtua. Makin mupeng deh.. 

Alhamdulillah sekarang, saat produknya makin bervariasi dan makin banyak orang yang pake, aku pun tergerak untuk nyoba juga. Seneng deh... 

Akhirnya aku bisa nyobain bodycare Scarlett Whitening yang wangi dan lembut. 

Rangkaian Bodycare Scarlett Whitening 



Body Scrub Varian Romansa

Kebetulan saat ini untuk body Scrub yang aku pake adalah varian romansa. Secara keseluruhan aku suka banget body scrubnya ini. Nggak salah emang body Scrub yang ini tuh jadi favoritnya ZaskiaMecca. 



Teksturnya tuh lembut, nggak kasar di kulit. Buliran scrubnya halus sehingga nggak sakit saat dioleskan ke kulit kita. Aku beneran takjub deh. Hasilnya tuh kerasa mulai pemakaian pertama. Kulit tubuh terasa lebih lembut, kenyal, halus dan wangi. 

Apalagi jika kita menggunakannya rutin dua kali dalam seminggu. InsyaAllah hasilnya lebih maksimal. Kerasa banget bedanya di aku yang udah pake selama tiga minggu ini. 

Makenya juga serangkaian ya, jadi hasilnya lebih optimal deh. 



Shower Scrub Pomegrante

Merawat tubuh, dimulai dari alat pembersihnya donk. Karena sebelum kita make lotion untuk melembabkan kulit, tentunya kita make sabun untuk membersihkan kulit tubuh kita. 

Nah, Scarlett Whitening juga punya sabun mandi alias shower Scrub nih yang oke punya. Sabunnya tuh nggak terlalu cair, namun nggak padat juga. Trus, ada buliran Scrub yang dapat memaksimalkan saat membersihkan tubuh. Jadi tinggal digosok-gosok aja, kotoran pada lenyap deh. 

Dan wanginya, hmmm wangi banget. Kulit jadi lembut dan kenyal. 


Body Lotion Freshy

Nah, ini pelengkap yang harus ada. Kalo udah pake body Scrub dan shower Scrub tapi nggak pake body lotion, hasilnya nggak akan maksimal. 

Pasti pengen kan, kulitnya cerah, lembab, kenyal, halus dan lembut? 

Makanya harus donk pake body lotion. Saat ini aku lagi pake body lotion yang varian freshy, kemasannya warna kuning cerah. Trus, botolnya tuh mudah dibawa-bawa karena nggak terlalu besar dan ada pengunci semacam lock-unlocknya gitu. Jadi kalo dibawa bepergian nggak akan tumpah atau kepencet selama di dalam tas. 




Tekstur body lotionnya ini mudah menyerap dan nggak lengket di kulit. Dan ya, beneran bikin kulit makin cerah jika dipake rutin sehabis mandi. 

Wanginya yang varian freshy ini seperti wangi Jo Malone English Pear & Freesia eau de cologne. Wangiiiii... 


Review Pemakaian Bodycare Scarlett Whitening 

Udah tiga minggu ini aku make rangkaian bodycare scarlett secara rutin sesuai aturan pakai, alhamdulillah hasilnya di luar ekspektasi aku. 

Before   -   after 

Aku merasa awesome lho, saat pertama kali nyoba body scrub nya, hasilnya langsung terlihat saat itu juga. Setelah mandi kulit aku rasanya halus, lembut, dan wanginya enak. Apalagi setelah mandi lanjut pakai body lotionnya. Selain lembut dan kenyal, warna kulit jadi makin cerah. 

Tapi inget, makenya harus rutin lho. Namanya juga bodycare kan, perawatan tubuh. So, tubuh mesti rutin tho dirawatnya? 

Packaging 

Untuk packagingnya aman banget karena dilapisi bubble wrap ya, jadi insya Allah nggak akan rusak atau pecah saat pengiriman. Selain itu, kalo nggak salah buat yang order paket hemat 300k dapat 5 item itu dapat box yang reusable. Boxnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan aksesoris atau barang apapun lainnya punya kamu. 

Kalo aku kemarin karena cuma 3 item bodycare aja jadi dibungkusnya pake bubble wrap dan kardus biasa. 

Untuk kemasannya sendiri per item nya ukurannya pas. Shower scrub dan body lotion ukuran 300 ml. Botolnya ukuran sedang, mudah dibawa jadi travel friendly. 

Kandungan Utama Bodycare Scarlett Whitening 

Ketiga rangkaian bodycare scarlett ini mengandung glutathione dan vitamin E yang berfungsi untuk mencerahkan, melembabkan dan menutrisi kulit. 

Mengapa Memilih Rangkaian Bodycare Scarlett Whitening? 

Kalo aku jelas, karena udah banyak banget review positif dari teman-teman yang udah pake. Dan aku sendiri pun merasakan hasilnya setelah make selama kurang lebih tiga minggu ini. Kulit badan aku sekarang lebih halus, lembut, lembab, kenyal dan cerah. Ohya, jadi wangi sepanjang hari juga donk, tentunya. Suami makin sayang... Uhuy! 

Kan menyenangkan suami dapat pahala... 

Selain itu, yang utama adalah sudah terdaftar di BPOM. Pun produk ini tidak diujicobakan pada binatang. Dan yang pasti, hasilnya terpampang nyata. 

Kalo soal harga, per item dari tiap produknya, scarlett membanderol harganya 75k. Namun, kamu bisa beli paket hemat hanya 300k aja dapat 5 item, dikemas dalam box eksklusif + free gift ekstra. Cukup worth it dengan hasil yang begitu memuaskan. 

How To Order Scarlett Whitening 

Untuk order produk scarlett cukup mudah, kok. 

Yang pertama, siapkan dananya terlebih dahulu. Kedua, pilih dan tentukan produk apa yang mau kamu beli. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya. 

Berikutnya kamu bisa chat ke 

whatsapp admin 087700163000 

Line @scarlett_whitening 

DM Instagram @scarlett_whitening 

Shopee: Scarlett Whitening 

(Cukup pilih salah satu aja ya) 












Beberapa waktu lalu, tepatnya hari kamis, 10 Desember 2020 pada pukul 14. 00-15.00 wib saya mengikuti event Instagram live yang diadakan oleh akun @buumiplayscape.




Narasumber dalam event kali ini yakni ibu DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A(K) selaku dokter anak sekaligus konsultan gastroenterologi. Sedangkan bahasan yang diperbincangkan saat itu adalah mengenai jenis protein susu anak. 


Nah, menarik nih. Karena selama ini saya taunya ya protein itu salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk anak. Salah satunya bisa didapatkan dari susu, selain dari makanan alami, ya. Ternyata protein yang terdapat dalam susu itu ada berbagai jenis, lho.


Pentingnya 1000 Hari Pertama Ananda

Bunda pasti tahu bahwa 1000 hari pertama dalam hidup anak itu merupakan tonggak penentu dalam tumbuh kembang mereka. Karena saat ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Nutrisi penting yang dapat terpenuhi dengan baik menjadi salah satu faktor optimalnya perkembangan fisik dan kognitif anak.

 

Namun, di usia ini juga anak-anak rentan terkena gangguan pencernaan. Padahal ya, sistem pencernaan ini salah satu bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak-anak. 


Pernah dengar istilah Happy Tummy Happy Kids? Pencernaan sehat, anak sehat. So, kita sebagai orangtua memang punya PR besar nih. Dalam hal pemenuhan nutrisi dan kelancaran saluran pencernaan anak. Sebab sistem pencernaan yang kurang baik dapat mengganggu tumbuh kembang anak-anak dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi tidak optimal. 


Memilih Susu Sebagai Alternatif Pemenuhan Nutrisi Anak

Selain dari makanan segar seperti buah, sayur, nasi dan lauk-pauknya, pemenuhan nutrisi pada anak umumnya juga dilengkapi dengan susu. Bahkan tak jarang anak-anak yang sulit makan banyak atau pemilih dalam hal makanan mereka lebih suka minum susu. 


Ya, ini tidak salah. Karena memang susu ini mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak. Diantaranya protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin kompleks, dan nutrisi penting lainnya. 


Namun ternyata protein yang terkandung dalam susu itu berbeda-beda, lho. Ada whey dan casein. 


Secara umum, susu sapi mengandung protein casein sekitar 80% dari keseluruhan protein yang ada. Beta casein mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Protein ini penting untuk pertumbuhan massa otot, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta mempercepat perkembangan sistem pencernaan pada bayi. 


Protein beta casein itu sendiri terbagi menjadi dua bentuk yakni beta casein A1 dan beta casein A2


Beta-casein A1

Beta casein A1 ini merupakan salah satu jenis protein utama yang terdapat pada susu sapi. Jenis protein inilah yang seringkali dikaitkan dengan gejala gangguan sistem pencernaan seperti alergi susu sapi, mual, kembung, sakit perut serta diare. 


Karena itulah susu yang mengandung beta casein A1 kerap dianggap kurang baik karena seringkali menyebabkan gangguan pencernaan pada anak. 


Beta-casein A2

Susu yang mengandung beta casein A2 diyakini lebih mudah diserap oleh tubuh anak. Pun tidak mengganggu sistem pencernaan mereka. Susu jenis ini dihasilkan oleh sapi A2 yang saat ini sudah banyak beredar. 


Untuk lebih meyakinkan, sebelum membeli susu untuk anak-anak, baca ingredient pada kemasan susu. Jika ditemukan kandungan Beta-casein A2 berarti itulah susu A2 yang lebih sehat untuk dikonsumsi. 














Pilihan warna Samsung Galaxy M11


Samsung merupakan salah satu ponsel yang populer dan banyak diminati di Indonesia. Tidak bisa kita pungkiri bahwa Samsung merilis berbagai macam tipe termasuk salah satunya Galaxy M11 yang populer. Karena memiliki tampilan yang kekinian dan juga fitur yang menarik untuk disimak.

Tetapi jangan sampai kamu menyesal sebelum memutuskan untuk membelinya karena harganya tidak murah. Perhatikan dulu mengenai ulasan Samsung M11 bagi kamu yang ingin menargetkan belanja smartphone dalam waktu dekat. 

Baterai Awet, Charging Tidak Terlalu Lama

Pertama, baterai yang digunakan dalam Samsung Galaxy M11 adalah baterai denganukuran 5000 mAh. Dimana kapasitas ini sangat besar. Sehingga menjadikan kamu bisa menggunakan ponsel ini dalam waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan beberapa ponsel lainnya. 

Bahkan jika digunakan dalam penggunaan normal dan tidak terkoneksi jaringan internet maka ponsel ini tahan satu hingga dua hari pemakaian. Ditambah lagi apabila kamu menggunakan fast charging 15wt, kamu bisa melakukan pengisian data dan tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. Menurut pengujian hanya membutuhkan waktu dua jam saja untuk bisa mengisi 100% penuh dari kondisi baterai low sekitar 10%. Namun jika mati total maka membutuhkan waktu dua setengah jam. 

Kamera Kualitas Bagus

Selanjutnya selama pengujian kamera Galaxy M11 masuk ke dalam kamera standar yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang detail. Penggunaan kamera di dalam ruangan pun cukup memadai dengan bantuan cahaya lampu.  

Ketajamannya pun tidak setajam kamera ponsel lainnya yang setara dengan Galaxy M11 ini. Namun kualitasnya masih tergolong cukup baik. Berbeda jika mendapatkan objek dengan warna atau cahaya yang tidak terlalu maksimal. Maka hasilnya pun tidak sebagus beberapa tipe Samsung lainnya. 

Hal ini menandakan bahwa ponsel Galaxy M11 cukup untuk bisa memotret namun tidak bisa memberikan kualitas maksimal. Begitupun dengan kamera depannya. Kamu bisa memanfaatkan kamera depan untuk selfie tetapi tidak untuk menghasilkan foto atau gambar yang memiliki warna yang natural dan kualitas yang jernih. 

Kinerja Mulus

Ketika berbicara mengenai ponsel Samsung maka yang diharapkan adalah aplikasi yang dapat digunakan karena memiliki sistem yang bagus dan juga berkualitas. Namun apakah Samsung Galaxy dengan tipe M11 ini bisa memenuhi keinginan kamu para pengguna ponsel yang tidak terlalu mahal, namun tetap memiliki sistem kinerja yang bagus. 

Nyatanya sejauh pengalaman pengguna, kinerjanya tergolong responsif dan mulus. Gaming pun masih bisa kok! Mobile Legends pun bisa kami mainkan dengan lancar tanpa kendala. Untuk judul-judul yang grafisnya lebih berat seperti PUBG Mobile, kamu harus menurunkan pengaturan ke yang paling rendah jika tidak ingin diganggu lag. 

Terakhir, apabila kamu berminat untuk membeli ponsel ini, maka kamu bisa menikmati layar lebar yang diberikan oleh Galaxy M11 dengan ukuran 6,4 inci. Tentu saja penggunaan layar Galaxy M11 ini mendukung berbagai kegiatan sehari-hari. Mulai dari menonton, menggunakan layar untuk membaca, ataupun digunakan dan/atau ditujukan untuk orangtua yang memang membutuhkan layar besar. 

Selain itu kamu juga bisa menonton Netflix dengan bebas tanpa perlu terganggu oleh layar yang kecil. Penggunaan layar lebar Infinity O ini tentu saja menjadi salah satu resolusi yang diberikan untuk kamu yang ingin menggunakan ponsel Samsung terbaru. 

              




                                                                     

Start Up UMKM berdaya bersama program Dayamaya BAKTI. Program ini diselenggarakan untuk mendukup pertumbuhan ekonomi digital di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).




Geliat Munculnya Start Up Imbas Kemajuan Dunia Digital

Ingat Start Up, rasanya masih kebayang sama drakor dengan judul Start Up yang baru saja tamat tapi masih ramai dibicarakan di media sosial. Siapa saja disini yang juga nonton drama korea tersebut? Selain kisah romansa dan kebeningan muka para pemainnya yang bikin nyaman mata memandang, banyak juga insight baru dan pelajaran dalam menjalankan bisnis yang bisa diambil dari sini.

Nah, di Indonesia banyak juga nih bermunculan Start Up aka perusahaan rintisan berbasis teknologi. Sebut saja tokopedia, shopee, halodoc, gojek, grab, dan masih banyak lagi. Semua berbasis digital. Dan ya, Start Up pun berpotensi melejit dan memberikan keuntungan yang besar jika dijalankan dengan tepat. 

Berdaya Bersama Program Dayamaya BAKTI

Sejalan dengan potensi tumbuh dan berkembangnya UMKM go digital dan Start Up serta komunitas, maka pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) oleh Kominfo melaksanakan program Dayamaya. 

Sekilas Mengenai Program Dayamaya

Dayamaya ini merupakan program inisiatif untuk membantu Start Up, UMKM, komunitas agar dapat semakin tumbuh dan berkembang. Melalui program Dayamaya ini diharapkan potensi dan solusi atas kebutuhan ekonomi masyarakat semakin baik. 
Fasilitas yang diberikan diantaranya pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi serta pemasaran. 

Siapapun boleh mendaftar dalam program Dayamaya ini. Seleksinya terbuka dan dapat diikuti oleh Start Up, komunitas maupun UMKM digital. Diutamakan yang fokus pada bidang kesehatan, agribisnis, pendidikan, pariwisata, fintech, dan logistik. Dengan syarat tidak sedang menerima bantuan lain dari pemerintah, ya. 

Nah, Start Up yang terbaru dan dalam waktu dekat ini masuk dalam program Dayamaya yakni Cakap, Atourin dan Jahitin. 


Cakap, Solusi Terbaik Belajar Bahasa Asing

Cakap merupakan sebuah platform online yang mempertemukan murid dengan pengajarnya secara dua arah. Dengan cakap kamu bisa belajar bahasa asing dimanapun dan kapanpun. 

Masyarakat kita masih banyak yang membutuhkan pelatihan bahasa asing. Nah, Cakap ini bisa jadi solusi. Apalagi nggak cuma Bahasa Inggris yang bisa dipelajari melalui cakap. Karena disini bisa belajar Bahasa Mandarin dan Jepang juga. Keren kan? 

Salah satu penghargaan untuk Cakap



Atourin, One Stop Tourism Service Flatform

Atourin ini merupakan platform untuk Berwisata alias tur. Nah, tadinya belum marak kan ya, wisata online. Berhubung sedang ada pandemi, maka marak lah wisata virtual atau online. Atourin juga menyediakan layanan tersebut. 
Selain membuat itinerary perjalanan wisata, Atourin juga menyediakan ragam informasi menarik dari hampir semua tempat wisata di Indonesia. 
Cuss, coba deh tuh ubek-ubek isi websitenya. 

Jahitin, First Online Personal Tailor Platform

Jadi Jahitin ini merupakan platform pertama yang menawarkan jasa menjahit secara online. Cek deh websitenya, kamu bisa memesan sebuah baju atau dress disana. Kamu bisa mengirimkan ukiran badanmu, memilih kain hingga menentukan model di websitenya. 
Dan ya, setelah mengikuti program Dayamaya, Jahitin kini lebih dikenal pasar sehingga usahanya pun makin melesat. 

Bersama Program Dayamaya, Jahitin juga menyelenggarakan pelatihan menjahit masker, dll secara online. Keren, ya. Jadi bisa tetap berbagi value dan manfaat dengan orang lain juga. 

Nah, itu tadi secercah informasi mengenai beberapa program Dayamaya yang sudah dilaksanakan. Sungguh, dapat membantu Start Up, komunitas dan UMKM digital untuk terus mengembangkan usahanya. 

Program seperti ini bagus dan patut dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan kualitasnya dan diperluas jangkauannya juga. Dengan demikian yang merasakan manfaatnya akan semakin meluas. 

Semangat dan sukses selalu UMKM, Start Up dan program Dayamaya!